Kumpulan Contoh Sinopsis Novel Perahu Kertas / Dilan / Laskar Pelangi / 5 Cm / Sang Pemimpi / Ayat-ayat Cinta

CONTOH SINOPSIS NOVEL – Dalam tulisan kali ini akan membahas kumpulan sinopsis novel beserta unsur intrinsik dan ekstrinsiknya secara lengkap, penasarankan? Sebelumnya mari kita berkenalan dahulu dengan apa itu sinopsis novel? Sinopsis novel yaitu ikhtisar atau ikhtisar cerita. Rangkuman novel dengan tetap mengutamakan unsur-unsur intrinsik novel tersebut.

Membuat sinopsis yaitu suatu sistem yang paling efektif dalam menyampaikan karangan dalam jumlah banyak/ panjang ke bentuk yang singkat dan jelas. Baiklah cukup dahulu prolognya seketika saja ke tema utama yaitu “Kumpulan sinopsis novel beserta unsur intrinsik dan ekstrinsiknya\\\” berikut :

1. SINOPSIS NOVEL AYAT AYAT CINTA BESERTA UNSUR INTRINSIK DAN EKSTRINSIKNYA

sinopsis novel ayat-ayat cinta

Identitas Novel

Judul Novel : Ayat Ayat Cinta

ISBN : 979-3604-02-6

Penulis/Pengarang : Habiburrahman El Shirazy

Penerbit : Republika

Terbit : Desember 2004

Jumlah Halaman : 419 halaman

Sinopsis Singkat

Film ayat-ayat cinta ini diangkat dari novel karangan Habiburrahman El Shirazy, mengisahkan tentang seorang pemuda indonesia yang bernama Fahri, berasal dari keluarga sederhana dan sedang berkuliah S2 di universitas Al-Azhar mesir.

Film ayat-ayat cinta ini diperankan oleh empat pemain utama, yaitu Fedi Nuril (Garasi mengejar sang surya) berperan sebagai Fahri, Rianti Cartwright (Pesan dari Surga) berperan sebagai Aisha, Carissa Puteri sebagai Maria dan Zaskia Adya Mecca berperan sebagai Noura, dan Melania Putria sebagai Nurul.

Fahri dalam film ini diterangkan sebagai seorang pemuda yang aktif dalam berorganisasi islam dan mempunyai iman yang kuat, Selai kerajinannya Fahri juga di hadapkan dalam permasalahan jodoh, yang orang tuanya memintanya untuk menikah, akan tetapi Fahri sendiri masih linglung akan persepsi jodoh.

Meskipun banyak sekali diantara kawan-kawan Fahri yang mengucapkan cintanya via surat terhadap Fahri, Namun Fahri masih merasa belum menemukan alternatif Allah untuknya.

Fahri bertempat tinggal di lantai satu pada suatu flat di Mesir bersama dengan tiga orang kawan laki-laki. Fahri mempunyai tetangga di lantai tiga flatnya, seorang wanita Mesir bernama Maria.

Baca Juga: Istilah-Istilah Dalam Instagram yang Perlu Kamu Ketahui

Sinopsis Singkat 2

Maria di kisahkan sebagai wanita cantik yang trampil dalam bidang komputer dan banyak membantu Fahri yang masih kurang seperti itu memahami tentang komputer, juga tak jarang memberikan makanan dan ashir mangga kesukaan Fahri. Tak dikira ternyata Maria jatuh cinta terhadap Fahri, tetapi dia tak berani mengucapkan perasaan cintanya.

Kemudian muncul lah Nurul yaitu teman satu kampus Fahri yang tak lain juga menyimpan hati terhadap Fahri, pun minta pakde-nya melamarkan Fahri untuknya. Sampai pada suatu hari Fahri berjumpa dengan Aisha dalam sebuah kereta dikala perjalanan pulangnya setelah Talaqi (salah satu sistem belajar mengajar al-quran dari Rasulullah SAW terhadap para teman).

Dikala itu muncul konflik kecil yang mengawali pertemuan mereka, yaitu dikala di dalam kereta ada 2 orang berkebangsaan Amerika yang sedang mencari tempat duduk, seorang ibu dan si kecilnya. Konflik ibu terlihat sakit karena tak terbiasa terhadap suhu panas di Mesir dan sang buah hati mencoba mencarikan tempat duduk untuk ibunya tersebut.

