Contoh Teks Cerita Inspiratif Singkat Beserta Struktur Dan Pengertian Lengkap

Teks Cerita Inspiratif -Teks cerita inspirasional adalah teks yang dirancang untuk memberikan motivasi dan dukungan kepada pembaca, apakah itu novel atau peristiwa nyata. Ada banyak kisah sukses di dunia, tentu saja, semua kisah sukses diwariskan melalui kerja keras dan upaya terbaik.

Kisah-kisah yang menginspirasi sangat berguna untuk menginspirasi antusiasme, terutama di kalangan remaja, karena mengandung informasi moral yang sangat bermakna dan karenanya mencari identitas mereka yang sebenarnya.

Bahkan, inspirasi dapat ditemukan di mana saja, mungkin kita biasanya mendapatkan inspirasi langsung di toilet, atau bahkan mendapatkan inspirasi yang tak terduga dalam mimpi.

Pengertian Teks Cerita Inspiratif

Menurut KBBI, kata “inspirasi” dapat diartikan sebagai Merupakan bentuk prosa yang berisikan kisah-kisah orang yang dirancang untuk memberikan inspirasi atau motivasi. Cerita inspiratif sering didasarkan pada pengalaman pribadi dan kemudian diceritakan kembali dalam bentuk prosa.

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pemahaman teks cerita yang menginspirasi adalah kumpulan paragraf yang berisi cerita fiksi, atau bisa dalam bentuk pengalaman yang benar-benar terjadi, yang dapat membangkitkan pikiran dan antusiasme pembaca.

Bahasa yang digunakan dalam teks cerita yang menginspirasi sering menggerakkan hati pembaca dan membuatnya lebih mengharukan dan mengasyikkan.

Struktur Teks Cerita Inspiratif Lengkap

  • Orientasi adalah pengantar cerita, pengantar yang mencakup tinjauan umum sebelum beralih ke cerita yang lebih rinci.
  • Perumitan peristiwa atau Kompleksitas acara biasanya mencakup perjalanan cerita karakter dan peristiwa yang dilalui karakter ke atas cerita atau konflik.
  • Komplikasi mengandung inti atau inti cerita dari mana kisah itu diilhami. Di bagian ini, Anda biasanya akan diperkenalkan dengan berbagai masalah yang dihadapi karakter dan bagaimana ia menghadapi berbagai masalah yang ada.
  • Resolusi adalah peristiwa yang membangkitkan citra baik atau memberikan kesadaran pada tokoh. Pada bagian ini, berbagai acara tentang peran diperkenalkan, dan peran tersebut menyadari manfaat yang diperoleh.
  • Koda adalah kata penutup dan biasanya berisi kesimpulan dan informasi etis untuk dipilih pembaca.

Contoh Teks Cerita Inspiratif

Secara umum, cerita yang menginspirasi dapat berasal dari pengalaman pribadi, tetapi juga dari pengalaman orang lain yang memiliki dampak positif pada pembaca.

Cerita inspiratif tidak hanya melibatkan pengalaman hidup seseorang, tetapi juga bisa datang dalam bentuk kasih sayang atau cerita binatang yang dibayangkan oleh penulis.

berikut Contohnya :

Orientasi

Menghabiskan masa kecilnya mengumpulkan botol plastik kosong yang tersisa tidak menghentikan lelaki Filipina itu untuk memenuhi mimpinya. Meskipun dia tidak mengharapkannya, sekarang dia berhasil mengenakan topi bowler dan lulus dari perguruan tinggi.

Jeb Baclayon Bayawon percaya dia akan mengumpulkan sampah dan botol plastik kosong seumur hidupnya. Setelah ia melanjutkan pendidikannya dengan bantuan yayasan yang didanai asing, semuanya berubah.

Sepuluh tahun setelah mendapat kesempatan, Bayawon berhasil mengenakan syal dengan seorang pendamping dari Universitas Negeri Mindanao pada Juni 2018.

Menurut Rappler, Bayawon, 23, berbagi kisahnya dalam sebuah wawancara bahwa jalan menuju gelar sarjana menghadapi berbagai kendala. Salah satunya tinggal di tempat pembuangan sampah.

