Sejarah Badminton di Dunia dan di Indonesia Singkat [Lengkap]

Sejarah Badminton – Badminton atau bulu tangkis adalah salah olahraga paling populer di Indonesia. Alasannya karena banyak prestasi yang diraih atlet Indonesia dari bulu tangkis. Olahraga ini menggunakan media utama raket dan shuttelcock. Jaring net dan lebar lapangan dengan ukuran yang sudah ditetapkan adalah syarat khusus pada pertandingan resmi.

Sejarah Awal Badminton

Ada beberapa versi sejarah yang mengemukakan teori awal mula permainan bulu tangkis. Ada yang mengatakan permainan ini berasal dari Mesir, Yunani, dan India. Lebih lengkapnya akan dibahas di artikel ini hingga awal mula masuknya bulu tangkis ke Indonesia. beberapa poin penting dan menarik juga akan saya cantumkan di artikel ini.

Sejarah Badminton di Cina

ti jian zi sejarah badminton
ti jian zi

Menurut teori ini, awalnya badminton dimainkan di Cina pada abad ke-5. Permainan ini awalnya bernama ti jian zi, artinya menendang bulu angsa. Aturan permainannya hampir sama dengan bola takraw.

Pemain menendang kok yang terbuat dari bulu angsa supaya melewati net. Oleh karena itu , permainan ini juga dikatakan sebagai nenek moyang bola takraw. Permainan ini kemudian mulai menyebar ke daerah Siam (sekarang Thailand) dan India.

Pada masa Dinasti Han, olahraga ini dilakukan untu latihan para prajurit Cina. International Shuttlecock Federation (ISF) baru dibentuk pada tahun 1999 untuk mengurus cabang olahraga ini. Puncaknya, olahraga ini mulai dipertandingkan pada olimpiade Beijing 2008 dan SEA Games Laos 2009.

Sejarah badminton di Eropa

sejarah badminton Jeu de Volant
Jeu de Volant

Permainan yang di perkiarakan sebagai sejarah badminton lainnya adalah Jeu de Volant. Permainan ini populer di Perancis pada akhir abad ke-16. Media yang digunakan adalah dayung kecil sebagai raket dan kok yang terbuat dari bulu angsa.

Jeu do Volant sendiri bisa diartikan sebagai permainan terbang atau bulu terbang. Pada saat itu, permainan ini digunakan tanpa batas pemisah berupa net. Tidak ada penjelasan yang lebih detail tentang latar belakang dan perkembangan permainan ini.

Sejarah Badminton di Pune/Poona India (1860-an)

sejarah poona badminton

Kota Pune atau yang lebih dikenal dengan nama Poona adalah sebuah kota di bagian barat India. Memiliki luas 700 km² dan merupakan bagian dari provinsi Maharashtra yang merupakan provinsi terbesar kedua di India setelah Mumbai. Permainan ini dimainkan oleh anak-anak di Poona India dengan penggilas adonan sebagai alat untuk memukul kok.

Pada masanya, permainan yang dikenal dengan nama poona ini tidak menggunakan jaring net. Pada tahun 1870 M, banyak tentara Inggris yang sedang ditempatkan di kota Pune yang tertarik dengan permainan ini. Mereka kemudian membawa peralatan untuk bermain poona ketika kembali ke Inggris.

Badminton Mulai Dimainkan di Inggris (1870 M)

Permainan yang awalnya bernama poona di India dimainkan di Inggris dengan nama battledore (penggilas adonan). Media permainan menggunakan alat yang dibawa para tentara Inggris dari India. Tahun 1873 merupakan awal mula terkenalnya permainan yang saat itu diberi nama battledore.

Pada tahun 1873 M, Duke of Beaufort (Adipati Beaufort) mengadakan pesta di daerah Badminton, Inggris. Sebagai penjelasan tambahan, duke merupakan jabatan keluarga mahkota Inggris. Duke bertugas memimpin sebuah wilayah (provinsi) dengan posisi satu tingkat di bawah raja.

Inilah awal mula badminton menjadi sebuah cabang olahraga. Para tamu undangan yang datang ke pesta Duke of Beaufort di Badminton terhibur dengan permainan ini. Secara tidak langsung, pesta itu menjadi sarana yang membuat permainan battledore terkenal di masa itu.

Dibuatnya Aturan Permainan Badminton (1877 M)

Pada tahun 1877, permainan battledore diberi nama “the Badminton Game”. Nama ini diambil dari tempat permainan ini pertama kali di Badminton, Inggris. Pada tahun 1877, the Bath Badminton Club dibentuk untuk mengembangkan peraturan resmi permainan ini.

Didirikannya IBF (International Badminton Federation) pada 1934

Seiring dengan semakin berkembangnya zaman, badminton yang awalnya hanya sebuah permainan mulai dijadikan cabang olahraga. Salah satu cara untuk meresmikan cabang olahraga adalah dengan dibentuknya organisasi untuk mengurus berbagai aspek olahraga tersebut.

IBF (International Badminton Federation) diresmikan pada tahun 1934. Saya mohon maaf karena tidak bisa mencantumkan tanggal dan bulan tepatnya karena keterbatasan informasi. Ada 9 negara yang menjadi pelopor terbentuknya IBF (sekarang BWF).

Didirikan pada tahun 1934 sebagai Federasi Bulu tangkis Internasional dengan 9 negara anggota (Belanda, Denmark, Inggris, Irlandia ,Kanada , Perancis, Selandia Baru, Skotlandia, dan Wales). Kini anggotanya sudah diperluas ke seluruh negara di dunia.

Sejak awal berdirinya, kantor pusat IBF terletak di Cheltenham, Inggris. Pada 1 Oktober 2005, kantor pusatnya kemudian di pindah ke Kuala Lumpur, Malaysia. Pada rapat umum luar biasa di Madrid tanggal 24 September 2006, para anggota IBF sepakat mengganti nama federasi menjadi Badminton World Federation (BWF).

Sejarah Badminton

%d blogger menyukai ini: