Contoh Artikel Yang Baik Dan Benar Terlengkap & Terbaru

CONTOH ARTIKEL YANG BAIK DAN BENAR – Dalam hal ini, artikel dan jenis artikel serta fitur yang terkandung dalam artikel akan dibahas. Artikel adalah artikel yang membahas topik tertentu dan diterbitkan di majalah, surat kabar, dan media sosial di Internet.

Dalam artikel ini, seseorang datang dengan ide, wawasan, dan fakta, dengan tujuan memberikan informasi kepada pembaca.

Nantinya kita akan membahas lengkap terkai pengertian artikel disertai contoh contoh artikel yang bisa kita temukan, seperti artikel ilmiah, kesehatan, pendidikan, artikel populer, dan masih banyak lagi.

Pengertian Artikel

Pengertian Artikel
Pengertian Artikel

Pengertian artikel berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah suatu tulisan yang ditulis dengan lengkap dan faktual dengan panjang tertentu yang dapat dipublikasikan. Tujuannya adalah untuk menyampaikan ide dan fakta yang dapat dididik atau dihibur.

Definisi artikel juga termasuk artikel yang diterbitkan melalui berbagai media seperti surat kabar, majalah, pengumuman atau media online.

Menurut para ahli seperti Rillan E. Wolseley, artikel merupakan suatu karangan yang jumlah katanya tidak dapat ditentukan. Tujuannya adalah untuk menyampaikan gagasan atau ide maupun fakta dengan maksud meyakinkan, meghibur ataupun mendidik.

Sedangkan menurut Tartono, bahwa jenis artikel dibedakan berdasarkan siapa yang menulisnya, apa isi, dan fungsinya.

Ciri-ciri Artikel yang Baik dan Benar

Ciri-ciri Artikel yang Baik dan Benar
Ciri-ciri Artikel yang Baik dan Benar

Artikel memiliki ciri-ciri antara lain sebagai berikut :

  • Sumber artike berdasarkan fakta dan tidak hanya sekedar realita.
  • Isi artikel padat, singkat dan jelas.
  • Tulisan original.
  • Berdasarkan fakta yaitu penulisannya mencantumkan data-data yang diperoleh atau diketahui oleh penulis.
  • Fakta yang didapat dari objek atau narasumber yang terkait dengan topik dan bukan dari hasil pemikiran penulis.
  • Topik yang dibahas pada umumnya tentang biografi tokoh, peristiwa, hasil penelitan dan lainnya.

Jenis Penulisan Artikel Ilmiah

Jenis Penulisan Artikel Ilmiah
Jenis Penulisan Artikel Ilmiah

Berdasarkan penulisannya, artikel dibagi menjadi tiga bagian, yaitu:

Artikel Prediktif

Artikeel predictif adalah artikel yang menanyakan pertanyaan dan memprediksi peristiwa masa depan di zaman sekarang. Dalam artikel ini, penulis akan mengungkap fenomena saat ini dan memberikan prediksi untuk peristiwa di masa depan. Acara mendatang adalah hasil dari acara terkini.

Artikel Deskriptif

Seperti namanya, artikel deskriptif adalah artikel yang membahas masalah yang telah terjadi atau menginformasikan pembaca informasi.

Artikel ini dibuat untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang hal-hal yang belum diketahui pembaca sehingga ia dapat memahami dan memahami. Artikel ini tidak dibuat untuk menjelaskan masalah secara rinci.

Artikel Eksplanatif

Artikel penjelasan (eksplanatif) adalah artikel yang mempelajari, menjelaskan, atau menjelaskan masalah yang ada.

Terjemahan tidak hanya bersifat umum, tetapi harus dijelaskan dengan jelas, jelas dan terperinci. Konten artikel yang lebih besar menunjukkan pandangan atau pendapat penulis tentang topik yang dipilih.

Cara Penulisan Artikel Ilmiah

Cara Penulisan Artikel Ilmiah
Cara Penulisan Artikel Ilmiah

Selain jenis, artikel juga memiliki beberapa cara penulisan, antara lain:

Argumentasi

Argumentasi adalah suatu tulisan yang mempunyai tujuan untuk membuktikan suatu kebenaran dengan bukti-bukti yang dikumpulkan oleh penulis, baik melalui narasumber atau objek ataupun data-data yang diperoleh penulis. Tujuannya adalah mengungkap kebenaran.

