Contoh Proposal Kegiatan, Penelitian, Usaha Lengkap dengan Cara Membuatnya [+Doc]

CONTOH PROPOSAL KEGIATAN – Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara membuat proposal kegiatan yang baik dan bebar beserta contoh-contohnya. Selain itu juga akan dibahas mengenai pengertian proposal serta bagaimana cara menentukan sistematika susunan proposal kegiatan, penelitian, usaha, kewirausahaan, dan masih banyak lagi yang akan kita bahas secara terperinci.

Proposal sering kali kita temukan dalam keseharian apakah itu untuk mengajukan suatu kegiatan agar dapat disetujui oleh seseorang yang mempunyai kepentingan dengan kegiatan yang dibentuk. Langsung saja kita akan membahas mengenai proposal serta bagaimana cara membuatnya.

Daftar Isi Konten

Pengertian Proposal

contoh proposal yang baik
contoh proposal yang baik amycarney.com

Pengertian proposal yaitu adalah tulisan berupa rencana yang dibuat oleh seseorang dengan tujuan agar rencana tersebut diketahui dan dipahami oleh para pembacanya, sehingga mereka dapat mengerti dan memmahami terkait tujuan kegiatan yang direncanakan tersebut..

Selain itu proposal juga dapat digunakan untuk mengajukan suatu acara kegiatan agar dapat disetujui oleh seseorang (seperti orang berkepentingan). Biasanya proposal digunakan untuk melakukan suatu program kegiatan yang sifatnya sebatas usulan yang bersifat tertulis untuk melaksanakan sebuah kegiatan yang diusulkan kepada pihak-pihak yang terkait dengan rencana kegiatan tersebut.

Sistematika Penulisan Proposal

cara membuat proposal
cara membuat proposal static1.squarespace.com

Untuk membuat sebuah proposal perlu terlebih dahulu untuk mengetahui struktur untuk format susunan proposal yang baik dan benar. Sebab hal ini berguna agar para pembacanya tidak kebingunan ketika membacanya selain itu proposal akan lebih enak dibaca dan mudah dipahami apa maksud tujuan dibuatnya proposal tersebut. Berikut ini akan kita bahas mengenai bagaimana cara membuat susunan format proposal yang baik dan benar.

1# Halaman Judul Proposal

Judul merupakan format pertama yang harus kamu cantumkan terlebih dahulu sebelum diletakkannya format susunan yang lain. Karena judul merupakan pemberi penjelasan pertama secara garis besar mengenai tujuan dibuatnya proposal. Pada Halaman judul berisikan nama atau judul dari kegiatan proposal yang igin diusulkan. contohnya Pesi Smada Stereo balikpapan 2011.

2# Latar Belakang Proposal

Setelah dibuatnya halaman judul yang terletak paling depan, selanjutnya membuat halaman khusus untuk latar belakang dibentuknya proposal. Latar belakang sangatlah penting untuk disertakan dalam sebuah proposal karena disana akan dijelaskan secara garis besar mulai dari alasan mengapa membuat proposal tersebut.

3# Tujuan Proposal

Selanjutnya untuk halaman tujuan. Namun jika latar belakang tidak terlalu mengambil halamannya. Untuk deskripsi tujuan bisa digabungkan satu halaman dengan latar belakang proposalnya. Agar nantinya proposal tersebut terlihat lebih berisi, tidak hanya beberapa baris tulisan kosong saja. Jelaskan deskripsi tujuan kegiatan secara urut dan terstruktur dengan rapi. Dimulai dari yang paling penting yang menjadi tujuan utama rencana kegiatan proposal tersebut.

4# Nama dan Tema Kegiatan Proposal

Memberikan penjelasan berupa tema seperti apa yang nantinya akan terbentuk dari proposal yang direncanakan ini. Contohnya saja:

Nama Kegiatan Proposal: Pensi SMA Negeri 2 Balikpapan

Tema Kegiatan Proposal: Smada Stereo 2011

5# Bentuk Kegiatan Proposal

Mendeskripsikan seperti apa rangkaian acara kegiatan yang akan diadakan. Contohnya: Acara lomba basket, Lomba LBB, Lomba modern dance, dan sebagainya. Rangkaian kegiatan ini merupakan struktur acara yang paling penting karena inilah puncak dari terlaksananya proposal yang dibentuk.

6# Peserta Proposal

Peserta merupakan siapa-siapa saja yang nantinya dapat mengikuti kegiatan atau acara proposal ini. Seperti misalnya acara Pensi atau pentas seni SMA, maka para pesertanya diikuti oleh para siswa/siswi SMA tersebut mulai dari kelas 10, 11, dan 12 dapat mengkutinya. Peserta bisa dibatasi dan bisa juga di buka secara umum, tergantung kesepakatan/

7# Penyelenggara Proposal

Memberikan penjelasan siapa-siapa saja yang ikut serta menyelenggarakan kegiatan acara tersebut. Biasanya yang menjadi penyelenggara kegiatan adalah suatu himpunan kelompok atau organisasi. Dan lebih baik yang sudah berpengalaman.

