Pengalaman Masa Kecil Part 4 – Pantai Carocok

Pantai Caracok – Halo sahabat sekalian kali ini saya akan menceritakan pengalaman berlibur ke Pantai Carocok bersama keluarga, terlebih dahulu saya akan mendeskripsikan kepada sahabat sekalian bagaimana dan seperti apa pantai ini.

Pantai Carocok

Pantai Carocok terletak disebelah barat Kota Painan, berjarak kira-kira 2 km dari pasar Painan, pantai ini merupakan pantai yang sangat terkenal di Sumatera Barat maupun di Indonesia. Menurut sebagian orang, pantai Carocok ini tidak kalah dari pantai semenanjung Kra di Malaysia atau pantai Sanur di Bali.

Dalam objek wisata pantai Carocok Painan ini terdapat sebuah pulau batu karang yang tersambung dengan ujung bukit Langkisau, yaitu pulau batu kereta, dulu pulau batu kereta dapat dicapai hanya pada saat air laut surut. Akan tetapi, sejak dibangunnya jembatan oleh pihak Pemerinta Kabupaten Pesisir Selatan. Pulau batu kereta ini dapat dicapai kapan saja karna sudah terintegrasi dengan jembatan.

Pantai Carocok

Juga ada sekitar 200 meter ke barat pantai Carocok terdapat sebuah pulau kecil yang bersejarah. Yaitu pulau Cingkuak, di pulai ini dapat kita jumpai bekas-bekas reruntuhan benteng Portugis, sejarah mengatakan Portugis pertama kali menjejakkan kakinya di pesisir Pulau Sumatera adalah di pulau Cingkuak ini.

Pulau Cingkuak di Pantai Carocok

Di samping benteng Portugis juga ada sebuah makam orang Portugis namanya Madame Van Der Kampen yang ditandai dengan prasasti. Pulau kecil yang berpasir putih dan berair jernih ini sangat ramai dikunjungu orang untuk berwisata terutama pada saat hari libur.

Untuk bisa sampai ke pulau ini tidak susah, sahabat cukup berdiri di ujung jembatan wisata pantai Carocok Painan yang berada dihadapan pulau Cingkuak. Beberapa tukang perahu bermesin akan menghampiri anda, menawarkan jasa untuk mengantar anda ke pulau Cingkuak.

Baiklah sekian deskirpsi singkatnya.. (ya.. singkat…) kembali ke pengalaman saya di Carocok painan,  bisa di bilang saya sudah 3 kali ke pantai Carocok Painan, 2 kali bersama keluarga dan sekali bersama teman sekolah. Pada artikel ini saya akan menceritakan pengalaman saya bersama keluarga.

Sekedar pendapat saya, pantai Carocok memiliki banyak keunggulan mulai dari kebersihannya, pasir yang putih juga sedikit sampah yang di temukan karena di rawat dengan baik, dan keunggulan yang paling dimiliki nya adalah airnya  yang sangat jernih, karena begitu jernihnya sahabat bisa melihat ikan-ikan yang berenang kesana-kemari dengan jelas.

Hal pertama yang saya coba di pantai carocok adalah berenang di air lautnya. Ombak di sini tidak terlalu besar airnya juga tidak terlalu dalam jadi semua kalangan umur bisa berenang dengan bebas, tetapi untuk anak kecil tetap harus ada pengawasan dari orang tua.

Disini  juga ada permainan yang seru dan  biaya sewanya yang tidak terlalu mahal, tiap permainan nya dibayar mulai dari harga 10.000-25.000 dengan durasi 1 jam tiap kali main, banyak permainan yang bisa anda mainkan:

1. Banana Boats

Banana boat(pantai Carocok)

Banana Boats merupakan permainan menggunakan boat (kapal kecil bermesin) , banana boat  adalah balon besar berbentuk pisang yang nantinya  akan dihubungkan dengan boat bermesin, banana boats hanya di gunakan sebagai tempat duduk sementara yang menggerakkan dan mengarahkannya adalah sebuah boat yang memiliki mesin.

Maximal penumpang biasanya 8-9 orang dalam 1 banana boat, masing-masing penumpang diberikan baju pelampung untuk jaga-jaga kalo ada yang terjatuh. Banana boats dapat di jeniskan sebagai permainan adrenaline/menantang sebab pada permainan ini, sahabat akan dibawa melaju kencang oleh boat berkecepatan tinggi.

Permainan ini memang di peruntukkan bagi yang ingin basah-basahan jadi, bagi anda yang ingin menaiki boat tetapi hanya untuk menikmati pemandangan disarankan tidak menaikinya karena, yang anda rasakan pada pada permainan ini bukan kenikmatan melihat suatu pemandangan melainkan ketegangan bercampur rasa seru.

Saat itu saya sempat mencoba nya sekali tetapi karena saat itu masih kecil, bukan rasa seru yang saya rasakan melainkan rasa takut dan menegangkan. Biarpun sudah di berikan pengaman dan pelampung untuk berjaga semua itu seolah-olah tak berpengaruh karena boatnya melaju begitu cepat sehingga pengaman tersebut seperti akan lepas.

2. Ufo

Pantai Caroco(ufo boat)

Ufo juga mirip permainan banana boats cuma, ia berbentuk bundar. Kalau dibandingkan tingkat keamanannya Boat ufo ini jauh lebih aman karena tubuh kita lebih terlindungi, beda nya lagi jika banana boat maximal 8-9 orang boat ufo ini maximal 4 orang dalam satu boatnya karena ukurannya yang lebih kecil.

Kalo urusan menantang nya boat ufo ini nggak kalah seru dengan banana boat, karena ukurannya yang lebih kecil dan kapasitas penumpang yang lebih sedikit kecepatan yang dihasilkan jauh lebih cepat dari banana boat jadi bisa dibilang kalo urusan  perbandingan menantang nya dengan banana boat beda jauh.

tapi itu tergantung sahabat sendiri, dua boat ini memang memiliki keunggulannya masing-masing sahabat bisa coba langsung aja deh… dan bandingkan mana yang lebih seru menurut sahabat sekalian.

Menurut saya pribadi sih banana boat jauh lebih menantang dan menegangkan soalnya pengaman cuma di bagian kaki dan pegangan pada badan boat tersebut sehigga kalo gk erat-erat megang nya bisa jatoh sementara boat ufo begitu aman bahkan masih memungkinkan baju anda tidak terkena basah biarpun dari segi kecepatannya boat ufo lebih unggul.

3. Snorkling

Pantai Carocok Snorkling

Pantai Carocok juga tempat  yang bagus buat snorkling sahabat sekalian, selain airnya yang jernih keanekaragaman bawah laut nya juga bagus dan memanjakan mata, sahabat bisa menemukan permainan ini di arah barat pantai carocok di sana terdapat pulau kecil sesuai yang saya jelaskan di awal tadi.

Ya.. yaitu di pulau Cingkuak untuk bisa sampai ke pulau ini tidak susah, sahabat cukup berdiri di ujung jembatan wisata pantai Carocok Painan yang berada dihadapan pulau Cingkuak, beberapa tukang perahu bermesin akan menghampiri anda, menawarkan jasa untuk mengantar anda ke pulau tersebut.

Di sekitar Pulau cingkuak ini merupakan tempat yang bagus untuk melakukan snorkling,terumbu karang, anemo laut, ikan-ikan, bintang laut, dan lainnya. Saya sih sebenarnya belum sempat kesini karena saat itu saya masih kecil jadi, belum diperbolehkan.

4.Flying Fox

Carocok Flying fox

Ini dia Permainan favorite saya permainan ini adalah permainan yang paling menegangkan, ekstreme, menantang, dan membuat tagih. awalnya mungkin ketika sahabat ingin memainkannya sahabat akan mikir dua kali dulu untuk memainkannya, sebenarnya sih tergantung adrenaline nya.

Flying fox di pantai carocok ini lumayan menegangkan soalnya, jalurnya menghubungkan dua pulau kecil yang jarak nya cukup jauh. Untuk memainkannya sahabat bisa terlebih dahulu menuju ujung jembatan dari pulau carocok untuk menaiki perahu ke pulau seberang setelah sampai pergi ke puncak pulau tersebut di sana anda bisa memulai permainannya dengan membayar 10.000 rupiah.

Di awal waktu anda mencobanya mungkin sempat dag-dig-dug dan jantung terasa mau copot karena start nya di mulai pada puncak bukit pulau seberang. Jarak nya yang tinggi membuat gamang, tetapi tiba di pertengahan anda akan merasakan keindahan pantai Carocok yang menggoda dengan angin sepoi-sepoi menerpa tubuh.

Dan masih banyak lagi permainan yang bisa anda temukan di pantai carocok sekian pengalaman masa kecil part 4 😀