Deskripsi

Deskripsi adalah suatu tulisan yang menggambarkan sesuatu kepada pembaca, sehingga pembaca seolah-olah mendengar atau melihat keadaan tersebut.

Eksposisi

Eksposisi adalah suatu tulisan yang berisi tentang suatu penjelasan topik pembahasan dengan tujuan untuk memberi pengetahuan kepada pembaca yang dilengkapi dengan gambar, grafik, dan data lainnya.

Persuasi

Persuasi adalah suatu tulisan yang bertujuan untuk mempengaruhi pembaca untuk melakukan sesuatu tindakan.

Narasi

Narasi adalah suatu tulisan yang menggambarkan seperti tulisan yang berasal dari pengalaman penulis.

Model Penulisan Artikel

Model Penulisan Artikel
Model Penulisan Artikel

Pada saat penulisan, ada beberapa model, satu dengan karakteristiknya sendiri. Jadi apa saja jenis model penulisan artikel? Di bawah ini adalah penjelasan tentang jenis model penulisan artikel yang dapat Anda pahami.

Model Penulisan Populer

Mode penulisan yang populer adalah mode penulisan artikel. Dalam artikel ini, biasanya menggunakan teks pendek pada subjek, tidak serumit tema hiburan. Menulis artikel populer biasanya dalam bahasa bebas atau bahasa yang mirip dengan yang biasa digunakan di majalah atau koran.

Model Penulisan Ilmiah

Mode penulisan ilmiah adalah menulis artikel dalam bahasa standar dan resmi, memperhatikan ejaan yang tepat. Tidak hanya itu, model penulisan ilmiah ini telah diakui oleh hukum. Oleh karena itu, model penulisan artikel ini membutuhkan pembelajaran khusus dan biasanya lebih kompleks daripada model penulisan artikel lainnya.

Model Penulisan Ilmiah Populer

Mode penulisan ilmiah populer adalah kombinasi dari mode ilmiah dan mode populer. Model penulisan artikel jenis ini biasanya ditujukan untuk masyarakat umum. Misalnya, Anda dapat menemukan artikel sampel di bawah ini.

Nah, setelah memahami artikel tersebut pengertian dan berbagai model penulisan artikel. Selanjutnya, yang perlu Anda ketahui adalah kondisi artikel.

Syarat-syarat Artikel

Syarat-syarat Artikel
Syarat-syarat Artikel

Mengapa ada persyaratan artikel? Ya, ini artinya Anda tidak bisa menulis artikel sendiri. Karena dalam aturan pembuatan artikel, ada persyaratan khusus untuk membuat artikel sehingga mereka bisa bagus, otentik, mudah dimengerti, dan bermanfaat bagi pembaca. Ini adalah persyaratan untuk menulis artikel.

Apakah itu model artikel yang populer, model ilmiah atau ilmiah populer, bahasa penulisan artikel digunakan sesuai dengan jenisnya.

  • Tulis artikel yang asli atau milik sendiri, bukan bajakan.
  • Subjek dari artikel ini adalah tanggapan terhadap kejadian tersebut.
  • Ide artikel ini murni berasal dari penulis sendiri. Mengenai masalah ini, ia juga dapat mengadopsi buku, majalah, surat kabar, dan bentuk referensi atau referensi lainnya.
  • Menulis artikel tidak dibatasi oleh waktu, gaya bahasa, format berita, dan keterampilan menulis lainnya.
  • Perlu mempertimbangkan gaya penulisan, aktualitas, dan panjang pendek artikel.

Kriteria Artikel yang Baik

Kriteria Artikel yang Baik
Kriteria Artikel yang Baik

Mungkin hampir semua orang bisa menulis artikel. Namun, tidak semua orang tahu kriteria untuk menulis artikel yang bagus.

Karena itu, untuk menulis artikel yang baik, Anda juga harus terlebih dahulu memahami kriteria artikel yang baik. Jadi, apa kriteria untuk artikel yang bagus? Berikut adalah 5 kriteria untuk artikel bagus yang bisa Anda gunakan sebagai patokan untuk artikel bagus.

  • Judul / tips dalam artikel ini sangat menarik, kreatif dan provokatif. Ini akan membuat pembaca lebih tertarik membaca artikel Anda.
  • Gunakan model blok untuk membuat paragraf. Untuk kata-kata penting, mereka harus dicetak tebal. Untuk bahasa asing, huruf miring harus digunakan.
  • Jelaskan dengan jelas atau metaforis dengan gambar jika perlu.
  • Gunakan istilah dan kata-kata yang mudah dimengerti atau beradaptasi dengan karakteristik dan latar belakang pembaca.
  • Gaya membaca yang halus dan menyenangkan.

Langkah-langkah dalam Menulis Artikel

Langkah-langkah dalam Menulis Artikel
Langkah-langkah dalam Menulis Artikel

Langkah apa yang harus diambil untuk menulis artikel. Nah, untuk menulis artikel, kita benar-benar perlu tahu langkah apa yang harus kita lakukan. Mari kita lihat langkah-langkah untuk menulis artikel berikut ini.

  • Tentukan subjek artikel yang ingin Anda tulis.
  • Masukkan ide atau ide.
  • Menulis yang singkat dan mudah dimengerti.
  • Tentukan sudutnya dan buat judul itu menarik bagi pembaca.
  • Temukan referensi berdasarkan kebutuhan topik yang sedang dibahas.
  • Mulai menulis dengan senang hati.
  • Memperbaiki artikel yang diterbitkan dan mengoreksi apa yang perlu diperbaiki.

Contoh Artikel Ilmiah

Contoh Artikel Ilmiah
Contoh Artikel Ilmiah

Artikel ilmiah adalah tipe deskriptif karena mereka menggambarkan subjek secara rinci. Artikel ilmiah biasanya diterbitkan dalam jurnal ilmiah, yang disusun secara tertib berdasarkan fakta dan bermakna atau masuk akal. Artikel ilmiah ditandai oleh:

  • a. Sumber tepercaya
  • b. Penulis adalah bagian dari artikel
  • c. Sintesis temuan dari topik yang dipilih.

Berikut adalah contoh artikel ilmiah

Dampak Buruk Junk Food Untuk Kesehatan

Junk food disebut makanan cepat saji atau fast food, dan berkembang pesat dalam persaingan perusahaan makanan Indonesia.

Beberapa orang berpikir bahwa makanan cepat saji lebih efektif dalam waktu dan lebih mudah ditemukan. Tidak hanya itu, makanan cepat saji juga memiliki rasa yang lezat dan harga terjangkau.

Karena beberapa efek samping, makanan cepat saji telah menjadi topik kontroversi di Tiongkok sejak lama.

Efek buruk ini disebabkan oleh kandungan zat berbahaya dalam makanan instan, seperti lilin dalam mie instan. Jangan berhenti di sini, sebenarnya ada pengawet dan perasa dalam makanan cepat saji, sekarang disebut misin.

Sekarang, ketika seseorang menemukan sesuatu yang abnormal, remaja sering tiba-tiba menggunakan istilah Hilang untuk orang dewasa.

Tujuan dari hal-hal yang kurang normal adalah seperti seseorang berpikir terlambat, diminta untuk menjawab lama ketika berbicara, dll. Makanan cepat saji pasti mengandung zat berbahaya yang disebutkan di atas.

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa frekuensi makan makanan cepat saji saja tidak secara langsung mempengaruhi tubuh manusia.

Namun, makanan cepat saji yang dikonsumsi akan dimakamkan di dalam tubuh dan kemudian menjadi penyebab penyakit fatal seperti kanker. Bukan hanya kanker, tetapi juga penyakit berbahaya, seperti stroke, radang usus buntu dan penyakit ginjal.

Jadi, jika Anda milik seseorang yang hanya suka makanan cepat saji, kurangi,

Mulailah mencintai tubuh Anda dan diri Anda sendiri. Ingat, salah satu bahan dalam makanan yang mudah dikonsumsi adalah tubuh sulit dicerna.