Aisha seorang muslimah yang memandang suasana itu yang dialami oleh kedua warga Amerika tersebut dan menawarkan tempat duduknya untuk sang ibu. pun mulai muncul, dikala ada seorang laki-laki muslim sedang berang-berang pada Aisha karena Aisha menawarkan tempat duduknya pada kedua warga Amerika yang disebutnya Kafir itu.

2. SINOPSIS NOVEL DILAN BESERTA UNSUR INTRINSIK DAN EKSTRINSIKNYA

sinopsis novel dilan

Identitas Novel

Judul Novel : Dia Merupakan Dilanku Tahun 1990

Penulis : Pidi Baiq

Penerbit : Pastel Books

Genre : Romance

Tahun terbit : 2014

Jumlah halaman : 348 halaman

ISBN : 978 – 602 – 7870 – 41 – 3

Harga Novel : Rp. 59.000

RESENSI NOVEL DILAN TAHUN 1990

Yang terdapat dibelakang buku hakekatnya tak memberikan inti sari mengenai cerita yang terdapat dalam novel dilan ini melainkan, lebih terhadap memberikan ilustrasi mengenai sikap Dilan oleh anggapan-anggapan para pembaca sinopsis novel dilan.

Milea dan tokoh liannya seakan menghilang dan hanya Dilan lah yang menjadi ttitik utama para pembaca, akan melainkan, hal inilah yang menciptakan novel Dilan ini semakin menarik karena pembaca diciptakan penasaran terhadap tokoh, alur cerita, dan karakter dari masing-masing tokohnya yang tak ungkapkan oleh pengarang Pidi Baiq dalam sinopsisnya.

Selain itu, Pidi Baiq juga menambahkan beberapa kalimat yang terdapat dalam percakapan antara Dilan dan Milea yang diciptakan sebagai bagian yang menarik dari novelnya.

UNSUR INTRINSIK NOVEL DIA ADALAH DILANKU (NOVEL DILAN 1)

A). PLOT/ALUR CERITA

Alur cerita yang terdapat dalam novel ini merupakan alur mundur. Buku ini dibuka dengan perkenalan nama dan wajah para tokoh. Bagus utama ataupun tokoh sampingan. Pada bab awal, Miela akan menyajikan seluruh sesuatu tentang dirinya, kisah cintanya dan keluarganya.

Pada bab kedua, Miela akan menceritakan tentang perjalanan cintanya bersama Dilan pada tahun 1990. Kisah cinta ini yang amat romantis denga seluruh kesederhanaanya.

B). WATAK TOKOH

Dilan

Perkenalkan “Dilan\\\\\\\”, merupakan tokoh yang pastinya akan membuat cewek-cewek klepek-klepek saat kalian sudah membaca ceritanya. Sebelumnya, jauhkan dulu, bayangkan kalian seluruh tentang gimana karakter Dilan disini (mengingat bahwa Dilan ditunjukkan sebagai anggota dari geng motor), Dilan itu baik, romantis lagi, bagaimana ngga bikin klepek-klepek?

Dilan disebutkan dalam novel ini, merupakan sosok cowok remaja kelas dua SMA yang memiliki karakter diri yang otentik. Kita akan menemukan sososk Ali Topan saat mengenal Dilan merupakan anggota geng motor, menjadi salah satu “jagoan\\\\\\\” sekolah melainkan otaknya cerdas.

Dia selalu kampiun satu dalam kelasnya, rebel melainkan cerdas, memiliki jiwa revolusioner. Tapi kita juga akan menemukan Lupus dalam Dilan, ia orang yang humoris, seneng iseng dan asiknya nyleneh.

Dilan merupakan penikmat karya-karya sastra, koran Tempo dan pengagum tokoh-tokoh revolusioner. Dia orang yang unik, ia memiliki gaya romantisnya tersendiri. Bayangkan saja, Dilan Pernah mengirimkan surat terhadap Milea yang berisi undangan untuk hadir kesekolah setiap hari.

Miela

Cewek cantik, teman sekolah Dilan, Dari sudut pandang Miela seluruh cerita Dilan disuguhkan. Pada suatu waktu, Milea yang kini sudah berkeluarga, teringat sosok Dilan, pacarnya pada waktu SMA yang amat ia cintai. Milea malah Menuliskan ceritanya.

Waktu itu, di sekolahnyua. Miela merupakan siswi baru, pindahan dari jakarta, ia ikut serta ke Bandumg karena ayahnya yang berprofesi sebagai TNI itu ditugaskan di Bandung. Sejak di Bandung Miela ini banyak yang suka padanya, ada Nandan si buah hati basket, Anhar si ketua geng motor, Kang Adi mahasiswa ITB yang merupakan guru privatnya, dan Beni, merupakan pacarnya yang bersekolah di jakarta.

GAYA BAHASA

Novel dilan ini tak begitu beda dengan penulisan Pidi Baiq pada karya buku-buku sebelumnya. Merupakan selalu ringan, simpel melainkan berkesan. Meskipun tulisan dalam buku ini ceritanya merupakan tulisa langsug dari tokoh Mulea melainkan gaya penulisannya konsisten khas tulisan Pidi Baiq sekali.

Ketika Milea mulai menuliskan catatanya tentang Dilan, ia bilang jikalau gaya penulisannya akan diciptakan menyerupai tulisan Dilan. Gaya bahasa Indonesia yang nyaris baku, susunan kalimatnya kadang tak umum, diputar-putar dan terdapat kesan filosofis dalam kesederhanaan diksinya.

Itulah bahasa Dilan, nampak mirip dengan gaya bahasanya Pidi Baiq. Apa memang Dilan ini merupakan perwujudan dari Pidi Paiq??

AMANAT

Membaca novel Dila ini bisa membuatmu rindu setidaknya pada tiga hal. Pertama, pada masa SMA. Dari saat saat memperhatikan warna cover buku saja, kita sudah diingatkan dengan seragam waktu kita SMA. kemudian,kita akan dihadapkan pada scene persekolahan seperti seperti situasi jam-jam rehat di kantin, jahil pada waktu upacara, telat masuk sekolah, tragedi guru sok jagoan serta suasana daerah tongkrongan.

kedua, merupakan masa-masa jatuh cinta. Maklum, cerita novel ini memang mengisahkan sidoi yang menjalani hubungan dari nol hingga ke tahap paling cantik dalam hubungan (jadian).

Kamu yang sudah memiliki pacar pastinya bakal jatuh cinta lagi dan membisu-membisu bakal merencanakan kelakuan romantis dengan kekonyolannya, seperti yang dilaksanakan oleh Dilan.

Ketiga, Yang menjadi pandangan tersendiri dari novel dilan ini merupakan nuansa 90an. Buku ini merupakan mesin waktu yang mengajak kita untuk memperhatikan kembali bagai mana pacaran tanpa smartphone dan hanya mengandalkan telepon rumah serta betapa sakralnya surat cinta.

Sebab terbatas dan selalu bersela, komunikasi antara Dilan dan Milea saat mereka tak bersama jadi sebuah komunikasi yang istimewah, Cerita cinta jaman dulu yang tak serba instan dan selalu memiliki kualitasnya sendiri.

Baca Juga: Contoh Cerpen Singkat Tentang Persahabatan

3. SINOOPSIS NOVEL LASKAR PELANGI BESERTA UNSUR INTRINSIK DAN EKSTRINSIKNYA

sinopsis novel laskar pelangi

Identitas Novel

Judul Novel : Laskar Pelangi

Penulis Novel : Andrea Hirata

Penerbit : Bentang Pustaka

Tahun Pertama Terbit : 2005

Jumlah Halaman Novel : 529 halaman

Sinopsis novel Laskar pelangi – Mengenai novel sendiri yaitu rumusan cerita novel. Rangkuman novel yang ditulis dalam wujud pemendekan dari sebuah novel dengan konsisten mengutamakan unsur-unsur intrinsik dalam sebuah novel tersebut.

Membuat sinopsis yaitu suatu cara yang paling efektif untuk memperkenalkan karangan novel yang terlalu panjang dalam wujud tulisan yang singkat.

LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT SINOPSIS

Membaca dan memahami naskah absah terutama dahulu untuk mengenal kesan, pesan umum yang dikenalkan oleh pengarang
Mencatat gagasan-gagasan utama dengan menggaris bawahi gagasan-gagasan yang penting
Menulis rumusan (sinopsis) berdasarkan gagasan-gagasan utama sebagaimana dicatat pada langkah ke dua. Gunkan kalimat yang efektif, padat dan menarik untuk merangkai jalan cerita menjadi sebuah karangan singkat yang bisa menandakan karangan absah

APA YANG MENARIK DARI NOVEL LASKAR PELANGI?

Menyebutkan garis besar novel ini diangkat dari kisah riil yang dialami oleh si penulis sendiri. Buku “Laskar Pelangi\\\” Diawali perihal kisah masa kecil si kecil-si kecil desa dari suatu komunitas melayu yang bisa dikatakan amat miskin di Belitung. Kisah orang-orang ‘kecil’ yang berusaha untuk mengoreksi masa depan mereka.
Yang dari kisah miris dunia pendidikan di indonesia dimana sebuah terdapat sekolah yang kekurangan murid hendak ditutup.

Tepatnya di SD Muhammadiyah Belitung. Pada ketika itu yaitu ketika yang menegangkan bagi kesembilan murid yang menimba ilmu di SD Muhammadiyah ini. Kesembilan Murid Ia yaitu Ikal, Sahara, Lintang, A kiong, Kucai, Syahdan, Borek, A ling dan terepani.

Mereka tengah cemas karena SD Muhammadiyah yang mereka tempati akan ditutup kalau murid yang menimba ilmu di SD tersebut tidak genap sepuluh. Mereka amat cemas. SD Muhammadiyah adalh SD tertua di desa Belitung, Sehingga kalau ditutup akan kasihan pada keluarga mereka karena tidak kapabel menyekolahkan si kecil-buah hatinya yang berharap menimba ilmu. Disinilah perjalanan mereka dimulai.

Pada ketika seluruh murid telah galau datanglah Harun, Seorang yang memiliki keterbelakangan mental. Walhasil yaitu seorang pahlawan karena ia menyelamatkan ke sembilan temannya yang berharap terus menimba ilmu serta menyelamatkan berdirinya SD Muhammadiyah belitung tersebut.

Unsur karena murid yang teregistrasi disekolah tersebut genap 10, sekolah dengan bangunan ala kadarnya tersebut konsisten diperbolehkan beraktifitas seperti sekolah pada lazimnya. Ke sepuluh murid tersebut yaitu murid para laskar pelangi. Sebuah nama yang diberi oleh guru mereka yang bernama Bu Mus, oleh karena kegemaran mereka kepada keindahan pelangi.

Tokoh dalam novel ini yaitu Lintang, Ikal, Mahar, Sahara, Syahdan, A kiong, Borek, Kucai, Trapani, A ling, Harun, Bu silmah, Pak Harfan, Flo. Mereka seluruh yaitu teman yang kisahnya memikat dunia melalui tangan dingin sang penulis.

RESENSI UNSUR INTRINSIK NOVEL LASKAR PELANGI

Sinopsis novel laskar pelangi- Adapaun yang membangun Selain intrinsik dalam sebuah karya sastra salah satunya novel yaitu sebagai berikut :

1.Tema

Dalam novel laskar pelangi ini tema utamanya yaitu pendidikan. Akan tapi uniknya tema pendidikan ini diselingi dengan kisah pertemanan yang amat erat dan penuh makna antara member laskar pelangi. Tapi itu tema pendidikan ini juga dipadukan dengan tema ekonomi. Keadaan tema pendidikan lah yang lebih terlihat dalam novel ini.

2. Alur (Plot)

a. Pengenalan Perselisihan Cerita

Cerita mulai dengan dibukanya penerimaan siswa baru di SD Muhammadiyah yang ada di kampung gantung, Belitong timur, Sumatera Selatan. Sebuah wilayah yang kaya akan sumber energi alamnya yaitu timah.

Belitong yaitu wilayah yang menjadi daerah penambangan timah terbesar dan menghasilkan banyak sekali manfaat dan profit. Walu seperti itu, kehidupan di sana seperti terpetak-petak antara si kaya dan si miskin.

Pada pagi itu, satu demi satu calon murid yang ditemani oleh orang tuanya berdatangan meregistrasikan diri di sekolah ala kadarnya yang mungkin telah tidak layak pakai untuk daerah belajar-mengajar.

b. Menuju Konflik

Dalam novel Laskar pelangi ini, banyak bermunculan konfik-konflik. Jikalau konflik yang pertama timbul yaitu ketika suasana mulai tegang karena terbukti pendaftaran tidak mencukupi batan minimum murid yang disyaratkan oleh Depdikbud Sumsel. Perselisihan calon murid yang mendaftar kurang dari sepuluh si kecil, maka SD Muhammadiyah terpaksa patut di tutup.

c. Puncak Konflik

Puncak perselisihannya yaitu setelah di tunggu sampai siang, terbukti jumla murid yang daftar tidak lebih dari sembilan orang, Jumlah tersebut tentu saja belum mencukupi syarat dari Depdikbud.

Selanjutnya ini tentu saja membuat cemas pak Harfan (kepala sekolah) dan Bu Muslimah (guru). Perselisihan pada kesudahannya pak Hargan memastikan untuk memberikan pidato dan mengumumkan bahwa penerimaan murid baru dibatalkan.

Dikala masalah-masalah lain bermunculan dari masing-masing tokoh. Akan tapi, selanjutnya secara garis besar melibatkan hampir seluruh tokoh yaitu pada ketika akan diadakannya laga karnaval antar sekolah.

d. Penyelesaian Konflik

Karena hampir saja pak Harfan memulai pidatonya guna memberitahukan bahwa penerimaan murid baru di SD Muhammadiyah dibatalkan, seorang ibu timbul untuk meregistrasikan buah hatinya yang bernama harun, mengidap keterbelakangan mental.

Tentu saja kedatangan harun dan ibunya ini memberikan keinginan kepada pak Harfan, Bu Muslimah dan para calon murid serta orang tuanya. Harun sebagai pahlawan telah menggenapi jumlah murid sehingga SD Muhammadiyah tidak jadi di tutup.

Sekolah yang kalau malam dipakai untuk sebagai kandang ternak ini kesudahannya memulai aktivitas belajar-mengajar meski dengan fasilitas ala kadarnya. Tiba waktunya untuk meniru karnaval antar sekolah.

Keikutsertaan SD Muhammadiyah sempat di permasalahkan karena ketidak adaan dana dan sikap pesimistis yang timbul. Jikalau, Bu Muslimah bersikeras untuk mengikutkan murid-muridnya. Mulanya poin keseniannya paling tinggi dan dianggap sebagai murid yang brilian, Mahar pun ditunjuk sebagai ketua untuk mengomando persiapan karnaval. Dengan inspirasi cerah dan kejeniusan nya, Mahar sukses menggiring teman-temannya merebut piala kemenangan.

Tapi itu SD Muhammadiyah kembali meniru laga. Kali ini yaitu laga cerdas akurat. Bu Muslimah, ikal dan teman-teman sempat cemas karena tidak lama laga akan lantas di mulai tapi ujung tombak regu mereka belum datang juga.

Untungnya walau hampir terlambat, kesudahannya yang dinanti-nanti datang (Lintang). Selain regu dari SD Muhammadiya tertinggal angka ketika melawan SD PN dan SD Negeri. Keadaan pada ketika menjelang soal yang beraroma angka SD Muhammadiyah mengejar tertinggal dan sukses merebut piala kemenangan untuk yang kedua kalinya.

Baca Juga: Cerita Cinta Romantis Bikin Baper Bagi Kamu yang Masih Jomblo

KELEMAHAN NOVEL LASKAR PELANGI

Kelemahannya yaitu penerapan nama-nama ilmiah dalam cerita-ceritanya. Selanjutnya ini menyebabkan pembaca kurang nyaman dalam membaca. Apalagi glosarium ditempatkan di bagian belakang novel. Selanjutnya ini yang menambah ketidak praktisan dalam memahami istilah-istilah ini. Tapi itu, imajinasi pembaca bisa terhambat kalau mereka tidak memahami istilah-istilah tersebut.

KEUNGGULAN NOVEL LASKAR PELANGI

Keunggulan novel ini yaitu menceritakan perihal pertemanan dan loyal kawan yang amat erat dan juga meliputi alangkah pentingnya pendidikan yang seperti itu mendapalam seta kisahnya yang seperti itu menyemangati.

KESIMPULAN NOVEL LASKAR PELANGI

Dari novel laskar pelangi yang diciptakan oleh Andre Hirata ini, saya bisa mengambil sebagian pelajaran yang amat bernilai dalam hidup ini, salah satunya kita patut benar-benar menghargai yang namanya hidup, mensyukuri apapun pemberian yang maha kuasa, dan tidak pantang menyerah kalau mengharapkan sesuatu serta tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini selagi kita berharap berusaha.

