Contoh Surat Kuasa Khusus Berbagai Keperluan yang Baik dan Benar

CONTOH SURAT KUASA – Berikut ini merupakan contoh lengkap cara membuat surat kuasa yang baik dan benar. Surat kuasa umumnya digunakan untuk berbagai macam keperluan mulai dari keperluan pengambilan bpkp, uang, gaji, paspor, ijazah, dokumen-dokumen, dan masih banyak lagi.

pengertian surat kuasa khusus
pengertian surat kuasa khusus i1.wp.com

Dengan adanya surat kuasa anda bisa mengerjakan berbagai macam kegiatan melalui perantara orang lain. Dengan begitu dapat pekerjaan anda jadi lebih mudah. Namun permasalahan yang sering terjadi adalah banyak yang belum mengerti bagaimana cara membuat surat kuasa yang benar, oleh karena itu disinilah anda berada, ditempat yang tepat, berbagai macam contoh untuk anda saya sediakan pada artikel ini.

Pengertian Surat

contoh surat kuasa berbagai keperluan
contoh surat kuasa berbagai keperluan /i1.wp.com

Secara garis besar pengertian surat adalah satu saranan untuk memberikan informasi atau pesan kepada orang lain baik itu perorangan atau perkelompok yang berupa kertas digital maupun kertas biasa Selain berupa sebuah tulisan, umumnya surat juga bisa melampirkan sesuatu yang berupa seperti dokumen, gambar, dan juga file digital lainnya.

Namun pada pembahasan kali ini kita tidak akan membahas begitu luas mengenai pengertian surat, disini akan lebih dikhususkan untuk membahas surat kuasa. Bila dilihat dari segi sifatnya, surat kuasa dapat dikategorikan sebagai salah satu surat resmi.

Mengapa di kategorikan sebagai surat resmi? Karena surat kuasa mempunyai kekuatan hukum yang terikat didalamnya, untuk itulah mengapa dinamakan surat kuasa. Sehingga apapun bentuk dari isi surat kuasa dapat dipertanggung jawabkan dengan segera.

Pengertian Surat Kuasa

cara membuat surat kuasa
cara membuat surat kuasa blog.idonethis.com

Surat Kuasa adalah surat yang berisi sebuah informasi yang memberikan hak wewenang kepada si pemilik surat kuasa untuk dapat melakukan sebuah perbuatan atas nama si pemberi kuasa tersebut. Surat ini dapat menjadi bukti agar seseorang yang mendapat kuasa bisa menjalankan apapun bentuk tugas yang tertulis didalam surat kuasa tersebut yang diwakili oleh si pemberi kuasa.

Surat kuasa sangatlah penting jika mendapatkan masalah seperti tidak dapat melakukan suatu kegiatan atau tugas-tugas tertentu namun, tetap ingin menyelesaikannya. Oleh karena itu dengan adanya surat kuasa, orang tersebut dapat memberikan wewenang kepada orang lain guna untuk mewakili dirinya untuk menyelesaikan tugasnya. Dengan begitu surat kuasa menjadi kunci utama bagi orang yang telah diberi kuasa oleh yang mewakili surat kuasa tersebut.

Misalnya saja jika anda hendak melakukan pengurusan pajak harta pribadi, namun saat itu kondisi anda sedang dalam keadaan sakit atau masalah lainnya yang membuat anda terhambat untuk melakukannya. Anda bisa memberikan surat kuasa kepada orang lain guna untuk membantu mengurus pajak anda dengan surat tersebut. Si pemberi surat kuasa dan penerima kuasa dapat berupa perseorangan, pemilik jabatan, perusahaan maupun organisasi lainnya.

