perbedaan visi dan misi

Pengertian, Perbedaan Visi dan Misi Beserta Contoh [LENGKAP]

PERBEDAAN VISI DAN MISI – Kalian semua pada tahu nggak apa itu visi dan misi? Saat ingin membuat sebuah target atau ingin mencapai suatu impian untuk dicapai seperti ingin menjadi juara kelas, ingin mendapatkan nilai paling tinggi di mata pelajaran matematika, ataupun keinginan lainnya yang diinginkan. Semua keinginan tersebut lebih baik lagi jika di landaskan dengan visi dan misi. Oleh karena itu jika ingin mencapai suatu tujuan buatlah sebuah perencanaan terlebih dahulu yaitu visi dan misi dengan adanya misi serta misi ini tujuan yang ingin kalian capai akan lebih tergambar, ter arah dengan baik, dan terstruktur sehingga memudahkan kalian untuk mencapai impian yang kalian inginkan.

Hal ini disebabkan dalam mencapai sesuatu dibutuhkan suatu perencanaan yang matang butuh susunan strategi dan racikan misi yang pas untuk dapat terlihatnya gambaran serta jalan-jalan yang akan dituju untuk mencapai tujuan. Visi dan misi adalah suatu konsep perencanaan yang dibarengi dengan suatu tindakan yang sejalan dengan apa yang kita rencanakan untuk dapat mencapai tujuan yang kita inginkan tersebut.

Pada artikel kali ini kita akan membahas lebih rinci mengenai pengertian visi dan misi, perbedaan visi dan misi, contoh visi dan misi dalam kehidupan sehari-hari, serta beberapa penerapan contoh visi dan misi yang bisa kamu gunakan sebagai bahan referensi untuk membuat visi misi mu sendiri.

Pengertian Visi dan Misi

perbendaan visi dan misi
pengertian visi dan misi rempek-lombokutara.desa.id

Pengertian visi yaitu merupakan gambaran mengenai perencanaan dan apa-apa saja yang akan kita lakukan untuk waktu-waktu kedepan untuk dapat mencapai tujuan atau pencapaian yang ingin kita raih. untuk itu dibutuhkan sebuah misi perencanaan sera gambaran seperti apa yang ingin kita lakukan untuk dapat meraih tujuan kita itulah yang disebut dengan visi dan misi.

Visi dan misi tidak dapat ditentukan secara pasti karena hal ini dipengaruhi dari jalannya perencanaan yang kita lakukan untuk mencapai target. Semakin jauh rencana yang kita jalankan dan kita tempuh semakin banyak cabang dan perubahan yang terjadi karena semakin bertambahnya ilmu seseorang seiring ia terus mengejar impian yang ingin ia raih. Oleh karena itu visi dan misi bersifat samar-samar dan tidak bisa dipastikan perubahan rencana akan sering terjadi seiring bertambahnya ilmu untuk mencapai tujuan yang ingin dicapainya.

Syarat Untuk Membuat Visi:

  • Berorientasi terhadap masa depan.
  • Dilakukan dengan perencanaan yang matang dan terstuktur dengan baik.
  • Tidak disesuaikan berdasarkan kondisi yang ada pada saat sekarang ini.
  • Mengekspresikan melalui kreativitas yang dimiliki.
  • Berdasarkan kepada prinsip dan nilai yang mengandung penghargaan untuk masyarakatnya.
  • Perencanaan dibuat tahapan-tahapannya hingga tahapan terakhir yaitu tujuan yang ingin diraihnya.
  • tujuan haruslah tertarget dengan jelas ketika membuat perencanaannya untuk meningkatkan keyakinan, jika terjadi perobahan terhadap visi yang sudah dibuat hal itu bisa diluruskan belakangan seiring bertambahnya ilmu.

Pengertian misi merupakan pernyataan mengenai apa yang perlu dilakukan untuk dapat memenuhi visi yang direncakannya. Istilahnya jika visi sudah dibentuk misi seperti apa yang ingin kalian rencanakan untuk memenuhi visi yang kalian bentuk atau rencanakan. Misi adalah tujuan serta alasan mengapa sebuah perusahaan itu ada. Misi juga memberikan arahan sekalian batasan ketika mencapai tujuan yang ditargetkan.

Perbedaan Visi dan Misi

perbedaan visi dan misi
perbedaan visi dan misi sekolahku40surabaya.wordpress.com

Kadang kita sulit untuk membedakan yang mana visi dan yang mana misi karena keduanya memiliki arti dan makna yang sedikit mirip, sehingga sulit untuk membedakan antara keduanya. Disini bisa dilihat apa yang menjadi pembeda antara visi dan misi:

1. Visi yaitu adalah tujuan atau target yang akan dicapai di masa mendatang bisa dalam jangka waktu yang lama bisa juga dalam waktu yang dekat, yang jelas visi merupakan keninginan yang ingin dicapai. Sementara misi merupakan proses atau langkah-langkah untuk dapat mewujudkan visi yang kita bentuk atau langkah seperti apa yang ingin dilakukan agar tercapainya tujuan yang diinginkan.

2. visi hanya tersusun dari beberapa pernyataan saja yang tersusun dengan jelas atau gambaran besar tidak merinci. Sementara misi terdiri dari kumpulan kalimat atau pernyataan yang merinci karena misi merupakan perencanaan yang akan dilakukan langkah-langkah seperti apa yang dilakukan untuk mencapai visi.

Contoh Visi dan Misi

perbedaan visi dan misi
contoh visi dan misi lksadarulhadlonahboyolali.blogspot.co.id

Setelah mengetahui pengertian dari visi dan misi serta perbedaan yang membedakaan antara visi dan misi, selanjutnya contoh seperti apa saja yang dapat diterapkan visi dan misi di dalamnya, berikut ini beberapa contoh visi dan misi yang dapat kamu tiru dan dijadikan bahan referensi.

Contoh Visi Misi Osis

visi dan misi osis
visi dan misi heri-syaifudin.blogspot.co.id

VISI OSIS

Menjadikan para siswa dan siswi SMA menjadi pelajar yang berkualitas, disiplin, bertanggung jawab, serta patuh dan taat terhadap agama islam.

MISI OSIS

1. Meningkatkan pengawasan terhadap kedisiplinan siswa dimanapun berada selama masih di dalam lingkungan SMA.

2. Mendisiplinkan tiap waktu yang sudah ditentukan, jika sudah waktunya masuk kelas para siswa dan siswi tidak ada satupun yang berada di luar kelas setelah 5 menit bel berbunyi.

3. Meningkatkan ketaqwaan dan keimanan para siswa dan siswi kepada tuhan YME melalui kegiatan rutin muhasabah tiap haru jum’at pagi.

4. Kembali menegaskan peraturan-peraturan yang telah ditetapkan sekolah kepada para siswa dan siswi SMA.

5. Meningkatkan dan terus mengembangkan kedisiplinan siswa maupun siswi terkait kegiatan-kegiatan atau aktivitas selama di sekolah.

6. Meningkatkan dan mengembangkan kegiatan ekstrakulikuler para siswa dan siswi yang sudah menjadi agenda rutin setiap sabtu siang sehabis proses belajar mengajar.

7. Meningkatkan kinerja OSIS dalam melakukan berbagai kegiatan ataupun aktivitas mengenai OSIS lainnya.

8. Meningkatkan prestasi siswa dan siswi melalui kegiatan rutin belajar tambahan.

Contoh Visi Misi Sekolah

perbedaan visi dan misi
contoh visi dan misi faedahjaya.co.id

Visi Sekolah

Mewujudkan sekolah yang menghasilkan bibit-bibit insan yang cerdas secara akademik maupun non akademik serta akhlak yang mulia mengembangkan budaya bangsa tanah air Indonesia.

Misi Sekolah

1. Meningkatkan dan mengembangkan pelayanan pembelajaran berkarakter

2. Meningkatkan dan menumbuhkembangkan pembelajaran dengan basis Teknologi Informasi Komunikasi agar para siswa tidak gaptek.

3. Melakukan berbagai kegiatan manajemen layanan pendidikan yang handal dan pandai.

4. Melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang berkualitas dan bermutu tinggi.

5. Meningkatkan dan mengembangkan terlaksananya pendidikan lingkungan hidup dan sehat bebas sampah.

Contoh Visi dan Misi Perusahaan

perbedaan visi dan misi
contoh visi dan misi ditjenppi.kemendag.go.id

Visi Perusahaan

Membentuk perusahaan pelayaran yang disiplin, tangguh, menjadi pilihan utama para pelanggan.

Misi Perusahaan

1. Mengembangkan dan mengelola angkutan laut untuk terjaminnya aksebilitasi masyarakat untuk dapat menyokong tercapainya wawasan nusantara.

2. Meningkatkan nilai mutu perusahaan lewat kreativitas, pengembangan kompetensi, inovasi sumber daya manusia.

3. Meningkatkan dan menumbuhkembangkan kontribusi pendapatan untuk pemerintah dan negara, karyawan juga berperan dalam pelayanan dan pembangunan lingkungan kepada masyarakat.

4. Menjalankan usaha secara adil dan bijak dengan memperhatikan asas-asas manfaat bagi semua pihat yang ikut terlibat.

Demikianlah penjelasan mengenai visi dan misi OSIS, sekolah, perusahaan. Serta berbagai contoh visi dan misi, perbedaan visi dan misi, pengertian visi , pengertian misi, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi para pembaca.

Tinggalkan komentar