Dan satu hal lagi, jago tidak menjamin 100 % kita untuk meraih kesuksesan. bisa mengambil rumusan dari novel ini, bahwa seluruh kehidupan manusia telah ada yang mengendalikannya yaitu yang maha kuasa swt. pekerjaan yang kita lakukan di dunia ini tidak lepas dari campur tangan yang maha kuasa Swt.

4. SINOPSIS NOVEL PERAHU KERTAS BESERTA UNSUR INTRINSIK DAN EKSTRINSIKNYA

sinopsis novel perahu kertas

Judul Novel : Perahu Kertas

Pengarang : Dewi Lestari “Dee\\\”

ISBN : 978-979-1227-78-0

Penerbit : Bentang Pustaka dan Truedee Pustaka Sejati

Editor : Hermawan Aksan

Cetakan : I, Agustus 2009

Tebal Novel : XII + 444 halaman; 20 cm

Tahun Terbit : 2010

Jumlah Halaman : 444 halaman

Harga : Rp 69.000,-

Sinopsis Novel Perahu Kertas-Dimulai dengan dua si kecil dengan kisah hidup yang masing-masing memiliki kisah hidup yang serupa, yaitu Kugy dan Keenan. Keenan yaitu seorang remaja yang barusaja mengatasi sekolah menengah atas-nya di Negara kincir angin (Belanda), tepatnya di Amsterdam.

keenan menetap di Negara kincir angin tersebut selama hampir 6 tahun lamanya, bersama Neneknya. keenan terlahir dengan cita-cita menjadi pelukis yang luar umum. Melainkan, ia dipaksa untuk kembali ke indonesia oleh Ayahnya. Faktor keluarga yang tidak menunjang nya menjadi seorang pelukis. Pada kesudahannya ia sepatutnya kuliah di salah satu Universitas di Bandung, ia menyelam di bidang Ekonomi.

Tokoh sentral lainnya yaitu wanita bertubuh mungil dengan nama uniknya yaitu Kugy. ia digambarkan dengan kepribadian yang ceria dan riang, berbeda dengan keenan yang cenderung kaku dan dingin.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN NOVEL PERAHU KERTAS

Kelebihan novel perahu kertas

Novel ke enam karya Dewi Lestari atau yang tak jarang diketahui dengan nama “dee\\\” ini menurut saya sungguh-sungguh menarik. Dimana novel ini mengulas tema perihal persahabatan yang serat akan perselisihan yang menghanyutkan untuk para pembacanya.

Dikemas dengan gaya bahasa yang lugas dan ringan serta pantas dengan kondisi masyarakat masa kini menciptakan novel ini bisa gampang dimengerti dan diniikmati oleh pembaca dari beraneka kalangan umur.

Novel ini seperti itu edukatif dikarenakan kita bisa banyak belajar dari novel ini. Mulai dari bagaimana kita sepatutnya tetap semangat dalam meraih mimpi-mimpi kita serta percaya bawasannya hidup ini sudah ada yang mengendalikan.

Kekurangan novel perahu kertas

Dalam novel ini, pelukisan cerita banyak mengaplikasikan setting tempat sehingga sungguh-sungguh bisa beresiko pembaca akan menjadi bingung dalam memahami latar tempat cerita tersebut dimana. Oleh sebab itu dibutuhkan pemahaman dan konsentrasi tinggi untuk para pembacanya.

Pada sebagian komponen kisah, terdapat cerita yang monoton sehingga muncul kesan kurang menarik dan muncul kebosanan pembaca dalam mendalami novel.

5. SINOPSIS NOVEL 5 CM BESERTA UNSUR INTRINSIK DAN EKSTRINSIKNYA

sinopsis novel 5cm

Identitas Novel

Judul Novel : 5 cm

ISBN : 9797591514

Nama Pengarang : Donny Dhirgantoro

Penerbit : PT. Grasindo

Tahun Terbit : 2007

Tebal Novel : 381 halaman

Harga Novel : Rp 60.000,00

Amanat

Amanat yang tersampaikan, Terimalah sahabat kita dengan sepenuh hati dan apa adanya, baik kelebihan dan kekurangannya yang ada pada diri sahabat kita. Sebab tidak seluruh orang memiliki kelebihan semata.

Kelebihan itu pasti senantiasa didampingi dengan kekurangan masing-masing, tinggal bagaimana metode kita sebagai sahabat menyikapi kelebihan dan kekurangan tersebut

Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang diaplikasikan dalam novel 5 cm yaitu bahasa yang meniru perkembangan zaman sehingga gampang untuk dibaca dan dipahami oleh pembaca lebih-lebih di kalangan remaja.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN BUKU Novel 5 CM

Kelebihan dari buku ini yaitu ceritanya yang cukup menarik penuh tantangan dan petualangan. Penulis mengaplikasikan bahasa yang elegan gampang dipahami dan alur ceritanya yang tidak membosankan sehingga menarik pembaca untuk membaca buku ini hingga akhir.

Di dalam buku ini terdapat banyak kata-kata yang bisa membuat kita terinspirasi. Dalam ceritanya diselipkan sebagian nyanyian yang pantas dengan suasana yang sedang dialami, sehingga membuat kita kian terlarut dalam cerita.

Ditambah dengan penggambaran setting latar waktu dan latar tempat yang detil, tetapi tidak berlebihan seakan membuat kita seperti ikut serta terlibat di dalamnya, seperti pejalanan mereka dari stasiun senen, Jakarta hingga ke puncak Gunung Mahameru.

Pembaca bagaikan berada dalam kondisi tersebut, menikmati dinginnya Ranu Pane, Cantiknya Ranu Kumbolo, Kisah mitisnya kalimati serta menakjubnya puncak Mahameru. Pesa tata krama yang dikenalkan bahkan sungguh-sungguh baik sehingga memotuvasi pembaca agar bisa mengejar cita-cita mereka dan membuat menjadi kenyataan.

Kekurangan Buku  Novel 5 cm

Cerita akhir novel 5 cm ini padahal berakhir dengan happy ending, tetapi masih sedikit menggantung dan serasa seperti itu dipaksakan dengan pembentukan keluarga antara sahabat-sahabat tersebut.

Ditambah lagi dengan keturunan mereka yang seperti itu sama mewarisi sifat-sifat dari orang tuanya dan semuanya seumuran. tersebut menyebabkan pembaca susah dalam membedakan mana yang menjadi si kecil dan mana yang menjadi bapak, mana yang masih muda dan mana yang si kecil-si kecil.

Baca Juga: Contoh Resensi Buku Novel Fiksi dan Non Fiksi

6. SINOPSIS NOVEL SANG PEMIMPI BESERTA UNSUR INTRINSIK DAN EKSTRINSIKNYA

sinopsis novel sang pemimpi

Identitas Novel

Judul novel : Sang Pemimpi

Pengarang Novel : Andrea Hirata

Penerbit : Bentang (PT Bentang Pustaka)

Daerah terbit buku : Jln. Pandega Padma 19, Yogyakarta 55284

Tahun terbit buku : Cetakan Pertama, Juli 2006

Cetak kedua belas, November 2007

Cetak keempat belas, Januari 2008

Cetak kelima belas, Februari 2008

Cetak keenam belas, Februari 2008

Cetak ketujuh belas, Maret 2008

Cetak kedelapan belas, Maret 2008

Sinopsis Novel sang pemimpi- merupakan novel kedua dari tetralogi novel laskar pelangi karya Andrea Hirata. Novel ini merupakan salah satu dari novel-novel terpopuler lainnya. Sang pemimpi merupakan novel yang genrenya identik dengan pendidikan.

Motivasi juang dan kepatriotisan dalam sebuah keluarga yang sederhana dan tinggal di kepulauan terpencil di indonesia. Novel ini dapat menjadi figure yang baik bagi kita. Namun kita perlu memahami maksud dari isi yang dikenalkan dalam novel hal yang demikian.

RESENSI UNSUR INSTRINSIK SINOPSIS NOVEL SANG PEMIMPI

TEMA

Tema yang diceritakan dalam novel ini merupakan persahabatan, kepercayaan, perjuangan dan tenaga mimpi serta keyakinan pada Ilahi Ilahi Ilahi Esa. Setiap hal yang demikian ditunjukkan dalam tiap-tiap kalimat dan penceritaan si penulis tentang kerasnya kehidupan dan kemustahilan yang dapat ditembus dengan keyakinan, perjuangan dan mimpi yang amat besar dimiliki sitokoh dalam cerita.

LATAR TEMPAT

Dalam novel sang pemimpi ini diceritakan latarnya merupakan di Pulau Magai Balitong, los pasar dan dermagai pelabuhan Magai, di gedung bioskop, di sekolah SMA Negeri. Teminal Bogor, dan Pulau kalimantan.

LATAR WAKTU

Dalam novel Sang Pemimpi ini ditunjukkan waktunya pagi, siang, sore dan malam. Latar nuansanya lebih condong ke melayu dan gejolak remaja yang diselimuti dengan cita-cita-cita-cita yang tangguh.

ALUR CERITA

Dalam novel sang pemimpi ini mengaplikasikan alur gabungan merupakan alur maju dan alur mundur. Alur maju saat pengarang mengisahkan dar mulai kecil sampai dewasa dan alur mundur saat mengisahkan momen waktu kecil pada saat dewasa.

GAYA PENULIS

Gaya bahasa penulisan ini amat baik. Dengan kecerdasan kata-kata dan kelembutan bahasa puitis berpadu tanpa adanya elemen repetitif yang membosankan. Kecuali kata nya terdapat banyak kekayaan bahasa sekalian makna apik yang berada disetiap balik kata-katanya. Nilai itu. Novel Sang Pemimpi ini ditulis dengan realis bertabur dengan metafora, penyampaian cerita yang baik dan meraba, penuh pandangan baru dan daya pikir.

Komikal dan banyak mengandung letupan-letupan intelegensi yang tangguh sehingga pembaca tanpa sadar masuk dalam kisah dan karakter-karakter yang dipernakan dalan novel sang pemimpi ini.

AMANAT

Amanat yang disamapaikan dalam novel ini merupakan jangan takut berfantasi, bermimpilah. Setiap ini amat terang ditunjukkan dalm tiap-tiap sub babny. Ilahi pada prinsipnya manusia tak akan pernah dapat lepas dari sebuah mimpi dan kemauan besar dalam hidpnya.

Setiap ini secara terang dikisahkan penulis dalam novel sang pemimpi ini dengan masksud memberikan titik terang pada manusia yang memiliki mimpi besar tetapi terganjal oleh segala kekurangan.

SUDUT PANDANG

Sudut pandang dalam novel laskar pelangi ini merupakan orang pertama pelaku utama (aku). Dimana penulis memposisikan dirinya sebagai tokoh ikal dalam novel.

RESENSI UNSUR EKSTRINSIK SINMOPSIS NOVEL SANG PEMIMPI

NILAI MORAL

Lebih-lebih moral yang terkandung dalam novel ini amat kental. Sifat-sifat yang tergambar menampilkan rasa humanis yang terang dalam diri seorang remaja tangguh dalam menyikapi kerasnya kehidupan. Dalam novel ini, tokoh utama ditunjukkan sebagai sosok remaja yang memiliki perangai yang cukup baik dan rasa setia kawan yang tinggi.

NILAI SOSIAL

dar segi moral novel sang pemimpi ini kaya akan poin sosial. Setiap ini ditunjukkan dalam rasa setia kawan yang demikian itu tinggi antara ketiga tokoh ikal, arai dan jimbron. Masing-masing saling menunjang dalam menolong antara satu dengan yang lain untuk menghasilkan cita-cita-cita-cita mereka sekalipun hampir menempuh batas ketidakmungkinan.

Dengan didasari rasa saling gotong royong yang tinggi sebagai orang Balitong, dalam situasi kekurangan pun maih dapat saling menolong satu sama lain.

NILAI ADAT ISTIADAT

Lebih-lebih adat yang terdapat dalam novel ini juga demikian itu kental terasa. Adar adat istiadat pada sekolah yang tradisional, mewajibkan muridnya mencium tangan gurunya, maupun mata dari mata pencaharian warga sekitar yang amat keras dan kasar merupakan sebagai kuli dipertambangan timah tergambar dengan terang dalam novel ini. Sehingga menamba khazannah adat istiadat yang lebih di indonesia

NILAI AGAMA

Lebih-lebih agama yang terdapat dalam novel ini juga secara terang tergambar. dalam bagian-bagian dimana ketiga toko ini belajar dalam sebuah pondok pesantren. Terdapat banyak hukum-hukum islami dan petuah-petuah Kyai yang demikian itu hormat mereka patuhi. Setiap itu juga yang membikin novel ini demikian itu kaya dan kental dalam agama.

Demikianlah pembahasan mengenai kumpulan contoh sinopsis novel remaja singkat laskar pelangi, sang pemimpi, sinopsis novel 5 cm, novel dilan, ayat-ayat cinta dan contoh sinopsis lainnya, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar