10+ Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh dan Pengobatan Penyakit [LENGKAP]

MANFAAT BUAH SIRSAK – Buah sirsak atau buah dengan nama latin Annona muricata adalah tanaman yang terlahir dari negara Amerika bagian selatan dan bagian Tengah, Indonesia juga termasuk kedalam salah satu negara yang melestarikan buah yang sangat banyak dan juga julukannya contohnya seperti nangka buris, nangka landa, nangka walanda, dan srikaya jawa yaitu buah sirsak ini.

Buah sirsak yang sudah matang memiliki daging yang berwarna  putih dan bijinya yang pipih berwarna hitam dengan jumlah yang sedikit. Sementara bagian dari buah sirsak yang sering dimanfaatkan adalah daunnya karena didalamnya banyak mengandung manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan.

Kandungan Nutrisi dan Gizi Buah Sirsak

10+ Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh dan Pengobatan Penyakit [LENGKAP]
(https://i.ytimg.com)
Kandungan nutrisi pada buah ini sangatlah banyak mulai dari bagian buah, daun, dan pohonnya juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berbagai macam kandungan yang ia simpan diantaranya vitamin B1, vitamin B2, karbohidrat, dan vitamin C.

Buah ini juga mengandung serat pangan yaitu adalah subtansi non-gizi, kadar serat pada buah sirsak ini mencapai 3,3 gram tiap 100 gram daging buah yang ia miliki, kandungan lainnya dalam buah ini seperti kalsium (14 mg) dan fosfor (27 mg).

Kandungan Nutrisi dan gizi lainnya yang bisa anda dapatkan pada buah sirsak ini yaitu:

  • Serat= berfungsi melancarkan metabolisme dan pencernaan di dalam tubuh.
  • Karbohidrat= di dalam satu gelas sirsak memiliki kandungan karbohidrat sebanyak 38 g yang berfungsi sebagai energi tubuh manusia.
  • Kalium= Mengatur tingkat tekanan darah dalam tubuh, membantu otot – otot yang tersebar pada tubuh manusia, dan juga dapat berfungsi sebagai perbaikan tulang – tulang.
  • Vitamin C= Kandungan vitamin C pada sirsat cukup tinggi yang berfungsi sebagai antioksidan, kandungan antioksidan ini dapat membantu tubuh melawan bermacam – macam penyakit di dalam tubuh.
  • Air= Di dalam satu gelas sirsak terdapat kandungan air sebanyak 183 g, sehingga buah ini dapat mencegah terjadinya dehidrasi pada tubuh.
  • Fosfor= dalam 100 g buah sirsak ini terdapat 27 mg yang bermanfaat untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan tulang dan juga menghambat terjadinya penyakit osteoporosis.

Isoquinoline

  • Kandungan Anonaine
  • Kandungan Anoniine
  • Kandungan Atherospermine
  • Kandungan Coreximine

Lactones

  • Mengandung Annohexocina
  • Mengandung Annomuricina E, C, B, dan A
  • Mengandung Annomutacina
  • Mengandung Annopentocinas C, B, dan A
  • Mengandung Muricoreacina
  • Mengandung Gigantetronemina
  • Mengandung Murihexocina C dan A
  • Mengandung Javoricina

Lipid

  • Asam Stearat
  • Asam Gentistic
  • CLA
  • Asam Lignoceric

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan

10+ Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh dan Pengobatan Penyakit [LENGKAP]
(http://pondokibu.com)
Seperti yang telah dijelaskan tadi karena banyaknya jumlah nutrisi dan gizi yang dikandung buah ini menjadikannya memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan jika kita mengkonsumsinya, terutama ketika ia telah memasuki pencernaan tubuh gizi dan nutrisi yang terkandung di dalambuah ini akan di uraikan dan di serap kemudian di sebarkan keseluruh tubuh melalui peredaran darah.

Khasiat buah sirsak yang tidak begitu banyak orang ketahui yaitu terletak pada bagian biji buah sirsak ini, di dalam biji buah ini mengandung racun yang banyak di fungsikan oleh para petani sawah maupun kebun untuk dijadikan insektisida alami, begitu juga halnya dengan buah srikaya, oleh karena itu ketika hendak membuat juz sirsak jangan lupa membuang bijinya terlebih dahulu.

Di bidah kesehatan buah ini juga sangat sering digunakan, para pakar pengobatan tradisional berpendapat bahwa buah sirsak ini juga termasuk yang terdaftar sebagai salah satu buah yang menjadi sebagai bahan baku pembuatan obat-obatan herbal dengan fungsinya yaitu menjaga kondisi tubuh agar tetap stabil.

Dibalik kandungan dari nutrisi dan gizi seperti Annocotacin, Acetogenins, Annocatalin, Annomuricin, Annonacin, Anonol, Annohexocin, Caclourine, Anomurine, Gentisic acid, Gigantetronin, Muricapentocin, dan Linoleic acid memiliki banyak sekali manfaat yang bisa dijadikan untuk bahan obat – obatan dan kesehatan.

1# Manfaat Buah Sirsak Untuk Kanker

Banyak yang berpendapat bahwasannya buah sirsak mampu mengobati penyakit kanker yaitu pada bagian daun sirsak, namun hal ini masih menjadi perdebatan banyak orang, banyak para penderita kanker mencoba mencari cara agar dapat mengobati penyakit ganas yang di deritanya, oleh karena itu tak jarang mereka mencari berbagai macam obat-obatan herbal agar dapat menyembuhkan penyakitnya termasuk juga mencoba buah sirsak ini.

Manfaat buah sirsak ini memanglah sangat banyak, penelitian medis telah menemukan bahwasannya sirsak memiliki kandungan anti oksidan yang cukup tinggi yaitu pada daun sirsak sehingga memungkinkan untuk bisa membasmi kanker. Penelitian terhadal sirsak sebagai pengobatan penyakit kanker masih terus dilakukan dan dikembangkan hal ini sangat di tunggu – tunggu dalam dunia medis.

2# Buah Sirsak Membasmi Diabetes

Normalnya kadar gula seseorang berkisar antara 70 (mg) hingga 120 (mg), nah.. disinilah manfaat buah sirsak sebagai pembasmi diabetes.. nutrisi yang terkandung dalam buah sirsak ini mampu menstabilkan kadar gula darah agar tetap dalam batas normal. selain itu, kandungan yang terdapat dalam daun sirsak juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit diabetes secara alami.

Langkah-Langkah Pengobatan:

  • Pertama ambil 2 hingga 5 helai daun buah sirsak
  • Setelah itu bersihkan dengan air mengalir agar bakteri dan kuman yang melekat bisa hilang.
  • setelah dibersihkan rebus daun sirsak tersebut dalam air hangat sebanyak tiga gelas, lalu biarkan rebusan tersebut kering hingga tingga 1 gelas.
  • Air rebusan yang tingga 1 gelas tersebut bisa diminum dengan rutin tiap pagi dan malam bagi para penderita diabetes.
  • Cek kadar gula darah anda setelah melakukannya secara rutin selama 3 hingga 4 hari.

3# Buah Sirsak Mencegah Katarak

Dengan Rutin Meminum buah sirsak sehari 2x dipercaya dapat mengurangi terjadinya risiko pandangan kabur juga mengurangi terjadinya gangguan kesehatan pada mata seperti mata merah, gatal, dan katarak.

4#  Mengurangi terjadinya Risiko Serangan Jantung

Diungkapkan dari hasil penilitian bahwa terdapat keistimewaan pada buah sirsak yaitu ia memiliki suatu zat yang mampu menghilangkan ateroklerosis di dalam jantung seseorang. Ateroklerosis merupakan penyebab terjadinya penyakit yaitu kondisi saluran arteri jantung mengalami penebalan yang mengakibatkan darah yang mengalir menjadi tidak lancar sehingga menyebabkab terjadinya serang jantung.

5# Membantu Menjaga Kesehatan Pencernaan

Sistem pencernaan akan terganggu jika terjadi gangguan terhadap proses penyerapan gizi serta proses mencerna makanan yang nantinya akan menyebabkan timbulnya penyakit seperti diare atu sembelit.

Buah sirsak yang mengandung kadar vitamin B2 yang cukup tinggi dapat membantu menjaga membran mukosa pada usus, sehingga sistem pencernaan tetap stabil, kondisi terjaga, dan lancar dalam melakukan proses pencernaan makanan maupun penyerapan zat-zat makanan.

6# Membantu Produksi Hemoglobin

di dalam buah sirsak terdapat kandungan riboflavin yang memiliki fungsi penting, yaitu membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah sehingga mampu mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh secara normal dan stabil, dengan begitu organ – organ vital maupun non vital dapat melakukan aktivitasnya dengan baik tanpa adanya gangguan kekurangan oksigen.

7# Meningkatkan Konsentrasi di Dalam Tubuh

Buah sirsak ini juga mengandung banyak vitamin yang berfungsi meningkatkan konsentrasi dan memori serta menjaga kinerja otak agar dapat beraktivitas dengan baik. dengan adanya vitamin yang banyak otak menjadi terlepas dari stress dan beban-beban pikiran sehingga sistem saraf motorik yang terdapat di dalam otak menjadi kuat.

8# Pemasok Energi Bagi Tubuh

Buah sirsak memiliki kandungan karbohidrat yang berfungsi sebagai penambah energi, selain itu buah ini juga mengandung vitamin B1 yang juga berfungsi untuk memberikan kadar energi terhadap tubuh agar dapat mengoptimalkan fungsi organ – organ tubuh contohnya seperti otak, jantung, paru – paru, dan ginjal, dengan bertindak sebagai ko- enzim yang merubah glukosa menjadi sumber energi.

9# Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah sirsak ini juga memiliki senyawa acetogenins hingga muricapentocin yang dapat berfungsi sebagai peningkat sistem imunitas bagi tubuh dari berbagai macam penyakit dari luar.

10# Manfaat  Untuk Ibu Hamil

Buah sirsak untuk ibu hamil sangatlah besar manfaatnya, kita tahu pasti bahwasannya ibu hamil pastinya membutuhkan lebih banyak asupan gizi agar tumbuh kembang si buah hati kecilnya begitu juga bagi dirinya sendiri, beberapa manfaat buah sirsak untuk ibu hamil sebagai berikut:

  • Buah sirsak ini memiliki kandungan kalsium dan fosfor, sehingga dengan mendapatkan kandungan sirsak ini akan memperkuat tulang janin yang dikandung ibu.
  • manfaat buah sirsak lainnya yaitu ia juga dapat membersihkan rahim yang sudah menjadi obat herbal alami bagi wanita.
  • Buah ini juga berfungsi untuk menurunkan risiko diabetes kepada si ibu pada saat kehamilan.

11# Buah Sirsak Untuk Kecantikan

Sirsak kaya akan vitamin dan nutrisi yang penting bagi tubuh kita contohnya seperti Fruktosa, vitamin C, vitamin B2, vitamin B1, dan banyak lagi, namun jangan mengkonsumsi biji-bijinya karena biji buah sirsak mengandung racun yang biasanya dimanfaatkan oleh petani untuk dijadikan bahan ramuan pembasmi serangga. beberapa manfaat buah ini bagi kecantikan adalah:

  • Melawan tanda-tanda penuaan pada seseorang
  • Menghilangkan kutu pada rambut
  • Menguatkan rambut dan mencegah rambut agar tidak rontok
  • Mengurangi banyaknya ketombe pada rambut

12# Mengobati Penyakit Kolesterol

Karena banyaknya kandungan serat pada buah sirsak maka mengkonsumsinya sangatlah bagus untuk memperlancar sistem pencernaan pada tubuh kita, karena fungsi serat yaitu mampu memperlancar proses metabolisme dan pencernaan pada tubuh manusia.

Dengan mengkonsumsi 100 gram buah sirsak anda sudah memenuhi kebutuhan serat harian tubuh sebesar 13 %. Selain itu dengan mengkonsumsi buah ini akan mempermudah tubuh untuk melakukan penyerapan terhadap kolesterol jahat karena kandungan serat yang tinggi sehingga kolesterol jahat dapat keluar dari dalam tubuh.

Sirsak Sebagai Obat

10+ Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh dan Pengobatan Penyakit [LENGKAP]
(https://1.bp.blogspot.com)
Sirsak sangat banyak digunakan sebagai bahan obat – obatan herbal terutama pada bagian daunnya zat yang terdapat pada intisari daun sirsak sangat bermanfaat bagi tubuh manusia untuk melawan penyakit – penyakit yang datang dari luar berikut ini adalah khasiat sirsak yang dijadikan bahan obat – obatan:

  1. Zat Penenang: memberikan efek tenang bagi yang mengkonsumsinya
  2. Diuretik: emetik dari aurine
  3. Vermifuge: zat ini dapat membunuh cacing yang terdapat di dalam usus
  4. Vasodilator: zat ini dapat membantuk pelebaran pembuluh darah seseorang.
  5. Stomakik: zat ini membantu meningkatkan nafsu makan seseorang dan memperkuat perut.
  6. Galactogogue: membantu memberikan peningkatan dalam memproduksi ASI
  7. Kardiodepresan: membantu menekan aktivitas kegiatan jantung
  8. Nervin: membantu memperkuat saraf – saraf
  9. Hipoglikemik: membantu menurunkan kadar gula darah seseorang
  10. Hipotensi: membantu menurunkan tekanan darah seseorang
  11. Obat Penurun Panas: membantu menurunkan panas pada tubuh
  12. Anti inflamasi: membantu menekan peradangan
  13. Analgesik: membantu mengurangi rasa nyeri, pegal – pegal, sakit – sakitan pada tubuh
  14. Antimutagenik: membantu menghambat terjadinya mutasi gen
  15. Astrigen: membantu mengkerutkan selaput lendir
  16. Antikonfulsan: anti konfulsan
  17. Antimalaria: mencegah terjangkitnya penyakit malaria
  18. Antiparasit: Menghambat perkembangan parasit
  19. Antitumor: Mengurangi dan menghambat terjadinya perkembangan tumor
  20. Antikanker:menghambat pertumbuhan dan perkembangan kanker

Demikianlah manfaat buah sirsak yang perlu anda ketahui, terutama bagi anda yang mengidap penyakit – penyakit yang berkaitan di atas, jika anda mengidap beberapa penyakit seperti diatas baiknya anda mencoba mengkonsumsi buah sirsak ini, karena manfaat buah ini sangatlah banyak dan sudah teruji serta digunakan banyak orang, bukanlah zat berbahaya dan bukanlah zat kimia namun buah yang alami dengan berbagai macam khasiat di dalamnya 😀

5 pemikiran pada “10+ Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh dan Pengobatan Penyakit [LENGKAP]”

Tinggalkan komentar