10 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tumbuhan / Hewan / Alam / Lingkungan

CONTOH TEKS LAPORAN – Kali ini kita akan membahas mengenai pengertian, fungsi, tujuan, ciri-ciri, struktur serta contoh teks laporan hasil amati secara komplit. Mulai dari perihal hewan, tumbuhan, lingkungan, alam semesta, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pengertian Teks Laporan Hasil Pengamatan

contoh teks laporan
manoracademy.org

Teks laporan hasil amati yakni sebuah teks yang menjelaskan suatu isu yang berkaitan dengan hewan, tumbuhan, fenomena sosial, alam, hasil karya manusia, atau pun fenomena alam berdasarkan dengan fakta yang ada dan disertai dengan klasifikasi kelas dan subkelas yang ada di dalamnya berdasarkan amati.
Singkat kata, teks laporan hasil amati yakni sebuah teks yang memaparkan hasil amati secara sistematik dan objektif berdasarkan fakta yang ada.

Tujuan Teks Laporan Hasil Pengamatan

lalaukan.blogspot.co.id

Lalu apa sih tujuan dari amati ? Mungkin kalian udah pernah melaksanakan amati namun belum mengenal apa tujuannya. Jadi, tujuan dari obeservasi yakni untuk memberikan sebuah isu perihal klasifikasi mengenai suatu hal berdasarkan fakta layak kriteria tertentu sebagai hasil pengamatan secara sistematis dan objektif serta untuk memecahkan suatu permasalahan berupa hipotesis hasil pengamatan.

Adapun tujuan lain dari teks laporan hasil amati yakni :
Untuk menemukan teknik atau sistem terbaru yang belum pernah di explore.
Untuk memecahkan suatu permasalahan atau permasalahan tertentu.
Untuk mengambil keputusan yang jauh lebih tepat sasaran.
Untuk mengenal perkembangan suatu permasalahan.
Untuk melaksanakan pengawasan atau koreksi.

Fungsi Teks Laporan Hasil Observasi

Proposal Bisnis

Selain mempunyai tujuan, teks laporan hasil amati juga mempunyai fungsi. Apa saja fungsi dari teks amati ? Berikut yakni penjelasannya :

Teks laporan hasil amati sebagai sumber isu terpercaya sebab berdasarkan dengan fakta.
Sebagai laporan pertanggung jawaban dari sebuah tugas atau aktivitas pengamatan.
Teks laporan hasil amati sebagai sarana untuk pendokumentasian.
Menerangkan dasar penyusunan kebijaksanaan, pemecehan suatu permasalahan dalam pengamatan, serta sebagai sebuah keputusan.

Ciri Ciri Teks Laporan Hasil Pengamatan

contoh kata penutup karya ilmiah

Teks laporan hasil amati juga mempunyai prasyarat-prasyarat atau kaidah-kaidah tertentu yang wajib dipenuhi. Tujuannya supaya laporan hasil amati yang diwujudkan dapat dipertanggung jawabkan. Berikut ini yakni penjelasan perihal ciri ciri teks amati :

1. Objektif

Objektif disini berarti teks laporan hasil amati wajib disajikan layak dengan keadaan obyek yang sebetulnya di lapangan, tanpa dipengaruhi pandangan atau anggapan pribadi.

2. Universal

Maksud dari universal yakni teks laporan hasil amati tak tendensi atau memihak terhadap pihak tertentu. Dengan kata lain, laporan hasil amati yang diwujudkan haruslah bersifat lazim atau general. Maksudnya dapat dipahami oleh semua orang dan tak merugikan orang lain.

3. Faktual

Sebuah teks laporan hasil amati haruslah bersifat faktual atau berdasarkan pada kenyataan di lapangan, mengandung kebenaran perihal obyek yang telah diteliti. Kenapa wajib faktual ? Sebab laporan yang tak layak dengan kenyataan sulit untuk di uji kebenarannya dan pun tak dapat dipertanggung jawabkan.

4. Sistematis

Sistematis maksudnya teks laporan hasil amati yang diwujudkan wajib teratur, berurutan, dan layak dengan standar yang berlaku dalam penulisan teks amati.

5. Obyek yang di Amati

Kamu dapat mempertimbangkan sendiri obyek apa yang akan di amati. Dapat perihal hewan, lingkungan, lingkungan maupun alam semesta.

6. Tidak ada komponen penutup dari penulis laporan.

Penulis cuma berbuat sebagai pelapor yang melaporkan obyek berdasarkan analitik dan pengamatan yang telah dilaksanakan.