Lilin mengganggu cara kerja sistem pencernaan manusia, sehingga makanan yang mengandung lilin harus dicerna setidaknya dua hari.

Contoh Artikel Pendidikan

Contoh Artikel Pendidikan
Contoh Artikel Pendidikan

Seperti namanya, artikel pendidikan adalah artikel yang membahas masalah yang terkait dengan pendidikan, seperti efektivitas pendidikan.

Artikel pendidikan menampilkan bahasa yang mudah dipahami, konten memberikan contoh, dan membahas pengajaran. Artikel pendidikan dibagi menjadi artikel penjelasan dan deskriptif berdasarkan topik yang dipilih oleh penulis.

Pendidikan Terhadap Kualitas Anak di Pedalaman

Sudah diketahui bahwa anak-anak yang tinggal di daerah pedesaan mengalami kesulitan menjalani kehidupan yang layak seperti anak-anak pada umumnya.

Mereka kesulitan mendapatkan air bersih, mendapatkan pendidikan berdasarkan kelayakan pendidikan di Indonesia, dan mengikuti perkembangan zaman. Tidak hanya itu, mereka bahkan tidak dapat mengidentifikasi perangkat komunikasi seperti ponsel.

Masalah utama yang menjadi fokus utama adalah betapa sulitnya bagi mereka untuk menerima pendidikan yang layak dan pendidikan dua belas tahun.

Sebenarnya, ini bukan semua kesalahan mereka, dan kesulitan mereka untuk mencapai lokasi sekolah adalah masalah karena mereka harus menyeberangi sungai. Mereka juga harus berjalan puluhan kilometer, dan beberapa bahkan tidak memakai sepatu.

Sayangnya, staf internal tidak mencukupi karena kesulitan dalam menemukan guru yang ingin mengajar di daerah tersebut.

Bahkan kualitas seseorang diukur oleh tingkat pendidikan, karena kualitas lulusan sekolah dasar berbeda dari kualitas sarjana. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendidikan sangat mempengaruhi kualitas anak pedalaman.

Contoh Artikel Kesehatan

Contoh Artikel Kesehatan
Contoh Artikel Kesehatan

Bagi kalian yang mencari contoh artikel tentang kesehatan, mungkin bisa melihat artikel dibawah ini, tema tentang kesehatan sangat penting untuk dipelajari, terkuhusus bagi para mahasiswa atau para pelajar yang sedang mencari tugas terkait kesehatan

Manfaat Madu Bagi Kesehatan

Madu adalah hasil yang diproduksi oleh lebah, yang dikenal karena manfaat kesehatannya, dan kesehatannya yang kaya digunakan secara luas untuk mengobati berbagai penyakit. Manfaat madu adalah:

Manfaat Madu untuk Kesehatan Kulit Wajah

Madu tidak hanya dikenal sebagai pemanis alami, tetapi juga memiliki manfaat lain yang dapat digunakan untuk kesehatan kulit, terutama kulit wajah.

Madu dianggap dapat menghilangkan jerawat tetapi perlu ditambahkan dengan bahan lain seperti jeruk nipis. Madu juga bisa digunakan untuk mengecilkan pori-pori wajah dan melembutkan kulit wajah.

Madu Sebagai Penghilang Batuk

Manfaat madu sebagai antitusif tidak hanya sepele tanpa bukti, tetapi manfaat ini juga telah terbukti dalam jurnal. Majalah ini dirilis pada 2007 dan memiliki 270 sampel anak. Hasil penelitian ini adalah bahwa minum satu sendok madu sebelum tidur akan mengurangi intensitas batuk.

Madu Sebagai Peningkat Kekebalan Tubuh

Ada banyak nutrisi dalam madu, mereka sangat kompleks, dari vitamin hingga berbagai mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Tidak heran banyak orangtua sekarang percaya bahwa madu dapat diberikan kepada anak-anak. Alasan orang tua mengambil madu adalah untuk menjaga anak-anak mereka tetap sehat, terutama untuk meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh.