Jenis-Jenis Surat Kuasa

jenis-jenis surat kuasa yang benar
jenis-jenis surat kuasa yang benar d2zcsajde7b23y.cloudfront.net

jika Dilihat dari sudut pandang dari sifat surat kuasa, terdapat 3 bagian yaitu adalah:

1. Surat Kuasa Perseorangan

Surat kuasa perseorangan merupakan surat kuasa yang diberi oleh satu orang atau lebih kepada orang lain atau perusahaan guna untuk melaksanakan kegiatan yang bersifat kepentingan pribadi dari si pemberi wewenang, contohnya untuk pengurusan pajak, uang, pengambilan barang, bayar listrik, paspor, gaji, dan masih banyak lagi.

2. Surat Kuasa Kedinasan

Surat kuasa kedinasan adalah yaitu surat kuasa yang dikasih oleh suatu organisasi baik itu organisasi masyarakat, instansi pemerintah, perusahaan swasta kepada pemangku jabatan atau orang-orang tertentu untuk menggantikan tugas atas nama pimpinan maupun organisasi.

3. Surat Kuasa Istimewa

Surat kuasa istimewa adalah surat kuasa yang dikasihkan kepada suatu pihak ataupun seseorang guna untuk dapat mewakili si pemberi kuasa dalam masalah-masalah penting seperti hukum. Biasanya surat kuasa istimewa ini diberikan pada orang yang memiliki keterlibatan dengan masalah-masalah hukum kepada pengacara maupun lembaga-lembaga bantuan hukum guna untuk dapat menyelesaikan perselisihan atau perkara hukum tersebut.

Cara Membuat Surat Kuasa

contoh surat kuasa yang baik dan benar
contoh surat kuasa yang baik dan benar heinemann.com

Surat kuasa memiliki 3 buah pembagian yaitu surat kuasa istimewa, surat kuasa kedinasan, dan surat kuasa perseorangan. Cara membuat surat kuasa dari 3 bagian ini masing-masing caranya berbeda-beda. Setelah mengetahui pembagian dan pengertian dari surat kuasa kali ini kita akan membahas mengenai cara membuat surat kuasa untuk tiap pembagiannya.

1. Cara Membuat Surat Kuasa Perseorangan

Cara membuat surat kuasa perseorangan sebenarnya cukup mudah, namun ada juga yang mengatakan caranya susah-susah gampang. Sebab sifatnya yang memberikan kuasa untuk melaksanakan aktivitas pribadi si pemberi surat kuasa. Dalam membuat surat kuasa perseorangan diperlukan beberapa pint yang perlu ditulis sebagai berikut ini:

  • Poin pertama Judul dari surat kuasa harus terdapat tulisan “Surat Kuasa” atau bisa juga menuliskan “Surat Kuasa Perseorangan“.
  • Poin kedua Berikutnya yaitu keterangan terkait data diri si pemberi surat kuasa, contohnya seperti: data nama, alamat, pekerjaannya, nomor HP, dan sebagainya. dan akan lebih bagus jika lebih dilengkapkan.
  • Poin ketiga yaitu adalah data dari si penerima surat kuasa, jangan lupa sebelum dituliskannya data diri sendiri, anda perlu terlebih dahulu menuliskan satu buah kalimat yang memberikan keterangan bahwa data diri yang terdapat dibawahnya merupakan data si penerima kuasa. Dengan kata lain susunannya data si pemberi surat kuasa terlebih dahulu baru setelah itu data si penerima kuasa. Tulisanya sebagai berikut ” Dengan adanya surat ini kuasa dapat digunakan oleh:….(data si penerima surat kuasa)”.
  • Poin keempat yaitu, kangan lupa untuk membuat paragraf mengenai apa saja kuasa yang dapat digunakan oleh si penerima surat kuasa. Pada paragraf ini merupakan poin paling penting guna untuk membatasi ruang gerak wewenang si penerima kuasa dalam melaksanakan tugasnya dengan begitu tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.
  • Poin kelima yaitu perlu dicantumkannya tanggal serta tanda tangan dari kedua belah pihak, yaitu si pemberi surat kuasa dan si penerima surat kuasa.
  • Poin keenan yaiti Jika surat kuasa yang diberikan mengandung unsur-unsur seperti hukum yang mengikat diri anda, anda dapat menambahkan juga materai didalam surat tersebut.

2. Cara Membuat Surat Kuasa Kedinasan

3. Cara Membuat Surat Kuasa Istimewa

Contoh Surat kuasa beragam Kegunaan

Contoh Surat Kuasa Perseorangan Pengambilan Uang Pensiun

surat kuasa untuk gaji pensiun
surat kuasa untuk gaji pensiun belajarpsikologi.com

Berikut ini adalah contoh surat kuasa untuk pengambilan uang, semoga bisa menjadi bahan referensi bagi kamu yang ingin membuat surat kuasa khusus perseorangan ini.

Contoh Surat Kuasa Kedinasan

contoh surat kuasa kedinasan
contoh surat kuasa kedinasan contohsurat123.blogspot.co.id

Selanjutnya yaitu contoh surat kuasa khusus kedinasan, bagi yang ingin membuat surat kuasa kedinasan disebabkan terkendala masalah tertentu sehingga membutuhkan orang lain untuk diwakilan, berikut ini contohnya yang bisa kamu jadikan sebagai bahan pembuatan surat kamu.

Contoh Surat Kuasa Perseorangan untuk Mengambil Gaji

contoh surat kuasa pengambilan gaji
contoh surat kuasa pengambilan gaji seruni.id

Bagi kamu yang hnedak mengambil jatah gaji, namun kamu terkendala masalah sesuatu seperti sakit, ada urusan mendadak lain, atau ada keluarga yang harus di kunjungi sehingga tak memiliki kesempatan untuk mengambilnya. Mungkin contoh surat kuasa untuk gaji ini bisa kamu jadikan contoh untuk membuat suratnya.

Contoh Surat Kuasa Perseorangan untuk Pengambilan BPKB Motor

surat kuasa pengambilan bpkb motor
surat kuasa pengambilan bpkb motor penjabaran.blogspot.co.id

Pengambilan BPKB motor cukup penting bagi anda oleh karena itu jika terkendala sesuatu sehingga tidak dapat mengambilnya mungkin untuk contoh surat kuasa dibawah ini bisa kami coba.

Contoh Surat Kuasa untuk Pengambilan Ijazah

surat kuasa pengambilan ijazah
surat kuasa pengambilan ijazah Image by : seruni.id

Bagi kamu yang memiliki halangan untuk mengambil ijazah mungkin contoh surat kuasa untuk ijazah ini bisa kamu gunakan untuk referensi.

Contoh Surat Kuasa untuk Berhenti Berlangganan Speedy

surat kuasa berhenti berlangganan speedy
surat kuasa berhenti berlangganan speedy Image by : scribd.com

Speedy kamu begitu lemot atau jarang sekali digunakan, sehingga anda lebih memilih untuk berhenti berlangganan? Namun yang menjadi masalahnya anda tidak pernah sempat untuk pergi ke kantor pusat terdekat untuk menyatakan hal tersebut. Sehingga lebih memilih untuk membuat surat kuasa, mungkin surat berikut ini bisa kamu jadikan sebagai contohnya.

Contoh Surat kuasa untuk Mengikuti Lelang

surat kuasa mengikuti lelang
surat kuasa mengikuti lelang Image by : contoh-surat1.blogspot.co.id

Ingin mengikuti lelang akbar atau sebagainya? Namun berhalangan untuk hadir? Anda juga bisa membuat surat kuasa untuk lelang dengan mencontoh surat kuasa berikut ini.

Demikianlah Penjelasan mengenai contoh surat kuasa khusus untuk berbagai keperluan yang baik dan benar. Mulai dari pengertian surat kuasa, jenis-jenis surat kuasa, cara membuat surat kuasa perseorangan, surat kuasa beragam kegunaan, pengambilang uang, kedinasan, gaji, pengambilan BPKB, pengambilan ijazah, serta contoh surat kuasa mengikuti lelang yang baik dan benar.

Tinggalkan komentar