Cara Membuat Surat Permohonan Izin, Rekomendasi, Kerjasama yang Baik dan Benar

CONTOH SURAT PERMOHONAN – Halo para pencari ilmu sekalian, apakah kalian pernah membuat surat permohonan? Surat permohonan yaitu surat permintaan terkait suatu hal kepada pihak lain yang dibutuhkan. Surat permohonan sangat banyak digunakan orang untuk berbagai keperluan masing-masing, mulai dari permohonan izin sakit, pindah tugas, dana, peminjaman barang tertentu, dan masih banyak lagi.

Pada artikel kali ini kita akan membahas lebih rinci lagi mengenai surat permohonan yang baik dan benar mulai dari pengertian surat permohonan, susunan format surat permohonan, cara membuat surat permohonan, beserta contoh-contohnya yang lengkap.

Pengertian Surat Permohonan

contoh surat permohonan yang benar
contoh surat permohonan yang benar belajardasarbahasainggris.com

Surat permohonan adalah surat yang berisi suatu permintaan atau permohonan tentang suatu hal kepada pihak-pihak lain yang berkepentingan. Contohnya permohonan kepada orang lain agar dapat menjadi pembicara pada suatu seminar, atau juga permohonan izin dari pekerjaan karena ada masalah, permohonan tugas, peminjaman sesuatu, dana, dan sebagainya.

Dalam sebuah surat permohonan perlu dibuatkan sebuah struktur susunan yang baik dan benar agar tidak terjadi kesalahan terkait tujuan dari pembuatan surat tersebut. Pernah terjadi kejadian seseorang mengajukan surat permohonan pindah kerja dari kantor yang sebelumnya ia tempati.

Namun disana ia menuliskan tujuan maksud dari pindahnya tersebut dengan keterangan yang tidak jelas, sehingga membuat si pemilik kantor geram karena merasa dilecehkan dari surat permohonan tersebut, akibatnya terjadi perkelahian hanya karena masalah sepele tersebut, oleh karena itu perlu diperhatikan bahwa pentingnya untuk memperhatikan susunan surat permohonan yang benar, berikut ini beberapa pokok penting yang perlu anda perhatikan untuk membuat surat permohonan yang baik.

Identitas Pemohon Surat

Identitas merupakan format terpenting yang harus dicantumkan dalam sebuah surat permohonan, sebab tanpa adanya identitas si pemohon lantas siapa yang mengajukan permohonan? Selain itu dengan adanya identitas keterangan dari surat tersebut akan lebih jelas maksudnya, contohnya hari sebelumnya si A terlihat lesu oleh bosnya saat bekerja.

Lalu keesokan harinya surat permohonan izin tugas muncul atas nama si A yang saat itu sempat dilihat oleh bosnya, lalu bos tersebut pastinya merespon positif tidak geram atau sebagainya lantaran ia melihat di hari sebelumnya si A memang terlihat sakit.

Isi Surat Permohonan

Isi dari surat permohonan merupakan format terpenting dalam sebuah surat permohonan, sebab isi tersebutlah yang menjelaskan tujuan, alasan, mengapa si pembuat surat memberikan permohonan tersebut. Agar pihak yang diberikan surat tersebut mengerti dan memaklumi surat permohonan yang diberikannya.

Tujuan dan Alasan Surat Permohonan

tujuan dari surat permohonan merupakan hal terpenting untuk dicantumkan dalam sebuah permohonan. Karena dengan dicantumkannya tujuan surat, maka pembacanya akan mengerti apa maksud dari surat permohonan itu.

Batas Waktu untuk Menjawab Surat

Dengan adanya batas waktu maka keterangan dari surat tersebut akan lebih jelas dan terstruktur. Sebuah surat tidak akan lengkap tanpa adanya keterangan waktu permohonan yang benar. Karena surat permohonan akan lengkap jika dicantumkannya waktu terkait kapan batas untuk dapat menjawab surat tersebut. Apa-apa saja yang membuat batas waktu tersebut harus segera di mohonkan, perlu dibuat susunannya yang jelas dan terstruktur dengan baik.

Pertanyaan Kesungguhan dalam Permohonan

Yang satu ini tidak begitu wajib untuk dicantumkan. Namun alangkah lebih baiknya juga dicantumkan apakah anda benar-benar terkendala sehingga untuk meyakinkan orang yang anda beri surat tersebut perlu sebuah kesungguhan, agar tidak meragukan si pembaca suratnya.

Susunan Format Surat Permohonan yang Benar

contoh surat permohonan kegiatan
contoh surat permohonan kegiatan mir-s3-cdn-cf.behance.net

Setelah mengetahui beberapa susunan format yang baik dan benar seperti diatas tadi, terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membuat surat permohonannya. Agar tidak terjadi kesalahan yang tidak diinginkan seperti peristiwa kesalahan penulisan surat permohonan diata. Berikut ini ada yang perlu diteliti lagi diantaranya sebagai berikut ini.

