Contoh Rumusan Masalah Makalah, Penelitian, Skripsi Beserta Pengertian dan Cara Membuatnya

CONTOH RUMUSAN MASALAH – Rumusan masalah adalah tahapan dari beberapa tahapan untuk membikin sebuah karya ilmiah penelitian atau lainnya. Rumusan masalah memiliki posisi yang sangat penting di dalam aktivitas sebuah penelitian.

Jikalau sebuah rumusan tidak ada maka penelitian yang nantinya dilaksanakan akan sia-sia, sebab nantinya akan bingung apa saja yang perlu dilaksanakan dalam pelaksanaan penelitianya.

Rumusan masalah atau research questions atau sering disebut juga research masalah, memiliki arti sebuah resume yang menanyakan suatu kejadian atau fenomena yang ada, baik itu kedudukannya mandiri, atau malah kejadian atau fenomena yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Baik itu sebab atau akibat.

Saking pentingnya rumusan masalah ini pada sebuah penelitian, bisa dikatakan rumusan masalah merupakan setengah dari bagian terbentuknya penelitian itu sendiri.

Pengertian dari rumusan masalah adalah bagian dari sebuah karya tulis ilmiah, makalah, atau skripsi yang sangat mendasar. Di dalam rumusan masalah yang kita susun nantinya akan menciptakan karya tulis kita  yang akan menetapkan arah pembahasannya akan menuju kemana. Di dalam rumusan masalah ini terdapat pertanyaan-pertanyaan yang nantinya akan dijawab sesudah penelitian selesai dilaksanakan.

Seluruh poin-poin yang ada di dalam karya tulis baik itu metodologi, teori-teori, seluruh itu mengacu pada rumusan masalah yang kita buat. Oleh sebab itu, rumusan masalah adalah fokus utama yang menetapkan arah sebuah karya ilmiah.

Pengertian Rumusan Masalah

rumusan masalah makalah

biasanya rumusan masalah adalah sebuah pertanyaan yang komplit dan sangat mendetail mengenai ruang lingkup masalah yang akan diteliti berdasarkan identifikasi masalah yang ada.

rumusan masalah yang baik dan benar berarti sudah menjawab separuh pertanyaan dari suatu masalah.

Masalah yang sudah dirumuskan dengan baik tidak cuma bisa menolong memusatkan pikiran kita, tetapi juga bisa memberi nasihat cara berdaya upaya kita kepada suatu masalah yang akan dituntaskan.

Rumusan masalah dalam sebuah skripsi, makalah, maupun proposal adalah hal yang paling mendasar. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam rumusan masalah, kemudian akan dijawab dalam pengerjaan penelitian dan tertuang secara sistematis ke dalam sebuah laporan penelitian.

Seluruh yang dibahas dalam laporan penelitian, termasuk pembahasan mengenai kerangka teori, definisi, dan metodologi yang diaplikasikan,semuanya mengarah pada perumusan masalah.

Oleh sebab itu, rumusan masalah ini menjadi titik sentral dalam sebuah penelitian. Disinilah fokus utama yang akan menetapkan arah sebuah penelitian.

Baca Juga: Contoh Sinopsis Novel Singkat Berbagai Jenis

Fungsi Rumusan Masalah

contoh rumusan masalah

Rumusan masalah memiliki beberapa fungsi yang sangat penting dalam sebuah penelitian. Berikut penjelasannya :

  • Rumusan masalah adalah titik sentral dalam sebuah penelitian. Maksudnya adalah Rumusan masalah sebagai pedoman dalam sebuah penelitian.
  • Rumusan masalah mampu memberikan sebuah solusi. Rumusan masalah pada biasanya berbentuk sebuah pertanyaan yang mengulas sebuah masalah. Oleh sebab itu, bisa dikatakan Rumusan masalah adalah sebuah solusi yang belum terwujud. Bagaimana untuk mewujudkannya ? Dengan penelitian itu tadi.
  • Rumusan masalah mampu membuka pikiran kita kepada suatu masalah. Saat tujuan dan arah dari suatu permasalah sudah terang, maka kita tinggal berpusat pada solusi yang akan kita capai untuk masalah hal yang demikian.
  • Sebagai pendorong suatu aktivitas penelitian.