8# Tempat Kegiatan dan Jadwal Proposal

Tempat dan kegiatan mendeskripsikan dimana akan dilaksanankan acara kegiatan ersebut serta kapan jadwal dilakukannya acara kegiatan proposal tersebut. Data ini sangatlah penting dan tidak boleh rancu, harus dengan kepastian. Oleh karena itu perlu dilakukan kesepakatan terlebih dahulu.

9# Susunan Acara Proposal

Mendeskripsikan susunan dari acara kegiatan yang akan dibuat mulai dari awal pembukaan acara hingga selesai.

10# Susunan Panitia Proposal

Mendesripsikan Susunan kepanitiaan yang sudah ditentukan sebelum dibentuknya proposal. oleh karena itu susunan kepanitiaan ini harus ditentukan sebelum rencana pembentukan proposal agar nantinya tidak kebingungan.

11# Rencana Anggaran Proposal

Mendeskripsikan rincian masukan, pengeluaran, dan keperluan-keperluan dana yang masih dibutuhkan untuk acara kegiatan.

12# Penutup Proposal

Bagian penutup isi dengan kalimat menyatakan harapan agar nantinya semua pihak bisa ikut berpatisipasi untuk terlaksananya kegiatan proposal yang direncanakan ini. Di tanda tangani oleh ketua panitia dan mengetahui penanggung jawab kegiatan acara proposal.

Cara Membuat Proposal

cara membuat proposal kegiatan
cara membuat proposal kegiatan legalecruit.com

Setelah mengetahui tahap-tahapan susunan format untuk membuat proposal, kita akan mulai membahas mengenai bagaimana cara membuat sebuah proposal yang baik dan benar.

Proposal sendiri memiliki banyak macam dan jenisnya, baik itu proposal kegiatan, proposal penelitian, proposal usaha, proposal kewirausahaan, proposal untuk pengajuan dana, contoh proposal sponsorship, proposal bisnis, dan masih banyak lagi. Nah disini saya akan berikat beberapa contoh proposal yang bisa kamu jadikan referensi untuk dapat membuat proposal dengan benar.

Baca Juga: Contoh Proposal Usaha & Bisnis

Contoh Proposal Sponsorship

Latar Belakang

Balikpapan merupakan kota yang menjadi sebuah pintu gerbang provinsi Kalimantan Timur. Kondisi kota Balikpapan yang pluralis dengan kemudahan akses ini memicu faktor destruktif (faktor perusak) di kalangan pemuda dan pemudi kota Balikpapan.

Elemen destruktif bagi generasi muda yang rentan terjadi di Kota Balikpapan antara lain seperti narkoba, pergaulan bebas, dan pun tawuran antar kategori telah mulai timbul di kota Balikpapan.

Sebagai bentuk apresiasi dan kepedulian SMA Negeri 2 Balikpapan kepada generasi muda di Kalimantan Timur, kami OSIS SMA Negeri 2 Balikpapan bermaksud untuk mengadakan sebuah kegiatan positif dalam bentuk kompetisi di bidang olahraga maupun seni yang mencakup wilayah Kalimantan Timur.

III.Maksud dan Tujuan

Mencegah generasimuda dari kehancuran, penurunan budi pekerti danetika.
Mewujudkan gelanggang kreatifitas generasi muda dalam bidang seni dan olahraga di Kalimantan Timur.
Menjalin Silaturahmi antar pelajar di Kalimantan Timur
Menunjang program pemerintah dalam aspek Healthy.
Salah satu alter natif sarana hiburan yang berkualitas.
Mewujudkan program kerja OSIS SMA Negeri 2 Balikpapan.

IV. Waktu dan Daerah Cara

Pertandingan Basket

tanggal : 15 – 21 Desember 2014
daerah : Lapangan SMA Negeri 2 Balikpapan
waktu : 08.00 – 17.30 WITA

Pertandingan Modern Dance

tanggal : 18 Desember 2014
daerah : Lapangan SMA Negeri 2 Balikpapan
waktu : 14.00 – 17.30 WITA

Modern dance merupakan salah satu dari banyaknya kreatifitas yang terlahir dari sentuhan manis generasi muda kini ini. Perkembangan modern dance dikalngan remaja pada saat ini telah berkembang dengan kencang.

Akan namun perkembangannya perlu sebuah wadah yang bertujuan untuk mengapresiasikan kreatifitas mereka dengan bebas sehingga bakat yang mereka miliki bisa tersalurkan dan akan menjadi sebuah prestasi yang membanggakan.

Oleh sebab itu, kami bermaksud untuk mengadakan perlombaan modern dance.

Pertandingan Ketangkasan Baris-Berbaris

Tanggal : 17 Desember 2014
Daerah : Lapangan SMA Negeri 2 Balikpapan
Waktu : 08.00 – 17.30 WITA

Paskibra di sekolah-sekolah merupakan salah satu opsi strategis dalam pembinaan dan pembangunan karakter siswa/i terutamanya untuk pelajar.

Paskibra di sekolah-sekolah sifatnya insidentil yang memberikan suatu bentuk pengembangan karakter ke arah yang positif. Melainkan pada saat ini belum terjadi keselarasan antara paskibra sekolah-sekolah di Balikpapan.

Oleh sebab itu, kami mengadakan perlombaan LKBB sebagai wadah untuk mereka berbagi pengalaman dan pastinya bersaing untuk menerima sebuah prestasi.

Pertandingan MADING

tanggal : 16 Desember 2014
daerah : SMA Negeri 2 Balikpapan
waktu : 14.00 – 17.30 WITA

Perkembangan dunia saat ini benar-benar memberikan perubahan besar pada pelajar saat ini. Kesudahannya banyak yang cenderung bersikap praktis tanpa memperdulikan hasil yang optimal dan terperosoknya kreatifitas.

Supaya perkembangan teknologi bisa berjalan berimbang, saatnya pelajar menampakkan bakat yang telah menjadi kultur di Negara kita yang mulai surut, seperti cerpen, artikel, seni lukis dan seni lainnya yang semua terdapat dalam sebuah MADING .

Oleh sebab itu, kami bermaksud untuk mengadakan perlombaan MADING.

VII. Susunan Panitia “SMADA Competition 2014″

Penanggung jawab : Drs. Eddy Effendi
Penasehat : Paimin, S.Pd
Ketua Pelaksana : Muh. LutfiAji Arya Putra
Wakil Ketua I : Enggar Dwika Rucita Rajawali
Wakil Ketua II : Agus Wijaya
Sekretaris I : Risna Rachmawati
Sekretaris II : Shofaa Faadhila
Petugas I : Anisa Hudi Widaningrum
Petugas II : RennyAyuk S.

Seksi Acara

Pembina : Dra. Sri Susanti
Koordinator : Ade Nurlian
Anggota : Nur Amalia
Mufli Rafiandi
Cut Fildza
Shafira Nurlita
Intan Putri Syawalinda
Citra Deviana

Seksi Dekorasi

Pembina : Vidi Humaniora, S.T
Koordinator : Rinto Saputra Muslim
Anggota : Khansa Salsabila
Nisa Nur Velia
Fadel Achmad K.
Siti Hadijah

Seksi Humas

Pembina : Endang Wahyuni, S.Pd
Koordinator : Putri Mika
Anggota : Kristover Alexander
Novia Rizky
Annastasya Monica
Priasti Nuradini

Seksi Konsumsi

Pembina : Melani Rizkillah, S.Pd
Koordinator : Nur Hikmah
Anggota : Ira Ragelia
Andi Putri Amni
Denny Maulida
Agustin Tri Nastiti

Seksi Kelengkapan & Keamanan

Pembina : Rojikan, S.Pd
Koordinator : Muiz T
Anggota : Khalil Gibran Lubis
Yusril Faidzin
Gusti Cadar Buana

Seksi Dokumentasi

Koordinator : Sindy Sri Widyawati
Anggota : Maulidan Reza
Aldi Satrio
Gerhana Ferina

Seksi Pertandingan

Pembina : Fx. Sumarno, S.Pd
Koor Pertandingan Basket : Yusril
Koor Pertandingan MD : Mufli Rafiandi
Koor LKBB : Andi Putri Amni
Koor Pertandingan MADING : Cut Fildza

IX. Kompensasi Sponsor

NB: Pajak pemasangan spanduk dan umbul-umbul ditanggung sponsor. Untuk bentuk sponsorship diluar dari paket diatas bisa menghubungi contact person kami.

Profit Pihak Sponsor

Membentuk image positif sponsor di masyarakat sebagai organisasi yang peduli kepada generasi muda di Kalimantan Timur.
Meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai eksistensi organisasi sponsor.

Membentuk branding/jasa pihak sponsor yang kuat di kalangan masyarakat luas terutamanya pada kalangan pelajar (SMA/SMK/MA/SMP) dikarenakan acara ini diadakan di SMA Negeri 2 Balikpapan.

Membangun kekerabatan baik antara organisasi sponsor dengan organisasi siwa/i yang terlibat serta dengan masing-masing individu kepanitian, peserta, dan perusahaan lain yang menyokong acara kami.

Contoh Proposal Kegiatan Sekolah

Proposal yakni agenda kegiatan yang dituliskan dalam wujud rancangan kerja yang akan dilakukan. Rencana hal yang demikian wajib dituliskan agar pihak yang berkepentingan bisa memahami dengan baik. Pihak yang berkepentingan tersebut, antara lain pemberi izin dan penyumbang dana, seperti kepala sekolah, orang tua, sponsor, polisi, lurah, atau kepala desa..

Teladan Proposal yang paling sering kali dijadikan yang tak saja cuma dikalangan organisasi tetapi di lingkungan sekolah dan kampus, proposal aktivitas betul-betul sering kali diterapkan yang tujuannya tentu saja untuk mendukung suksesnys aktivitas-aktivitas yang di adakan terpenting dalam hal pendanaan.

Selain model proposal aktivitas, masih banyak lagi contoh-model proposal sesuai dengan kegiatan atau rancangan apa yang akan anda buat semisal teladan proposal penelitian, contoh proposal usaha dan masih banyak teladan-model proposal lainnya tapi pada dasarnya dari masing-masing proposal tersebut fungsinya adalah sama cuma saja ada sebagian perbedaan sistematika dalam penulisan..

Proposal memiliki definisi simpel merupakan rancangan tertulis format pengajuan atau permohonan, penawaran bagus berupa ide, gagasan ataupun agenda kepada pihak lain untuk menerima dukungan ijin, dana dan lain sebagainya. Bagaima sistem membuat proposal kegiatan yang benar? simak berikut perihal sistematika pembuatan proposal aktivitas sekaligus figur proposal aktivitas panggung seni dan tradisi dan anda juga dapat memandang beberapa contoh cover untuk proposal yang anda buat di kumpulan figur cover proposal

Baca Juga: Contoh Proposal Ramadhan terbaru

CONTOH CARA MEMBUAT PROPOSAL

Proposal Aktivitas Festival Pentas Seni Dan Budaya

I. LATAR BELAKANG

Seiring perkembangan waktu dan pesatnya perkembangan teknologi dan info serta kurangnya minat dan perhatian para pemuda terhadap seni dan kebiasaan orisinil milik Indonesia yang harus kita lestarikan kini tenggelam di tengah-tengah seperti itu kuatnya arus tradisi asing yang masuk sampai ke pelosok-pelosok desa.

Hanya sedikit saja ada seorang remaja ataupun pemuda kita yang bisa membawakan tarian tradisional dan sesuatu yang aneh jikalau kita menemukan seseorang yang mengenakan batik dalam kesehariannya. Pergeseran adat dan kultur tampaknya sudah merubah wajah si kecil-si kecil negeri yang lebih memilih adat istiadat asing untuk mereka banggakan.

Masuknya adat istiadat barat yang mendapatkan respons positif dari kalangan remaja tanpa adanya filter dan penyeimbang dari adat istiadat lokal mengakibatkan para remaja, pemuda dan beberapa besar masyarakat mengalami kerancuan dalam memahami dan membedakan antara kultur orisinil milik Indonesia dengan kultur asing.

Melihat keadaan dan fakta di atas pantas kiranya kita memberikan perhatian lebih terhadap situasi sulit hal yang demikian dan inilah yang menjadi latarbelakang kami sebagai organisasi Mahasiswa \”Indonesia Kelompok Komunitas\” (INSOSKOM) akan menyelenggarakan kegiatan Festival lintas kampus dan Panggung Seni Istiadat.

Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945, Indonesia Sosial Sosial selaku organisasi kepemudaan dan mahasiswa ingin mengadakan acara Festival lintas kampus dan panggung seni kebiasaan yang bertujuan untuk.

A. Untuk memperingati dan memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Tempat Ke 69.
B. Untuk melestarikan dan menumbuhkan ketertarikan terhadap seni dan kebiasaan absah Indonesia.
C. Untuk membangun kebersamaan dan membangun kreativitas para pemuda.

III. KEGIATAN

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

Pentas seni dan tradisi ini akan kami laksanakan pada

Hari :
Tanggal :
Waktu : 10.00 s/d selesai
: Gedung Universitas BINA KARYA

SUSUNAN ACARA

Terlampir

SUSUNAN PANITIA

Terlampir
IV. ANGGARAN

V. PENUTUP

proposal ini kami buat. Kami menginginkan dukungan dan partisipasi Bapak/Ibu. Semoga acara ini bisa terlaksana sebagaimana yang kita harapkan..

Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

CONTOH PROPOSAL USAHA MAKANAN

proposal usaha makanan

Proposal kewirausahaan adalah salah satu dari jenis proposal yang sudah mempunyai fungsi hanya untuk menginformasikan pada suatu usaha kepada pihak yang sudah terkait.

Proposal kewirausahaan ini merupakan yang sangat sering kali di lakukan untuk mengajukan dengan bantuan dana yang bisa dibilang dengan kata proposal pengajuan bantuan dana baik dari perorangan atau pun dari salah satu syarat pengajuan bantuan hibah atau pinjaman lunak dari instansi swasta bahkan bisa juga dari pemerintah.

Dengan melihat ini sangat pentingnya sekali dengan proposal kewirausahaan ini bisa menjadikan proposal usaha menjadi hal yang sangat banyak dicari khususnya oleh para netizen.

Nah di dalam bahasan kali ini, kami di sini akan memberikan salah satu contoh proposal usaha makanan yang sangat berpotensi untuk coba  nah ada beberapa contoh proposal usaha makanan yang bisa menjadi untuk Anda di referensikan.

 

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Pada zaman saat ini banyak sekali tipe makanan yang beredar di pasar baik di dalam atau dari kemasan yang bisa di sajikan dengan secara langsung, akan tetapi banyak sekali dari kebanyakan masyarakat pasti pilih makanan di dalam bentuk kemasan lainnya.
Nah salah satu kalau lebih efektif, di samping itu juga masyarakat cenderung lebih pilih makanan yang enak, renyah, gurih, bernutrisi dan pastinya murah dan menyehatkan.
Oleh karena itu, dengan sekelompok kita berinisiatif untuk lakukan inovasi terhadap jamur bersama menyebabkan Makanan yang memiliki berbagai jenis pilihan rasa tentunya. Antara lain : rasa balado, pedas, original, dan rasa jagung.
Nah dalam pembuatan makanan ini semuanya di bikin bersama bahan yang halal dan safe di konsumsi. Kecuali bagi customer yang mempunyai penyakit tertentu seperti alergi terhadap jamur. Selain itu juga makanan ini sudah di periksa melalui tahapan pengecekan atau pengecekan yang sudah banyak dan di jamin untuk di konsumsi.

1.2 Tujuan dan Manfaat

Tujuan kelompok dari kami untuk melakukan dalam usaha menjual makanan ini adalah :
1.    Menyarankan bahwa dalam mengerjakan usaha makanan harus bisa menciptakan suatu produk yang baru.
2.    Bisa meningkatkan suatu cara hanya untuk kerja yang cukup tinggi.
3.    Akan menerapkan dengan kebersamaan dan saling berpendapat dalam menentukan kesepakatan.
4.    Bisa mengembangkan dalam jiwa kewirausahaan
5.    Semua harus memenuhi dari salah satu tugas mata pelajaran produktif
Manfaat makanan yang kami jual antara lain :
1.    Mempunyai kandungan gizi yang cukup tinggi
2.    Mempunyai khasiat dalam mengobati
3.    Mencegah penyebaran sel kanker, penyakit diabetes, dan radang hati yang menular

BAB II

ISI

usaha mahkanan

2.1 Visi dan Misi

Nah salah satu dari usaha pasti mempunyai visi dan misi untuk hanya untuk memajukan usaha tersebut, tentu ini pasti menjadi seorang pengusaha itu ingin usaha nya berjalan dengan lancar dan baik tanpa ada halangan yang lainnya,
jadi pasti sebuah perusahaan akan maju bila visi dan misi itu dikerjakan secara baik tanpa ada kesalahan sedikit pun, visi di sini berarti cita – cita atau tujuan untuk kedepan yang lebih baik, dan hanya di capai pada masa depan untuk menjamin kesuksesan jangka panjang. Bahkan untuk misi ini akan berarti suatu tindakan hanya untuk mewujudkan suatu visi tersebut.

2.2 Tujuan Kegiatan Usaha Makanan

Tujuan dari pemilihan usaha makanan ini adalah:

a. Bisa memperoleh keuntungan

b. Bisa meningkatkan dengan minat konsumen pada tahap makanan tradisional

c. Hanya untuk membuka lapangan kerja baru

d. Bisa untuk mempertahankan dengan makanan tradisional agar tidak punah dimakan zaman.

2.3 Maksud kegiatan usaha makanan tradisional

Dengan dibuatnya bisnis makanan tradisional ini berniat agar pengetahuan perihal kuliner yang sudah didapat dapat disalurkan.

Dengan pengetahuan yang telah dimiliki dapat berinovasi untuk membawa dampak makanan tradisional dengan mempunyai nilai lebih dan dapat berkompetisi bersama makanan modern. Dengan membawa dampak inovasi kue yang berbahan dasar ubi. Kami akan membawa dampak “UBIKO” bola ubi cokelat dari hasil inovasi kue ubi.

2.4 Strategi Pemasaran

1,2 Segmen Pasar

Segmen pemasaran adalah salah satu pada pembeli yang bisa dijadikan sebagai target yang akan kita capai, produk yang kita buat adalah produk yang dapat dinikmati berbagi kalangan yang ada di masyarakat. Karena salah satu dari produk makanan ini juga bisa dinikmati oleh anak-anak sampai orang dewasa.

2.2 Target Pasar

Target yang kita sasar adalah warung-warung, sekolahan-sekolahan, dan kampus-kampus di sekitar.

2.3 Positioning

Supaya produk makanan yang kita buat dikenal oleh orang banyak, kami mempunyai dari inovasi dan bisa unuk menambahkan dengan beberapa rasa seperti kacang, cokelat, dan seres yang bisa meningkatkan rasa lebih enak dibandigkan dengan produk sejenis lainnya. Dan konsumen pun akan mudah untuk mengenali produk kita.

Ya, ini saja yang bisa kami sampaikan tentang contoh proposal usaha makanan, semoga apa yang bisa kami sampaikan di sini bisa bermanfaat untuk kita semuanya.

Contoh Proposal Penelitian Ilmiah

Hal terpenting dalam menyusun proposal penelitian ialah menentukan judul dan topik penelitian. karena judul dan tema penelitian sendiri dapat dibilang separuh bagian dari penelitian. Penetapan tema dan judul juga bukanlah hal yang mudah karena ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan diantaranya ialah; harus menarik, tidak plagiat, dan bersifat baru yang sekiranya diperlukan di masyarakat.

Ada dua jenis penelitian, diantaranya ialah penelitian pustaka (studi literatur) dan penelitian lapangan. Penelitian kepustkaan ialah penelitian yang bersumber pada data literatur yang ada pada buku-buku, jurnal-jurnal atau artikel-artikel ilmiah. Sedangkan, penelitian lapangan ialah penelitian yang pengumpulan datanya berdasarkan data di lapangan (field research).

Secara umum, sistematika dalam menyusun proposal penelitian yang sering digunakan adalah sebagai berikut, yaitu.

Sistematika Contoh Proposal Penelitian Ilmiah

A. Latar Belakang Masalah

Isi dari Latar belakang ialah pemaparan perihal yang melatarbelakangi permasalahan yang akan diteliti. Pada bagian ini dipaparkan beberapa poin, diantaranya ialah.

Mengapa penelitian dilakukan?
Pada bagian ini haruslah ada alasan kenapa penelitian dilakukan, selain itu juga diberikan solusi terhadap permasalahan yang nantinya akan diteliti.

Bagaimana cara penelitiannya?
Pada bagian ini Berisi penjelasan cara atau metode yang nantinya digunakan dalam penelitian.

Apa tujuan penelitian?
Pada bagian ini Berisi tentang manfaat dari contoh proposal penelitian ilmiah yang dihasilkan nanti, baik secara praktis maupun akademis.

B. Identifikasi Masalah

Pada bagian ini berisi tentang permasalahan yang diteliti. Bisa dalam bentuk pertanyaan ataupun yang lain serta urutannya sesuai dengan intensitas pengaruhnya pada penelitian.

C. Maksud dan Tujuan Penelitian

Pada bagian ini dipaparakan maksud dan tujuan penelitian secara mendalam, baik itu perihal yang ingin dicapai ataupun sasaran-sasaran yang dituju. Maksud dan tujuan penelitian ini saling berkaitan dengan bagian identifikasi masalah. Artinya, antara permasalahan dan sikap yang akan diambil pada penelitian ini saling berkaitan.

D. Kegunaan Penelitian

Kegunaan penelitian disini lebih bersifat keluar, beda halnya dengan maksud dan tujuan. Penejelasan pada bagian ini berisi tentang hal-hal yang nantinya akan disumbangkan dari hasil penelitian, baik itu secara teoritis ataupun praktis.

E. Kerangka Teori

Pada bagian ini berisi tentang kerangka teori yang nantinya dipakai pada penelitian. Dijelasakan juga Alur pemikiran penelitian harus sesuai dengan kerangka teori yang logis. Oleh karena itu, masukkan identifikasi masalah yang sudah ditetapkan ke dalam kerangka teori, tujuannya agar masalah yang diidentifikasi menjadi jelas.

Metode yang umum dipakai pada penelitian ialah kerangka berpikir deduktif, yakni penjabaran hal-hal yang bersifat umum, kemudian mengerucut ke hal-hal yang khusus. Umumnya, sebelum menjelaskan kerangka teori perlu dijelasakan juga istilah-istilah kunci pada masalah penelitian (tahap konsepsi).

Sebagai fakta, pada sebuah permasalah yang akan diteliti harus ada konsep-konsep baik sebagai determinant (faktor) ataupun sebagai hasil dan adanya variasi sifat/besaran tertentu yang dikenal dengan istilah variabel.

Setelah itu dibuat judgement, yakni penyusunan ketentuan-ketentuan berupa teori atau kaidah-kaidah yang nantinya dipakai sebagai deduksi dalam menjawab masalah yang diteliti. Ketentuan-ketentuan ini bisa didapatkan melalui kajian kepustakaan. Terakhir buat reasoning atau pertimbangan (argumentasi) terkait dengan permasalah dari premis minor di dalam premis mayornya.

F. Tinjauan Pustaka

Pada bagian ini berisi tentang penjelasan hasil-hasil penelitian serupa yang pernah dilakukan oleh orang lain lain sebagai bahan informasi penelitian bahwa penelitian kita ini sudah belum ada. Selain itu juga, tinjauan pustaka juga memiliki fungsi sebagai penentu langkah-langkah penelitian berikutnya.

G. Metode Penelitian

Pada bagian ini berisi penjelasan cara/metode yang nantinya akan dipakai dalam penelitian. Selain itu juga pada metode penelitian ini haruslah memuat, deskripsi tentang bentuk penelitian, objek & lingkup studi, sumber data, data yang diperlukan, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, ataupun jadwal penelitian.

H. Sistematika Penulisan

Pada bagian Sistematika penulisan ini, berisi tentang rencana susunan atau sistematika penulisan yang ada dalam penelitian. Penyusunannya berurutan dari bab pertama hingga bab akhir (kesimpulan). Dengan kata lain, bagian sistematika penulisan ini berisi ringkasan outline dari proposal penelitian yang nanti akan diajukan ke dosen pembimbing ataupun lembaga akademis kampus.

I. Daftar Pustaka

Pada bagian Daftar pustaka ini berisi tentang sumber-sumber pustaka yang menjadi rujukan ataupun yang dipakai dalam penyusunan proposal penelitian.

Itulah tadi sistematika proposal penelitian yang bisa jadikan patokan ataupun contoh proposal penelitian Ilmiah . Semoga dapat membantu sobat-sobat semua dalam menyusun proposal penelitian, Terimkasih.

Contoh Proposal Kegiatan Sekolah

contoh proposal kegiatan sekolah

Ketika melakukan kegiatan dalam organisasi harus menyertakan yang namanya sebuah proposal. Proposal adalah surat usulan dari kegiatan yang berisi rencana suatu kegiatan dan juga biaya-biaya dalam keterangan kegiatan atau rancangan kerja yang telah tersusun rapih.

Sistematika Penulisan Proposal

1. Judul Proposal

Judul pada proposal wajib mencerminkan makna dari proposal tersebut, contohnya saja “PROPOSAL MALAM PUNCAK KESENIAN SMA 1 SURAKARTA”. Oleh karena itu, isi juga wajib sama dengan judul.

2. Latar Belakang

Isi dari suatu latar belakang dalam proposal adalah isi awal atau juga alasan yang mendasar dari kegiatan yang harus dilakukan.

3. Tujuan

Tujuan adalah suatu hasil dari apa yang telah diharapkan sebelumnya dari suatu kegiatan yang akan dilaksanakan.

4. Kegiatan

Kegiatan merincikan beberapa hal pokok dan juga jadwal kegiatannya secara berurut, serta mudah dipahami.

5. Anggaran

Anggaran suatu proposal adalah yang terpenting dari kegiatan tersebut. Oleh sebab itu, dalam merincikan suatu kegiatan wajib ditetapkan dan sejelas mungkin.

Contoh Proposal Kegiatan Sekolah

1. Proposal Kegiatan

Judul : PROPOSAL PUNCAK KESENIAN BUDAYA SMA 1 SURAKARTA

I. PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Kesenian adalah wadah kreatifitas yang wajib selalu berkembang, apalagi kesenian tradisional dari Indonesia yang harus terus dilestarikan. Pentas Seni atau juga yang lebih dikenal dengan PENSI, adalah salah satu dari kegiatan berkembangnya kreatifitas melewati seni.

OSIS SMA 1 Surakarta akan menyembahkan sajian dalam bentuk aktifitas PENSI atau pentas seni, yaitu suatu pertunjukan drama yang dilaksanakan oleh siswa siswi dari setiap kelas. Kegiatan PENSI ini adalah suatu wujud apresiasi dari siswa dalam bidang seni teater atau seni drama yang pada saat ini terus mengalami penurunan.

B. Tujuan Kegiatan

Tujuan dari kegiatan PENSI atau pentas seni ini adalah :

1. Memperat tali Silaturahmi diantara siswa siswi SMA 1 SURAKARTA.
2. Menumbuhkan semangat dalam mencapai mimpi
3. Menambah kreatifitas terutama dalam bidang seni.
4. Sebagai bentuk hiburan untuk masyarakat lingkungan sekolah.

II. ISI PROPOSAL

A. Tema

Tema yang sudah diusung dari kegiatan seni ini adalah Panggung aktor. Dimana para siswa siswi akan merasakan bagaimana menjadi seorang lakon atau aktor dalam sebuah pertunjukan drama.

B. Macam-macam Kegiatan

Adapun kegiatan yang siswa siswi laksanakan, seperti:

1. Pentas Drama
2. Tarian Tradisional
3. Modern Dance
4. Parade Band
5. Menyanyi Solo

C. Peserta

Peserta yang terlibat ketika acara PENSI atau pentas seni ini adalah para siswa dan siswi SMA 1 Surakarta.

D. Peralatan yang diperlukan

1. Panggung
2. Microfon
3. pengeras suara atau speaker
4. Kostum
5. Atribut
6. Spanduk

E. Waktu dan Tempat

Adapun susunan waktu dan tempat dilaksanakannya Kegiatan Seni ini:

1. Pentas Drama :

Tanggal: Ahad, 4 Juni 2017
Waktu: Pukul 08.00 WIB – 11.00 WIB
Tempat: GOR SMA 1 SURAKARTA

2. Tarian Tradisional:

Tanggal: Ahad, 4 Juni 2017
Waktu: Pukul 11.00 WIB – 12.00 WIB
Tempat: GOR SMA 1 SURAKARTA

3. Modern Dance:

Tanggal: Ahad, 4 Juni 2017
Waktu: Pukul 13.00 WIB – 14.00 WIB
Tempat: GOR SMA 1 SURAKARTA

4. Parade Band:

Tanggal: Ahad, 4 Juni 2017
Waktu: Pukul 14.00 WIB “ 15.30 WIB
Tempat: GOR SMA 1 SURAKARTA

5. Menyanyi Solo:

Tanggal: Ahad, 4 Juni 2017
Waktu: Pukul 16.00 WIB – 17.00 WIB
Tempat: GOR SMA 1 SURAKARTA

III. SUSUNAN ACARA

1. 07.00-07.30: Pembukaan PENSI. Koordinator: Ahmad
3. 07.30-08.00: Sambutan oleh Ketua Panitia, Ketua OSIS, dan Kepala Sekolah Pensi. Koordinator: Ahmad
4. 08.15-17.00: Acara Kegiatan Pentas Tarian Tradisional, Drama, Band, Dance, Menyanyi. Koordinator: Agus
5. 17.00-17.30: Penutup. Koordinator: Ahmad

IV. SUSUNAN KEPANITIAN

Pelindung: Jamaludin M.pd (Kepala Sekolah)
Pengarah: Fajar Muhsy S.pd
Penanggung Jawab: Siswanto (Ketua OSIS)
Ketua Panitia: Reza Adi
Sekretaris: Muhotib
Bendahara: Afifudin
Seksi acara: Burhanuddin
Seksi Dana Usaha: Rizki Maulida
Seksi Humas: Malik
Seksi Keamanan: Akmal Baktiar
Seksi Dokumentasi: Teguh Edi
Seksi peralatan: Doni Iskandar

V. ANGGARAN DANA

Dalam kegiatan pentas seni SMA 1 Surakarta, dibawah ini sudah ada nominal anggaran dana yang akan dikeluarkan untuk susksesnya acara kesenian ini. Yaitu:

1. Dana kas dari sekolah: Rp. 1000.000,-
2. Dana partisipasi dari siswa: Rp. 1.500.000-
3. Dana sponsor 5: Rp.5.000.000-
4. Dana Sponsor Pocari Sweet: Rp.5.000.000-
5. Dana pastisipasi dari guru: Rp. 1000.000-

Total: Rp, 13.500.000-

Biaya pengeluaran:

1. Sewa Kostum: Rp2.000.000,-
2. Penyewaan Panggung: Rp4.000.000,-
3. Penyewaan Alat Musik: Rp3.000.000,-
4. Biaya Penataan Panggung: Rp1.500.000,-
5. Konsumsi: Rp1500.000,-
6. Spanduk: Rp500.000,-
7. Lain-lain: Rp500.000,-

Total: Rp. 13.000.000,-

VI. PENUTUP

Dengan demikian ini, proposal telah kami buat dengan sebenar-benarnya. Semoga kegiatan kesenian ini bisa terwujud sebagaimana apa yang telah diharapkan.

Atas perhatian dan juga kerjasamanya, kami mengucapkan terima kasih.

PROPOSAL PUNCAK KESENIAN BUDAYA SMA 1 SURAKARTA

Disahkan di :

Surakarta, 1 Juni 2017

Mengetahui,

Ketua Panitia

Reza Adi

Ketua OSIS

Siswanto

Kepala Sekolah

Jamaludin M.pd

Demikianlah beberapa deskripsi dan penjelasan mengenai pengertian proposal, susunan format proposal yang baik dan benar, contoh proposal kegiatan, proposal usaha, proposal penelitian, proposal kewirausahaan, proposal bantuan dana, semoga bermanfaat dan bisa dijadikan bahan referensi untuk membuat proposalnya.

Satu pemikiran pada “Contoh Proposal Kegiatan, Penelitian, Usaha Lengkap dengan Cara Membuatnya [+Doc]

Tinggalkan komentar