Visi Misi Osis SMP, SMK, SMA, Sekolah dan Contohnya 2019

VISI MISI OSIS – Bagi para pelajar setingkat SMP, SMK, SMA siapa sih yang nggak kenal sama yang namanya OSIS, pastinya kalian sudah mengetahui tugas dan aktivitas seperti apa saja yang dilakukan para OSIS.

OSIS sendiri merupakan singkatan dari Organizasi Siswa Intra Sekolah. OSIS mulai diterapkan mulai dari pendidikan tingkat SMP, SMA, dan SMK.

Bagi kalian yang ikut OSIS pastinya merasa lebih pede dan bangga bener ya hayoo.. banyak yang bermimpi ikut serta menjadi salah satu anggota bidang di OSIS baik itu SMP, SMA, dan SMK karena biasanya para anggota OSIS sering di puji-puji karena dianggap keren.

visi dan misi 3

Memang menjadi salah satu anggota osis di SMP, SMA, maupun di SMK sangatlah menyenangkan. Mengapa menyenangkan? Bukannya malah capek? OSIS sangatlah menyenangkan mulai dari berbagai macam kegiatan yang dibentuk dan direncanakan untuk sekolah merupakan tugas dari OSIS.

Terutama di masa SMA menjadi OSIS sangatlah menyenangkan karena selain kita mengatur dan merencanakan berbagai kegiatan untuk sekolah kita juga menjadi banyak belajar mengenai kerjasama, kekompakan, manajemen, dan mengatur rencana sedemikian rupa.

Ditambah lebih banyak teman yang berkumpul dengan kita berbagi pendapat dan memutuskannya bersama.Sebelum menjadi salah satu anggota dari OSIS wajib bagi kita untuk mengetahui atau membentuk visi dan misi dari osis tersebut.

Karena jika kita yang mengatur berbagai macam urusan disekolah pastinya harus ada suatu tujuan yang ingin kita capai untuk keberlangsungan sekolah kita oleh karena itu penting untuk dibentuknya visi dan misi sekolah untuk keberlangsungan sekolah di waktu-waktu yang akan datang.

Contoh Visi Misi Osis SMP

Seperti kita ketahui, OSIS adalah organisasi siswa resmi yang harus dimiliki oleh setiap sekolah menengah dan menengah. Manajemen organisasi-organisasi ini membutuhkan visi dan misi yang jelas. Ini adalah sebuah contoh:

Visi Misi OSIS SMP Suka Mulya

Visi:

Ciptakan suasana sekolah yang mencintai keragaman, mencintai lingkungan, dan baik untuk kehidupan.

Misi:

  1. Memaksimalkan pengembangan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.
  2. Secara teratur mengatur layanan lingkungan di dalam dan sekitar lingkungan sekolah.
  3. Mengoptimalkan peran dan fungsi serikat siswa sebagai penyelenggara berbagai kegiatan siswa.
  4. Atur acara seni dan olahraga tahunan untuk mentolerir perbedaan.
  5. OSIS harus menjadi panutan bagi semua siswa.
  6. Kembangkan dan tingkatkan rencana kerja serikat siswa sebelumnya.

Sekolah Menengah Suka Mulya adalah sekolah milik yayasan dengan siswa dari berbagai latar belakang nasional dan agama. Karena itu, untuk menjaga perdamaian dan persatuan, visi dan misi kami harus mampu menyatukan perbedaan dan memperkuat toleransi timbal balik.

Contoh Visi Misi Osis SMK

Meskipun keduanya berada di atas sekolah menengah pertama, visi dan misi sekolah menengah dan sekolah kejuruan atau sekolah kejuruan berbeda. Ini tidak dapat dipisahkan dari latar belakang lembaga pendidikan, yang mengutamakan keterampilan daripada teori. Untuk mempelajari lebih lanjut, coba contoh berikut:

Visi:

Bantu menciptakan generasi muda yang mandiri, inovasi, kreativitas dan produktivitas untuk meningkatkan negara dan negara.

Misi:

  1. Mengembangkan kesadaran sosial, tanggung jawab, dan saling menghormati di antara penghuni sekolah.
  2. Atur rencana kegiatan untuk mengembangkan keterampilan dan kemandirian.
  3. Atur seminar tentang kreativitas dan kewirausahaan.
  4. Mendukung berbagai kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan sekolah aktif.
  5. Lanjutkan dan kembangkan program kegiatan yang dikembangkan oleh OSIS sebelumnya.

Tugas-tugas di atas dirancang sesuai dengan tujuan sekolah menengah kejuruan, yang bertujuan untuk mempersiapkan kaum muda untuk bekerja dan menjalani kehidupan nyata melalui keterampilan yang telah mereka pelajari di sekolah. OSIS membantu mencapai ini melalui visi dan misinya yang terkait dengan tujuan-tujuan ini.

Contoh Visi Misi Osis SMA

Seperti sekolah menengah pertama, sekolah menengah memiliki organisasi siswa yang serupa. Perbedaannya tidak terlalu besar, tetapi ruang lingkup kegiatan biasanya lebih besar. Landasan pendirian sekolah juga tidak jauh dari jenis sekolah itu sendiri. Perhatikan contoh di bawah ini.

Visi Misi OSIS SMA IT Adul Hakim

Visi:
Menurut ajaran Islam, OSIS dan siswa internasional diwujudkan dalam semangat agama, kecerdasan, kemandirian, dan taqwa menurut ketentuan syariah.

Misi:

  1. Atur kegiatan keagamaan secara teratur di waktu luang Anda.
  2. Mendukung dan mempromosikan semua kegiatan siswa aktif berdasarkan pada iman dan kesalehan.
  3. Kembangkan semangat nasionalisme dengan mengorganisir acara-acara besar.
  4. Mengharumkan nama sekolah di panggung nasional dan internasional.
  5. Kembangkan rencana kegiatan untuk mengasah kreativitas dan membangun kemandirian.
  6. Jadikan OSIS tempat yang ideal untuk mempromosikan perkembangan siswa.

Sekolah Menengah Islam Terpadu Abdul Hakim adalah sekolah swasta yang siswanya diberi prioritas dalam pendidikan agama.

Tanpa melupakan kesadaran nasionalis mereka, sekolah mendidik siswa agar mereka tetap internasional dan terbuka. Oleh karena itu, visi dan misi organisasi siswa konsisten dengan tujuan ini.

Contoh Visi Misi Asrama

Asrama adalah tempat di mana sekelompok atau orang-orang dengan latar belakang dan tujuan yang sama dipersatukan.

Pernahkah Anda melihatnya? Ada asrama daerah, seperti Asrama Mahasiswa Riau di Yogyakarta, tempat ziarah, asrama sekolah asrama Islam, asrama sekolah, dll. Tujuan membangun visi dan misi ini adalah untuk membuat anggotanya hidup lebih baik.

Visi Misi Asrama Mahasiswa Universitas Bandung

Visi:

Satukan semua mahasiswa Universitas Bandung bersama dan nikmati kehidupan yang lebih damai dan budaya.

Misi:

  1. Membangun kerukunan dan menumbuhkan dukungan timbal balik untuk membantu anggota lain dari hotel dan masyarakat sekitar.
  2. Melakukan acara tahunan dengan tema asal budaya dan adaptasi budaya.
  3. Sesuai dengan peraturan Yogyakarta yang berlaku, kembangkan kehidupan mandiri secara tertib.
  4. Terlepas dari perbedaan agama, ras, suku dan budaya, kehidupan yang diciptakan penuh dengan toleransi dan toleransi.
  5. Memperkuat garis keturunan masyarakat Timur dan sekitarnya.

Berdasarkan kondisi kehidupan mahasiswa saat ini di Bandung, visi dan misi telah disesuaikan.
Selain itu, ini digunakan sebagai dasar untuk berbagai kegiatan dan kegiatan sehari-hari di luar kota asalnya. Dengan kedamaian sebagai tujuan utama, hidup akan lebih damai.

Contoh visi Misi Sekolah 2019

Seringkali, sekolah harus memiliki visi dan misi yang jelas. Apakah itu sekolah negeri atau sekolah swasta. Apakah itu sekolah dasar atau tahap lanjut. Di bawah ini adalah beberapa contoh visi dan misi sekolah yang dapat menginspirasi Anda.

Visi Misi Sekolah Bina Harapan

Visi:

seorang siswa berbakat dengan perspektif global, dengan landasan pancasila

Misi:

  1. Tanamkan sikap keagamaan dengan mempraktikkan ajaran agama di sekolah.
  2. Tanamkan nasionalisme dan patriotisme melalui kegiatan belajar dan mengajar.
  3. Berikan konseling rutin kepada siswa dalam hal disiplin dan kemandirian.
  4. Berbagai kegiatan dilakukan antara sekolah dan rekan senegaranya di daerah sekitarnya untuk mempromosikan kemajuan bersama dan mempromosikan kerja sama.
  5. Melakukan kegiatan untuk mendorong kreativitas, meningkatkan produktivitas, dan meningkatkan pengetahuan siswa.

Sekolah Bina Harapan adalah sekolah yang terdiri dari sekolah dasar hingga sekolah menengah di suatu lingkungan. Visi dan misi telah menjadi lebih umum dan dapat mencakup pendidikan dari segala usia.

Visi Misi Organisasi

Setiap organisasi dalam bentuk organisasi harus memiliki visi dan misi tertentu. Tanpa itu, semua kegiatan akan bersifat non-directional dan tidak akan fokus pada pencapaian cita-cita bersama. Berikut ini adalah contoh dari visi dan misi organisasi.

Visi Misi Organisasi Pemuda Anti Napza

Visi:
Bantu membangun Indonesia yang bebas narkoba dan menyelamatkan generasi negara ini dari bahaya narkotika, zat tambahan, dan zat psikotropika.

Misi:

  1. Prioritas tinggi diberikan untuk pencegahan penyalahgunaan obat-obatan narkotika.
  2. Perkuat gerakan dan seruan untuk menjauh dari narkoba.
  3. Atur acara dan seminar yang terkait dengan penyalahgunaan narkoba.
  4. Merangkul dan merekrut sebanyak mungkin anak muda Indonesia untuk melawan narkoba.
  5. Bekerja sama dengan organisasi anti-narkoba lain dan biro narkotika milik pemerintah.
  6. Perluas jaringan organisasi Anda ke sekolah negeri dan swasta.

Apa pun visi dan misi yang digunakan sebagai organisasi anti-narkoba, fokusnya hanya pada penghapusan penyalahgunaan narkoba, zat tambahan dan zat psikotropika.

Sejak saat itu, visi dan misi akan menjadi dasar operasi organisasi. Ini juga berlaku untuk organisasi lain, seperti pecinta alam, organisasi seni, organisa

Alasan Ikut Osis

visi dan misi 4

Berikut beberapa alasan yang bisa kamu gunakan untuk menjawab mengapa kamu memilih menjadi dan mencalonkan diri menjadi anggota OSIS.

1# Belajar untuk ikut berpatisipasi dan ikut serta dalam berorganisasi bersosialisasi.

Ini adalah poin terpenting, jika kita adalah dewa di masa depan dan kita memasuki masyarakat dari organisasi ini, kita akan mendapatkan semua jenis pengalaman dan pengetahuan tentang perencanaan, penjangkauan dan berbagai manajemen urusan.

Tidak ada gunanya jika seseorang cerdas, tampan, atau cantik, tetapi tidak dapat berintegrasi dengan komunitas atau bersosialisasi dengan orang-orang di sekitar mereka.

Manusia adalah makhluk sosial, jadi kita saling membutuhkan. Karena itu, bergabung dengan OSIS sangat bermanfaat bagi kehidupan sosial kita.

2# OSIS Melatih Mental untuk Bicara di Depan Orang

Beberapa dari kita terkadang gagap atau bergetar ketika kita berbicara atau berbicara di depan orang banyak. Sekarang, bagi mereka yang ingin mempraktekkan keterampilan komunikasi di depan banyak orang, persatuan pelajar adalah saran yang bagus.

Karena ketika Anda mengikuti serikat siswa, Anda akan berkonsultasi, berbagi pendapat, komentar, dan banyak lagi. Ini adalah beberapa kegiatan dari serikat siswa itu sendiri.

Oleh karena itu, seiring berjalannya waktu, Anda semakin banyak bertukar pendapat, berpartisipasi dan mengungkapkan pendapat, Anda telah melatih keterampilan komunikasi, Anda dapat berbicara di depan banyak orang, sehingga mereka tidak lagi merasa gugup.

3# OSIS Belajar Untuk Mengatur Waktu

Sekarang ini bagian terpenting. Ikuti apa yang dapat ditemukan dan diperoleh oleh serikat siswa. Ketika Anda mengikuti serikat mahasiswa, pastikan untuk menyelesaikan banyak agenda dan masalah secara tepat waktu. Mungkin awalnya agak sulit, sangat menyusahkan dan membuat frustrasi.

Tetapi seiring berjalannya waktu, semakin sering Anda menghadapi situasi ini. Anda akan mendapatkan pengetahuan di mana Anda dapat dengan mudah mengelola dan mengelola waktu yang ingin Anda gunakan.

4# OSIS Tempat Belajar Untuk Mandiri dan Bertanggung Jawab

Jika Anda ingin menjadi anggota serikat siswa, bahkan memegang posisi yang lebih tinggi di serikat siswa. Jangan berharap sikap dan perilaku Anda menjauh dari sikap mandiri dan bertanggung jawab.

Karena serikat pelajar itu sendiri adalah sebuah organisasi, setiap anggota harus didisiplinkan dan didisiplinkan dalam hal nama yang tegas dan independen.

Karena itu, jangan mencoba memasuki serikat siswa dalam keadaan yang masih suka melakukan tugas dengan malas. Bersiaplah untuk mendapatkan komentar kasar dari para pendahulu Anda.

Tetapi jangan takut, karena kebanyakan orang mulai belajar untuk mandiri, bertanggung jawab dan disiplin dalam serikat pelajar. Hanya percaya bahwa Anda tidak akan pernah menjadi malas ketika Anda memasuki serikat siswa, terutama di awal.

5# OSIS melatih seseorang menjadi seorang pemimpin

Menjadi seorang pemimpin bukanlah tanggung jawab yang mudah. Pemimpin tidak hanya menyukai presiden, pemerintah, menteri, gubernur, dan sebagainya.

Jika Anda tidak dapat mengarahkan diri Anda untuk melakukan hal-hal baik, maka Anda juga akan menjadi seorang pemimpin, maka Anda akan bingung dengan hal-hal buruk.

Karena itu, pemimpin adalah siapa saja. Sekarang, Serikat Mahasiswa adalah salah satu tempat yang tepat bagi Anda untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan di masa depan.

Karena berbagai kegiatan dan kegiatan yang direncanakan oleh Serikat Mahasiswa, Anda akan diberikan kesempatan untuk memimpin peluang untuk memimpin bidang, kegiatan, dan kegiatan tertentu.

6# Mendapatkan Banyak Teman dan berbagai macam pengalaman

Ini juga merupakan suplemen bagi mereka yang mengikuti serikat mahasiswa. Selain berbagai manfaat yang telah dijelaskan di atas, yang menarik adalah Anda akan bertemu lebih banyak teman dan teman baru, di mana Anda dapat berbagi cerita dan membuat lelucon bersama.

Selain itu, apakah Anda bertemu dengan anggota lain dari Dewan Siswa, bertemu dengan pejabat senior dari Dewan Siswa, acara perencanaan, dll., Anda juga akan mendapatkan berbagai pengalaman baru dan menarik. Anda bisa mendapatkan banyak momen yang sangat berharga dan berguna di serikat siswa.

Baca Juga: Pengertian dan Perbedaan Visi dan Misi Perusahaan

Tips dan Cara Menggalang Dana untuk Kegiatan OSIS

Bisnis Sticker, Untuk teman-teman dengan bakat desain, Anda mungkin harus mencoba bisnis stiker ini. Jenis stiker apa? Paling tidak, Anda dapat menggunakan tema sekolah untuk desain stiker, dan jika Anda memiliki nama, komunitas, dan pendukung di sekolah, itu bahkan lebih baik.

Permintaan akan tumbuh lebih besar dan lebih besar. Keuntungan yang bisa diperoleh dari bisnis stiker adalah Rp. 1,00 hingga Rp. 3.000, jika jumlah pembeli stiker mencapai 200, laba sekecil mungkin adalah Rp. 200.000.

Bisnis Baju Komunitas dan Baju Angkatan, Jika Anda memiliki keterampilan, Anda dapat menghasilkan uang dengan melihat peluang apa pun. Jika setiap administrator OSIS Anda menawarkan penawaran promosi untuk setidaknya harga pakaian yang dijual ke teman sekelas, cobalah bisnis ini.

Apalagi jika desain kaos itu sejalan dengan perkembangan saat ini atau kontemporer. Kisaran manfaat yang diperoleh dari bisnis pakaian jadi adalah Rp. 5.000 hingga Rp. 20.000, saya perkirakan jika pembeli mencapai 100 orang. Total keuntungan yang tersedia adalah sekitar 500.000 rupiah.

Bisnis Gelang, Dari pengalaman pribadi saya, saya punya bisnis menjual gelang. Anda dapat menjual gelang saat ada acara atau acara, dan Anda bisa membandingkan gelang yang ingin Anda jual berdasarkan tema acara.

Coba juga untuk mencetak 200 gelang dengan huruf besar Rp. 2.500 gelang masing-masing, lalu saya jual kembali dengan harga Rp. Untuk setiap gelang 20.000, total keuntungan dari hasilnya adalah Rp. 3.500.000.

Seksi-Seksi Bidang OSIS

visi misi osis 2

  1. Seksi pembina ketakwaan dan keimanan terhadap tuhan YME.
  2. Seksi pembina budi pekerti luhur dan akhlak mulia.
  3. Seksi pembina kepribadian unggul, bela negara, wawasan kebangsaan.
  4. Seksi pembina prestasi akademik, olahraga, seni sesuai bakat minat yang dimiliki.
  5. Seksi pembina demokrasi, pendidikan politik, dan hak asasi manusia, msyarakat plural, lingkungan hidup, kepekaan dan toleransi sosial.
  6. Seksi pembina kreativitas serta keterampilan dan  juga kewirausaan.
  7. Seksi pembina kualitas jasmani serta kesehatan dan gizi yang berbasis sumber gizi yang sudah terdeversifikasi.
  8. Seksi pembina sastra serta budaya.
  9. Seksi pembina teknologi informasi komunikasi.
  10. Seksi pembina komunikasi dalam bidang bahasa inggris.

Cara Menentukan Visi Misi OSIS

visi misi osis 4

Sebelum Anda menentukan visi dan misi serikat pelajar, Anda harus terlebih dahulu mengetahui arti dan makna dari visi dan misi tersebut.

Visi sering kali lebih cenderung mengidentifikasi tujuan utama yang ingin dicapai. Tugas adalah fase atau langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan ini.

Jadi Anda bisa mengatakan bahwa visi adalah pencerahan dan misi utama, dan merupakan kalimat penjelas dari kalimat utama.

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membuat sebuah visi dan misi.

  • Pertama kamu haris dapat mempertimbangkan dan mengukur terlebih dahulu apakah visi misi yang nantinya dibuat dapat diterapkan sebagaimana mestinya untuk kepentingan bersama anggota OSIS.
  • Kedua visi yang akan dibuat baiknya dapat menjadi inspirasi bagi setiap anggota OSIS lainnya dalam tiap tindakan yang diperbuat.
  • Kamu perlu membuat visi dan misi yang jelas dan tersturktur dengan baik serta jauhi kata-kata yang bersifat abstrak.
  • Suatu visi yang baik itu tidaklah harus dterbentuk dari susunan kalimat yang panjanng. Cukup dengan kalimat yang singkat serta memberikan gambaran untuk masa depan OSIS di sekolah mu kelak.
  •  Untuk membuat misi tinggal mengikuti alur dari visi yang sudah ditetapkan. Cukup dengan kalimat yang simpel, jelas, serta mampu dilakukan oleh tiap-tiap anggota OSIS yang ada.

Contoh Visi dan Misi Osis

visi misi 4

Visi :

Menciptakan suasana keagamaan, kecerdikan, disiplin, dan suasana sekolah yang bersaing dan bekerja di komunitas yang penuh sesak.

Misi:

  • Melakukan lebih banyak kegiatan ekstrakurikuler berdasarkan minat dan bakat siswa.
  • Melakukan pelatihan dan seminar yang berkaitan dengan bisnis dan pendidikan untuk siswa.
  • Gabungkan semua kegiatan ekstrakurikuler untuk membangun persatuan dan hubungan antar siswa.
  • Memberikan contoh yang baik untuk siswa dan siswa, terutama dalam hal perilaku, etika, dan disiplin.
  • Mengoptimalkan fungsi dan peran serikat siswa untuk memungkinkan siswa dan siswa untuk berinovasi.
  • Mengatur berbagai acara besar terkait olahraga dan seni sebagai tolok ukur untuk masa depan.

Demikianlah Penjelasan Terkait dengan visi misi osis yang bisa kamu jadikan referensi dan bahan untuk membangun atau ikut serta masuk kedalam organisasi sekolah. Perlu diingat kembali untuk menjadi seorang anggota OSIS kamu harus memiliki kemauan, kemandirian, kedisiplinan, dan juga memiliki rasa tanggung jawab yang besar.

Makna Lambang Osis

Contoh visi dan misi osis

Bahkan, tahukah Anda apa arti gelombang siswa? Arti aslinya sangat dalam, seperti halnya cinta Anda. Buku terbuka melambangkan studi keras yang membutuhkan pengetahuan dan teknologi, dan merupakan partisipasi siswa dalam pembangunan negara dan negara.

Buku Terbuka, Ini melambangkan perlunya kerja keras untuk belajar sains dan teknologi adalah partisipasi siswa dalam pembangunan negara dan negara.

Kunci Pas, Kesediaan untuk bekerja keras akan meningkatkan kepercayaan diri pada kemampuan seseorang dan membebaskan dari kebaikan orang lain, sehingga membuat siswa lebih mandiri. Kunci pas adalah alat yang membuka semua masalah dan menyelesaikan semua masalah dan kesulitan.

Tangan Terbuka, Mengekspresikan kesediaan untuk membantu siswa dan masyarakat yang kurang beruntung lainnya yang membutuhkan bantuan menunjukkan sikap psikologis siswa yang baik dan bertanggung jawab.

Perahu, Ini melambangkan bergerak menuju masa depan yang lebih cerah di lautan kehidupan, yang merupakan tujuan nasional yang kita kejar.

Pelangi Merah Putih, Ini melambangkan tujuan nasional dari masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasilla, Republik Indonesia, yang makmur secara materi dan spiritual.

Warna Kuning, Sebagai dasar kehormatan atau simbol agung. Jika Anda bisa mendapatkan kepercayaan dari generasi muda melalui organisasi, ini suatu kehormatan, mereka akan melakukan hal-hal baik untuk diri mereka sendiri dan mendapat manfaat.

Kategori EDUKASI

Satu pemikiran pada “Visi Misi Osis SMP, SMK, SMA, Sekolah dan Contohnya 2019”

Tinggalkan komentar