10+ Dampak Pencemaran Lingkungan | Pengertian / Penyebab / Jenis

PENGERTIAN PENCEMARAN LINGKUNGAN – Pencemaran lingkungan yaitu proses masuknya energi atau zat lain ke dalam tanah, air, dan udara. Pencemaran lingkungan ini juga bisa diartikan seperti terjadinya perobahan kondisi komposisi pada suatu media yang tercemar. Contohnya udara, tanah, air yang disebabkan oleh berbagai macam faktor seperti ulah manusia, proses alam, dan sebagainya.

Contoh pencemaran lingkungan
Contoh pencemaran lingkungan mongabay.co.id

Karena faktor faktor tersebut menyebabkan terjadinya penurunan kualitas media yang tercemar sehingga tidak mampu bekerja dengan sebagaimana seharusnya. Saat ini pencemaran yang sudah terjadi di daratan, lautan, maupun udara semakin susah untuk di kendalikan dan dikontrol terutama setelah terjadinya masa revolusi industri, yaitu dimana dibangunnya berbagai macam pabrik yang menyebabkan meningkatnya tingkat polusi di bumi.

Oleh sebab itu, dengan adanya pengendalian alam ini sangatlah perlu dan penting sekali untuk dilakukan pengendalian sesegera mungkin terlebih pada pencemaran lingkungan, yaitu dengan menentukan limbah yang harus dibuang di lingkungan ini wajib disesuaikan dengan ketetapan standar yang sudah ditentukan.

Pada artikel ini akan dijelaskan lebih dalam lagi terkait dengan pencemaran lingkungan. Semua akan dipaparkan macam macam pencemaran lingkungan, pengertian pencemaran lingkungan, penyebab pencemaran lingkungan, serta dampak yang ditimbulkan oleh pencemaran lingkungan ini.

Baca Juga: Contoh Poster Bertema Pendidikan dan Kesehatan

Pengertian Pencemaran Lingkungan Adalah

contoh pencemaran lingkungan
contoh pencemaran lingkungan mongabay.co.id

Seperti yang sudah dijelaskan sebagian di atas tadi, pengertian pencemaran lingkungan yaitu masuknya zat energi, makhluk hidup, atau komponen-komponen lainnya ke dalam suatu lingkungan, sehingga akan menyebabkan terjadinya perobahan tatanan lingkungan, faktor-faktor ini disebabkan oleh proses alam ataupun dari aktivitas manusia yang mengurangi kualitas lingkungan atau bahkan tidak lagi berfungsi.

Terjadinya pencemaran lingkungan ini biasa disebut dengan nama polusi. Sementara bahan yang dapat menyebabkan terjadinya pencemaran lingkungan disebut polutan. Syarat suatu zat bisa disebut sebagai polutan yaitu bila keberadaan suatu zat tersebut bisa mengakibatkan kerugian atau dampak buruk bagi makhluk hidup.

Suatu Zat dikatakan polutan jika:

  • Zat tersebut melebihi jumlah normalnya atau melebihi kapasitas.
  • Zat tersebut berada pada waktu yang tidak tepat.
  • Zat tersebut berada pada tempat yang tidak sepantasnya.

Penyebab Pencemaran Lingkungan

contoh pencemaran lingkungan
contoh pencemaran lingkungan bangunrumahmas.com

Sering kali terjadinya pencemaran lingkungan disebabkan oleh tangan-tangan manusia yang tidak bertanggunang jawab. Pencemaran lingkungan yang sering kali terjadi dan dijumpai adalah pencemaran udara, air, tanah.

Alam memiliki kemampuan untuk kembali mengondisikan air yang sudah tercemar dengan cara proses pemurnian, namun disebabkan banyaknya pencemaran lingkungan yang terjadi alam tidak mampu kembali mengondisikan air seperti sediakala.

Akhirnya alam kehilangan kemampuannya dalam memurnikan kembali lingkungan yang sudah tercemar, dikarenakan sampah-sampah yang berada ditempat yang tidak seharusnya seperti bekas air cucian, sampah plastik dan kaleng, asap kendaraan yang berlebihan sehingga menyebabkan semakin parah terjadinya pencemaran lingkungan.

Baca Juga: Contoh Poster dan Slogan Bertema Lingkungan

Penyebab pencemaran Air dan tanah:

  • Cairan-cairan kimia hasil dari limbah pabrik
  • Air bekas cucian pakaian
  • Air bekas campuran zat kimia seperti diterjen
  • Terjadinya curah hujan yang tinggi
  • Sampah-sampah plastik yang di buang ke selokan, sungai-suangai ataupun lautan

Penyebab pencemaran tanah:

  • Curah hujan yang tinggi disertai erosi.
  • Sampah-sampah bekas yang dibuang manusia dari pemukiman penduduk atau rumah.
  • Zat-zat kimia hasil industri pabrik, rumah penduduk yang sembarang buang di tanah-tanah kosong

Penyebab pencemaran Udara:

  • Asap – asap kendaraan yang silih berganti keluar dari knalpotnya.
  • Asap dari pabrik-pabrik industri.
  • Pembakaran sampah-sampah oleh penduduk.
  • Asap karena terjadinya kebakaran hutan.

Macam Macam Pencemaran Lingkungan

Berikut ini saya akan menjelaskan macam-macam pencemaran lingkungan yang ada di sekitar kita.

1# Pencemaran Tanah

Contoh pencemaran lingkungan
Contoh pencemaran lingkungan mongabay.co.id

Pencemaran yang sudah sering sekali kita temukan yaitu sampah-sampah yang berserakan dimana mana. Salah satu penyebab terjadinya pencemaran tanah yaitu adalah sampah.Pencemaran tanah ini dapat diasumsikan dikarenakan tidak adanya pengelolaan sampah yang baik dan benar.

Pencemaran tanah juga bisa diakibatkan oleh kebocoran limbah cair dari sisa-sisa pabrik industri, tumpahan zat kimia, minyak, dan limbah lainnya. Bila tanah sudah dicemari oleh suatu zat polutan, maka zat tersebut akan hinggap dan mengendap ke dalam tanah jika zat tersebut beracun atau mengandung zat kimia ppastinya akan membahayakan kesehatan penduduk disekitarnya.

Polutan dapat dibedakan menjadi 2 kelompok, yaitu:

  • Polutan bisa diuraikan dengan proses alam seperti sampah-sampah organik, kayu, sisa-sisa makanan yang bisa diuraikan.
  • Polutan yang tidak bisa diuraikan dengan proses alam seperti kaleng, logam, plastik, dan masih banyak lagi.

2# Pencemaran Air

Contoh pencemaran lingkungan
Contoh pencemaran lingkungan smpn6bandarlampung.sch.id

Pencemaran air yaitu kerusakan yang terjadi pada air yang mengakibatkan terjadinya perubahan buruk pada air dari segi rasa, zat, warna, dan kapasitas normalnya. penyebab terjadinya pencemaran air yaitu polutan atau zat kimia yang masuk dan tercampur oleh air sehingga terjadi perubahan, polutan ini terbagi menjadi:

  • Limbah Industri,  adalah limbah yang memiliki kandungan logam beras contohnya seperti timbal, raksa, dan sebagainya. Umumnya limbah ini masuk melalui aliran sungai, logam tsb sangatlah berbahaya jika masuk ke dalam tubuh kita karena dapat menyebabkan terjadinya kanker.
  • Limbah Rumah Tangga, Limbah rumah tangga yang acap kali kita temukan yaitu limbah bekas cucian pakaian seperti deterjen dan limbah sampah. Limbah ini bisa menyebabkan terjadinya penurunan tingkat oksigen di perairan, sehingga bisa mengancam kehidupan makhluk hidup yang berada di air.
  • Limbah Pertanian, Limbah pertanian yang acap kita temui yaitu limbah insektisida atau limbah pupuk. Limbah insektisida ini sangatlah berbahaya bagi kesehatan kita juga bagi organisme hidup lainnya. Hal ini juga akan menyebabkan kematian pada organisme yang hidup di air.

3# Pencemaran Udara

Contoh pencemaran lingkungan
Contoh pencemaran lingkungan akualita.id

Pencemaran udara umumnya disebabkan karena proses pembakaran hutan yang dilakukan oleh manusia secara ilegal, selain itu asap kendaraan ataupun pabrik juga menjadi penyebab terjadinya pencemaran lingkungan udara ini, ada beberapa jenis polutan yang sering mencemari udara, diantaranya sebagai berikut.

  • Karbon Dioksida (CO2), CO2 merupakan gas yang dihasilkan dari proses pernapasan yang dilakukan oleh makhluk hidup, manusia dan hewan. Pelapukan dan pembusukan bahan organik dari batuan. Jika gas CO2 melebihi kapasitas normalnya maka bumi akan mengalami kenaikan suhu.
  • Karbon Monoksida (CO), Gas CO ini merupakan hasil dari proses pembakaran yang tidak sempurna oleh mesin kendaraan, jika gas ini sampai terhirup oleh pernafasan manusia dan ikut beredar di dalam darah manusia akan mengakibatkan kepala pusing hingga terjadi gangguan pada saraf-saraf otak.
  • Senyawa Belerang, Gas sulfur dioksida ini dihasilkan oleh pabrik yang memakai belerang serta hasil pembakaran fosil. Jika gas ini bereaksi dengan air akan menyebabkan terbentuknya senyawa asam. Jika senyawa ini ikut turun bersama dengan hujan, maka akan menyebabkan terjadinya hujan asam.
  • Senyawa Nitrogen, Gas nitrogen sangatlah dibutuhkan oleh makhluk hidup sebagai bahan pembangun protein, bila gas ini bereaksi dengan air maka akan terbentuk senyawa asam yang berbahaya.
  • Klorofluorokarbon (CFC), CFC sering dipakai sebagai bahan pendingin pada kulkas dan AC. Selain itu, CFC juga dipakai sebagai bahan alat penyemprot nyamuk dan alat pengering rambut. CFC sangat berbahaya bagi atmosfer bumi karena dapat merusak lapisan ozon. Akibatnya radiasi ultraviolet akan bertambah kuat untuk dapat menembus atmosfer bumi.

Dampak Pencemaran Lingkungan

Contoh pencemaran lingkungan
Contoh pencemaran lingkungan mongabay.co.id

Berikut ini akan saya jelaskan dampak dari pencemaran lingkungan.

1# Meledaknya Hama

Semakin banyaknya pemakaian insektisida yang berbahaya bagi makhluk hidup juga dapat membunuh predator-predator kecil pada rantai makanan, ketika salah satu predator dari rantai makanan punah maka tidak akan ada lagi pemangsa hama-hama kecil yang jumlahnya semakin banyak. Akibatnya populasi hama meningkat bahkan meledak karena punahnya predatir-predator kecil pemakan hama tersebut.

Baca Juga: Contoh Desain Poster dan Slogan yang Unik dan Kreatif

2# Punahnya Spesies

Pencemaran lingkungan sangatlah membahayakan untuk biota laut dan darat, berbagai macam jenis hewan dapat mengalami keracunan bahkan kematian jika jumlah polusi yang ada di darat, laut, maupun udara sudah melebihi batas normal, karena meski makhluk hidup memiliki pertahanan untuk menahan racun ataupun polusi yang ada tak menutup kemungkinan bisa terkena karena pertahanan tersebut pasti juga mempunyai batas tertentu jika jumlah polusi sudah tidak lagi wajar.

3#  Terjadinya Gangguan Keseimbangan Lingkungan

Jika spesies tertentu punah akan terjadi perobahan pada pola interaksi yang ada dalam suatu ekosistem yang mengakibatkan keseimbangan lingkungan hidup akan rusak dan terganggu serta tidak stabil.

4# Terbentuknya Lubang Pada Lapisan Ozon

Salah satu penyebab terjadinya pemanasan global yaitu karena lapisan ozon yang berlubang, terjadinya lubang pada lapisan ozon ini dekarenakan oleh polusi-polusi udara yang merusak lapisan ozon salah satunya seperti CFC.

5# Kesuburan Tanah Berkurang

Pemakaian insektisida secara berlebihan dapat mematikan fauna yang hidup didalam tanah, hal inilah yang menyebabkan turunnya kesuburan dan kualitas tanah. Selain itu jika menggunakan pupuk secara berlebihan dapat mengakibatkan tanah menjadi asam.

6# Efek Rumah Kaca

Efek rumah kaca merupakan salah satu permasalahan global. Gas CO2 yang dihasilkan oleh proses pembakaran akan menyebabkan terjadinya peningkatan kadar CO2 pada atmosfer yang mengakibatkan meningkatnya suhu bumi.

Baca Juga: Contoh Kliping Bencana Alam

Cara Mencegah Pencemaran Lingkungan

Contoh pencemaran lingkungan
Contoh pencemaran lingkungan safrizaldepp.blogspot.co.id

Berikut ini akan saya jelaskan beberapa tips untuk mencegah terjadinya pencemaran atau polusi lingkungan.

  • Menempatkan lokasi pabrik-ppabrik industri ditempat yang semestinya, yaitu jauh dari daerah pemukiman atau perumahan penduduk.
  • Awasi penggunaan jenis-jenis zat kimia dan peptisida atau zat lainnya yang dapat mengakibatkan terjadinya pencemaran lingkungan.
  • Memperluas gerakan reboisasi atau penghijauan terhadap hutan-hutan yang gundul, lakukan dengan langkah yang cepat, sigap, dan penuh tanggung jawab. Karena jika terus tertunda akan sulit untuk merobahnya kembali.
  • Lakukan tindakan tegas terhadap para pelaku tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab terhadap lingkungan, jika perlu berikan hukuman penjara karena hal ini terkait kemaslahatan hidup, jika sudah terjadi banjir siapa yang terkena dampaknya, jika terjadi longsor, hujan asam, dan sebagainya?.
  • Buanglah sampah pada tempatnya, sediakan tempat sampah sebanyak mungkin agar mempermudah orang-orang untuk membuangnya pada tempat yang semestinya.
  • Membangun kesadaran masyarakat terkait pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan hidup agar tetap bersih.
  • Menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan.

Demikianlah penjelasan mengenai pencemaran lingkungan, mulai dari macam macam pencemaran lingkungan, pengertian lingkungan, dampak pencemaran, serta cara mencegah pencemaran lingkungan. Jagalah selalu bumi kita tercinta ini lakukanlah pencegahan dan pelestarian selalu dan sayangilah alam ini agar anak cucu kita masih dapat menikmati keindahannya.

Tinggalkan komentar