  • Kepada siapa ditujukannya surat permohonan yang akan anda buat tersebut.
  • Jika posisi anda sebagai seorang karyawan perusahaan maka hendaknya surat permohonan tersebut ditujukan kepada bos atau atasan anda untuk permohonannya.
  • Bila anda dalam posisi seorang mahasiswa, maka surat permohonan yang perlu anda buat yaitu ditujukan untuk dosen wali atau ketua jurusan anda.
  • Dan jika berada di jenjang pendidikan SD, SMP, maupun SMA maka surat tersebut ditujukan kepada wali kelas yang bersangkutan.
  • Surat permohonan hendaknya dituliskan nama si pemohon dengan jelas maksudnya, nama lengkap serta jabatan anda bila anda seorang karyawawn kantor atau sebagainya.
  • Keperluan anda sehingga anda perlu memberikan surat permohonan tersebut untuk meminta izin dan sebagainya.
  • Hindari alasan permohonan karena keperluan urusan keluarga, contohnya menghadiri pesta pernikahan teman anda, karena hal tersebut bukanlah suatu alasan yang begitu mendesak.

Susunan Surat Permohonan Bantuan Dana

contoh surat permohonan yang baik
contoh surat permohonan yang baik harianindo.com

1. Latar Belakang Surat

Yang perlu anda buat yang pertama yaitu adalah perkenalan terlebih dahulu, atau organisasi kegiatan, pengalaman serta kemampuan, skill yang dimiliki. Hal ini tentu sangat penting agar dapat membangkitkan kepercayaan si calon donatur kepada anda. Jika sebelumnya anda pernah sukses dalam kegiatan-kegiatan tertentu, hal tersebut bagus jika dicantumkan karena akan menambahkan keinginan donatur untuk memberikan bantuan kepada anda.

2. Permasalahan yang Dialami

Setelah anda meyakinkan donatur dengan berbagai skill pengalaman yang anda miliki dan kemudian ia menyetujuinya, langkah berikutnya yang perlu anda cantumkan adalah permasalahan anda sehingga menuliskan surat permohonan dana tersebut. Baiknya ceritakan permasalahan secara rinci dan jelas, mulai dari alasan mengapa anda membutuhkan dana, tujuan dari dana tersebut, hasil dan manfaat yang akan didapatkan dari bantuan dana tersebut.

3. Maksud dan Tujuan Surat

Berikan rincian mengenai tujuan dari pembuatan surat permohonan tersebut, sehingga si pemberi donatur tidak kebingungan dadn tidak ragu jika ingin memberikan bantuan nantinya.

4. Kegiatan, Tempat, dan Waktu

Jelaskan bentuk kegiatan yang akan anda selenggarakan dari donatur yang akan diberikan nantinya. Jangan lupa untuk mencantumkan waktu dan tempat akan dilaksanakannya kegiatan tersebut, tuliskan dengan benar dalam surat permohonan bantuan dana tersebut.

5. Perkiraan Anggaran yang dibutuhkan

Setelah lengkap semua alasan, tujuan, dan apa yang anda lakukan dari permohonan surat bantuan terseubt. Selanjutnya perlu anda cantumkan anggara dana yang dibutuhkan untuk dapat terlaksananya kegiatan tersebut, sehingga donatur dapat memperhitungkan dan menyetujuinya.

Contoh Surat Permohonan

surat permohonan bantuan dana
surat permohonan bantuan dana ionahandcraftedbooks.com

Contoh Surat Permohonan Bantuan Dana

Contoh Surat Permohonan Izin Kegiatan

Contoh Surat Permohonan Rekomendasi

Contoh Surat Permohonan Kerjasama

Contoh Surat Permohonan Beasiswa

Contoh Surat Permohonan Membuat KTP

Contoh Surat Permohonan Menikah

Demikianlah beberapa contoh surat permohonan yang baik dan benar serta penjelasannya, jangan lupa ketika kamu membuat surat permohonan untuk mencantumkan perihal terkait tanggal suratnya, dengan diawali kata “Dengan Hormat”, yang diletakkan pada awal kalimat surat yang anda buat.

Perihal untuk isi surat yang dicantumkan sesuaikanlah dengan kebutuhan yang akan disampaikan, serta jika ingin mengirimkan surat permohonan jangan menunggu terlalu lama. Sebab tidak semua perusahaan mau menerima surat permohonan secara tiba-tiba.

Mungkin demikuan yang dapat dijelaskan terkait contoh surat permohonan ini, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian, terutama diri saya sendiri, dan juga dapat dijadikan bahan referensi untuk membuatnya.

Tinggalkan komentar