kabar singapura terbaru

Siapakah Sosok Halimah Yacob yang Menjadi Presiden Muslim Pertama Singapura?

HALIMAH YACOB – Seorang mantan ketua parlemen di singapura yang bernama Halimah Yacob, dapat dipastikan akan menjabat sebagai presiden muslimah yang pertama di negara singapura tersebut, setelah ia halimah hanya menjadi satu satunya diantara kandidat yang lain yang dapat memenuhi syarat pemilu di tahun 2017.

Presiden Muslimah Pertama Singapura Pemilu 2017

mengenal halimah yacob
mengenal halimah yacob cdn.sindonews.net

Pemilu presiden singapura baru-baru ini dilaksanakan pada pekan kedua tepatnya bulan september tahun 2017, lantaran halimah yacob hanya satu diantara lainnya yang menjadi kandidat tunggal, ia bdapat dipastikan akan menjadi presiden dinegara maju tersebut tanpa adanya pungutan suara sekalipun.

Dua orang kandidat rivalnya yaitu Farid Khan dan Mohammed Salleh Marican telah gagal dalam pemenuhan syarat-syaratnya, meskipun nominasi presiden telah resmi tutup pada rabu, tepatnya siang besok.

Dengan ini Halimah yacob pun menjadi sorotan dunia, sebab ia berasal dari etnis melayu yang sudah lama sehingga menjadi langka ketika menjadi pemimpin di negeri Merlion ini. terkait politisi melayu muslim ini yakni Halimah Yacob merupakan kelahiran tahun 23 Agustus tahun 1954.

Ia pernah menjabat sebagai salah satu anggota dari people’s Action Party atau disingkat [PAP]. atau jika diartikan menjadi Partai Aksi Rakyat, yang setelah itu menjabat menjadi ketua parlemen dari januaru 2013 hingga agustus 2017 kemaren.

Tanggal 7 Agustus 2017, Halimah Yacob mengundurkan diri dari singganasa atau jabatannya sebagai ketua dari parlemen serta anggota PAP, sebab hendak menjadi salah satu kandidat agar dapat mengikuti pemilihan presiden singapura tahun 2017.

Mengenal Halimah Yacob Lebih Dalam

presiden singapura mendatang
presiden singapura mendatang cdns.klimg.com

Mengenal Halimah Yacob lebih dalam, ia merupakan sosok yang telah dididik di singapore chinese Girl’s School serta tanjung kkatong girls school, sebelum setelahnya ia pergi untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Of singapore, dimana saat itu ia selesai dan mendapatkan gelar LLB (Bachelor LEgum Of Law) tepatnya pada tahun 1978.

Lanjut berikutnya mengenai Halimah Yacob, pada tahun 2001, ia selesai menamatkan kuliahnya dengan meraih gelar LLM (The Master Of Laws) yaitu di National University Of Singapore, disana Halimah ini mendapatkan gelar Doktok kehormatan dari National University Of Singapore tepat pd tanggal 7 Juli 2016.

Calon Presiden satu ini pernah bekerja menjadi praktisi hukum di kongres serikat perdagangan nasional tepat pd tahun 1992. Disana ia dinobatkan sebagai direktur institut studi ketenagakerjaan di Singapura yang sekarang biasa dikenal dengan nama Institut Studi Ketenagakerjaan Ong Teng Cheong yaitu tahun 1999.

Mengenal Halimah Yacob lebih dekat lagi ia mulai menekuni dunia politik pada tahun 2001, yang pd saat itu ia sempat terpilih menjadi salah satu anggota parlemen sebagai konstitusi perwakilan jurong group (GRC). Pada pemilu tahun 2015, Halimah yacob ini menjadi satu-satunya calon minoritas untuk PAP.

Tentang Negara Singapura dan Yacob

presiden wanita pertama singapura
presiden wanita pertama singapura media.theindependent.sg

Halimah ini sudah sering dikenal sebagai salah satu aktivis dalam kampanye nya melawan kelompok islam radikan. Ia sering mengecam kelompok-kelompok islamic state of irak and syiria atau biasa dikenal dengan nama ISIS.

Dalam ucapan Yacob ia mengatakan sebagai berikut ” Saya akan berjanju untuk senantiasa melakukan yang terbaik semampu jiwa raga saya untuk dapat melayani masyarakat singapura, dan itu tidak akan berubah, meskipin ada pemilu maupun tidak ada pemilu” Halimah berkata, kemarin ini.

“Komitmen dan Semangat saya dalam melayani rakyat singapura tetaplah sama. Saya akan tetap dalam komitmen penuh saya dalam melayani Singapura ini,” Katanya.

Dengan ini Halimah Yacob akan menggantikan kedudukan Tony Tan, yang sudah menjabat selama 6 tahun sebagai presiden negara Singapura tersebut. Selain menjadi penyandang kedudukan presiden wanita pertama, yacob ini juga akan menjabat sebagai warga keturunan melayu pertama kali yang menjadi presiden dalam 47 tahun terakhir ini.

Sejarah Kandidat Presiden Singapura Dari Awal – Tony Tan Keng

presiden wanita muslimah pertama singapura
presiden wanita muslimah pertama singapura images.allsingaporestuff.com

Sampai saat ini, telah ada 7 figur yang sudah menjabat sebagai presiden di Singapura. Mereka tersebut adalah yakni pertama yusof Ishak mulai tahun 1965 hingga 1970, kemudian yang kedua Benjamin Shearres pada tahun 1971 hingga 1981, lalu yang ketiga C.V Devan Naik mulai tahun 1981 hingga 1985.

lanjut yang keempat Wee Kim Wee pada tahun 1985 hingga 1993, kemudian yang kelima Ong teng Cheong tahun 1993 hingga 1999, lali keenam Sellapan ramanathan pada tahun 1999-2011, dan terakhir Tony tan Keng Yam mulai tahun 2011 hingga 2017.

Kandidat lain Gagal Dikarenakan Syarat yang Tidak Terpenuhi

halimah yacob presiden singapura 2017
halimah yacob presiden singapura 2017 channelnewsasia.com

Mantan juru bicara parlemen halimah yacob ini akan serta merta menjadi presiden singapura untuk tahun kedepan, dan sekalian menjadi presiden wanita yang pertama di negara maju tersebut. Duduknya Halimah Yacob di kursi presiden bisa dipastikan akan didapatkan setelah kandidat yang lain gagal lolos untuk mendapatkan uji kelayakan serta pemenuhan syarat-syarat menjadi calon presiden.

Seperti yang telah dikutip dari channel news asia, pada senin 11/9. Departemen pemilu di singapura hanya akan mengeluarkan satu macam sertifikat kelayakan yang akan diberikan kepada para calon presiden. Hal ini bisa dipastikan dua orang kandidat presiden lainnya yakni Farid Khan dan Mohammed Salleh Marican akan gagal lolos untuk kedepannya.

Singapura Tahun 2017 Mendatang

halimah yacob presiden muslimah singapura
halimah yacob presiden muslimah singapura tnp.sg

Halimah Mengucapkan janjinya dengan ucapan sebagai berikut” Saya berjanji agar senantiapa melaksanakan tugas dengan kemampuan terbaik yang saya miliki untuk dapat melayani masyarakat singapura dan itu tidak akan pernah berubah, meskipin ada pemilihan atau tidak ada sama sekali,” Ungkap Halimah wanita usia 63 tahun tersebut.

“komitmen dan Semangat yang saya miliki untuk dapat melayani masyarakat singapura akan tetap sama seperti biasanya. Saya akan tetap dalam komitmen yang penuh dalam melayani kepentingan singapura” lanjut ungkapan yacob. Pemilihan presiden singapura akan dijadwalkan pada bulan ini yakni september 2017.

halimah akan segera menggantikan posisi dari Tony Tan, yang sebelumnya telah menjabat sebagai presiden selama 6 tahun belakangan. Selain menjadi wanita paling pertama yang akan menjabat menjadi presiden singapura, yacob ini juga serta merta akan menjadi warga keturunan melayu yang pertama yang menyandang kedudukan presiden dalam 47 tahun terakhirnya.

Urutan Orang-Orang yang pernah Menjabat Presiden Singapura

kabar singapura terbaru
kabar singapura terbaru cdn.sindonews.net

Hingga saat ini, telah lewat 7 figur yang sudah pernah menjabat menjadi presiden di singapura antara lain yakni:
1. Yusof Ishak tahun 1965-1970
2. Benjamin Sheares tahun 1971-1981
3. C.V Devan Nair tahun 1981-1985
4. Wee Kim Wee tahun 1985-1933
5. Ong Teng Keng Cheong tahun 1993-1999
6. Sellapan ramathan tahun 1999-2011
7 tony tan Keng Yam tahun 2011-2017

Halimah Yacob Yutube

Berikut ini video tentang halimah yacob presiden singapura

HALIMAH YACOB PRESIDEN SINGAPURA

2 pemikiran pada “Siapakah Sosok Halimah Yacob yang Menjadi Presiden Muslim Pertama Singapura?

Tinggalkan komentar