50+ Istilah Dalam Instagram Pengertian Caption / Endorse / Repost

ARTI ISTILAH DI INSTAGRAM – Siapa sih yang nggak kenal sama sosial media yang satu ini? Yap instagram merupakan sosial media yang booming tahun-tahun kemaren ini hingga kini instagram semakin jaya, terdapat banyak sekali arti dan istilah-istilah baru yang perlu dipahami bagi kalian yang ingin menggunakan instagram.
Banyaknya singkatan-singkatan dalam setiap pemakaiannya membuat banyak orang bertanya arti dari ini apa sih? arti dari itu apa sih? Jadi kepo deh.. haha :D, Instagram digunakan sebagai media sosial untuk sarana berfoto, menghubungkan satu orang dengan lainnya, berbagi foto-foto dan pengalaman pribadi, dan masih banyak fitur-fitur lainnya yang menjadi karakteristik sosial media ini.

Arti dan Pengertian Instagram Stories

Instagram stories yakni adalah sebuah fitur terbaru dari instagram yaitu dimana para penggunanya bisa memberikan kiriman foto ataupun video yang akan menghilang tiap 24 jam setelah diunggah ke instagram.
Mirip seperti snapchar, video atau foto yang dishare hanya bersifat sementara saja dan tidak dapat dilihat kembali setelah 24jam berlalu.
Cara Membuat Instagram stories
cara membuat dan mengunggahnya sangatlah simpel, kamu cukup tap icon + yang ada di bagian sudut kiri atas layar smartphone yang kamu punya, kemudian geser layar ke kiri. Setelah itu kamera akan terbuka, disana kamu bisa mulai mengambil foto atau melakukan rekaman video. Kemudian kamu juga dapat menambahkan tulisan, gambar-gambar, coret-coretan yang nantinya dibagikan ke instagram story, contohnya seperti gambar di atas.
Setelah selesai membagikan konten, kamu bisa melihat hasil basic analytic seperti sudah berapa kali jumlah orang yang melihat intagram story kamu. Dan juga instagram story mu akan menyesuaikan dengan pengaturan privasi mu, jika kamu mengubahnya ke mode private maka yang hanya dapat melihat instagram storymu hanya followers mu saja.

Istilah-Istilah dalam Instagram

Setelah mengetahui beberapa istilah dan fitur dari instagram seperti diatas tadi, sekarang kita akan membahas mengenai istilah-istilah yang paling umum digunakan para pengguna instagram dalam berkomunikasi antara satu dengan lainnya dan juga fitur tambahan lainnya.

1. Instagram Activity Feed

arti instagram story
Lebih jelasnya istilah ini memiliki arti sebuah pemberitahuan, pada activity feed terdapat sebuah pemberitahuan terkait apa aktivitas yang dilakukan oleh IG terhadap akun kita, contohnya mention username kita, memberikan komentar atau like pada postingan kita, dan sebagainya.

2. Instagram Bio

Bio merupakan singkatan dari biography, yang berarti kolom keterangan mengenai diri pribadi kita, bio berfungsi untuk mendeskripsikan seperti apa sih.. diri kita ini.. kepada orang lainnya contohnya, hobi yang kamu sukai, makanan favorit kamu, status kalo bisa hehe.. Kolom bio ini terletak dibawah nama kita, pada kolom bio juga bisa mencantumkan gambar emoji yang biasa digunakan untuk mempercantik tampilan profile kita.

3. Caption

Caption adalah sebuah informasi keterangan terkait post yang kita kirimkan, pada caption ini kita juga bisa mencantumkan hashtag (menandai orang lain), contohnya anda hendak memosting sebuah foto maka nantinya akan ada kolom caption untuk memberikan keterangan mengenai foto tersebut, keterangan yang diberikan sesuai yang anda inginkan.

4. Comment

Sepertinya hal ini sudah sangat umum, arti dari comment yakni adalah komentar pastinya kita semua sudah tahu dengan yang satu ini, sebab komentar umum tersedia di sosial media lain juga. Komentar ini berfungsi untuk tempat berinteraksi antara satu pengguna dengan pengguna instagram lainnya.

5. Feed, Gallery, Album

Ketiga istilah diatas ini bisa dibilang koleksi dari gambar atau video yang terdapat di bagian profile. Bagi pengguna IG sendiri terdapat keunikan-keunikan tersendiri yang dibuat pada feed mereka dengan mengunggah foto-foto yang bertema sama dalam kurun waktu yang sudah ditentukan.

6. Filter

Filter bisa dijelaskan sebagai salah satu fitur instagram yang berfungsi untuk memberikan efek-efek pada gambar atau foto yang hendak kita posting, fitur ini gratis dan menjadi fitur tersendiri dari instagram. Fitur ini berfungsi untuk mengatur efek-efek mulai dari kecerahan gambar, warna, sejuk,  bersih, terah, dan masih banyak lagi.

7. Followers

Follower berarti adalah pengikut dari akun kita. Tiap-tiap pengikut pasti akan mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan terkait tentang postingan terbaru dari akun yang kita ikuti atau yang kita follow. Contohnya akun seorang motivator yang berisikan postingan tentang motivas-motivasi penyemangat, ketika kamu follow akun ini maka akan muncul postingan-postingannya di instagram mu juga, sebagai pertanda bahwa kamu sudah follow dia.

8. Geotag

Geotag yakitu adalah lokasi yang ada di dalam postingan yang sudah kita kirim. Fungsi dari geotag ini yaitu adalah memberikan informasi lokasi dimana kami mengirimkan postingan tersebut baik secara real time maupun  tidak. Fitur ini juga mempermudah kamu dalam mencari foto-foto yang sudah pernah di unggah.

Tinggalkan komentar