Pidato Persuasif: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Struktur, Contoh [LENGKAP]

Berpidatoo adalah kegiatan berbicara di depan umum atau memberikan pidato untuk mengutarakan pendapat atau menguraikan masalah. Jadi, apa arti pidato persuasif? Disini kita akan membahas lengkap pengertian, tujuan, fungsi, struktur, dan contoh.

Pidato Persuasif

Pidato Persuasif pengertian dan tujuan

Berbicara di depan umum atau memberikan pidato untuk mengekspresikan pendapat Anda yang disusun dengan struktur yang baik. Saat ini, banyak orang secara keliru percaya bahwa ucapan yang cerdas adalah karena bakat dan asal-usulnya. Itu tidak sepenuhnya benar, itu hanya masalah kemauan.

Pengertian Pidato Persuasif

Pengertian Pidato Persuasif

Pidato persuasif dirancang untuk menarik perhatian, mempengaruhi, dan mengundang atau membujuk pendengar untuk membuat mereka bertekad dan mau mengambil tindakan, atau bahkan untuk bertindak atas tujuan pidato. Isi pidato persuasif harus didasarkan pada logika, logika, alasan yang masuk akal dan dapat dibenarkan.

Pidato yang meyakinkan menarik dan mengajak orang untuk melakukan hal-hal yang baik untuk kehidupan. Presentasi yang meyakinkan adalah cara yang efektif untuk membuat komunitas lebih baik dan lebih kreatif. Dalam beberapa kasus, kita sering menemui banyak pidato persuasif kepada publik.

Biasanya, pembicara akan membuat lelucon atau kata-kata lucu untuk para penonton sehingga mereka tidak merasa bosan. Dengan cara ini, informasi dapat mengalir dan dapat dengan mudah diterima oleh audiens.

Tujuan Pidato Persuasif

Tujuan Pidato Persuasif

Pidato yang meyakinkan dirancang untuk memperkuat respons, membentuk respons, dan mengubah respons.

beberapa tujuan lainnya yakni:

a. Informatif

Pidato informasi dirancang untuk menyampaikan informasi kepada pendengar.

b. Persuasif

Pelajari tentang pidato, fitur, bermacam-macam, metode bicara yang lengkap, dan siapkan pidato persuasif untuk mengundang orang lain melakukan hal-hal hebat.

c. Argumentatif

Tujuan dari pidato argumenn adalah untuk meyakinkan pendengar untuk memahami topik yang diajukan.

d. Deskriptif

Pidato deskriptif dimaksudkan untuk menggambarkan suatu situasi.

e. Kenyamanan

Mengenali ucapan dimaksudkan untuk menghibur pendengar. Biasanya, pidato yang menghibur diadakan di jamuan makan, pesta, dan perayaan.

Fungsi Pidato

Pidato yang baik dapat memberikan kesan positif bagi mereka yang mendengarkannya. Berikut adalah fungsi-fungsi pidato dasar yang penting anda ketahui:

  • Mempromosikan komunikasi antara atasan dan bawahan.
  • Promosikan komunikasi antara anggota organisasi.
  • Buat kondisi yang bermanfaat yang hanya membutuhkan satu orang untuk berbicara.
  • Sederhanakan komunikasi.

Struktur Pidato Persuasif

Berikut ini adalah kerangka atau Struktur dari Pidato persuasif.

  • Membuka atau pembukaan.
  • Membuat Pendahuluan. Pendahuluan menguraikan konten presentasi.
  • Isi pidato. Presentasi meliputi niat dan sasaran, rencana, sasaran, dan tindakan atau langkah.
  • Penutupan Ringkasan berisi kesimpulan, harapan, dan salam ringkasan.

Contoh Pidato Persuasif

Di bawah ini adalah contoh dari pidato persuasif.

Pertama, mari kita berdoa dan memuji Tuhan Yang Maha Esa, dan terima kasih Tuhan, Tuhan selalu memberikan rahmat kepada kita semua sehingga kita bisa berkumpul di gedung ini. [Boleh ditambah salawatan disini]

yang terhormat pemimpin perusahaan Creative Youth
yang terhormat seminar pengembangan pemuda sebagai peserta dalam kewirausahaan individu.

Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada komite yang mempersiapkan pertemuan ini.

Sebelum kita melangkah lebih jauh, pernahkah kita menyadari betapa banyak pengusaha sukses mengejar karier dalam kehidupan mereka, mulai dari nol. Kebanyakan dari mereka adalah orang-orang dengan latar belakang orang-orang yang sulit atau tidak kompeten, tetapi mereka memiliki impian besar.

Sebagian besar cerita berasal dari pengusaha besar yang sukses tanpa pendidikan sekolah menengah, seperti lulusan sekolah dasar. Sama seperti kisah Pak Kusrin dari Karanganyar, Jawa Tengah, yang berhasil memproduksi televisi dan memperluas bisnisnya secara nasional, adalah lulusan sekolah dasar yang memiliki etos kerja dan moral yang tinggi untuk mencapai cita-citanya.

Pendidikan tinggi tidak menjamin bahwa kita akan mendapatkan pekerjaan yang baik, dan berjanji bahwa jika kita tidak pernah menyerah pada mimpi yang belum pernah kita raih, kita akan mencapai titik impas.

Sebagian besar pengusaha sukses bahkan mempekerjakan orang berpendidikan tinggi. Jadi, pada intinya, kita memiliki sebanyak mungkin peluang muda untuk mewujudkan impian kita. Masih ada banyak waktu untuk melakukan yang terbaik untuk mencapai tujuan kita.

Sebagai orang muda, kita harus memiliki cara berpikir visioner yang melihat peluang masa depan dan dapat menggunakannya. Saya tidak mengatakan di sini bahwa Anda dilarang menerima gelar tertinggi. Namun, kita semua harus memiliki jiwa wirausaha sehingga kita dapat mengandalkan mereka untuk meningkatkan ekonomi Indonesia di masa depan.

Remaja yang sedang mencari dan membentuk identitas sejati mereka harus memiliki pemahaman yang lebih baik tentang kehidupan. Selain itu, dapat bermanfaat dan mempromosikan pembangunan ekonomi nasional, terutama dalam membangun ekonominya sendiri.

Salah satu pendekatan adalah memberikan pelatihan dan pelatihan kewirausahaan sehingga pemuda dapat dibina dengan kewirausahaan di masa depan. Ini penting karena ekonomi adalah salah satu elemen utama untuk mempertahankan kehidupan.

Kepada para pemuda teruslah melangkah maju, berinovasi dan berpikir, dan cobalah tanpa ragu-ragu. Jangan takut gagal, karena orang-orang sukses mulai dengan kegagalan, dan kegagalan membuat seluruh proses penuh warna.

Jika kita bisa bertindak dan mengalahkan diri kita sendiri, semuanya mungkin. Yang sebenarnya membatasi kemampuan kita adalah ide kita sendiri. Kemampuan untuk berpikir tentang manusia tidak terbatas, dan kita sendiri terkadang membatasi pemikiran kita. Kita harus muda dan memiliki pengaruh yang baik pada generasi mendatang.

Inilah yang dapat saya katakan dalam pidato seminar ini, dan kali ini saya ingin menekankan lagi pada akhirnya bahwa kita harus menjadi anak muda, mereka selalu menumbuhkan semangat menjadi generasi wirausaha. Saya harap apa yang saya katakan sangat membantu dan meminta maaf atas semua kesalahan.

Karena itu, pidato yang saya sampaikan diharapkan dapat menginspirasi kita semua. [Salam]

Ciri-ciri Pidato Persuasif

Tiga karakteristik pidato sebagai berikut:

  • Sebagai undangan, perintah atau saran yang perlu diselesaikan
  • Gunakan kalimat yang konstruktif
  • Berisi masalah untuk didiskusikan

Macam-macam Pidato

Macam-macam pidato diantaranya yakni:

  • Pidato menyambut hari libur Islam.
  • Pidato memperingati Hari Nasional.
  • Pidato agama.
  • Dan sebagainya

Metode-metode Pidato

Ada beberapa metode yang dikenal, yaitu:

  • Metode dadakan, ini adalah metode yang tidak siap.
  • b. Metode memori, metode fonetik, dicapai dengan menghafal huruf demi huruf.
  • c. Metode naskah adalah metode pidato yang dilengkapi dengan membaca teks.
  • d. Metode sementara, pertama mengidentifikasi metode pidato dari garis besar pidato yang akan disampaikan.

Persiapan Pidato

Dalam hal ini, langkah-langkah persiapan untuk presentasi adalah mutlak dan penting. Persiapan meliputi 2 persyaratan dasar, yaitu:

  • Sehat
  • Siapkan pengetahuan.
  • Kesehatan fisik, tentu saja, mencakup fisik dan mental. Orang yang ingin menjadi orator dan berbicara harus memperhatikan kesehatan mereka, dan kesiapan ilmiah meliputi:
  • Masalah bahasa.
  • Pengetahuan lainnya.

Pengetahuan bahasa merupakan syarat mutlak bagi mereka yang ingin ingin berpidato. Mungkin seseorang yang bisa berbicara tetapi tidak mahir dalam bahasa, tentu saja, bukan nama ceramah. Akuisisi bahasa (misalnya, tentang penggunaan awalan, sufiks) memberikan definisi, dll.

Setelah bahasa, yang harus disiapkan adalah pengetahuan isi pembicaraan. Tetapi berita dari Admin tidak ingin dianggap universal dalam segala hal. Jika Anda bertanya untuk membicarakan sesuatu yang tidak Anda ketahui, jawab dengan jujur. Tidak perlu khawatir tentang tidak diberikan gelar ahli pidato, karena pidato yang baik harus memenuhi persyaratan, termasuk:

  • Tema yang diuraikan. Dan tentu saja mereka yang dikendalikan oleh misionaris atau orator.
  • Kemampuan untuk menyampaikan konten pidato.
  • Kuliah berisi pengetahuan.
  • Ada tujuan untuk dibahas.
  • Antara Mubaligh, topik yang disampaikan dalam hubungan yang harmonis dengan penonton.

Selain itu, pengetahuan tentang pembantu sangat dibutuhkan. Karena tujuan pidatonya adalah manusia, pidato tersebut akan berhasil jika dibantu oleh pengetahuan sejarah dan budaya, filsafat, agama, antropologi, dll.

pidato persuasif

Tinggalkan komentar