Baca Juga : Contoh Teks Anekdot Lucu

Perumitan peristiwa

“Saya tumbuh di tempat pembuangan sampah, di mana saya membersihkan sampah daur ulang dan botol plastik kosong untuk membantu orang tua saya mencari nafkah. Kami menjual sisa makanan dan botol ke toko-toko bekas,” kenang Bayawon.

Bayawon akan menghapus sisa makanan dari tempat sampah dan memasak lagi di rumah. Terlepas dari situasinya, ayah Bayawon berpikir keras di kepalanya dan harus terus memprioritaskan pendidikan.

Komplikasi

“Ayah selalu menasihatiku untuk pergi ke sekolah. Tapi ketika aku masih di sekolah dasar, beberapa teman sekelas menertawakan tempat aku tinggal di tempat sampah, tanpa sanitasi yang layak. Setiap kali aku membuka persediaan makanan selama jam istirahat, mereka tersentak karena mereka tahu Makanan dari sampah, “katanya.

Diintimidasi dan diintimidasi membuat Bayawon tidak mau pergi ke sekolah. Hingga akhirnya, ayahnya tertular TBC dan mengeluarkannya dari sekolah.

“Aku baru berusia dua belas tahun ketika ayahku meninggal. Segera setelah itu, ibuku menghembuskan nafas terakhir setelah mengalami tekanan darah tinggi,” Bayawon menjelaskan.

Resolusi

Yayasan memberinya persyaratan yang diperlukan untuk sekolah, termasuk uang sekolah, uang saku dan akomodasi. Bayawang meninggalkan tempat pembuangan sampah.

Setelah menyelesaikan pendidikan dasar di sebuah sekolah lokal di kota, ia mengadopsi sistem pembelajaran alternatif sehingga ia dapat menerima pendidikan tinggi di usianya.

“Ketika saya lulus ujian penilaian dan kesetaraan, saya dapat melanjutkan ke perguruan tinggi. Yayasan mendorong saya untuk melanjutkan, jadi saya mengambil ujian masuk ke Universitas Negeri Mindanao pada 10.000,” Bayawon menjelaskan.

Setelah lulus ujian masuk, ia memilih gelar sarjana dalam bahasa Inggris karena minatnya pada bahasa dan impiannya menjadi pendidik. Ini bukan perjalanan yang mulus, karena Bayawon harus mengatasi tantangan yang tak terelakkan untuk mengejar pendidikan tinggi.

“Beberapa kelas sangat sulit. Saya harus mengatur dan menyesuaikan. Kadang-kadang saya tidak bisa terhubung dengan percakapan teman sekelas karena mereka berbicara tentang kehidupan dengan keluarga mereka yang sama sekali berbeda dari kehidupan saya, dan tidak ada pengalaman sekolah menengah yang tidak saya miliki, “Dia berkata.

Baca Juga :

Koda

Dari membersihkan tempat pembuangan akhir hingga mendapatkan gelar sarjana, Bayawon telah mengambil langkah besar. Dia juga berencana untuk menggunakan gelar dan pengalaman mengajarnya untuk membantu banyak orang bergerak menuju masa depan yang lebih baik.

Contoh Teks Cerita Inspiratif Singkat

Orientasi

Siapa yang tidak kenal Universitas Harvard? Universitas Amerika yang terkenal ini telah menjadi impian yang dapat dipelajari kebanyakan orang di sini.

Universitas Harvard adalah salah satu universitas terbaik di dunia. Universitas ini terletak di Cambridge, Massachusetts, AS, dan didirikan pada 1636.

Selain kekuatan akademis, universitas ini adalah universitas tertua di Amerika Serikat. Tidak heran proses penerimaan di Harvard sangat ketat.

Selain menjadi pintar, mereka yang bisa memasuki Ivy League biasanya dari keluarga kaya. Ini tidak berarti bahwa siswa dengan latar belakang sederhana tidak dapat diterima.

Sama seperti seorang remaja bernama Athena Capo-Battaglia dari New York, AS, ia bahkan dapat memasuki Harvard dari keluarga yang bukan penduduk. Meskipun tidak memiliki perumahan dan tempat tinggal, Athena dapat belajar dengan baik sampai dia diterima di Universitas Harvard.

Perumitan peristiwa

Kisah Athena disebarluaskan oleh Universitas Harvard beberapa waktu lalu. Karena Athena berasal dari keluarga miskin, mereka bahkan tidak punya rumah.

Ibu Athena hanya dapat membayar sewa jika dia harus tinggal di tempat penampungan. Selain itu, sang ibu menderita kanker payudara dan neneknya meninggal. Ini juga mendorong Athena untuk belajar dengan giat.

Komplikasi

“Saya merasa harus kuliah karena tempat ini bukan tempat yang saya inginkan. Saya berpikir,” Ya, ini cara saya keluar dan mungkin saya bisa menemukan pekerjaan yang baik di masa depan, ” Kata Athena.

Sebelum kehilangan rumahnya, Athena memang anak yang cerdas. Dia adalah siswa SMA Musik, Seni, dan Seni Pertunjukan Fiorello H. LaGuardia, secara konsisten menghasilkan IPK 4,0, dan merupakan kapten tim kebugaran. Sekolah itu sendiri adalah sekolah seniman terkenal, seperti Jennifer Aniston, Al Pacino dan Ansel Elgort.

Resolusi

“Saya menelepon teman saya dan berteriak: ‘Ya Tuhan, saya diterima di Harvard!’ Ini sangat menggembirakan. Saya dulu suka menantang diri sendiri. Ini adalah pekerjaan hidup saya,” kata Athena ketika dia mendapat Mengetahui kabar baiknya, dia mengklaim bahwa dia bepergian dengan kereta api.

Tidak hanya dia unggul secara akademis, dia juga berpartisipasi dalam program NYPD (New York City Police Department), di mana dia menerima pelatihan untuk membantu menjaga keamanan lingkungan.

Berkat rencananya, ia juga memiliki kesempatan untuk belajar bela diri, teknik patroli, menangani kecelakaan pertama dan seterusnya. Gadis berusia 18 tahun adalah salah satu dari mereka yang menerima beasiswa $ 1.000 dari kantor walikota.

Koda

Athena sekarang tinggal di lingkungan kampus Harvard. Siswa yang ingin mengambil jurusan neuroscience berencana untuk belajar di tempat kerja. Kemudian, selama liburannya, dia akan mengunjungi tempat penampungan bersama ibunya dan menjadi relawan untuk Departemen Kepolisian New York. Athena bahkan berpikir untuk bergabung dengan polisi setelah lulus.

Contoh Teks Cerita Inspiratif Beserta Strukturnya

Orientasi

Seorang lelaki berjalan melewati kamp gajah, dia menemukan bahwa gajah itu tidak disimpan di dalam kandang atau diikat.

Awal Peristiwa

Seseorang berjalan melewati kamp gajah dan mendapati bahwa gajah itu tidak disimpan di dalam kandang atau diikat.

Komplikasi

Ketika lelaki itu memandangi gajah itu, dia benar-benar bingung mengapa gajah itu tidak hanya menggunakan kekuatannya untuk memutus tali untuk melarikan diri dari kemah. Mereka dapat melakukan ini dengan mudah, tetapi sebaliknya mereka tidak bekerja keras sama sekali.

Karena penasaran dan ingin tahu jawabannya, ia bertanya kepada pelatih di dekatnya mengapa gajah itu hanya berdiri di sana dan tidak pernah mencoba melarikan diri.

Resolusi

Kemudian pelatih itu menjawab,

Ketika mereka (gajah) kecil dan kecil, kami mengikat mereka ke masa kini dengan seutas tali berukuran sama. Semakin besar gajah, mereka masih percaya bahwa mereka tidak dapat melarikan diri dari tali dan dapat menangkapnya, sehingga mereka tidak pernah mencoba untuk melarikan diri.

Satu-satunya alasan gajah tidak bisa melarikan diri dan melarikan diri dari kamp adalah karena mereka pikir itu tidak mungkin terjadi seiring waktu.

Koda

Pesan moral dalam cerita:

Tidak peduli berapa banyak dunia berusaha untuk menghentikan Anda, selalu percaya bahwa apa yang ingin Anda capai adalah mungkin. Percaya bahwa Anda bisa sukses adalah langkah paling penting untuk mencapai kesuksesan.

TEKS CERITA INSPIRATIF