Definisi Rumusan masalah Menurut Para Ahli

pengertian rumusan masalah

Sebuah masalah yang sudah terjadi kalau seseorang berupaya dan mencoba tujuannya atau mencoba percobaan perdananya untuk mencapai tujuannya sampai berhasil (Pariata Westra).

Sebuah masalah adalah kejadian yang menyusun pertanyaan kenapa dan kenapa ( Sutrisno Hadi)

Rumusan masalah adalah sebuah pertanyaan yang dicari jawabanya dengan mengumpulkan data dalam bentuk bermacam-macam Rumusan masalah berdasarkan penelitian berdasarkan tingkat eksplanasi (Sugiyonno)

Telah dijabarkan di atas bahwasannya Rumusan masalah adalah pertanyaan-pertanyaan yang nantinya dicari jawabanya dengan mengumpulkan data. Bentuk dari Rumusan masalah ini dikembangkan berdasarkan tingkat eksplanasinya.

Ciri-Ciri Rumusan Masalah

jenis jenis rumusan masalah

  1. Bisa Menjadi petunjuk atau menjadi suat u titik tengah dalam suatu proses penelitian.
  2. supaya memungkinkan untuk menampung data guna menjawab berbagai pertanyaan yang akan diajukan dalan suatu rumusam masalah.
  3. Penulisan rumusan masalah haruslah jelas, padat, serta tidak ambigu.
  4. Masalah yang didapati harus mempunyai suatu nilai penelitian.
  5. Masalah yang didapati harus mempunyai fisibilitas.
  6. Masalah yang didapati harus disesuaikan dengan kualifikasi peneliti.
  7. Rumusan masalah mampu mengarahkan pola berpikir kita dalam menyelesaikan suatu masalah.
  8. Rumusan masalah yang berkualitas yakti rumusan yang dibentuk dalam kalimat tanya.

Tiga Kriteria Rumusan masalah

fungsi rumusan masalah

Pertama, pada perumusan masalah kriteria pertama formatnya berupa kalimat interogatif atau kalimat tanya, baik itu pertanyaan yang perlu jawaban eksplanatoris atau jawaban yag deskriftif. Eksplanatoris sendiri adalah mengaitkan dua atau malah lebih gejala atau fenomena dalam kehidupan manusia.

Kedua, berhubungan atau berguna untuk berusaha membikin dan memaksimalkan teori, di dalam makna pemecahan yang jelas dan akurat, nantinya diharapkan akan memberikan teoritik yang bermutu, baik itu untuk membikin teori baru atau memaksimalkan sebuah teori lama.

Ketiga, untuk membikin suatu rangkuman masalah yang bagus, sebaiknya dirumuskan di dalam sebuah konteks yang benar dan aktual. Jadi, pemecahannya memberikan keterkaitan kebijakan yang cocok, dan dapat di aplikasikan dengan tepat untuk proses perumusan permasalahan  kehidupan manusia.

Baca juga: Arti Istilah di Instagram yang Perlu Kamu Ketahui!

Penempatan Sebuah Rumusan Masalah

rumusan masalah penelitian

Ada beberapa alternatif untuk memastikan sebuah rumusa permasalahan di dalam sistematika penulisan :

1. Ada yang menempatkan rangkuman permasalahan diletakan di komponen permulaan dari sistematika penelitian.

2. Ada juga yang menempatkan rangkuman masalahnya setelah latar belakang atau beriringan dengan latar belakang.

3. Penempatannya ada juga yang setelah tujuan penelitian.

Dimana saja tempat dari sebuah rangkuman permasalahan hakekatnya tidak terlalu demikian itu penting dan tidak akan menggangu penelitian yang akan dijalankan.

