Contoh Kliping Bencana Alam, Olahraga, Seni Budaya Beserta Cara Membuatnya

CONTOH KLIPING – Siapa diantara kalian yang sudah pernah membuat kliping? Seingat saya terakhir kali saya membuat kliping yaitu ketika masih SMP. Biasanya susunan pembukaan kliping tidak jauh beda dengan susunan kliping yang dibuat mahasiswa dan pelajar.

Namun untuk membuat kliping bisa juga dibuat oleh ibu rumah tangga sekalipun. Untuk apa ibu rumah tangga membuat kliping? Banyak diantara mereka yang hanya membuat kliping guna untuk mengumpulkan berbagai macam resep makanan yang mereka sukai.

pengertian kliping
pengertian kliping 3.bp.blogspot.com

Nah kalau punya istri yang pandai masak pasti seneng banget yah.. hehe.. pinter masak rajin, patuh sama suami. Media referensi dalam membuat kliping bisa dengan menggunakan media cetak, seperti majalah atau koran.

Pada artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam lagi apa pengertian kliping, lalu seperti apa cara membuat kliping yang baik dan benar. Pembahasan nantinya juga akan disertai beberapa contoh kliping, agar nantinya para pembaca tidak pusing hanya melihat teori saja.

Pengertian Kliping

contoh kliping yang baik
contoh kliping yang baik cdn.instructables.com

Kliping adalah suatu kegiatan ataupun aktivitas menggunting bagian-bagian yang sepertinya penting untuk diingat dan dipelajari oleh seseorang. Bagian-bagian yang digunting itu bisa berupa bagian dari buku, novel, majalah, koran harian, dan masih banyak lagi. Setelah bagian-bagian tersebut di gunting, berikutnya akan disediakan buku khusus untuk menempelkannya tersebut, dan buku tersebutlah yang dinamakan kliping.

Tujuan kliping adalah yaitu berfungsi untuk mengumpulkan sebuah informasi-informasi penting yang tak boleh terlewatkan dengan tema tertentu yang bersumber dari buku-buku, koran, majalah lainnya dengan tujuan sebuah kepentingan.

Potongan-potongan informasi atau artikel tersebut yang selesai digunting dan ditempelkan pada sebuah kliping harus dikelompokkan sesuai tema-temanya. Contohnya, jika kita ingin membuat kliping teknologi, maka gambar serta artikel yang dibutuhkan haruslah sesuai dengan tema-tema teknologi seperti robot, mesin-mesin, alat-alat elektronik, dan masih banyak lagi.

Cara Membuat Kliping

contoh kliping yang benar
contoh kliping yang benar goodforthebrainblog.files.wordpress.com

Setelah mengetahui seperti apa kliping tersebut. Berikutnya kita akan membahas bagaimana cara membuat kliping yang benar. Meskipun terlihat mudah dari keterangan yang sudah dijelaskan diatas tadi, tetap saja dalam menentukan pembuatan kliping yang baik perlu diperhatikan beberapa hal terkait pembuatan kliping.

Bahan-bahan pembuatan kliping yang biasa digunakan berupa dari media-media cetak seperti poster, koran, majalah-majalah dan media cetak lainnya.

Namun semakin berkembangnya teknologi dan zaman, kebanyakan orang lebih memilih untuk mengambil bahan-bahan klipingnya dari internet. Dan kebanyakan kliping yang dibuat oleh sekoloh maupun perguruan tinggi juga mengambil sumbernya dari internet, sebab lebih mudah, jelas, pasti dan terpercaya.

Banyak manfaat kliping yang bisa kita dapatkan, contohnya saja seorang guru memberikan PR kepada siswanya, hal ini akan berguna untuk metaih skill kreatifitas siswa tersebut. Mulai dari bagaimana cara membuat kliping yang benar, bersumber dari mana saja kliping yang dibuatnya. Disana siswa tersebut akan berpikir lebih kreatif untuk menentukan kliping yang akan dia buat.

Nah sudah tahu kan seperti apa kliping yang benar dan bagaimana cara membuat kliping secara garis besar? Berikutnya kita akan mempelajari cara membuat kliping yang baik dan benar sesuai dengan ketentuan EYD. Beberapa langkah yang perlu kamu lakukan mulai dari awal hingga akhir akan diterangkan secara lengkap dibawah ini.

1. Menentukan Tema Kliping

contoh kliping yang baik dan benar
contoh kliping yang baik dan benar i.pinimg.com

Sebelum membuat kliping, perlu kamu ketahui hal yang paling utama sekali yang harus kamu lakukan yaitu adalah menyusun dan menentukan tema kliping seperti apa yang nantinya ingin kamu buat. Contohnya kamu mengambil tema kliping dengan pengelompokan bidang-bidangnya seperto teknologi, pengetahuan alam, kesehatan, dan lain-lainnya.

Jika kamu sudah dapat ide untuk membuat tema kliping nya, selanjutnya yang kamu butuhkan adalah mencari sumber-sumber gambar dan informasi yang tepat yang sesuai dengan tema kliping yang akan kamu buat tersebut. Jika terkai tentang kliping olahraga, maka gambar dan informasi yang ada haruslah sesuai dengan olah raga, seperti sepak bola, bulu tangkis, pemain-pemain bola internasional, dan sebagainya.

2. Pengumpulan Bahan dan Data Kliping

cara membuat kliping yang baik
cara membuat kliping yang baik thenakedscientists.com

Ketika mengumpulkan informasi dan data untuk kliping yang kamu buat, mulai lah mencari dari sumber-sumber media cetak yang sering kamu lihat. Contohnya seperti koran, poster, majalah-majalah harian, atau yang lainnya berupa informasi dan gambar yang sesuai dengan kliping mu.

Jika kamu mencari sumbernya dari internet untuk membuat kliping tersebut, baiknya di print dan dicetak terlebih dahulu supaya kliping tersebut terlihat bagus dan menarik.

Untuk mengumpulkan data dan bahan-bahan pembuatan kliping, disarankan mencarinya di media cetak yang sudah lama seperti tahun-tahun lalu, hingga tahun yang terbaru guna untuk mengurutkannya sesuai waktu dan tanggal. Jiika pada media cetak kamu tidak menemukan data dan informasi yang sesuai dengan tema kliping kamu. Cara terbaik yaitu adalah dengan mencari sumber dari internet.

3. Persiapkan Alat-Alat Kliping

cara membuat kliping yang benar
cara membuat kliping yang benar i.pinimg.com

Setelah data dan informasi dikumpulkan, tahap selanjutnya yaitu adalah mempersiapkan peralatan untuk membuat klipingnya seperti penggaris, pensil, pena gunting, dan jangan lupa lem yang berfungsi untuk menempelkannya dengan erat.

Jika kamu hendak menghiasi kliping kamu supaya terlihat lebih indah dan menarik, kamu bisa menggunakan berbagai macam hiasan seperti krayon, pensil warna untuk terlihat lebih cantik dan berwarna-warni.

Sebelum neggunting bahan klipingnya, terlebih dahulu sediakanlah kertas HVS atau bisa juga kertas double folio untuk tempat kliping yang akan dibuat. Kamu juga dapat memakai buku gambar atau buku tulis untuk tempatnya.

4. Gunting Bahan-Bahan Kliping

cara membuat kliping yang baik dan benar
cara membuat kliping yang baik dan benar aiatsis.gov.au

Setelah alat-alat dan bahan untuk membuat kliping terkumpul, tahap selanjutnya yaitu mulailah menggunting gambar, informasi dari artikel media cetak yang kamu kumpulkan tersebut, dan setelah itu gunakan lem untuk menempelkan bagian potongan tersebut pada kertas karton, HVS, atau buku tulis. Untuk mengguntinya kamu juga bisa membuat pola-polanya seperti berbentuk persegi panjang, kotak, segitiga, agar terlihat lebih indah dan memiliki farian.

5. Tempelkan Bahan-bahan Kliping

susunan kliping
susunan kliping alignalbumdesign.com

Pada tahap kali ini, mulailah menyusun artikel atau gambar dengan baik dan sistematis. Dimulai dari menyusun tanggal hingga tahun terbitnya artikel potongan tersebut. Dan jangan lupa buat dengan rapi dan tulisan yang bagus. tempelkan sumber artikel yang sudah kamu kumpulkan tersebut. Seperti koran, buku, atau majalah. Contohnya jika kamu mengambil potongan gambarnya dari majalah bobo, maka kamu cantumkan di keterangan sumbernya dari majalah bobo.

6. Membuat Cover Kliping

contoh gambar kliping
contoh gambar kliping pepinpress.com

Setelah semua potongan bagian tersebut ditempelkan dengan rapi, Berikutnya yaitu pembuatan cover untuk klipingnya. Hal ini berguna untuk supaya para pembaca melihat kliping tersebut dengan penasaran akhirnya tertarik untuk membaca isi dari kliping tersebut.

7. Membuat Daftar Isi

contoh kliping
contoh kliping images.all-free-download.com

Tiap lembaran kertas HVS sisakanlah satu atau dia lembar pada bagian halaman depan yang nantinya kan dibuatkan daftar isi, setelah itu buat nomor halaman pada bagian bawah kertas HVS supaya para pembacanya lebih mudah untuk mencari halaman yang ada pada daftar isi.

Mudah bukan proses pembuatan kliping nya? Jika kamu masih bingung jangan diteruskan, mulailah melakukan prosesnya dan disana kamu akan dapat mempelajarinya. Kamu hanya tinggak mengaktifkan tombol kreasi pada dirimu agar dapat menentukan ide yang tepat untuk membuat kliping yang baik.

Sistematika Penyusunan Kliping yang Benar

Contoh Kliping Bencana alam

Contoh Kliping Seni Budaya

Contoh Kliping Olahraga

sahabatnesia.com/contoh-kliping/

Demikianlah penjelasan terkait dengan pengertian kliping yang baik dan benar, sistematika susunan kliping, contoh kliping seni budaya, contoh kliping bencana alam, contoh kliping olahraga dan juga cara membuat kliping. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian dan bisa dijadikan referensi untuk pembuatan tugas.

Satu pemikiran pada “Contoh Kliping Bencana Alam, Olahraga, Seni Budaya Beserta Cara Membuatnya”

Tinggalkan komentar