10 Contoh Artikel Ilmiah Populer / Kesehatan / Pendidikan Lengkap + [pdf]

CONTOH ARTIKEL ILMIAH – Kali ini penulis akan membahas seputar pentingnya artikel ilmiah entah itu seputar pengajaran, kesehatan, ekonomi, akuntansi, penelitian, non penelitian, teknologi, managemen, sampai artikel ilmiah populer.

Cara pembahasan kali ini merupakan penulis akan menjelaskan seputar bermacam tipe artikel ilmiah ini dengan semudah mungkin, agar pembaca gampang untuk memahami dan juga mengerti dalam progres belajar kali ini.

Nah, kepada kalian yang sedang bingun mencari tahu seputar artikel ilmiah, langkah pertama kalian sudah tepat berada di website ini, sebab di sini akan dibahas secara mendetail sampai teladan-teladan artikel ilmiah yang dikenalkan dengan komplit.

Pengertian Artikel Ilmiah

contoh artikel ilmiah pendidikan

Artikel ilmiah merupakan salah satu bentuk dari karya ilmiah, merupakan suatu karya ilmiah yang cuma khusus untuk diterbitkan di dalam jurnal ilmiah. yang mempunyai uraian yag bersifat sistematis, empiris, dapat dijelaskan kebenarannya, objektif, rasional, dengan mengaplikasikan metode penelitian yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Format Artikel Ilmiah

Artikel konseptual merupakan artikel yang diangkat bberdasarkan gagasan atau dari ide penulis.
Artikel penelitian merupakan artikel yang diangkat menurut hasil dari suatu penelitian.

Ciri-Ciri Artikel Ilmiah

Mempunyai sintesa temuan-temuan seputar suatu topik dan anggapan penulis.

Mempunyai pekerjaan yang menonjolkan originalitas penulis (original)

Mempunyai pengakuan atau pernyataan maupun jawaban kepada segala segala sumber yang diterapkan.

Dapat menonjolkan bahwa penulis merupakan komponen dari suatu kelompok sosial akademis.

Dari ciri-ciri artikel ilmiah diatas merupakan tambahan, pada intinya sebuah artikel ilmiah sepatutnya pantas seperti pengertian yang sudah di sampaikan di atas tadi. Nah untuk lebih jelasnya kita akan bahas satu per satu.

Contoh artikel Ilmiah Pdf

contoh artikel ilmiah pdf

Artikel Ilmiah Populer

Artikel ilmiah populer merupakan suatu artikel khusus di buat dalam waktu tertentu sebab adanya sebuah berita atau kejadian yang populer di kalangan masyarakat, artikel ini merupakan karya tulis komplit yang mempunyai tenaga tarik tersendiri. Semisal seperti laporan berita, surat berita, dan lainnya. auntuk lebih jelasnya kita bahas juga ciri ciri artikel ilmiah populer dan teladan artikel ilmiah populer

Ciri ciri Artikel Ilmiah Populer

Mempunyai bentuk, isi dan bahasannya mengaplikasikan kaidah-kaidah keilmuan.
Penyajiannya dalam bentuk bahasa yang santai juag gampang dipahami oleh segala masyarakat.
Memakai teknik penyajian yang simpel seperti seputar kehidupan sehari-hari.
mempunyai tenaga tarik untuk dibaca.

Contoh Artikel Ilmiah Populer

contoh artikel ilmiah kesehatan

Berikut merupakan teladan artikel ilmiah yang populer sebab banyak kasus atau kejadian yang menjadi berita dimana-mana entah itu di televisi atau di sosial media hampir tiap hari banyak terjadi kasus seperti ini, sampai kasus ini menjadi berita yang dapat di jadikan teladan artikel ilmiah populer. Agar selalu kita dapat menjauhi kejadian ini.

Bahaya Beralkohol Bagi Kesehatan

Apakah kamu pernah cemas dengan minuman alkohol yang diminum menjadi sebuah dilema? Di era seperti kini ini sudah banyak remaja yang mulai meminum minuman keras seperti alkohol. Melainkan Keras mempunyai radar alakohon yang bermacam diawali dari alkohol seperti whiskey yang mengandung 40 persen kadar alcohol. Adapun teladan minuman lainnya seperti rum,gin,dan vodka. Berbanding terbalik dengan arak yang cuma mempunyai kadar alcohol sekitar 4,5 persen dan anggur 11 persen.

Banyak orang yang tidak mengerti dengan terang dengan pengaruh dari alkohol yang mereka minum sesungguhnya membahayakan diri sendiri. Melainkan keras dianggap sebagai prningkat temperatur tubuh serta memberikan perasaan bersuka ria kepada yang meminumnya.

Umur yang sesungguhnya ada pengaruh buruk tehadap kesehatan seperti mempengaruhi lambung, hati, ginjal, dan otak. Meminum minuman alkohol sesungguhnya benar-benar membahayakan diri sendiri.Kebanyakan yang menyenangi mengkonsumsi minuman memabukkan merupakan si kecil muda.

Mereka sama sekali tidak menyadari bahaya jasmaniah yang akan dihadapi. Sebagai teladan, alkohol enghilangkan reflex muntah yang mencegah seseorang mengeluarkan muntahan. Menurut menghilangkan rasa pembatasan diri serta menghillangkan akal sehat seseorang.

Baca Juga: Contoh Kata Penutup Makalah yang Baik

PEMBAHASAN I

Sekarang remaja yang membuat mereka menjadi selalu ingin tau seputar apa yang belum mereka coba.Sebagai orang tua yang berperan penting kepada anaknya diharuskan untuk mendidik anaknya agar tidak terjerumus kepada hal – hal negatif.Hal yang paling seram kalo tidak cepat diobati terlebih sakit kanker hati kecuali itu otakpun dapat terganggu.Umumnya saya pribadi Melainkan yang mengandung alkohol terlebih minuman keras dapat berujung pada kematian.

Bila ini banyak tempat yang menyediakan minum – minuman keras yang memabukkan.Akibat seperti club malam yang selalu menyediakan minuman seperti yang di maksud diatas.Bila tidak mengherankan lagi kalau banyak kejadian – kejadian buruk yang ada disana.Meminum alkohol sama dengan merusak diri sendiri resikonya tidak lagi hal yang gampang untuk disembuhkan.

Bagian tidak dicegah dari kini karenanya semakin banyak sakit yang didapatkan.Bagian negatif dari minuman memabukkan sangatlah susah untuk disembuhkan.Bagian ingin hidup tenang di hari tua sebaiknya stop untuk meminum – minuman memabukkan.
Adapun dalam buku Ilmu Penyakit Melainkan terbitan Internal publishing disebutkan bahwa pengaruh meminum minuman memabukkan dapat menyebabkan sakit epidemiologi.

Keseluruhan insidensi sirosis di Amerika diperkirakan 360 per 100.000 penduduk penyebabnya sebagian besar sakit yang diakibatkan oleh penyakit hati sebab kebanyakan menkonsumsi alcohol maupun penyakit infeksi virus kronik. Prevalensi penyakit hati pengaruh steatohepatitis alkoholik dilaporkan 0,3% juga.Di Indonesia dan prevalensi sirosis hati belum ada, cuma laporan – laporan dari sebagian sentra pengajaran saja.

PEMBAHASAN II

Dri RS Dr.Sardjito Yogyakarta jumlah pasien yang berkisar 4,1% dari persen yang dirawat di Bila Penyakit Melainkan dalam kurun waktu 1 tahun (2004).Di Medan dalam kurun waktu 4 tahun ditemui pasien sirosis hati sebanyak 819 (4%) pasien dari segala pasien di Bila Penyakit Melainkan.

Gizi wanita yang meminum minuman memabukkan dapat saja mengakibatkan gangguan nyeri.Bagian wanita sedang datang bulan sebaiknya jangan meminum minuman memabukkan.Karena kalau sedang hamil sebaiknya jangan sekekali minum-minuman keras sebab dapat membahayakan janin yang dikandung.

Banyak penyakit yang disebabkan pengaruh kebanyakan menkonsumsi minuman memabukkan. Melainkan buku Elizabeth dicantumkan bahwa minuman memabukkan akan menyebabkan sakit Sirosis.Sirosis merupakan kondisi fibrosis dan pembentukan jaringan perut yang di ifus di hati.

Menurut merupakan toksin yang paling sering menyebabkan cedera dan peradangan hati.Sakit yang selanjutnya merupakan Hepatitis.Hepatitis merupakan peradangan hati.

Penyakit ini dapat disebabkan oleh infeksi yang diakibat oleh alkohol dan sering ditemui pada kanker hati.Gejala dan tanda masing – masing hepatitis serupa tetapi metode penularan dan akibatnya mungkin akan berbeda.Bila buruk yang sering di jumpai pada pecandu alkohol menyebabkan kerusakan pada hati.Dapat terjadi gagal hati yang membutuhkan transplantasi atau memunculkan kematian.

Baca Juga: Contoh Cover Makalah yang Baik dan Benar

PEMBAHASAN III

Artikel mempunyai lebih sedikit lemak dalam tubuh mereka diperbandingkan dengan wanita, pria cenderung lebih tahan kepada minuman keras ketimbang wanita padahal kalau keduanya mempunyai berat tubuh dan tinggi yang sama.Salah satu pengaruh jasmaniah terburuk sebab meminum terlalu banyak alkohol merupakan hangover ( menggantung ) yang gejala – gejalanya melip[uti dehidrasi , mual, dan sakit kepala.

Di era yang serba modern ini mungkin kebanyakan orang berpendapat bahwa pergi ke club malam serta meminum-minuman memabukkan melupakan hal yang umum.Umur,tidak memikirkan esok kedepannya bagaimana.Kesehatan akan terancam, sering sakit – sakitan, dan kondisi tubuh tidak lagi fit.

Bagian tidak ingin merusak diri sendiri karenanya sebaiknya tidak menyentuh minuman memabukkan dan banyak meminum air mineral untuk sehat itu mahal.Melainkan memabukkan akan menggangu kesehatan kalau tidak terkena kini karenanya akan datang di masa tua.Bagian tidak ingin kesehatan terganggu dan ingin merasakan hidup dimasa tua karenanya jangan sekekali meminum-minuman memabukkan.

Artikel Ilmiah Kesehatan

artikel ilmiah

Artikel Ilmiah Kesehatan merupakan sebuah karya ilmiah atau artikel ilmiah yang berbentuk artikel khusus untuk membahas seputar kesehatan, dan artikel ilmiah kesehatan juga merupakan suatu karya ilmiah yang sudah teruji sehingga dapat dihasilkan referensi bagi pembaca untuk mencari sumber seputar kesehatan.

Kemudian, ada juga artikel ilmiah populer seputar kesehatan merupakan sebuah karya tulis ilmiah seputar kesehatan yang sedang isu terhangat di masyarakat. Artikel artikel kesehatan itu mempunyai alasan yang dapat di terima, sehingga benar-benar penting untuk di sebar luaskan di kalangan masyarakat dengan tujuan untuk kebaikan masyarakat. Agar masyarakat tetap menjaga kesehatan, sebab sudah mengetahui artikel ilmiiah populer seputar kesehatan hal yang demikian.

Ciri-ciri Tulisan Ilmiah Populer Perihal Kesehatan

Isi dari artikel ilmiah kesehatan mebahas seputar kesehatan yang sedang populer di masyarakat.
Bahasa yang diterapkan yaitu bahasa kesehatan yang mudah di pahami oleh masyarakat. Banyak orang yang membagikan artikel ilmiah kesehatan yang sedang populer di masyrakat demi kesehatan bersama.

Contoh Tulisan Ilmiah Populer Perihal Kesehatan

Nah, berikut yaitu contoh artikel ilmiah populer seputar kesehatan seputar bahaya mie instan bagi kesehatan manusia. Sekiranya ini, dapat di jadikan sebagai artikel ilmiah populer seputar kesehatan karena banyak kasus yang terjadi dalam masyarakat yang diakibat karena mengonsumsi mie instan.

Tujuan dibuatnya figur artikel ilmiah populer seputar kesehatan yaitu supaya masyarakat senantiasa mengamati kesehatannya. Dan juga supaya lebih berhati-hati dalam mengonsumsi mie instan karena imbasnya sangat buruk bagi kesehatan.

Contoh artikel populer seputar Kesehatan:

Bahaya Mie Instan Bagi Kesehatan

Segala orang pasti kenal dengan makanan cepat saji bernama mie instan Kecuali mudah diperoleh, variasi makanan yang satu ini juga mempunyai rasa yang sedap.Hanya saja, dibalik sifat praktis dan rasanya yang senantiasa sedap ini, mie instan juga mempunyai sejumlah resiko.

Menurut sejumlah hasil penelitian, Terlalu kerap mengonsumsi mie instan dapat meningkatkan resiko timbulnya penyakit kanker, ginjal dan usus buntu. Pada sejumlah kasus, konsumsi mie instan berlebihan juga dapat menyebabkan kegemukan atau obesitas.

Sekiranya Anda umumnya mengonsumsi mie instan tiap-tiap hari, mulailah untuk menguranginya dengan tenggang waktu 2hingga 3 hari dan lakukan sampai Anda terbebas dari mie instan sama sekali.Menurut penelitian rupanya di dalam mie instan terdapat kandungan lilin yang membahayakan kesehatan.

Kandungan lilin dalam mie instan berguna untuk membuat mie tak lengket satu dengan lainnya. Dengan seringnya kita mengonsumsi mie instan berarti kita juga sudah memasukkan banyak kandungan lilin ke dalam tubuh kita. Kandungan lilin tersebut akan merusak metode kerja pencernaan dalam tubuh karena baru dapat dicerna oleh tubuh dalam waktuminimal 2 hari.

PEMBAHASAN I

Kecuali kandungan lilin, di dalam mie instan juga terdapat natrium yang dapat menyebabkan penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi) dan maag. Sekiranya dikonsumsi berlebihan dalam waktu yang cukup lama, kandungan natrium ini tentu secara signifikan dapat memunculkan penyakit di atas.

Sekiranya ini didasari oleh karena kandungan natrium yang bersifat menetralkan lambung, sehingga mengakibatkan lambung Anda akan mensekreasi asam dalam jumlah yang banyak supaya dapat mencerna makanan.Mie instan rupanya juga mempunyai kandungan zat-zat lain yang dapat membahayakan kesehatan tubuh kita, seperti MSG dan penambah rasa.

Sekiranya Anda masih mau mengonsumsi mie instan namun mau tetap sehat Anda semestinya melaksanakannya cocok rekomendasi penyajian, dan jangan memasak bumbu mie instan secara bersamaan mienya, karena jika bumbu mie instan dimasak di atas suhu120 oC dapat memicu terjadinya sel kanker.

Baca Juga: Contoh Auto Biografi Singkat

Pengertian Tulisan Ilmiah Pendidikan

artikel ilmiah populer

Pengertian artikel ilmiah pengajaran yaitu karya tulis ilmiah yang membahas seputar pengajaran dimana dalam isinya membeberkan dan menjabarkan dengan lengkap, untuk memberitahu penjalasan terhadap pembaca dengan didorong oleh alasan yang kuat atau sumber.

Ciri-ciri Tulisan Ilmiah Pendidikan

  • Mempunyai isi yang membahas seputar pengajaran atau yang dapat dibuat pelajaran.
  • Tulisan ilmiah pengajaran mempunyai bahasa yang mudah di paham dan juga lengkap.
  • Teladan memberikan dampak yang besar karena artikel pengajaran dapat menyisipkan pelajaran-pelajaran yang penting di dalam artikel.

Contoh Tulisan Ilmiah Pendidikan

Contoh artikel imiah pengajaran ini bertujuan untuk mengingatkan kita segala, bahwa pengajaran sangat berimbas dalam peningkatan mutu hidup suku anak dalam. tak hanya itu pengajaran juga snagat penting bagi segala manusia di segala dunia ini.

Contoh, pada kenyataannya pendidikan yang ada di indonesia belum merata malah banyak suku pedalaman yang susah untuk menempuh pengajaran. Mereka semestinya berjuang keras demi memperoleh pengajaran. Untuk itu Teladan artikel ilmiah pengajaran ini dapat mengingatkan kita supaya kita yang berada di daerah yang mudah untuk menempuh pendidian dapat lebih bersyukur lagi.

Contoh Karya Ilmiah PENDIDIKAN

PENDIDIKAN SANGAT BERPENGARUH TERHADAP
PENINGKATAN KUALITAS HIDUP
SUKU ANAK DALAM

ABSTRAK

Tulisan sangatlah penting untuk segala makhluk hidup di dunia ini salah satunya yaitu kita sebagai manusia yang di kasih nalar dan pikiran untuk meningkatkan kesejahteraan manusia itu sendiri. Tulisan dapat mensupport kehidupan seseorang maupun kategori orang.

Dalam konteks universal pengajaran meliputi segala kategori dan salah satunya suku anak dalam, mereka sangatlah membutuhkan pengajaran yang cocok untuk dapat meningkatkan kesejahteraannya dalam menjalani kehidupan.

Pendidikan analisis data yang dilakukan secara literatur ditemukan sebagian persoalan mengenai minimnya pengajaran di tingkat suku anak dalam. Dari hasil analisis tersebut di harapkan supaya pemerintah dapat menciptakan pengajaran yang mengarah terhadap pengaplikasian pengajaran di daerah pelosok suku anak dalam.Kata Kunci : Tulisan, Suku Pendidikan Dalam, dan Kesejahteraan

PENDAHULUAN

Indonesia sangatlah kaya akan kebiasaan, banyak sekali etnik-etnik kebiasaan dalam format kategori-kategori tertentu, mereka bertempat tinggal dipelosok-pelosok kota modern. Mereka hidup di antara rerimbunan pohon-pohon besar, Sehingga mereka kerap disebut Orang Rimba.