Akan tapi yang paling penting yakni bagaimana merumuskan permasalahan untuk menempuh tujuan yang diharapkan. Oleh sebab itu, antara judul penelitian sepatutnya sinkron dengan rangkuman permasalahan yang dijadikan.

Cara Membuat Rumusan Masalah

rumusan masalah proposal penelitian

Hal pertama kali ketika akan membikin rangkuman permasalahan yakni memastikan topik. Dari topik yang sudah ditetapkan ini kemuian fokuskan ke bagaia yang lebih spesifik lagi atau lebih melebar lagi pembahasannya. Dikala cakupan sudah ditetapkan, baru dari sini dapat memastikan permasalahannya.

Dalam permasalahan dapat dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan yang selanjutnya dianalisa atau argumentasi dari penjabaran bukti-bukti menurut hasil dari analisis. Berikut ini yakni langkah yang perlu diakukan untuk membikin rangkuman masalh karya ilmiah.

1. Tentukan macam karya ilmiah apa yang akan dijadikan
2. Persiapakan sumber rujukan dari berbagai sumber
3. Memperluas atau menyempitkan topik
4. Bangun permasalahan dari topik
5. Uji So What

Jenis Jenis Rumusan Masalah

rumusan masalah skripsi

Ada 3 macam perumusan permasalahan dalam penelitian

1. Masalah deskriftif

Masalah deskriftif yakni yang berhubungan dengan pernyataan bagi adanya variabel mandiri, bagus itu satu atau lebih variabel. Jadi dalam rangkuman permasalahan peniliti tidak perlu memperbandingkan variabel pada sampel lain, dan juga mencari hubungan variabel dengan variabel lainnya.

Contoh rangkuman permasalahan deskriptif

Bagaimana sikap dari masyarakat mengenai perguruan tinggi yang memiliki bandan undang-undang?

Seberapa tinggi tingkat kepuasaan dan juga aspirsi masyarakat pada pelayanan publik di ibu kota?

Seberapa baguskah kebijaka yang diterapakan di pemerintah?

2. Masalah komparatif

Masalah komparatif yakni sebuah permasalahan penelitian yang sifatnya memperbandingkan antara variabel satu dengan yang lainnya apakah itu sama atau berbeda.

Contoh rangkuman permasalahan komparatif

Apakah ada perbedaannya tingkat produktifitas anatara pegawai negeri dengan pegawai swasta?

Adakah perbedaan kapabilitas dan kedisiplinan kerja antara pegawai di perusahaan nasional dan pegawai swasta nasional?

Apa ada bedanya antara ketahanan jasmaniah orang kota dengan orang pedalaman?

3. Masalah asosiatif

Masalah asosiatif yakni pertanyan pada sebuah penelitian yang sifatnya memiliki hubungan antar dua variabel atau bahkan lebih. Dapat dengan hubungan timbal balik, kausal, atau simetris.

Hubungan timbal balik

Hubungan timbal balik yaitu hubungan yang memberi pengaruh satu sama lain. Di sini tidak dikenal antara variabel independen dan variabel dependen.

Contoh rumusan masalah hubungan timbal balik

Hubungan antara memilik semangat tinggi dan prestasi gemilang. Pada hal ini bisa disuarakan bahwa semangat berakibat kepada prestasi dan sebaliknya.

Hubungan kausal

Rumusan masalah kausal yaitu mempunyai sifat sebab dan akibat. Di dalamnya terdapat variabel bebas (independen) dan variabel dependen. Di sini variabel independen berakibat kepada variabel dependen.

Contoh Rumusan Masalah hubungan kausal

Apakah ada dampaknya antara cara penggajian dengan daya kerja kerja?

Seberapa besarkah tata ruang kota kepada kebahagiaan penduduknya?

Adakah dampaknya antara pendidikan yang dikerjakan oleh orang tua dengan prestasi belajar kepada anak?

Hubugan simetris

Kekerabatan simetris yaitu hubungan diantara dua variabel atau bisa lebih kebetulan tampak secara bersama.

contoh Rumusan Masalah hubungan simetris

Adakah hubungannya antara banyak semut di pohon dengan kemanisan buah?

Apakah ada hubungannya antara jumlah pengangguran dengan tingkat kezaliman?

Baca Juga: Contoh Artikel Ilmiah Populer Tentang Pendidikan

Contoh Rumusan Masalah Makalah Perihal Software Bajakan

Berikut ini contoh rumusan masalah makalah terkait tentang perihal softwaree bajakan yang bisa kamu contoh.

Apa alasan beberapa orang yang tidak menerapkan software bajakan?

Berapa banyak orang yang menerapkan software bajakan?
Software bajakan apa saja yang lazim diterapkan orang Indonesia?

Seperti apakah ciri-ciri dari software bajakan?

Latarbelakang apakah yang membikin orang memilih software bajakan?

Contoh Rumusan Masalah Penelitian Kuantitatif

Berdasar batasan persoalan yang telah di tetapkan, seterusnya kesimpulan persoalan diusulkan dengan pertanyaan berikut:

Apakah ada akibat dari implementasi kebijakan pada daerah serta kompetensi aaraturapabila bersama pada kierja BPMP2T?

Apakah terdapat akibat dari implementasi kebijakan BPMP2T?

Apakah ada dampaknya kompetensi dari aparatur pada daya kerja BPMP2T?

Contoh Rumusan Masalah Tentang Teknologi

Bagaimanakah alur atau cara dari pendaftaran MABA di Uniersitas yang telah dikerjakan selama ini?

Apakah dengan dibentuknya suatu cara pendaftaran secara online bisa meningkatkan daya kerja dan kemudahan bagi para MABA?

Baca Juga: Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Contoh Rumusan Masalah Penelitian

Rumusan Masalah Penelitian Tempe

Apa saja manfaat tempe bagi kesehatan tubuh ?
Rumusan Masalah Penelitian Tanaman Hidroponik
Bagaimana proses pembuatan tempe ?
Apa saja nilai gizi yang ada pada tempe ?
Apa saja kandungan zat gizi pada tempe ?
Apa yang dimaksud dengan tempe ?
Bagaimana mekanisme pembuatan tempe ?

Apa saja keunggulan menanam dengan hidroponik ?
Apa saja manfaat menanam dengan hidroponik ?
Rumusan Masalah Penelitian Limbah Tahu
Apa yang dimaksud dengan hidroponik ?
Bagaimana teknis menanam dengan hidroponik ?
Apa manfaat dari hidroponik ?

Bagiamana proses pembuatan tahu ?
Apa pengaruh limbah pengolahan tahu terhadap kesehatan ?
Bagaimana cara memanfaatkan ampas tahu ?
Apa itu tahu ?
Bagaimana cara menanggulangi limbah tahu ?
Rumusan Masalah Tentang Penelitian Cacing Tanah

Apa saja kandungan nutrisi cacing tanah ?
Bagaimana cara mengkonsumsi cacing tanah ?
Bagaimana mengelola cacing tanah menjadi obat ?
Apa dampak mengkonsumsi cacing tanah ?
Apa manfaat cacing tanah untuk kesehatan ?

Demikianlah penjelasan mengenai contoh rumusan masalah mulai dari pengertiannya, jenis-jenisnya, fungsi, dan juga contoh rumusan masalah yang lengkap dimulai dari contoh rumusan masalah penelitian, contoh rumusan masalah makalah tentang software bajakan, contoh rumusan masalah proposal, contoh rumusan masalah proposal. Semoga dengan artikel ini bisa menambah wawasan para pembaca sekalian terkait tentang cara membuat rumusan masalah.

Tinggalkan komentar