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

contoh pendahuluan karya ilmiah

Berikut ini yakni penjelasan mengenai struktur teks laporan hasil amati :

1. Pernyataan Awam / Kategori

Pernyataan lazim pada teks laporan hasil amati berisi perihal isu atau definisi mengenai suatu hal yang dibahas atau hasil pengamatan yang telah dilaksanakan.

Bagian ini dapat diartikan sebagai pembuka karangan secara lazim dengan membahas penggolongan perihal suatu obyek yang hendak dilaporkan. Seperti hewan, tumbuhan, alam, fenomena sosial, dan yang lainnya.

Obyek yang akan di klasifikasi berdasarkan atas perbedaan atau persamaannya. Kemudia kriteria tersebut dipakai untuk membedakan kelas, subkelas, dan rincian yang lebih mendalam lagi.

2. Paragraf yang Terdiri dari Aspek yang di Laporkan

Pada komponen ini, berisi perihal penjelasan secara detail mengenai isu yang akan dikasih berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilaksanakan.

Pada komponen ini juga digambarkan secara lebih detail mengenai penggolongan atau klasifikasi secara runtut dari kelas yang paling besar hingga kelas yang paling kecil. Umpamanya penggolongan dicontoh dengan rincian dari aspek perilaku, lingkungan, genetis, peran, jasmaniah, fungsi, maupun kepribadiannya.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Perihal Tumbuhan

contoh kata pengantar karya ilmiah

Indonesia yakni negara yang kaya akan seumber tenaga alamnya. Beraneka macam tumbuhan hidup di Indonesia. Padahal ini dikarenakan Indonesia diketahui sebagai negara yang subur sebab berada pada iklim tropis.

Beberapa demikian, masih terdapat beberapa spesies tumbuhan yang terancam punah. Padahal ini disebabkan sebab aktivitas manusia dalam menebang hutan secara liar, perubahan iklim, dan lain sebagainya.

Ketika tumbuhan langka tersebut berada di Indonesia dan amat sulit sekali ditemukan sehingga perlu adanya perhatian khusus untuk melestarikan tanaman langka tersebut.

1. Tanaman Bunga Bangkai

Bunga bangkai mempunyai nama latin rafflesia arnoldy dan mempunyai ukuran yang lebih besar serta mengeluarkan bau busuk yang amat menyengat. Bau yang menyengat ini berperan penting sebagai perlindungan dan berfungsi sebagai penarik perhatian serangga seperti lalat dan kumbang untuk membantu pengerjaan penyerbukan.

Bunga bangkai berhabitat asli di hutan sumtera. Akan namun dikala ini mulai di konservasikan di banyak tempat seperti di Taman Hutan Raya Ir. Djuanda Bandung. Dalam perkembangannya bunga ini kapabel membumbung tinggi hingga pada ketinggi 4 meter.

Pada dikala bunga ini mekar, komponen pada kelopak luarnya akan berwarna putih padahal mahkotanya berwarna merah tua keunguan.

Selain ukurannya cukup besar dan nampak amat kokoh, bunga ini cuma kapabel bertahan selama 7 hari dan kemudian akan mati. Oleh sebab itu, tumbuhan ini di kategorikan sebagai tumbuhan langka.

2. Tumbuhan Damar

Tumbuhan ini dahulu amat mudah ditemukan di beberapa tempat di Indonesia seperti di Ternate, Lampung, dan Samar. Dalam pertumbuhannya, pohon damar dapat menempuh ketinggian sekitar 60 meter.

Tumbuhan damar menjadi semakin langka di akibatkan oleh pengeksplotasian secara berlebihan yang dilaksanakan oleh oknum-oknum yang tak bertanggung jawab. Getah pohon damar dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan kaca, vernis, dan cairan pelapis kertas.

3. Kantong Semar

Kantong semar yakni tumbuhan karnivora yakni tumbuhan yang hidup dengan memakan serangga-serangga kecil seperti lalat, semut, lebah, dan yang lainnya. Tumbuhan ini memangsa serangga dengan sistem membuka kantung mulutnya lebar-lebar.

Sebab ada serangga yang masuk ke dalamnya, tumbuhan ini lantas menutup kelopaknya yang menyerupai mulut. Tumbuhan kantong semar mulai di konservasikan di bermacam-macam tempat di Indonesia. Tujuannya supaya tumbuhan ini tak punah dan konsisten terjaga kelestariannya.

4. Pohon Ulin

Pohon ulin juga lazim disebut dengan nama kayu besi. Pohon ulin yakni tumbuhan endemik dari pulau Kalimantan.

Pohon ulin diketahui dengan kualitas kayunya yang amat kuat sehingga banyak dipakai untuk bahan kontruksi bangunan. Salah satu penyebab hampir punahnya pohon ulin yakni dampak penebangan liar dan eksploitasi secara berlebihan oleh oknum-oknum yang tak bertanggung jawab.

5. Pohon Cendana

Pohon cendana yakni macam pohon-pohon yang mempunyai banyak manfaat diantaranya yakni sebagai bahan baku pembuatan dupa, rempah-rempah, bebauan terapi, dan yang lainnya.

Padahal ini menyebabkan pohon cendana banyak di eksploitasi. Selain itu tanaman ini tak mudah untuk di budidayakan, sehingga membikin populasi pohon cendana semakin berkurang dan hampir terancam punah.

6. Anggrek Tebu

Anggrek tebu yakni tanaman yang masih satu rumpun dengan bunga anggrek yang mempunyai berat lebih dari 1 ton dengan panjang dapat menempuh 3 meter. Sebab ukurannya yang besar, anggrek tebu juga lazim disebut dengan anggrek raksasa.

Bunga anggrek tebu amat sedikit keberadaannya. Padahal ini dikarenakan anggrek tebu yang sulit untuk di budidayakan. Oleh sebab itu, tanaman ini termasuk ke dalam tanaman langka di Indonesia.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

contoh karya ilmiah

 Tentang Hewan Beruang Madu

Beruang madu yakni macam beruang yang paling kecil dari kedelapan macam beruang yang ada di dunia. Beruang madu yakni fauna khas Bengkulu sekaligus dipakai sebagai simbol provinsi tersebut.

Beruang madu ini mempunyai ukuran tubuh sekitar 1,40 meter, tinggi punggungnya 70 cm dengan berat antara 50 – 65 kg. Sebab hidupnya di pohon-pohon karenanya telapak kaki beruang madu tak mempunyai bulu sehingga dia dapat bergerak dengan kecepatan 48 km / jam dan mempunyai tenaga yang amat kuat.

Beruang madu yakni hewan mamalia, bulu beruang madu cenderung pendek dan berkilau. Di bawah lehernya terdapat petunjuk yang amat unik berwarna oranye yang dipercaya menandakan matahari terbit.

Beruang madu yakni salah satu hewan omnivora yang memakan apa saja di hutan. Mereka memakan aneka buah-buahan dan tanaman hutan hujan tropis. Termasuk juga tunas tanaman macam palem. Mereka juga bergembira memakan serangga, madu, burung, dan hewan kecil lainnya.

Beruang madu telah di kategorikan sebagai hewan yang mudah diserang dan terancam punah. Padahal ini disebabkan oleh perusakan habitat asli beruang madu. Ancaman terbesar bagi beruang madu yakni habitatnya telah sirna.

Baca Juga: Contoh Kliping Bencana Alam

Contoh Teks Laporan Hasil Pengamatan Perihal Alam Semesta

Cara Membuat Karya Ilmiah

Bumi dan Bulan

Bulan yakni satu-satunya satelit alami bagi Bumi. Bulan juga yakni satelit terbesar kelima di tata surya. Bulan tak selalu berada di belahan bumi yang sama. Itu dikarenakan bulan selalu berputar memutari porosnya, yakni Bumi.

Padahal inilah yang menciptakan kita cuma dapat memandang bulan dikala malam hari. Sebab malam, bulan nampak seperti mempunyai cahaya sendiri. Figur bulan berasal dari cahaya matahari.

Bulan dan Bumi mempunyai jarak yang amat jauh. Jarak rata-rata Bulan – Bumi dari sentra ke sentra yakni 384.405 km atau sekitar 30 kali diameter bumi.

Amati bulan sendiri mempunyai diameter 3.474 km, sedikit lebih kecil diperbandingkan diameter bumi.

Bulan beredar memutari bumi setiap 27,3 hari (Perihal Orbit) dan macam periodik dalam sitem Bumi – Bulan – Kondisi bertanggung jawab atas terjadinya fase-fase bulan yang selalu berulang setiap 29,5 hari (Perihal Sinodik).

Bulan yang ditarik oleh gaya gravitasi bumi tak jatuh ke bumi. Padahal ini disebabkan oleh gaya sentrifugal yang timbul dari orbit bulan yang memutari bumi.

Besarnya gaya sentrifugal bulan sedikit lebih besar diperbandingkan dengan gaya tarik-menarik antara gravitasi bumi dan bulan. Padahal ini menyebabkan bulan semakin menjauh dari bumi dengan kecepatan sekitar 3,8 cm / tahun.

Di bulan tak terdapat air maupun udara. Kawah yang terdapat di permukaan bulan disebabkan oleh hantaman komet atau asteroid. Sebab tak ada udara dan air di Bulan menyebabkan tak adanya kehidupan di Bulan. Diantara kawah terbesar yakni Clavius dengan diameter 230 km dan sedalam 3,6 km.

Struktur bulan terdiri atas inti, mantel, dan kerak. Kerak bulan terdiri dari batuan granit dan mineral kalsium dengan ketebalan antara 48-74 km. Di bawah kerak terdapat mantel yang amat tebal. Terdiri dari banyak mineral silikat dan sedikit logam besi.

Inti bulan mempunyai komponen dalam yang amat keras, dengan ketebalan 240 km dan komponen luar yang cari dengan ketebalan 300 km. Inti bulan kaya akan kandungan besi. Inti bulan selalu dikeliling oleh suatu lapisan kental dengan ketebalan 500 km.

baca Juga: Contoh Kalimat Majemuk Setara dan Campuran

Figur Teks Laporan Hasil Observasi Perihal Lingkungan

Cara Membuat Karya Ilmiah

Kebersihan Lingkungan Komplek Perumahan

Kebersihan lingkungan yakni aspek yang tak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Kebersihan lingkungan menciptakan lingkungan yang sehat sehingga tak mudah di serang oleh bermacam-macam macam penyakit.

Menurut kebersihan lingkungan di komplek perumahan amat bagus. Selokan selalu terpelihara dengan bagus dan tak tersumbat oleh sampah. Padahal pembuangan sampah pun telah ada di setiap rumah warga.

Padahal pembuangan sampah berupa tong besar atau drum. Kondisinya juga amat terawat sehingga tak memunculkan bau yang tak sedap.

Petugas kebersihan selalu mengambil sampah setiap tiga kali sehari. Selain itu setiap satu bulan sekali masyarakat komplek perumahan selalu melaksanakan kerja bakti untuk membersihkan selokan dan rumput-rumput liat yang terdapat disekitar komplek tersebut.

Kebersihan lingkungan tak sulit untuk dipakai bila kita selalu membudayakan pola hidup bersih dan sehat. Menurut hidup yang bersih dan sehat akan mendatangkan benyak manfaat bagi manusia lebih-lebih untuk diri kita sendiri. Kita dapat melaksanakan bermacam-macam aktivitas hidup yang sehat dan produktif.

Baca Juga: Contoh Teks Eksemplum Singkat

Contoh Teks Laporan Hasil Pengamatan Perihal Sampah

Sampah yakni material sisa yang tak dipakai lagi setelah mengalami suatu pengerjaan. Sampah dapat bersumber dari alam, manusia, industri, dan pertambangan. Sampah di bumi akan terus bertambah selama masih ada aktivitas yang dilaksanakan bagus itu oleh alam maupun oleh manusia.

Sampah yang diwujudkan di Indonesia menempuh 11 ton perharinya. Sampah dapat dibedakan berdasarkan sifat dan wujudnya. Lebih-lebih sifatnya, sampah dapat dibagi menjadi dua, yakni sampah organik dan sampah anorganik.

Sampah organik yakni sampah yang dapat terurai oleh bakteri. Amati sampah anorganik yakni sampah yang tak dapat terurai.

Figur sampah organik yakni sisa makanan seperti sayuran, daun-daun kering, dan sebagainya. Sampah ini dapat diolah sebagai pupuk atau kompos.

Figur sampah anorganik yakni plastik, kaca, kaleng, dan sebagainya. Sampah anorganik dapat di daur ulang atau dapat dimanfaatkan kembali menjadi barang yang mempunyai nilai jual yang amat tinggi.

Lebih-lebih wujudnya, sampah dapat dibedakan menjadi sampah padat, sampah cair, sampah alam, sampah konsumsi, sampah manusia, dan sampah radio aktif.

Sampah padat

yakni sampah yang berwujud padat.Sampah pada dapat berupa sampah rumah tangga, sampah dapurm kebun dan yang lainnya.

Sampah cair yakni sampah yang berbentuk cair yang telah dipakai dan tak dibutuhkan lagi seperti limbah. Pengertian limbah yakni sampah cair yang diwujudkan dari aktivitas industri.

Sampah alam

yakni daun kering yang berasal dari hutan kemudian terurai melalui pengerjaan alami.

Sampah manusia

yakni istilah yang dipakai terhadap hasil-hasil pencernaan dari manusia, seperti feses dan urine. Sampah ini dapat memunculkan dampak negatif bagi kesehatan manusia sebab dapat dikatakan sebagai sarana perkembangan penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

Sampah konsumsi

yakni sampah yang diwujudkan oleh aktivitas konsumsi manusia dan dibuang ke tempat sampah. Jumlah sampah konsumsi hingga sekarang selalu meningkat.

Limbah radio aktif yakni sampah nuklir yang diwujudkan dari fusi nuklir dan fisi nuklir yang menciptakan uranium dan thorium. Limbah radio aktif amat berbahaya bagi lingkungan dan kehidupan manusia sebab dapat menciptakan radiasi yang berakibat buruk bagi kesehatan makhluk hidup.

Oleh sebab itu sampah nuklir disimpan di tempat-tempat yang amat aman dan tak sembarangan untuk dipakai. Untuk melaksanakan aktivitas tempat-tempat yang di tuju biasanya tempat bekas tambang garam atau dasar laut.

Baca Juga: Contoh Teks Anekdot Singkat

Contoh Teks Laporan Hasil Pengamatan Singkat Perihal Lingkungan

Banjir Kali Ciliwung

ingkungan yakni sesuatu yang ada di sekitar manusia, menopang kehidupannya, sekaligus memberi pengaruh kehidupan manusia. Lingkungan hidup yakni kesatuan yang terbentuk dari saling terhubungnya ruang, benda, dan makhluk hidup di dalamnya. Termasuk manusia. Oleh sebab itu lingkungan wajib dijaga supaya keberlangsungan hidup manusia konsisten berjalan sebagaimana mestinya.
Dalam lingkungan hidup terdapat 2 ekosistem yakni, ekosistem darat dan ekosistem perairan. Di antara keduanya, ekosistem airlah yang paling berakibat terhadap kehidupan manusia. 2/3 bumi yakni air. 60% – 70% kandungan dalam tubuh manusia juga air.

Ciliwung yakni sungai yang sering memunculkan banjir setiap tahunnya. Menurut di komponen hilir. Sungai ini melalui wilayah DKI Jakarta, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, dan Kota Depok. Sungai ini menjadi salah satu sungai lebih-lebih di Tatar Pasundan dengan panjang aliran utama 120 km.

(jelaskan perihal fakta-fakta sungai ciliwung; peningkatan debit air dikala curah hujan, dll)

Hasil pengamatan kami, banjir kali ciliwung disebabkan oleh dua elemen:

1. Ulah Manusia

Ledakan penduduk di Jakarta, lebih-lebih di sekitar sungai ciliwung tak dibarengi dengan kesadaran perihal bahayanya buang hingga di kali, akibatnya terjadi penumpukan sampah di sungai ciliwung … (digambarkan layak fakta yang ada, ini cuma contoh).

Contoh Teks Laporan Hasil Pengamatan Singkat

Perihal Kelinci

Kelinci tergolong hewan mamalia dari family Leporidae. Kelinci dapat ditemui dengan mudah di bermacam-macam belahan bumi. kelinci yakni hewan liar yang hidup di Afrika hingga ke daratan Eropa. sekarang, secara lazim kelinci dibagi menjadi dua klasifikasi yakni, kelinci bebas dan kelinci peliharaan.

dari macam bulu, kelinci dibagi lagi menjadi dua macam yakni, berbulu panjang dan berbulu pendek. rasnya, kelinci terbagi menjadi beberapa macam lagi, di antaranya Lyon, Angora, American Chinchilla, English , Himalayan, dan Dutch. hasil dari amati kami kelinci macam Lyon yakni hasil persilangan luar antara Angora dan macam kelinci yang lainnya.

Kelinci selalu diidentikan dengan wortel sebagai pakannya, namun amati kami menandakan bahwa kelinci dapat dikasih pakan sayur-sayuran hijau, rumput awetan, umbi-umbian, biji-bijian, dan pelet juga lahap dimakan kelinci.

Baca Juga: contoh teks eksposisi tentang pendidikan

Itulah pembahasan singkat mengenai pengertian teks laporan hasil amati, struktur laporan hasil amati, tujuan teks laporan hasil amati, fungsi teks laporan hasil amati serta contoh teks laporan hasil amati singkat terlengkap untuk SMP dan SMA. Mulai dari contoh teks laporan hasil amati tumbuhan, contoh teks laporan hasil amati hewan, contoh teks laporan hasil amati lingkungan, contoh teks laporan hasil amati alam.

Tinggalkan komentar