Disamping mempunyai kebiasaan leluhur yang sangat banyak dan unik, Orang rimba juga mempunyai sebagian keterbatasan salahsatunya pengajaran yang minim. Minimnya pengaplikasian pengajaran di pelosok ini memungkinkan terjadinya kesenjangan pengajaran sehingga memunculkan tertinggalnya Orang Rimba dalam dunia pengajaran.

Tulisan yaitu salah satu komponen dari hak asasi manusia yang semestinya terpenuhi, kecuali menjadi komponen dari hak asasi manusia, pengajaran juga yaitu salah satu elemen penting dimana suatu kesuksesan dan kemajuan Negara di ukur oleh seperti apa pengajaran di Negara tersebut

.Oleh karena itu tiap-tiap warga negara Indonesia mempunyai hak untuk memperoleh kans belajar sebaik-baiknya dengan didorong oleh sarana dan prasarana yang cocok. Sehingga dimanapun mereka berada semestinya dapat dijangkau oleh fasilitas pengajaran yang cocok sebagai hak-hak asasi bagi mereka.

Tulisan yaitu pengetahuan yang semestinya dimiliki oleh tiap-tiap orang karena, pengajaran yaitu modal utama manusia dalam menjalankan kehidupannya sehari-hari. Tulisan dapat mensejahterakan manusia dalam segi kehidupan kini maupun kedepannya.
Melainkan hidup suku anak dalam bertumpu pada banyak hal dan salah satunya yaitu pengajaran yang cocok di dapatkan seperti apa yang manusia lain pada umumnya dapatkan.

Lanjutan Karya Tentang Pendidikan

Contoh di era modernisasi ini seolah-olah suku anak dalam terpinggirkan. Dalam konteks pengajaran tak hanya pemerintah yang bergerak namun sesama manusia juga semestinya saling menolong menyangkut kesejahteraan bersama. Dalam kehidupan sehari-hari pengetahuan seputar tata tertib-tata tertib oleh dewa yang menguasai alam ikut memberi pengaruh pola hidup Orang Rimba, terpenting dalam mengelola alam sekitar.

Orang Rimba sangat menghargai dan terikat dengan lingkungan sekitar (hutan). Mereka makan dan minum dari apa yang disediakan di hutan. Bagi Orang Rimba, hutan yaitu komponen dari hidup mereka yang semestinya di lindungi. Mereka mempunyai motto “huatan yaitu kehidupan dan kehidupan yaitu hutan”. Keduanya berjalan seiring dan mereka tak pernah mengharapkan untuk hidup diluar hutan karena hutan dirasakan sudah cukup memenuhi kebutuhan hidup mereka (Lucky Ayu Wulandari, 2009).

Disamping kehidupan mereka yang sangat bertumpu pada alam mereka juga semestinya di berikan pengajaran yang cocok. Untuk menerima kehidupan yang sejahtera, kecuali itu juga dengan dipakainya pengajaran mereka sanggup menjaga keseimbangan ekosistem di alam mereka sehingga mereka dapat memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari yang sangat bertumpu pada ekosistem alam yang ada supaya tak punah dan mereka dapat hidup sepantasnya orang modern zaman kini.

Dengan begitu mereka ridak merasa terpinggirkan. Peran pemerintah dan masyarakat dalam menolong menggunakan pengajaran di pelosok suku anak dalam sangatlah dibutuhkan.

TUJUAN

Tujuan pembuatan artikel ilmiah ini yaitu untuk menggunakan, mengoptimalkan, dan memperkenalkan seputar dunia pengajaran dikalangan pelosok-pelsokok suku pedalaman. Kecuali, pengajaran sangat penting untuk mereka di masa kini dan dimasa yang akan datang, pengajaran mempunyai sifatnya kongkret dalam kehidupan sehari-hari.

Kecuali itu dengan berkembangnya dunia pengajaran di kalangan suku anak dalam, mereka dapat meminimalisir degredasi ekosistem di hutan dengan bekal pengajaran yang dikasih. Mengajak segala warga masyarakat untuk mempunyai bekal pengajaran yang cocok sehingga segala mayarakat dapat menjaga hidup dan hidup sejahtera terbebas dari kesenjangan pengajaran yang memunculkan kesenjangan hidup.

Baca Juga: Contoh Surat Pernyataan Kerja yang Benar

METODE LITERATUR

Dalam analisis persoalan artikel ilmiah ini, penulis menggunakan metode literatur. Penulis menggunakan beraneka variasi sumber pustaka dan data sensus internet yang membeberkan seputar minimnya pengajaran di pelosok-pelosok terpenting suku anak dalam. Untuk memperoleh data/isu penulis mengolah data dari beraneka variasi sumber isu internet. Buah variasi sumber rujukan yang ada menciptakan penulisan artikel ilmiah ini berjalan dengan baik.

PEMBAHASAN

Indonesia yaitu salah satu Negara yang mempunyai ribuan suku bangsa yang beraneka variasi. Masing-masing daerah saling memberi pengaruh dan diberi pengaruh oleh kebu dayaan daerah lain atau kebudayaan yang berasal dari luar. Salah satu kebudayaan tersebut yaitu Suku Pendidikan Dalam. Suku Pendidikan Dalam terdapat di daerah Jambi dan Sumatera Selatan.

Suku Pendidikan Dalam belum terlalu dikenal oleh masyarakat Indonesia karena Suku Pendidikan Dalam sudah sangat langka dan mereka tinggal di daerah-daerah terpencil yang jauh dari jangkauan orang-orang. Suku Pendidikan Dalam disebut juga Suku Kubu tau Orang Rimba.

Menurut kebiasaan verbal suku Pendidikan Dalam yaitu orang Malau sesat yang lari ke hutan rimba disekitar Air Hitam, Taman Nasional Bukit Duapuluh. Mereka kemudian dinbmakan Moyang Segayo. Buah kemasyarakatan mereka , hidup mereka secara nomaden atau tak menetap dan mendasarkan hidupnya pada berburu dan meramu, sedangkan diantara mereka sudah banyak yang sudah mempunyai lahan karet maupun pertanian lanilla.

PEMBAHASAN II

Orang Rimba yaitu sebutan lain untuk Suku Pendidikan Dalam yang tinggal di pedalaman rimba. Istilah “Orang Rimba” dianggap orang rimba sendiri lebih cocok dengan kehidupan mereka yang tinggal di rimba dan “tak mau” keluar dari hutan. Ketidakmauan mereka keluar dari hutan ini terkait erat dengan dunia mereka yang menganggap bahwa hutan yaitu daerah hidup dan rumah mereka sejak dulu (Butet Manurung, 2007).

Kawasan ini mayoritas Orang Rimba menghuni tiga daerah terpisah disekitar Taman Nasional Bukit Dua Belas (TNBD) Provinsi Jambi, yaitu sekitar TNBD 30, TNBD 12 (Keduanya di wilayah utara Jambi) dan sepanjang jalan lintas Sumatra (Metode Selatan Jambi).

Ketiga wilayah ini diyakini Orang Rimba sebagai daerah tinggal leluhur mereka dulu. Diwilayah ini kini sedang digalakan program konversi hutan, salah satunya untuk melindungi keberadaan Orang Rimba (Lucky Ayu Wulandari, 2009).

Baca Juga: Contoh Kata Pengantar Makalah yang Baik dan Benar

PEMBAHANSAN II

Hidup nomaden dan semi nomaden (bermigrasi-pindah) di dalam hutan luas, daerah para dewa-dewa, jin, dan setan mereka juga ikut tinggal di kolong dedaunan yang sama.

Mereka mencukupi kebutuhan hidup dari hasil alam. Alam yaitu segala-galanya bagi mereka.
Merekalah ilustrasi kehidupan manusia di zaman meramu dan berburu ratusan malah ribuan tahun lalu, yang masih kasat tampak oleh mata. Buah barter malah masih tetap mewarnai kehidupan ekonomi Orang Rimba ini.

Walau sesekali mereka berjualan hasil hutan di desa-desa pinggir hutan, dan menerima sedikit uang. Teladan Se-kuno apa saja manusia peninggalan pra-sejarah ini. Kita semestinya menyadarinya, bahwa mereka tetap komponen dari keluarga besar bangsa Indonesia (Butet Manurung, 2007).

Orang Rimba yang tak mengetahui baca tulis dan hitung-berhitung ini malah tak luput dari beratnya cobaan hidup. Mereka yang mencintai hutan, mengasihi, dan merawat peninggalan leluhur tersebut. Sudah pernah tahu, bahwa manusia yang hidup dalam dimensi waktu yang berbeda di pinggir hutan. Sebab merusak alam dan hutan mereka.

Hutan yaitu rumah dan sumber penghidupan orang rimba. Mereka sangat memahami bahwa bumi menyediakan makanan cukup untuk kebutuhan tiap-tiap orang, namun bukan untuk keserakahannya. Kecuali itu pula, mereka menyatu dengan hutan dalam tatanan kearifan lokal.

Ironisnya, wilayah hutan yang menjadi permukiman orang rimba secara turun-temurun dibolehkan dibabat. Inilah negara yang pada satu sisi mendewakan secara berlebihan penanam modal, namun pada sisi lain memperbolehkan dengan penuh kesadaran orang rimba terpinggirkan, malah tercerabut dari akar tradisinya via pembabatan hutan yang sungguh ironis dilakukan oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab.

PEMBAHASAN III

Tidak jujur dikatakan bahwa perlindungan terhadap orang rimba di negeri ini hanya cantik di atas kertas, namun miskin, sangat miskin, dalam implementasi. Sebagai figur, via Keputusan Presiden Nomor 111 Tahun 1999, sebutan suku terasing diubah menjadi kelompok sosial adat terpencil.

Sudah hanya itu. Buah benderang tersurat dalam sejumlah tata tertib positif seputar pengakuan dari pemerintah akan keberadaan kelompok sosial adat terpencil, termasuk pengakuan atas hak sosial dan ekonomi, termasuk pengakuan terhadap perlindungan kebiasaan dan adat istiadat kelompok sosial adat terpencil. Pengakuan dan perlindungan itu tersebar mulai undang-undang agraria sampai undang-undang tata ruang.

Orang Rimba yang lugu dan polos itu. Bertahan hidup di hutan, berburu, mencintai alam, dan humanisme. Pada awalnya, para individu Suku Pendidikan Dalam cenderung mempunyai pandangan atau persepsi negatif terhadap pengajaran formal.

Fenomena tersebut terkait dengan ajaran dari orang tua, temenggung (kepala suku), dan malah nenekmoyang mereka yang mengasumsikan bahwa pengajaran yang diterima darisekolah bukanlah sebuah kegiatan yang semestinya untuk dilakukan.

Alasannya,dengan mengikuti kegiatan belajar di sekolah, karenanya waktu mereka untukmelakukan kegiatan seperti berhutan menjadi tersisihkan, sehingga label yangkemudian timbul yaitu mereka akan meninggal karena tak dapat memenuhikebutuhan hidup mereka dari berhutan. Tulisan formal atau menimba ilmu yaitu salah satu fenomena yang relatif baru bagi individu Suku Pendidikan Dalam.

Sebelumnya, mereka tak pernah dikenalkan adanya istilah pengajaran maupun istilah menimba ilmu. Buah yang dikenalkan oleh Edmund Husserl, bahwa fenomenologi berkonsentrasi pada bagaimana orang mengalami fenomena tertentu,

menyelidiki bagaimana individu mengkonstruksikan makna dari sebuah pengalaman yang mereka alami dan bagaimana makna yang ditangkap oleh individu tersebut dapat memicu terbentuknya makna kategori atau malah membentuk pemahaman baru pada kebudayaan tertentu (Vandersteop dan Johnston, 2009:206).

PEMBAHASAN IV

Buah dalam hal ini yaitu kemunculan pengetahuan baru dari pengalaman individu Suku Pendidikan Dalam mengenai pengajaran yang diperolehnya, serta menciptakan sebagian pandangan yang berhasil dimaknai oleh individu Suku Pendidikan Dalam. Persepsi awal dari Suku Pendidikan Dalam terhadap pengajaran yang terbentuk cenderung negatif.

Contoh, seiring dengan terus dilakukannya sosialisasi oleh pemerintah seputar pentingnya pengajaran serta adanya elemen penyokong internal (cita-cita hidup) dalam diri individu Suku Pendidikan Dalam, sebagian individu Suku Pendidikan Dalam cenderung menjadi lebih aktif untuk mengikuti kegiatan belajar di sekolah. Buah, pemerintah membangun Sekolah Dasar khusus bagi Suku Pendidikan Dalam.

Persepsi individu Suku Pendidikan Dalam terhadap pengajaran formal yang pada awalnya menganggap bahwa pengajaran yaitu ajaran yang tak benar, dalam perkembangannya cenderung mulai mengalami perubahan, dan malah Suku Pendidikan Dalam sudah menimba ilmu dan menempati rumah yang disediakan oleh pemerintah.

Sehingga, individu Suku Pendidikan Dalam cenderung memaknai pengajaran dan menimba ilmu sebagai salah satu hal yang menyenangkan sekaligus menguntungkan.Fenomena paling tampak terkait dengan konstruksi makna pengajaran bagi individu Suku Pendidikan Dalam yaitu bahwa dengan mengikuti pelajaran di sekolah mereka mempunyai ilustrasi seputar cita-cita hidup.

Sekiranya tersebut mengindikasikan adanya perubahan dalam memahami makna pengajaran formal yang diterima oleh individu Suku Pendidikan Dalam.

Baca Juga: Contoh Surat Keterangan yang Baik dan Benar

PEMBAHASAN V

Pada mulanya, harapan bersekolah terwujud bukan karena adanya dorongan pribadi (faktor internal) dari individu Suku Anak . Para informan mengatakan bahwa alasan pertama mereka bersekolah lebih kepada faktor eksternal, yaitu dorongan dari orang tua mereka.

Alasan orang tua Suku Anak minta buah hatinya untuk bersekolahpun bukan tanpa alasan, para orang tua mengatakan, dengan bersekolah maka akan diberikan makanan serta pakaian baru tanpa dipungut biaya. Kemampuan mengoperasikan benda elektronik juga menjadi salah satu pengalaman berbeda yang sebelumnya tidak mereka temukan.

Kemampuan mengoperasikan benda elektronik lainnya seperti handphone juga menjadi salah satu pengalaman baru bagi Suku Anak . Ketika Suku Anak sebelum bersekolah, mereka hanya menerapkan handphone sekadar untuk menonton televisi dan memutar nyanyian, kinimereka sanggup mengembangkan kegunaan handphone hal yang demikian, kecuali untukberkomunikasi, mereka sudah sanggup meng jalan masuk facebook dari handphone mereka.

Dengan bersekolah dan belajar mewujudkan mereka memiliki kemampuan untuk membaca serta menulis, memiliki kemampuan bersosialisasi dan berunding. Diperbandingkan dengan saat Suku Anak belum bersekolah, Suku Anak tidak pernah berkaitan, bersosialisasi, dan berinteraksi dengan orang luar, padahal pernah, interaksi hanya terjadi beberapa kali dan tidak sesering sekarang.
Anak ini terjadi dikarenakan kehidupan Suku Anak yang lebih banyak berada di hutan.

Sebelum sekolah, Suku Anak keluar dari hutan hanya saat hendak menjual hasil hutan mereka. Berbeda denganketika Suku Anak sudah bersekolah seperti sekarang, bagi Suku Anak yang sudah bersekolah, bersosialisasi dengan orang luar sekarang lebih seringterjadi.

PEMBAHASAN IV

Anak ini terjadi karena kecuali di sekolah mereka seharusnya bersosialisasi dengan orang luar, kehidupan sehari-hari juga menuntut Suku Anak Dalan untuk lebihsering bersosialisasi dengan orang luar, karena perumahan yang Suku AnakDalam tempati berada di lingkungan dan di sekitar rumah warga atau hampir segala tetangga mereka yaitu orang luar.

Dengan bermigrasi serta bertempat tinggal Suku Anak di sekitaratau bertetangga dengan orang luar sudah merubah pendapat serta stereotypeSuku Anak kepada orang luar. Dengan berteman dengan orang luar,komunikasi serta interaksi mereka menjadi semakin intens dan semakin sering kali.Fenomena hal yang demikian membuat mereka saling membuka diri satu sama lain.

Anak Irwin Altman dan Dalmas Taylor (Littlejohn, 2005 : 194) dalam teori penetrasisosial (Social Penetration Theory) bahwa seseorang melakukan komunikasi yangbergerak dari unintimate kemudian menempuh puncak pada titik intimate. Anak hal yang demikian yaitu penetrasi yang mana syarat mutlaknya yaitu self disclosure atau keterbukaan.

Terjadinya keterbukaan diri diantara Suku Anak denganorang luar lebih dilatar belakangi adanya harapan untuk saling mengetahui satusama lain, mendapat pengetahuan dari apa yang sebelumnya belum pernah didapat oleh mereka.

Suku Anak yang sudah sanggup dan melangsungkan komunikasiatau sosialisasi dengan orang luar yaitu salah satu model adanya upaya dariSuku Anak (kategori minoritas) supaya diterima oleh orang luar (kelompokmayoritas). Orbe menjelaskan dalam co-cultural theory, yang mengkajibagaimana anggota kategori minoritas berkomunikasi dengan anggota kelompokdominan (Littlejohn, 2009: 264).

KESIMPULAN

Pada mulanya, individu Suku Anak cenderung memiliki persepsi negatif kepada pendidikan yang disosialisasikan oleh pemerintah. Anak itu terjadi karena bertentangan dengan ajaran leluhur, sehingga individu Suku Anak merasa tidak perlu bersekolah. Anak seiring dengan perkembangan waktu, persepsi mereka mulai berubah.

Individu Suku Anak merasa berbahagia dengan bersekolah, karena saat bersekolah, mereka akan menerima makanan serta jajan yang dibagikan oleh pihak sekolah. Ada beberapa faktor yang akibatnya sanggup membuat para individu Suku Anak menerima pendidikan.

Penerimaan individu Suku Anak diberi pengaruh oleh faktor-faktor dari luar, seperti adanya imbalan atau sesuatu yang menarik yang diberikan dan diberi tahu oleh pemerintah.Serta adanya dorongan atau ‘perintah’ dari orang tua mereka untuk bersekolah. Tentang dorongan dari orang tua mereka dilatar belakangi dengan adanya imbalan berupa akan dibagikannya pakaian baru (seragam sekolah) dan makanan oleh pihak sekolah.

Contoh Artikel Ilmiah Pendidikan 2

contoh artikel

Latar Belakang

Rasa percaya diri yaitu bekal yang sangat penting buat kesuksesan anak kelak besar nanti. Anak kita jumpai orang dewasa yang pemalu dan tidak berani tampil di muka awam, hal ini karena seorang hal yang demikian kurang memiliki rasa percaya diri, padahal untuk menjadi seorang pemimpin yang berhasil seharusnya berani tampil di muka awam untuk berpidato atau malahan presentasi.

Kegiatan dari itu, kita bisa ambil rangkuman bahwa rasa percaya diri itu sangat penting untuk kesuksean orang hal yang demikian. Jadi melatih atau menumbuhkan rasa percaya diri itu perlu sejak dini atau sejak masih anak-anak. Lalu apa saja kiat-kiat supaya anak tumbuh menjadi seorang yang memiliki tingkat kepercayaan diri optimal? Berikut ini yaitu tis-kiat untuk melatih atau menumbuhkan rasa percaya diri pada anak.

Baca Juga: Contoh Berita acara Beserta Susunan Formatnya

1. Mengetahui Kekurangan Anak

Seumpama anak lazimnya dilahirkan dengan memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Sebagai orang tua tentu seharusnya bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ada pada buah hatinya. Mungkin hal ini akan bisa diperhatikan saat anak mulai mengenyam pendidikan formal.

Ketika anak memiliki kelebihan di jiwa seni yang bagus atau hobi olahraga di mata olahraga tertentu, sebagai orang tua seharusnya mengenali hal ini, dan mendukungnya selama itu hal yang positif. Anak anak sudah menemukan kesibukan yang pantas dengan minatnya, maka rasa percaya diri akan lebih mudah tumbuh dan orang tua malahan akan lebih mudah melatih kepercayaan diri pada anak.

Melaksanakan yaitu anak memiliki bunyi yang bagus, maka orang tua bisa menolong menemukan kesibukan yang pantas untuk buah hatinya. Misal memberikan les berdendang biar menjadi seorang penyanyi, atau usulan anak ke pesantren tahfidz Qur’an supaya menjadi seorang Qori.

2. Berikan Hadiah Istimewa Kepadanya

Selalu berikutnya yaitu jikalau anak melakukan sesuatu yang istimewa berikan sesuatu yang membuat anak merasa besar hati. Anak dengan catatan berniat untuk melatih atau menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Misalkan anak berhasil menjadi kampiun kelas, kadang kala puji dengan kata-kata yang bagus, seperti memuji dengan kata wah… Anak Ibu pinter, anak ibu hebat.

Dengan perkataan seperti itu, pastinya bisa membuat hati anak berbahagia dan merasa dihargai atas kerja kerasnya. Anak, ucapan kebanggaan yang diberikan jangan sampai berlebihan.

3. Berikan Kata-Kata yang Bagus dan Baik

Berkata dengan kata-kata yang bagus kepada anak sebaiknya dalam tiap-tiap keadaan, entah saat anak melakukan sesuatu yang besifat istimewa atau malahan saat anak melakukan sesuatu yang bersifat kekeliruan.

Anak itu, saat anak sedang memerlukan kepercayaan diri untuk melakukan sesuatu, berikanlah semangat dengan kata-kata yang bisa mendukungnya untuk bisa. Energi anak Ibu/Bapak pasti bisa, hal itu mudah buat anak Ibu/Bapak.

4. Hindari Perkataan yang Sebab Menyinggungnya

Masih bersangkutan dengan yang di atas, bahwa jangan sampai orang tua mengatakan kepada anak perkataan-perkataan yang kasar, membentaknya, apalagi sampai bertindak kekerasan. Anak hal yang demikian tentu akan menyinggung hati anak, dan anak akan terjerembab dan menurun mental dan tingkat kepercayaan dirinya.

Anak hal yang demikian juga bisa membuat anak tumbuh menjadi seorang yang minder dan tidak memiliki kepercayaan diri. Anak seperti itu, harapan anak menjadi seorang yang berhasil semakin berkurang.

5. Jangan bandingkan Anak

Anak ini juga perlu diperhatikan oleh tiap-tiap orang tua, karena tiap-tiap anak tentu memiliki kelebihan dan kekurangan, tiap-tiap anak pasti memiliki perbedaan. Jadi, padahal itu sesuatu yang bagus pada diri anak, usahakan jangan sampai membanding-bandingkan dengan sodaranya, temannya atau orang lain siapa saja.

Tentang jikalau memperbandingkan hal buruknya hal hal yang demikian bisa mengganggu psikologinya, semacam itu juga sebaliknya jikalau memperbandingkan hal baiknya itu bisa menimbulkan rasa tinggi hati pada diri anak.

6. Ajari Berkomunikasi yang Baik

Selalu terakhir pada tulisan ini yaitu membiasakan berkomunikasi dengan anak, supaya anak lebih terbiasa dalam mengobrol dan berkomunikasi. Rasa percaya diri pada anak bisa terlatih dan tumbuh jikalau anak sudah terbiasa berkomunikasi.

Ketika orang tua rajin berkomunikasi dengan anak, maka anak akan lebih aktif saat sedang berkomunikasi. Ketika anak pasti akan bertanya dan tidak menutup kemungkinan anak akan mengeluarkan unek-unek dalam hati ataupun inspirasi-inspirasi yang ada dalam pikirannya.

Pembelajaran kiat-kiat pada tulisan ini, yaitu kiat melatih anak untuk percaya diri. Kepercayaan diri yaitu suatu yang sangat penting bagi si anak, karena akan meningkatkan tingkat kesuksesannya kelak saat sudah besar.

Baca Juga: Macam-macam Majas Beserta Pengertian dan Jenisnya

Artikel Ilmiah Pendidikan 3

contoh artikel kesehatan

Pengertian  Brainstorming dan Manfaatnya

Ada banyak sistem pembelajaran yang sudah diterapkan oleh suatu kategori diskusi atau malahan kategori belajar. Banyaknya varian sistem dalam pembelajaran tentunya bermaksud untuk mendukung kesibukan belajar mengajar yang lebih tepat sasaran dan berkembang.

Energi sistem pembelajaran brainstorming yang sekarang sedang mulai dimaksimalkan. Memacu ini sering kali kali dilaksanakan kategori diskusi yang akan menyelesaikan suatu keadaan sulit secara bersama-sama. Lalu apa pengertian dari sistem pembelajaran brainstorming ini?

Pengertian  Artikel Brainstorming

Brainstorming yaitu sistem pembelajaran yang dilaksanakan dengan menerapkan strategi diskusi untuk menyelesaikan keadaan sulit atau juga untuk menemukan suatu gagasan, pengetahuan, pendapat, informasi, dan pengalaman dari peserta.

Di dalam sistem ini, peserta diskusi diberikan keleluasan untuk menyajikan pendapatnya tanpa ada reaksi. Artinya reaksi berupa apa saja dan seaneh apapun akan ditampung dan nantinya akan di analisis sekaligus dievaluasi.

Diharapakan dengan adanya sistem ini di dalam diskusi bisa timbul inspirasi-inspirasi yang unik dan menarik. Memacu ini memiliki manfaat yang cukup banyak bagi suatu diskusi yang dilaksanakan. Model saja manfaatnya?

Manfaat dari  Artikel Brainstorming

Manfaat dari penerapan sistem pembelajaran brainstorming ini terbukti cukup banyak bagi suatu forum yang sedang mengobrol dengan sistem brainstorming. Di antaranya yaitu:

  • Model Norma Pikir Peserta Profesi.
  • Melatih peserta diskusi untuk tampil percaya diri.
  • Melatih peserta diskusi untuk menghargai suatu pendapat.
  • Melatih kekreatifan peserta diskusi.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapat dari diskusi yang menerapkan sistem pembelajaran brainstorming.Pembelajaran pembahasan tentang sistem pembelajaran brainstorming mencakup pengertian dan manfaatnya, semoga bermanfaat.

Artikel Ilmiah Ekonomi

Artikel ilmiah ekonomi yaitu sebuah karya tulis ilmiah yang khusus membahas tentang ekonomi secara sistematis dan lengkap menurut data-data yang valid. Untuk memahami tentang karya tulis ilmiah maka seharusnya memahami juga tentang ciri-ciri karya tulis ilmiah ekonomi dan model tulisan ilmiah ekonomi untuk memperkuatnya.

Ciri-ciri Artikel ilmiah Ekonomi

Terdapat struktur sajian membahas tentang ekonomi
Peluang omponen dan substansi
Adanya sisi dari sikap penulis mengenai bahasan tulisan ekonomi
Dan menerapkan bahasa yang mudah di pahami oleh segala kalangan
Pendidikan Kerap Ilmiah Ekonomi

Nah, untuk model tulisan ilmiah ekonomi ini sangatlah penting karena terjadi persaingang yang sangat ketat dengan negara-negara asia ternggara. Kegiatan dari itu dengan adanya tulisan ilmiah ekonomi ini kita bisa mempersiapkan diri dengan mengeluarkan kemampuan terbaik dan juga seharusnya berprofesi keras lagi.

Dengan model tulisan ilmiah ekonomi ini kita seharusnya siap berkompetisi dengan negara-negara tetangga, karena jikalau kita bermalas-malasan perekonomian di negara kita akan di kuasai oleh negara-negara tetanggan yang selama ini mereka juga mempersiapkan dengan bagus.

tulisan ilmiah ekonomi di bawah ini terdapat dampat positif dan negatif, jikalau kita sanggup berkompetisi dengan mereka kita akan sangat mudah untuk merajai pereonomian, tetapi jikalau kita tidak ingin berusaha bisa jadi kita akan di kendalikan mereka.

Tulisan ilmiah ekonomi:

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 (Menurut Sosial)

1. Latar Belakang

Kita sangat berbahagia mendengar bahwa menurut catatan yang diterapkan untuk memonitor kemajuan yang ditempuh beraneka negara berbeda, terbukti semuanya komit kepada integrasi ASEAN, dan melakukan segala sesuatunya dengan bagus dengan mematuhi segala ketentuan, termasuk oleh Pilipina.

2. Sosial

– Model siap berkompetisi dalam masyarakat terpadu?
– Bagaimana dunia bisnis akan termakan jikalau tahun 2015 tiba?
– Model yang bisa mereka perbuat untuk mengembangkan peluang yang tersedia?
– Bagaimana menyelesaikan segala konsekuensi yang tidak dikehendaki?
– Apakah segala negara, lebih-lebih Pilipina siap berkompetisi di dalam sebuah masyarakat terpadu?

3. Methode Penulisan

Kalimantan Barat untuk bisa memiliki pandangan yang optimis dalam memandang tantangan dan peluang yang ada dari Demikian Ekonomi ASEAN 2015. Bapak I Wayan Dipta, Deputi Bidang Sumberdaya UKM menyajikan jikalau Indonesia tidak mendukung energi saing dan nilai tambah atas barang/produk yang diproduksi, maka Indonesia bisa kehilangan perannya di kawasan dan menjadi obyek kemajuan pembangunan di kawasan tanpa mendapat keutungan yang optimal.

Oleh karena itu, program kebijakan penguatan energi saing sudah menerima perhatian khusus dari pemerintah, antara lain penguatan UKM nasional. Anak hal yang demikian penting untuk memfasilitasi UKM nasional yang berdaya saing tinggi, inovatif, dan kreatif, serta sanggup melakukan perluasan pasar dari Demikian Ekonomi ASEAN. Ubah Segmentasi Ekonomi Masyarakat ASEAN 2015 jadi Sebuah . Jakarta, MADINA):

Asosiasi Indonesia siap menghadapi tantangan era masyarakat ekonomi ASEAN-Cina pada 2015 pada sektor kosmetik dan jamu. menghadapi era tantangan masyarakat ekonomi ASEAN 2015, pihaknya akan banyak sekali menjual jasa, dalam bentuk spa, dan salon dari dalam negeri.

PEMBAHASAN I

Industri kecil dan menengah (IKM) bagus industri jamu dan kosmetik sudah siap berkompetisi, sudah menjadi kampiun, menjadi nyonya, dan tuan rumah di negara sendiri, kata Ketua Asosiasi Perusahaan Indonesia (Ketum Perkosmi) Dra Nuning S Barwa Apt MBA kepada wartawan usai acara Pembukaan Pameran dan Workshop Produk Industri dan Jamu di kantor Kementerian Perindustrian (Kemenperin), kawasan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (11/10). Acara ini dibuka seketika Menteri Perindustrian (Menperin) Ir Mohamad Sulaeman Hidayat SE.

Anak Nuning, Asosiasi Perkosmi juga sudah mempersiapkan anggota “anggotanya untuk menyiapkan energi-energi skill (pintar) dan profesional pada industri kosmetik supaya jikalau ada peluang kerja di luar negeri atau di Negara Filipina sebagai salah satu negara popularitas kosmetik di kawasan ASEAN, energi kosmetik dari Indonesia bisa diterima kerja di negara luar.

Asosiasi Perkosmi akan menyiapkan industri kecil lebih-lebih industri rumah tangga kecil dan menengah, yaitu Usaha Mikro dan Menengah (UMKM), supaya sanggup mengikuti undang-undang kosmetik di tingkat ASEAN. Menjadi pelaku ekonomi global. Integrasi ekonomi dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 menjadi tantangan sekaligus peluang bagi pelaku usaha nasional (BUMN, swasta, koperasi, dan UKM).

Pemahaman bahwa pelaku usaha Indonesia lebih perlu konsentrasi hanya pada pasar dalam negeri di tengah membesarnya kelas menengah nasional hanya akan mengurangi pemanfaatan potensi terbukanya pasar ASEAN. Integrasi kawasan atau regionalisasi juga memberikan peluang usaha, pasar,basis produksi dan investasi pagi pelaku usaha nasional di tingkat regional. Seminar “Pengembangan Kewirausahaan Perempuan Menghadapi Demikian Ekonomi ASEAN 2015”.

Baca Juga: Contoh Teks Anekdot Singkat Tentang Pendidikan

PEMBAHASAN II

Demikian Ekonomi ASEAN (KEA) sudah dilengkapi dengan Cetak Biru (Blueprint) yang mengidentifikasi langkah-langkah integrasi ekonomi yang akan ditempuh melalui implementasi beraneka janji yang rinci dengan target dan target waktu yang terang. KEA memiliki empat karakteristik utama yaitu mewujudkan ASEAN sebagai pasar tunggal dan basis produksi, kawasan ekonomi yang berdaya saing tinggi, kawasan dengan pembangunan ekonomi setara, dan kawasan yang terintegrasi ke dalam ekonomi global.

menghadapi pembentukan KEA, salah satu kerja sama yang dimaksimalkan ASEAN yaitu pemberdayaan Usaha dan Menengah (UKM). Salah satu dasar pertimbangannya yaitu bahwa UKM mencakup sekitar 90% dari keseluruhan perusahaan di ASEAN. ASEAN sudah mengesahkan ASEAN Policy Blueprint for SMEs Development 2004-2014, yang bertujuan untuk menjamin adanya transformasi UKM ASEAN yang memiliki energi saing, dinamis, dan inovatif.

Bagi Indonesia, UKM memiliki peran dan kontribusi yang besar bagi perekonomian nasional. Anak data BPS, pada 2009 UKM mendonasi sekitar 53.3% dari total Pendapatan Bruto (PDB). Kebanyakan UKM hal yang demikian bergerak di sektor pertanian, perdagangan, industri, dan keuangan. mengesankan, peran perempuan dalam pengembangan UKM Indonesia terbukti sangat signifikan.

PEMBAHASAN II

Sebagaimana dilaporkan MasterCard baru-baru ini, pertumbuhan UKM yang dimiliki perempuan di Indonesia terbukti berada di peringkat ke tiga tertinggi di Asia Pasifik. Anak ini tentunya yaitu suatu kebanggaan tersendiri bagi kaum perempuan, lebih-lebih di tengah upaya Pemerintah mendukung kewirausahaan sebagai salah satu sektor pemrakarsa kesibukan ekonomi. Provinsi Sumatra Barat, Hadapi Ekonomi Global Sumbar Perkuat Lokal.Asean Economic Community tahun 2015.

Ketua DPD RI Irman Gusman mengerjakan serangkaian aktivitas di Sumatera Barat, sesudah peresmian pemberian nama jalan simpang Duku-BIM, jalan Mr. Sutan Moh. Rasyid. Di hari yang sama, sorenya mengerjakan pencerahan seminar dihadapan kalangan pengusaha dan pelaku ekonomi Sumatera Barat di Auditorium Gubernuran, Kamis (28/2).

Hadir dalam kans hal yang demikian wakil gubernur Muslim Kasim, Forokpinda Sumbar, kepala SKPD berkaitan, staf ahli gubernur bidang SDM dan kemasyarakatan, Surya Budhi, staf ahli gubernur bidang keuangan dan ekonomi, Kabiro Ekonomi, Kabiro Humas, Irwan. Wakil gubernur Muslim Kasim dalam kans hal yang demikian memberi tahu,

menghadapi tantangan Asean Economic Community tahun 2015, kita seharusnya cakap mengimplentasikan pembangunan berbasis potensi lokal, serta berusaha meningkatkan energi saing dalam kancah ekonomi global. Siap tak siap kondisi seharusnya kita sikapi secara arif dan arif dengan memperkuat basis ekonomi UKM menumbuhkan motivasi kecintaan terhadap produksi sendiri.

Keunggulan UMKM diperbandingkan usaha besar antara lain: (Nagel 2012)

  • 1) Temuan teknologi gampang dikerjakan dalam upaya pengembangan produk.
  • 2) Kekerabatan kemanusiaan yang akrab terjalin dalam usaha kecil.
  • 3) Kesanggupan menciptakan kans kerja cukup banyak atau perembesan energi kerja cukup tinggi.
  • 4) Memilik fleksibilitas dan kesanggupan menyesuaikan diri terhadap kondisi pasar yang berubah dengan cepat.
  • 5) Terdapat manajerial yang dinamis dan peran kewirausahaan.

PEMBAHASAN III

Dari keunggulan-keunggulan hal yang demikian, yang paling kelihatan adalah adanya kesanggupan perembesan energi kerja. UMKM lebih fleksibel daripada USB (Unit Skala Besar). Berdasarkan ini terjadi sebab pengambilan keputusan dan penemuan kreatif pada USB tak jarang terhambat oleh birokrasi yang kaku. Peran Strategik UMKM. UMKM memberikan kontribusi yang besar terhadap perekonomian kongkrit Indonesia. UMKM berperan dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Data dari BPS 2012 menunjukkan bahwa kontribusi UMKM terhadap PDB Indonesia tahun 2011 sebesar 56,6% dan mengabsorpsi 97% dari energi kerja nasional. UMKM juga berkontribusi dalam penambahan devisa negara dalam format penerimaan ekspor sebesar 27.700 milyar dan menciptakan peranan 4,86% terhadap sempurna ekspor (Yoga, 2011 dalam Nagel 2012).
Kontribusi UMKM terhadap devisa negara hal yang demikian jauh lebih kecil daripada kontribusi usaha besar,

Sehingga UMKM lebih diberdayakan. UMKM juga berperan dalam penyusunan investasi nasional. Investasi UMKM mengalami peningkatan dari waktu ke waktu selama periode 2000 – 2011. Kecuali laporan statistik usaha kecil menengah pada beragam edisi antara tahun 2000-2011, bisa diketahui bahwa tahun 2000 investasi UMKM sebesar Rp 133,08 triliun dan meningkat menjadi Rp 275,27 triliun pada tahun 2005.

Eksistensi itu UMKM juga berkontribusi dalam upaya pemerataan pendapatan masyarakat Indonesia. Kecuali UMKM bisa meningkatkan kesanggupan ekonomi masyarakat yang berkecimpung di sektor UMKM bagus sebagai pemilik usaha maupun sebagai karyawan. (Lantum et.al , 2012 dalam Nagel 2012)

4. Kandungan Teori Keilmuan

pengaplikasian teori Ekonomi Biru Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015: memperkuat sinergi ASEAN 2008 ‎Economic development teori ekonomi mikro Eksistensi itu cetak biru MEA yang membuktikan road map menuju pasar tunggal dan basis produksi.

5. Hasil yang diharapkan

– Sari komprehensif berkaitan posisi dan kesiapan Indonesia menghadapi MEA 2015 terhadap kepentingan kedaulatan pangan dan kesejahteraan rakyat, lebih-lebih petani dan nelayan.
– Dokumen saran yang akan diserahkan terhadap Pemerintah Indonesia dan Dewan Perwakilan Rakyat RI.

6. Upaya mengatasi masalah

Upaya-upaya perluasan kans kerja seharusnya terus dikerjakan, di dunia usaha bisa berupa tersedianya kans kerja di sektor usaha formal, usaha informal, sampai bekerja mandiri sebagai wirausaha.

7. Sebagian

Apabila tantangan MEA, seperti lapangan energi kerja yang ada di Indonesia hanya akan menaikkan angka pengangguran itu sendiri, sebab tak berimbas pada peningkatan taraf hidup masyarakat Indonesia, lebih-lebih buruh yang tak memiliki sertifikasi pendidikan seperti buruh-buruh yang didatangkan dari China, malahan Vietnam yang tak lebih bagus tingkat kesejahteraan pekerjanya dari Indonesia. Lembah Indonesia tak siap, karenanya aliran bebas barang, jasa, investasi, energi kerja jago dan modal, kelihatan sebagai ancaman.

Tantangan lainnya adalah jurang horizontal antara negara dengan kelas ekonomi maju dan yang masih menengah dan maju. Kecuali vertikal antara negara yang demokratis liberal dan masih otoriter. Bagaimana kita membangun komunitas jika nilai-nilai yang menjadi pengikat berbeda dan taraf kehidupan berbeda.

ASEAN Economic Community yang disusun dengan misi menciptakan perekonomian di ASEAN menjadi lebih bagus serta cakap berkompetisi dengan Negara-negara yang perekonomiannya lebih maju diperbandingkan dengan kondisi Negara ASEAN dikala ini.
Eksistensi itu juga dengan terwujudnya ASEAN Community yang dimana di dalamnya terdapat AEC,

PEMBAHASAN II

Bisa menciptakan posisi ASEAN menjadi lebih strategis di kancah Internasional, kita menginginkan dengan terwujudnya komunitas masyarakat ekonomi ASEAN ini bisa membuka mata segala pihak, sehingga terjadi suatu dialog antar sektor yang dimana nantinya juga saling melengkapi diantara para stakeholder sektor ekonomi di Negara negara ASEAN ini amat penting.

Tantangan Indonesia ke depan adalah menciptakan perubahan yang berarti bagi kehidupan keseharian masyarakatnya. Semoga segala masyarakat Indonesia kita ini bisa menolong untuk menciptakan kehidupan ekonomi dan sosial yang layak supaya kita bisa langsung menciptakan masyarakat ekonomi ASEAN tahun 2015.

Tenaga yang sudah terbuka ini, jika tak langsung dimanfaatkan, kita akan ketinggalan, sebab progres ini juga dicontoh gerak negara lain dan hal itu terus bergulir. Kita seharusnya langsung bebenah diri untuk menyiapkan Sumber Sudah Manusia Indonesia yang kompetitif dan berkulitas global. Menuju tahun 2015 tidaklah lama, Penelaahan siapkah kita akan Tantangan dan kans bagi kalangan profesional muda kita/mahasiswa untuk tak terbengong-bengong menyaksikan lalu-lalang energi asing di kawasan kita?.

Bapak I Wayan Dipta, Deputi Bidang Rekomendasi Sumberdaya UKM memberi tahu jika Indonesia tak menyokong energi saing dan nilai tambah atas barang/produk yang diproduksi, karenanya Indonesia bisa kehilangan perannya di kawasan dan menjadi objek kemajuan pembangunan di kawasan tanpa memperoleh keutungan yang optimal.

8. Dampak

Akibatnnya, imbas liberalisasi akan mengarah pada efisiensi pasar jasa. Kecuali adalah pilihan bagi konsumen meningkat, produktivitas meningkat, serta persaingan yang lebih sehat di dorong. Pencapaian MEA dikerjakan via empat tingkatan strategis, mencakup : pencapaian pasar tunggal dan kesatuan basis produksi, kawasan ekonomi yang berdaya saing, pertumbuhan ekonomi yang merata dan terintegrasi dengan perekonomian global. Menghadapi tantangan itu HIPMI mulai menyiapkan sejumlah langkah menghadapi persaingan ekonomi pada 2020.

“Indonesia seharusnya menjadi pemain dalam komunitas ekonomi ASEAN,” kata Oktohari. Untuk menghadapi itu segala, paparnya, mulai dikala ini HIPMI sudah mengambil sejumlah langkah antara lain menyiapkan dan memberikan mentoring pada pengusaha pemula supaya cakap menghadapi persaingan bagus di dalam negeri, kawasan dan global. Eksistensi itu, katanya,

HIPMI juga memberikan perhatian pada pengusaha-pengusaha lokal atau di daerah supaya bisa memaksimalkan usahanya sekalian memperluas pasar produksi barang-barang mereka. Program kebijakan penguatan energi saing sudah mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah, antara lain penguatan UKM nasional. Berdasarkan hal yang demikian penting untuk memfasilitasi UKM nasional yang berdaya saing tinggi, inovatif, dan kreatif, serta cakap mengerjakan perluasan pasar dari Artikel Ekonomi ASEAN.

Baca Juga: Contoh Karya Tulis Ilmiah Sederhana

Contoh Artikel Non Ilmiah

contoh artikel pendidikan

Untuk contoh tulisan non ilmiah ini saya memilih tulisan yang berjudul ayo jangan malas cuci tangan sebab apa? banyak orang yang menyepelekan cuci tangan. padahal cuci tangan adalah salah satu usaha untuk menjaga kesehatan pada dirinya sendiri.

Memang cuci tangan kelihatannya amat sepele, tapi imbas yang di timbulkan jika kita jarang mencuci tangan adalah kita akan gampang terkena penyakit. sebaba makanan yang masuk ke dalam tubuh kita sudah tercampur oleh bakteri-bakteri berbahaya,

Alasan adanya figur tulisan non ilmiah yang berjdul ayo jangan malas cuci tangan adalah mengajak kita segala supaya kita terhindar dari segala penyakit yang tak seharusnya menimpa kita jika kita benar-benar menjaga ebersihan dengan mencuci tangan.

Contoh karya non ilmiah

Ayo Jangan Malas Cuci Tangan

Menjaga kesehatan tubuh bisa diawali dari hal-hal yang paling sderhana. Mencuci tangan semisal. Mulai kini jadikan cuci tangan sebagai bagian dari gaya hidup Anda.Tangan adalah organ tubuh yang paling vital untuk menyokong aktivitas sehari-hari. Dari tangan inilah akan tercipta karya-karya cantik. Meskipun, dari tangan jugalah beragam penyakit bisa menular.

Tanpa disadari aktivitas sehari-hari membuat tangan selalu bersentuhan dengan benda-benda, mulai bolpen, keyboard computer, gagang pintu dan benda-benda lain. Semenara itu, kita tak pernah tahu, apakah benda-benda yang kita pegang hal yang demikian bebas bakteri dan virus?

Nah, untuk mencegah bakteri atau virus bermigrasi ke dalam tubuh, ada bagusnya lakukan cui tangan, lebih-lebih sebelum dan sesudah makan. Ditengah maraknya beragam virus baru belakangan ini, cuci angan menjadi salah satu senjata dasar untuk menuntaskannya.

PEMBAHASAN II

Manfaat cuci tangan untuk kesehatan memang sudah diakui. Meskipun, masih banyak orang yang enggan melaksanakannya. Figur, seiring aktivitas yang Anda lakukan, tangan malahan akan dipenuhi bakteri, bakteri, dan virus yang sudah siap menjelang tubuh Anda.
Artikel seharusnya masuk via mulut, tapi bisa via mata atau hidung. Penyakit infeksi lazimnya menyebar via kontak tangan ke tangan, termasuk demam awam (common cold), flu dan sebagian kelainan system pencernaan seperti diare.

Cuci tangan juga diwajibkan sebelum dan sesudah menyiapkan makanan, lebih-lebih sebelum dan secepatnya sesudah mengontrol daging mentah, ayam atau ikan. Mencuci tangan juga menjadi amat penting sebelum makan, sesudah menyentuh hidung, sesudah batuk atau bersin ke tangan, sebelum atau sesudah menangani luka atau sayatan, sebelum atau sesudah menyentuh orang sakit atau terluka.

Dan yang tak kalah penting adalah sesudah menangani sampah. Mencuci tangan bisa mencegah sakit pada anak. Utuk itu, biasakan cuci tangan pada anak semenjak dini. Untuk membiasakan anak mencuci tangan, berikan figur. Cucilah tangan bersama anak.

Contoh Artikel Semi Ilmiah

Mengenai contoh tulisan semi ilmiah ini, adalah tulisan yang berasal dari gabungan ilmiah dan tulisan yang membahas perihal ajakan untuk menyelamatkan bumi kita. Dan tulisan semi ilmiah ini juga menjadi tulisan populer, sebab keunikannya dan isinya juga amat menarik. Silahkan buktikan dengan membaca figur tulisan semi ilmiah yang ada di bawah ini?

Berikut adalah figur tulisan semi ilmiah yang memiliki judul jadilah sahabat bumi, maksud dari judul itu adalah mengingatkan terhadap segala manusia supaya kita bisa menjaga bumi ini dengan bagus, untuk lebih jelasnya lagi baca tulisan semi ilmiah di bawah ini:

Contoh Artikel Semi Ilmiah

Menyayangi Bumi Kita Ini

Apakah kita pernah tersadar dimanakah kita kini ini? Kita sebagai manusia hidup di Bumi mulai dari lahir, kecil, beranjak dewasa, sampai kita meninggal. Kita amat berhutang budi pada Bumi, planet daerah tinggal kita yang tercinta ini.

Namun, berapa banyak kita sudah mengotori Bumi, merusak Bumi, dan membuat Bumi ini menjadi tak cantik lagi? Kadang-kadang kita tak sadar bahwa perbuatan kita amat merusak Bumi dan terkesan tak berterima kasih pada Bumi yang sudah berjasa banyak pada Bumi.

Oleh sebab itu, kita seharusnya mulai mengubah hidup kita supaya perbuatan kita ini tak lagi merusak Bumi. Tentunya kita adalah manusia yang tak bisa mengerjakan segala hal. Jadi, kita cukup mengerjakan perbuatan yang bisa kita lakukan dan tak perlu memaksakan diri. Akibatnya kita hanya bisa bertingkah hal-hal yang sederhana, ya kita lakukan hal sederhana hal yang demikian.

Jangan hanya sebab hal sederhana yang bus kita lakukan, kita malu untuk melaksanakannya sehingga kita tak mengerjakan apa-apa. Namun juga kita seharusnya memaksimalkan diri supaya bisa mengerjakan hal yang lebih besar lagi. Usia lebih-lebih adalah niat dan keikhlasan.
Berdasarkan-hal kecil yang bisa kita lakukan semisal adalah buang sampah pada tempatnya, mengerjakan penghematan listrik, menghemat Bahan Bakar Minyak dan masih banyak lagi.Mungkin kita sudah bosan dengan kata-kata \\\”Buanglah Sampah Pada Tempatnya\\\”.

PEMBAHASAN I

Kita mendengar kata-kata itu semenjak kita kecil sampai dewasa. Namun apakah kita sudah mengerjakan hal yang kita anggap sederhana hal yang demikian? Mungkin ya, mungkin tak. Kadang-kadang untuk sampah yang besar kita ingat, tapi jika sampahnya kecil seperti sobekan kertas, plastik, atau bungkus snack, kita membuangnya begirtu saja. Dampaknya|} kita ada di kelas, karenanya kita taruh sampah hal yang demikian dikolong meja. jika ada diangkot karenanya ditaruh dibawah daerah duduk.

Berdasarkan itu tak hanya dikerjakan oleh anak-anak, tapi juga oleh orang dewasa. membuktikan bahwa yang lebih-lebih adalah kesadaran diri. Namun tak berimbas pada sikap seseorang. Usia paling berimbas adalah kesadaran. yang paling penting. juga dengan pengaplikasian listrik dan air.

Kita selalu menganggap bahwa lebih banyak orang yang menngunakan air lebih banyak dari diri kita sendiri sehingga kita berpikir kalaupun kita menghemat, tetap saja tak akan berguna. adalah pemikiran yang salah. Dampaknya|} segala orang berfikir itu, karenanya tak akan ada yang berhemat bukan? Kita seharusnya menanamkan pikiran segala sesuatu hal yang bagus itu seharusnya diawali dari diri kita sendiri. Jangan menunggu orang lain untuik bertingkah hal kebaikan.

Oleh sebab itu, karenanya untuk menjaga lingkungan kita ini, lingkungan Bumi kita yang tercinta ini, lakukanlah suatu hal yang kecil sebab sesuatu yang besar itu tak ada sebelum ada hal yang kecil. Dampaknya|} hal kecil itu dikerjakan oleh banyak orang, karenanya hal kecil itu akan menjadi hal yang besar.

Baca Juga: Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

PEMBAHASAN II

Dampaknya|} seribu orang buang sampah pada tempatnya dan menjaga kebersihan, karenanya daerah hal yang demikian akan menjadi bersih. Namun jika seribu orang buang sampah sembarangan, karenanya tentunya daerah itu akan amat kotor sekali.
Jadi, janganlah pernah meremehkan hal-hal kecil seperti menghemat listrik, menghemat air, menghemat BBM, atau buang sampah pada tempatnya.

Lakukan mulai dari diri sendiri lalu tularkanlah pada orang-orang disekitar anda. Jadilha sahabat Bumi dan cintailah Bumi ini. Semoga jika kita sudah mengerjakan hal terbaik yang bisa kita lakukan, Bumi ini kembali cantik, adem, segar dan udaranya nyaman sehingga ita kian bersuka cita hidup di Bumi ini.

Demikianlah pembahasan perihal tulisan ilmiah yang lengkap dengan semisal seperti tulisan ilmiah perihal kesehatan, tulisan ilmiah pendidikan, tulisan ilmiah, tulisan semi ilmiah, tulisan non ilmiah, dan juga tulisan ilmiah populer. Semoga artikelnya bisa berguna bagi kalian segala. jika ada kesalahannya penulis mohon maaf sebab keterbatasan ilmunya.

Tinggalkan komentar