Contoh Variabel Kontrol Pengertian Cara menentukan | 2019

Variabel adalah jumlah yang dapat mengubah dan memengaruhi hasil penelitian saat ini atau. Kehadiran variabel juga memudahkan untuk menilai masalah. Variabel juga sangat penting, terutama dalam penelitian ilmiah, salah satunya adalah variabel independen.

Pengertian dan Contoh Variabel Kontrol 2019

variabel bebas

Variabel kontrol adalah variabel konstan dan dapat dikontrol. Dalam penelitian ini, variabel kontrol digunakan untuk perbandingan. Misalnya, pengaruh penggunaan pupuk terhadap hasil jagung manis. Oleh karena itu, dalam penelitian ini, peran variabel kontrol adalah tanah, sinar matahari dan air.

contoh variabel bebas terikat dan kontrol biologi

variabel bebas terikat kontrol

Berikut ini adalah deskripsi yang berkaitan dengan contoh penentuan tiga variabel dalam studi biologi: Sebuah penelitian dirancang menggunakan varian dari lima konten yang berbeda. Tabung 1 hanya ditemukan dalam kacang hijau, dan tabung 2 berisi kapas kering dan kacang hijau yang tidak diproses.

Tabung 3 berisi kapas kering, kacang hijau dan disegel. Tabung 4 berisi kapas basah, kacang hijau dan tertutup. Tabung reaksi 5 berisi kapas basah, biji kacang hijau, yang diizinkan.

Biarkan biji kacang hijau ditempatkan selama 2 hari sehingga Anda dapat melihat berapa banyak kacang hijau dapat tumbuh di dalam tabung.

Berdasarkan desain penelitian, Anda dapat menentukan bahwa variabel independen dari penelitian ini adalah kateter 2, 3, dan 4, dan mereka juga dirawat. Perawatan yang diberikan tertutup, tidak tertutup, dan area kering juga sangat basah.
Dalam penelitian ini, contoh dari variabel kontrol adalah variabel yang terjadi di tabung 1. Benih dalam tabung pertama sengaja dibuat tanpa pengobatan, sehingga dapat digunakan untuk perbandingan dengan tabung lainnya.

Contoh variabel dependen dalam studi di atas adalah hasil dari benih yang berhasil tumbuh menjadi tunas baru. Oleh karena itu, menurut penelitian di atas, benih yang tumbuh dengan baik adalah tabung reaksi 5, dan benih tersebut diperlakukan pada kapas basah yang juga ditempatkan di udara terbuka.

Contoh Variabel Bebas dalam Matematika

Di bidang penelitian matematika, Anda dapat menemukan keberadaan variabel independen dan dependen dalam persamaan matematika. Contohnya adalah sebagai berikut:

Y = 5 + 3x

Dalam persamaan, y digunakan sebagai variabel dependen, karena nilai y tergantung pada nilai x. Semakin besar nilai x, semakin besar nilai y. Sebaliknya, semakin kecil nilai x, semakin kecil nilai y.

Oleh karena itu, variabel dependen dalam matematika dapat diartikan sebagai nilai yang nilainya berubah karena pengaruh perubahan nilai sistem.

Nilai x mempengaruhi nilai y. Oleh karena itu, x bertindak sebagai variabel independen. Dalam hal ini, ia ditafsirkan sebagai input yang bebas untuk mendapatkan nilainya.

Aplikasi sampel digunakan untuk analisis regresi di bidang ilmu statistik. Di dalamnya, hubungan sebab akibat antara satu variabel dan variabel lain dipelajari secara lebih mendalam.

Dalam analisis regresi, sumbu x bertindak sebagai variabel independen dan sumbu y bertindak sebagai variabel dependen. Contohnya adalah studi tentang pengaruh konten NaCl pada konten metabolit sekunder pada daun G. chinensis.

Dalam penelitian ini, variabel independen adalah jumlah atau konsentrasi garam NaCl yang digunakan dalam percobaan. Sebagai variabel dependen, kandungan metabolit sekunder.

Saat membuat peta analisis studi, tingkat NaCl berada pada sumbu x dan konten metabolit sekunder ada pada sumbu y. Menurut regresi linier yang terbentuk, persamaan y = a + bx dapat diatur.

Perbedaan antara variabel bebas dan terikat

variabel bebas terikat dan kontrol

Untuk menerangkan beda antara variabel bebas dan terikat gampang saja. Di atas telah diterangkan yaitu variabel bebas atau variabel independen merupakan variabel yang memberi pengaruh variabel terikat atau variabel dependen. Bisa disimpulan, variabel bebas merupakan variabel yang memberi pengaruh.

Membuktikan mana variabel bebas serta mana variabel terikat tidak sesulit yang kita pikirkan. langkah pertama, pembaca diperlukan mengidentifikasi dahulu penelitiannya perihal apa.

Atau seandainya ingin lebih mendetail, indetifikasi dahulu pertanyaan penelitiannya sperti apa. Pembaca juga dapat mendeteksi macam variabel melewati hipotesis yang dirumuskannya.

Untuk contohnya, penelitian perihal akibat status perkawinan kepada tingkat kepercayaan diri orang. Variabel bebasnya ialah status perkawinan. Meski variabel terikatnya ialah tingkat kepercayaan diri.

Contoh lainnya adalah, penelitian perihal akibat umur pernikahan kepada resiko perceraian. Karenanya, variabel bebasnya umur pernikahan. Meski variabel terikatnya resiko perceraian. Variabel bebas senantiasa menjadi variabel yang memberi pengaruh variabel terikat, itu sebagai kuncinya.

Sejauh ini, saya sudah mencari secara singkat disertai contoh beda antara variabel bebas dan terikat. Sudah diceritakan di permulaan bahwa mengenal rangkuman permasalahan atau pertanyaan penelitian ialah tips mudah untuk mengetahui mana variabel bebas, mana yang terikat.

Karena, kita belum pasti dapat mengidentifikasi variasi variabel cuma dengan mendapatkan topik penelitiannya saja. Contoh, penelitian perihal kekerabatan antara tingkat pengajaran dengan pendapatan seseorang.

Kedua variabel hal yang demikian dapat jadi variabel dependen atau independen. Supaya bisa mendeteksinya, kita perlu mengenal simpulan masalahnya.

definisi operasional variabel

pengertian variabel bebas

Definisi operasional yakni aspek penelitian yang memberikan info terhadap kita seputar bagaimana caranya mengevaluasi variabel. Definisi operasional yakni semacam pengarahan terhadap kita seputar bagimana caranya mengevaluasi suatu variabel.

Definisi operasional yaitu info ilmiah yang sungguh-sungguh menolong peneliti lain yang mau menjalankan penelitian dengan memakai variabel yang sama.

Sebab menurut info itu, dia akan mengenal bagaimana caranya menjalankan penilaian kepada variabel yang dibangun menurut konsep yang sama. Dengan demikian dia bisa menetapkan apakah konsisten memakai prosedur penilaian yang sama atau dibutuhkan penilaian yang baru.

variabel bebas dan terikat dalam penelitian

pengertian variabel bebas terikat kontrol

Contoh pertama ialah penelitian terkait penentuan bahan2 kimia yang penting untuk nutrisi tikus. Menurut inspirasi penelitian hal yang demikian karenanya Anda bisa membentuk desain percobaan, yakni dengan menetapkan variabel bebas juga variabel terikat.

Pada penelitian itu yang berperan penting menjadi variabel bebas ialah ada tidaknya bhan kimia. ini disebabkan perlakuan bahan kimia bisa berimbas kepada pertumbuhan juga perkembangan untuk tikus.

Baca Juga :

contoh variabel terikat dan bebas

Pengertian Variabel Bebas dan Terikat

Nantinya Anda bisa mengamati beda antara tikus yang dikasih bahan kimia juga yang tak dikasih perlakuan bahan kimia.

Variabel terikat pada penelitian tsb yakni kesehatan tikus. ini disebabkan Anda bisa melihat kesehatan tikus betul-betul diberi pengaruh oleh nutrisi bahan kimia yang dikasih terhadap tikus.

Penelitian lebih lanjut Anda bisa memaksimalkan variabel bebas yang diaplikasikan. Semisal, yang menjadi sebagai variabel bebas yakni jumlah bahan kimia yang dikasih terhadap tikus.

Anda bisa membikin tipe perlakuan jumlah bahan kimia yang dikasih terhadap tikus. Meskipun variabel terikatnya yakni kesehatan tikus.

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini yakni untuk mendapatkan data perihal jumlah bahan kimia ideal untuk dikasih terhadap tikus dengan bgtu tikus bisa tumbuh juga berkembang dengan bagus.

Cara menentukan variabel bebas dan terikat melalui hipotesis

contoh variabel bebas

Untuk contoh, suatu hipotesis berbunyi: ”Adanya imbas yang signifikan antar tingkat kepadatan penduduk serta tingkat stress seseorang”. diantaranya mana yang menjadi variabel bebas? Dari contoh diatas, tentunya kepadatan penduduk jadi variabel bebasnya.

Contoh lainnya, hipotesis berbunyi: pelajar muda yang menjadi kelas menengah atas cenderung mendapat kans untuk memperoleh pengajaran yang lebih pantas.

Kans kuliah ini mereka pakaikan untuk mentukan profesi apa yang cocok dengan passionnya. Tingkat ajaran yang bagus juga memperluas peluangnya untuk mampu memilih profesi secara lebih luas.

Sehingga pelajar muda kelas menengah atas mendapatkan alternatif atas tipe profesi yang lebih beragam media diperbandingkan dengan pelajar muda kelas bawah, sesudah skill serta keterampilan yang dimiliki dibatasi.

Apa yang menjadi hipotesis bebasnya? serta apa hipotesis terikatnya? Hipotesis di atas yaitu asumsi sementara yang belum dipastikan. Namun kita dapat mengetahui tipe variabelnya.

Penelitian tsb yaitu penelitian seputar pelajar muda dan varian profesi menurut sosio-ekonominya. Ringkasan sementaranya bagus, pelajar muda kelas menengah atas memperoleh alternatif atas tipe profesi yang lebih beragam dibandingkan pelajar muda kelas bawah.

Tinggalkan komentar