Definisi Operasional Variabel Penelitian | 2019 | Contoh & Cara

Definisi operasional suatu variabel adalah semua aspek penelitian dan memberikan kami informasi tentang cara mengevaluasi variabel.

Definisi operasional adalah panduan untuk bagaimana mengevaluasi variabel.

Variabel adalah angka yang dapat berubah dan menghasilkan hasil instan atau penelitian. Kehadiran variabel juga memudahkan untuk menganalisis masalah. Variabel juga sangat penting, terutama dalam penelitian ilmiah, salah satu variabelnya adalah variabel independen.

Definisi operasional variabel 2019

contoh variabel bebas

Definisi operasional adalah aspek penelitian yang memberi kita informasi tentang cara mengukur variabel. Definisi operasional memberi kita petunjuk tentang cara mengukur variabel.

Definisi operasional adalah informasi ilmiah yang dapat sangat membantu peneliti lain yang ingin menggunakan variabel yang sama untuk penelitian. Karena berdasarkan informasi ini, ia akan tahu bagaimana mengukur variabel berdasarkan konsep yang sama.

Oleh karena itu, ia dapat menentukan apakah akan terus menggunakan proses pengukuran yang sama, atau apakah pengukuran baru diperlukan.

Definisi operasional adalah penjelasan tentang definisi variabel yang dipilih oleh peneliti. Secara logis, mungkin para peneliti dapat memiliki definisi operasional yang berbeda dalam judul makalah yang sama. DO (definisi operasi) dapat merujuk pada literatur.

CARA MEMBUAT VARIABEL BEBAS

pengertian variabel bebas

Variabel independen adalah hipotesis yang mengubah urutan untuk mengevaluasi pengaruhnya terhadap variabel dependen (hasil). Dengan kata lain, argumen digunakan sebagai input dan variabel dependen digunakan sebagai output.

Argumen yang merupakan variabel, atau “penanganan” atau kondisi (stimulus) yang bekerja pada suatu objek. Para peneliti memilih nilai (level, jumlah, dll.) Dari “perawatan” yang diperoleh subjek. Peneliti memilih subjek mana yang menerima “pengobatan” dan objek mana yang tidak.

Jangan merasa sedih jika kita bingung tentang menentukan variabel independen dan dependen dalam ilmu sosial dan penelitian perilaku. Namun, penting bagi kita untuk mempelajari perbedaan antara variabel independen dan dependen.

karena menggunakan variabel-variabel ini untuk penelitian kerangka kerja adalah cara umum untuk mengatur elemen penelitian ilmu sosial untuk menemukan hasil yang relevan dan bermakna. Yang paling penting adalah dua alasan berikut:

  • Kita perlu memahami dan dapat mengevaluasi penerapan variabel-variabel ini dalam penelitian orang lain.
  • Kita perlu menerapkannya dengan benar dalam penelitian kita.

Variabel penelitian hanya berhubungan dengan orang, tempat, objek atau fenomena yang akan kami coba ukur dengan beberapa cara. Cara terbaik untuk memahami perbedaan antara variabel independen dan variabel dependen adalah memahami bahwa makna setiap variabel tersirat dalam kata yang memberi tahu kita variabel mana yang sedang digunakan.

Kita dapat melakukan ini melalui latihan sederhana di situs web tutorial grafis. Menggunakan kalimat “[Parameter] menyebabkan [Variabel Dependen] berubah, dan [Variabel Dependen] tidak menyebabkan [Variabel Dependen] berubah”.

Masukkan nama variabel yang kami gunakan dalam kalimat dengan cara yang paling masuk akal. Ini akan membantu kami mengidentifikasi setiap jenis variabel. Jika Anda masih tidak yakin, silakan berkonsultasi dengan profesor Anda sebelum mulai menulis.

Contoh berikut menggambarkan metode untuk menentukan variabel independen dan terikat dalam penelitian atau eksperimen (“eksperimen anti-rasisme”) oleh seorang guru bernama Jane Elliott.

Eksperimen yang dilakukan oleh guru tahun ketiga Jane Elliott membagi kelas menjadi dua kelompok: anak-anak bermata biru dan anak-anak bermata cokelat. Dia memberi anak-anak bermata biru hak istimewa ekstra dan menekankan bahwa mereka lebih unggul daripada mata cokelat yang sekarang “minoritas.”

Akibatnya, kepercayaan diri anak-anak dengan mata cokelat mengurangi kinerja akademik dan meningkatkan perilaku bullying. Namun, ketika ia kemudian menandai kelompok mata biru sebagai inferior, efeknya terbalik.

Dalam hal ini, variabel independen adalah status grup, yaitu apakah anak tersebut dalam grup khusus. Ini memiliki beberapa efek pada anak-anak. Yang perlu diingat dalam kasus ini adalah bahwa warna mata anak bukan merupakan variabel independen. Warna mata adalah pilihan acak yang dibuat oleh guru berdasarkan rasisme dan prasangka.

contoh definisi operasional dalam proposal

Menerapkan variabel-variabel tsb merupakan pendekatan umum untuk dapat memegang unsur-unsur penelitian ilmu sosial agar mendapatkan hasil yang relevan juga bermakna. Khusus, perlu untuk dua alasan dibawah ini yakni:

  • Kita perlu mengerti dan bisa mengukur penggunaan variabel hal yang demikian dalam penelitian orang lain.
  • Kita perlu memakainya dengan baik dalam penelitian kita.

Variabel penelitian cuma mengarah pada seseorang, daerah, benda, ataupun venomena yang akan kita coba ukur untuk sebagian metode.

Baca Juga :

Pengertian Variabes Bebas dan Terikat

Contoh Variabel Kontrol

Sistem terbaik untuk dapat mengerti perbedaan antara variabel bebas dan terikat merupakan memahami terkait arti masing-masing tersirat pada kata2 yang memberikan informasi perihal variabel yang kita pakai.

Masukkan nama2 variabel yang kita pakai pada kalimat menggunakan metode yang paling masuk logika. Ini akan menolong kita mengetahui tiap-tiap ragam variabel.

cara membuat definisi operasional

definisi operasional variabel

Bagaimana Anda membuat definisi operasional? Agar dapat mengkompilasi definisi operasi dengan benar, poin-poin berikut perlu dipertimbangkan.

  • Gunakan definisi sinonim dari variabel yang ingin Anda tetapkan.
  • Identifikasi metrik untuk konsep yang ingin Anda tetapkan.
  • Identifikasi alat yang akan digunakan untuk menjelaskan konsep-konsep yang akan didefinisikan.
  • Identifikasi metrik / tindakan yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi fitur konseptual yang akan didefinisikan.

Tinggalkan komentar