Madu Sebagai Pembunuh Bakteri

Madu mengandung zat yang memiliki efek memperlambat atau bahkan membunuh bakteri, sehingga melindungi tubuh dari penyakit.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa madu dapat secara efektif membunuh bakteri dalam tubuh, seperti E. coli, Salmonella, dan bakteri serupa lainnya. Karena itu, manfaat madu tidak diragukan lagi.

Contoh Artikel Populer

Contoh Artikel Populer
Contoh Artikel Populer

Fenomena Lelaki Berpenampilan Seperti Seorang Wanita

Bagi mereka yang mengikuti perkembangan jurnalisme hari ini, terutama di kalangan selebritas, berita harus didiskusikan oleh pria sesering pria.

Lebih khusus lagi, mereka sebenarnya laki-laki, agak seperti perempuan. Pakaian yang mereka kenakan, atau pakaian yang sama seperti wanita, bahkan cantik.

Saya bertanya-tanya apa yang mereka pikirkan adalah bahwa mereka mengubah tampilan seluruh tubuh dari kepala ke kaki.

Namun, ada banyak cara Anda dapat menjaga Anda dan orang-orang di sekitar Anda dari fenomena yang tidak diinginkan ini. Metodenya adalah:

Perdalam Keyakinan tentang Agama

Sejak lahir ada agama yang dimulai di dalam rahim ibu dan juga mengikuti agama orang tua.

Agama adalah fondasi terdalam untuk kehidupan yang berkelanjutan. Tanpa agama, seseorang mungkin kehilangan tujuannya dalam hidup dan gagal memahami arahannya. Akibatnya, keinginan untuk mengubah gender dapat terjadi.

Jaga Pergaulan

Tingkat asosiasi sekarang saling terkait, dan dapat terjalin antara beberapa bagian benua dan bagian benua lainnya.

Misalnya, seseorang dapat berkomunikasi dengan, atau bahkan terbiasa dengan, orang-orang dari berbagai negara.

Asosiasi yang terlalu luas dan bebas juga bertanggung jawab atas fenomena aneh ini. Asosiasi membuat mereka tidak terlalu peduli dengan agama.

Dalam kedua cara itu, setidaknya satu orang dapat melindungi dirinya dari hal-hal yang bertentangan dengan nasib dan alam.

Setiap orang harus percaya apa yang dia miliki sehingga dia tidak berharap menjadi tipe lain.

Seorang pria harus percaya bahwa suatu hari dia dapat memimpin keluarga dengan baik, dan seorang wanita harus memastikan bahwa dia adalah seorang ibu yang berpendidikan.

Contoh Artikel Lingkungan Hidup

Contoh Artikel Lingkungan Hidup
Contoh Artikel Lingkungan Hidup

Kebakaran Hutan di Indonesia

Indonesia adalah negara dengan iklim tropis, terdiri dari ribuan pulau. Meskipun luas daratan Indonesia tidak sebesar samudera, luas hutan Indonesia sangat luas, dari puncak Provinsi Sabang Aceh hingga Meruk (Papua).

Kebakaran telah sering terjadi di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, yang disebabkan oleh dua faktor, faktor alam dan faktor manusia.

Mengenai faktor alam, tidak ada yang bisa disalahkan, tetapi untuk faktor manusia, yaitu faktor manusia, ini perlu dievaluasi.

Manusia telah kehilangan kesadaran begitu banyak sehingga apa yang mereka lakukan berbahaya bagi banyak aspek, termasuk kerusakan lingkungan, seperti hutan. Hutan adalah habitat bagi ribuan organisme yang saling bergantung.

Oleh karena itu, memang perlu untuk mencoba tindakan manusia untuk membakar hutan untuk mencapai tujuan internalnya.

Mereka membakar hutan dengan alasan mulai dari mencoba membuka lahan baru hingga membangun gedung tinggi. Namun, sayangnya, mereka tidak memikirkan berbagai flora dan fauna yang hidup di hutan.

Flora dan fauna di hutan akan melarikan diri, dan bahkan dapat dibakar sampai mati oleh aktivitas manusia.

Mereka akan kehilangan habitat alami mereka, dan sebagai akibatnya hewan akan melarikan diri ke pemukiman manusia. Mereka merasa tidak punya rumah untuk ditinggali, jadi cara terakhir adalah lari ke penduduk sekitar.

Tidak heran baru-baru ini sering ada laporan tentang binatang liar seperti harimau dan singa yang ditemukan di daerah pemukiman.

Seperti kata pepatah, apa yang kita lakukan akan beralih ke diri kita sendiri dan kemudian melakukan sesuatu yang baik. Penyebab alami kebakaran hutan adalah musim kemarau, dan akan terjadi sambaran petir saat hujan.

Musim ini memang tidak dapat diprediksi oleh manusia, jadi ketika musim kemarau datang lama, itu alami.

Namun, itu mempengaruhi kondisi hutan, karena hutan yang terpapar matahari setiap hari menghasilkan percikan api. Ini serupa jika ada petir dan petir mengenai bagian sampai percikan terjadi.

Contoh Artikel Menarik

Contoh Artikel Menarik
Contoh Artikel Menarik

Fenomena Pelakor

Pada zaman kuno, pada kenyataannya, sebagian besar istri pria bahkan dapat menikah beberapa kali. Namun, seiring berjalannya waktu, loyalitas mulai meningkat hingga kembali ke level normal.

Sebagai mantan Presiden kami, Tuan Habibie, dicontohkan, ia hidup dengan setia bersama mendiang Ny. Ainu.

Kemudian, hal lain yang baru-baru ini muncul adalah adanya banyak istri. Wanita yang menjadi istri kedua disebut aktor atau perampas kekuasaan (suami perampas kekuasaan).

Aktor yang “menangkap” istri legal atau istri pertama menikah pasti akan menyebar di dunia maya, karena istri legal mengungkapkan ini melalui curhatan.

Banyak kemudian membaca Curhatan sampai akhirnya berkembang, setelah itu aktor akan dihujat oleh ribuan netizen.

Penghujatan bukanlah tidak masuk akal, dan sesama wanita pasti akan bersimpati dengan istri yang sah. Tidak mengherankan bahwa wanita lebih peduli tentang perasaan daripada logika.

Contoh Artikel Bahasa Indonesia

Contoh Artikel Bahasa Indonesia
Contoh Artikel Bahasa Indonesia

Berita Telur Palsu

Beberapa bulan yang lalu, orang Indonesia terkejut dengan berita mengejutkan tentang telur palsu yang muncul di berbagai pasar regional.

Penyebar berita memiliki karakteristik telur palsu, tidak mengeluarkan bau busuk, putih telur mengalir, dan warnanya berubah merah. Tak lama setelah berita itu menyebar, semua penduduk segera menggerakkan penjualan telur pedagang.

Karena telur adalah produk protein hewani terbaik, penyebaran berita tidak hanya buruk bagi pedagang, tetapi juga untuk semua kalangan.

Sejak zaman kuno, telur dianggap memiliki kandungan protein yang baik dalam tubuh manusia selain ikan dari laut. Tidak heran jika telur diolah menjadi berbagai jenis makanan, mulai dari telur goreng, telur balado hingga telur rebus.

Namun, perlu diketahui bagi seluruh pembaca bahwa berita tentang telur palsu itu adalah hoax atau berita yang tak memiliki kebenaran.

Oknum-oknum tak bertanggung jawab sengaja mempublikasikan berita palsu demi tujuan dan maksud pribadi yang menguntungkan bagi mereka. Sehingga, kini semua orang yang perlu khawatir untuk kembali membeli telur dan mengkonsumsinya setiap hari.

Sekarang di sini adalah contoh artikel yang menarik. Dari contoh artikel di surat kabar, contoh artikel pendidikan, contoh artikel ilmiah, contoh artikel kesehatan, contoh artikel pendek, contoh artikel panjang, contoh artikel adiwiyata, contoh artikel ekonomi, contoh artikel lingkungan, contoh artikel lingkungan, pemanasan global Contoh artikel, contoh artikel obat, sampel artikel sekolah, dll.

CONTOH ARTIKEL YANG BAIK DAN BENAR

%d blogger menyukai ini: