Contoh Proposal Usaha yang Baik dan Benar Beserta Cara Membuatnya Untuk Bahan Referensi

CONTOH PROPOSAL USAHA – Bagi anda yang suadah memasuki jenjang mahasiswa perkuliahan ataupun kerja dan sebagainya, pastinya kata proposal tidak lagi asing untuk dikenal. Sebab contoh proposal sudah sering kali digunakan untuk berbagai macam keperluan mulai dari keperluan membuat proposal usaha, proposal penelitian, proposal tentang lingkungan, proposal untuk bantuan dana, proposal kegiatan, dan masih banya lagi macamnya.

proposal usaha
proposal usaha media.ed.edmunds-media.com

Contoh proposal begitu banyak digunakan untuk dipakai sebagai rujukan para calon-calon pengusaha muda. Jika kita melihat sekilas perkembangan dunia pendidikan dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir ini. Terkhusus di negara Indonesia tercinta ini, kita pasti akan menemukan sebuah kesimpulan yang sama antara satu dengan lainnya.

Mempelajari Cara Membuat Proposal

Bahwa bentuk ilmu kewirausahaan sudah menjadi suatu mata pelajaran yang dapat membuka wacana dan memotivasi mahasiswa maupun pelajar untuk melaksanakan sebuah terobosan dalam menyikapi hidup dengan senantiasa berwirausaha.

Memasuki bangku kuliah dimana para mahasiswa begitu banyak menggunakan proposal untuk berbagai macam fungsi, namun yang paling penting dari proposal tersebut bagi para pembuat proposal ini adalah, terjadinya kesepakatan, persetujuan, dan tercapainya apa yang menjadi tujuan utama dari proposal usaha tersebut.

Jika Berbicara tentang proposal usaha pastinya pembahasannya tidak akan jauh dari yang namanya bisnis, proposal usaha atau bisnis merupakan sebagai alat sarana yang tepat bagi anda yang membutuhkannya. bisnis merupakan tempat dimana orang-orang berkarya dan mengembangkan berbagai macam bentuk usaha dengan bidang-bidang yang berbeda-beda.

Bisnis usaha sendiri pada saat ini sudah umum kita lihat mulai dari bangku kuliah, para mahasiswa yang sudah mulai mengambil langkah bagaimana cara agar dapat berbisnis dengan usaha yang dimilikinya. Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan proposal usaha ini.

Pengertian dan definisi Proposal Usaha

contoh proposal
contoh proposal geobid.com

Secara garis besar proposal usaha dapat didefinisinkan sebagai bentuk rancangan usaha yang diberikan dalam bentuk tertulis kepada pihak lainnya yang ingin dituju proposal tersebut. Secara sistematiknya jelas mencakup gambaran aktivitas yang hendak dilakukan serta berbagai rincian perhitungan keuangan dan kebutuhan aset.

Tujuan Proposal Usaha

proposal
proposal img3.stockfresh.com

Secara Umum Proposal usaha dibuat dengan tujuan sebagai berikut ini:

  • Sebagai peluang untuk merealisasikan sebuah usaha yang profitable.
  • untuk menyakinkan pihak investor lain dan juga sebagai saranana atas layaknya suatu usaha dari ajuan proposal tersebut yang akan dikembangkan dan dijalankan.

Kebanyakan para mahasiswa ataupun orang-orang yang membutuhkan pengajuan proposal kepada investor, tanpa memiliki tujuan dan struktur yang jelas untuk kedepannya terkait seperti apa gambaran kedepan dari kegiatan proposal usaha yang hendak dilaksanakan tersebut.

Hal inilah yang sering membuat para investornya malah menjadi kebingungan dan ragu untuk memberikan persetujuan dan mengikat perjanjian dengan orang yang mengajukan proposal tersebut. Oleh karena itu tujuan dari proposal usaha ini sangatlah amat penting untuk ditentukan secara matang, sebelum nantinya mencari nvestor yang sesuai dengan proposal tersebut untuk mengajukan permohonan persetujuan.

Manfaat Proposal Usaha

contoh proposal usaha
contoh proposal usaha artsychicksrule.com

Manfaat yang dapat kita temukan dari membuat proposal usaha ini dapat disimpulkan dalam beberapa poin sebagai berikut ini, yang sudah dirangkum dan di data adengan baik dan benar.

  • Memberikan kemudahan kepada para pelaku usahanya dalam menjelaskan mengenai informasi yang dimaksud kepada pihak investor terkait dengan gagasan atau ide usaha yang hendak dilaksanakan.
  • Jika sudah terjadi persetujuan dan kesepakatan kerjasama antara si pelaku usaha dengan pihak investornya, maka proposal usaha tersebut sudah bisa menjadi media kontrol atau sumber rujukan bagi kedua belah pihak untuk memantau usaha yang nantinya hendak dijalankan.
  • Berdasarkan realisasinya, proposal usaha ini dapat membantu meminimalisasi kerugian yang disebabkan oleh berbagai macam penyimpangan biaya yang kadang tak jelas datangnya dari mana.

Dari poin-poin diatas tadi dapat disimpulkan bahwasannya, sebenarnya untuk dapat membuat contoh proposal usaha yang benar dapat juga dengan mengetahui manfaat yang akan didapatkan dari membuat proposal usaha itu sendiri.

Misalnya saja hendak melakukan usaha makanan maka kita perlu mengetahui manfaat apa yang akan kita dapatkan setelah nantinya kita dapat persetujuan kerjasama oleh salah seorang investor nantinya, disana akan ditemukan pola-pola bagi kita sendiri untuk bagaimana cara membuat proposal usaha ini.

Proposal Tugas Mahasiswa

Bagi para mahasiswa ketika mencari suatu pekerjaan setelah usai kelulusan pada saat ini sudah tidak menjadi yang diprioritaskan. Saat ini banyak diantara mahasiswa lebih memilikh menjadi seorang pengusaha muda. Untuk menjadi seorang pengusaha pastinya bukanlah hal yang terlihat begitu gampang.

Terdapat banyak hal yang perlu dipertimbangkan dan dipahami untuk memahami seluk beluk bisnis agar dappat mengembangkan maupun menjalankan usaha yang akan dilaksanakan. Beberapa hal yang perlu dimiliki seorang pengusaha yaitu adalah mempunyai sikap mental baja yang kuat.

Mempunyai kemampuan dalam bidang usaha yang digelutinya serta modal yang mumpuni, untuk membangun dasar-dasar usaha yang akan dieksekusinya. Dari begitu banyak faktor yang ada, yang menjadi hal utama yaitu adalah modal yang menjadi bentuk paling klasik yang sering dipakai alasan banyak orang ketika akan hendak terjun kedunia bisnis.

Cara Membuat Proposal Usaha

cara membuat proposal
cara membuat proposal mir-s3-cdn-cf.behance.net

Setelah mengetahui poin-poin yang harus diketahui sebelum membuat sebuah proposal usaha, dan kemudian dilanjutkan dengan apa-apa saja yang akan menjadi tujuan dibentuknya sebuah proposal, serta manfaat yang bisa kita dapatkan dari membuat proposal usaha bisnis ini.

Selanjutnya kita akan membahas mengenai bagaimana cara membuat proposal usaha dan hal penting yang perlu diperhatikan dalam pembuatan proposal usaha ini, langsung saja yuk!

Proposal Usaha yang Diminati Investor

cara membuat proposal usaha
cara membuat proposal usaha cdn.shopify.com

Suatu hal yang perlu untuk anda pahami yaitu oleh para calon pembuat proposal usaha adalah, bahwasannya tidak selalu semua orang yang mampu dengan baik membuat sebuah proposal usaha. Proposal usaha yang disajikan dengan bentuk dan informasi yang tidak menarik apalagi tidak jelas maksud dan tujuannya, biasanya akan sangat susah untuk memperoleh respon positif dari para investor.

Oleh karena itu diperlukan suatu keterampilan khusus serta pengetahuan yang mencukupi untuk membuat proposal usaha yang baik dan benar serta menarik. Nantinya akan diberikan juga eberapa contoh proposal usaha yang bisaanda jadikan bahan referensi.

Proposal yang biasanya diminati para investor yaitu adalah proposal yang memiliki sistematika serta alur pembahasan yang terstruktur dengan jelas. Penggunaan bahasa yang baik serta tidak menggunakan bahasa yang kaku melainkan bahasa yang mudah dipahami serta atraktif sehingga enak dan senang dibaca oleh pra investor nantinya.

Dengan proposal yang terstruktur tersebut, akan jelaslah tujuan dan maksud dari proposal tersebut. Selain dalam proses pembuatannya, si pembuat proposal bisa memposisikan dirinya sebagai si pembaca proposal atau investor.

Bayangkan saja targat yang akan membaca proposal buatan anda seorang yang tidak memiliki pengertian mengenai usaha yang akan dijalankan, dengan begitu proposal yang jelas dan detail akan sangat berguna agar para investor mudah memahaminya.

Sistematika Proposal Usaha

susunan format proposal usaha
susunan format proposal usaha cdn.shopify.com

Sistematika pembuatan proposal usaha bisa menjadi yang diprioritaskan para pembaca atau investor dalam rangka mengeksekusi layaknya suatu usaha yang hendak dijalani.

Jika proposal dibentuk dengan susunaan yang berantakan, asal-asalan, tidak teratur bisa dipastikan bahwa proposal tersebut akan dengan cepat ditolak oleh para pembaca atau investor, sebab keraguan dan kerancuan pembahasan didalamnya.

Pemikiran para investor itu sebenarnya sangatlah simpel, bagaimana bisa usaha tersebut bisa dilaksanakan dengan baik dan berjalan sesuai rencana bila konsep serta polanya saja tidak dapat dipahami dengan baik. Oleh karena itu membuat sistematika proposal yang tersusun dengan baik dan jelas keterangan merupakan pengaruh yang sangat besar agar dapat tereksekusinya usaha tersebut.

Agar dapat Mebuat suatu sistematika proposal usaha yang benar, diperlukan penyesuaian dengan usaha seperti apa yang hendak dijalankan nantinya, sebab bisa jadi untuk beberapa macam aspek yang dibentuk untuk masing-masing usaha berbeda satu dengan lainnya.

Misalkan saja, suatu usaha jasa terapi tidak diperlukan untuk mencatumkan aspek lingkungan, namun di usaha industri batik, aspek lingkungan sangat diperlukan untuk dicantumkan, sebab hal tersebut terkait dengan dampak yang dihasilkan dari limbah indsutri batik itu sendiri.

Contoh Sistematika Proposal Usaha yang Baik dan Benar

cara membuat proposal usaha makanan
cara membuat proposal usaha makanan img3.stockfresh.com

1. Yang pertama yaitu adalah Cover serta halaman judul proposal.

2. Kemudian yang kedua formatnya adalah Daftar isi.

3. Setelah itu BAB I PENDAHULUAN.

  •  Lalu setelah diberikan bab 1 pendahuluan, jangan lupa untuk mencantumkan latar belakang pembuatan proposal tersebut, agar jelas maksud pembuatannya.
  •  Kemudian Tujuan dari usaha yang hendak dijalankan

4. BAB II ASPEK PERENCANAAN USAHA

  • Aspek pemasaran usaha yang hendak dijalankan.
  • Aspek Produksi dan Teknis Usaha yang akan dieksekusi.
  • Aspek ekonomi Sosial.
  • Aspek Lingkungan usaha.
  • Aspek Manajemen Usaha.
  • Aspek Keuangan.

5. BAB III PENUTUP PROPOSAL USAHA

6. Lampiran


Format Susunan Sistematika Penulisan Proposal Usaha

proposal kewirausahaan
proposal kewirausahaan activateconference.org

Susunan format untuk proposal usaha sangatlah penting untuk diperhatikan, agar supaya proposal usaha tersebut tidak terlihat berantakan. sEbab yang paling penting dalam suatu pembuatan proposal usaha yaitu adalah jelasnya penjelasan terkait dengan usaha yang hendak dilaksanakan yang direncanakan dalam proposal tersebut.

Apa jadinya jika suatu proposal tanpa adanya susunan format yang jelas dan tidak terstruktur, sementara yang dibutuhkan para investronya hanyalah orang-orang yang memiliki tujuan dan maksud yang jelas dalam menjalanakan usaha yang hendak digarapnya. Oleh sebab itu perhatikanlah Susunan yang baik dan benar terkait dengan contoh proposal usaha ini.

Contoh Proposal Usaha Berbagai Macam Bisnis

contoh proposal kewirausahaan
contoh proposal kewirausahaan propertymanagementinsider.com

Setelah mengetahui mengenai struktur susunan format proposal usaha yang bennar, selanjutnya kita akan membahas tentang beberapa contoh proposal yang mungkin bisa dijadikan bahan untuk pembuatan proposal bisnis yang sesuai dengan anda sekalian rencanakan.

Namun jika contoh-contoh proposal beriktu ini tidak sesuai dengan rencana usaha yang hendak anda laksanakan, tidak perlu ambil pusing, sebab struktur susunan apapun itu jenis proposalnya pastinya memiliki kesamaan yang tidak jauh berbeda. Oleh karena itu penting bagi anda untuk mengetahui macam contoh proposal usaha lainnya.

Contoh Proposal Usaha Makanan

proposal usaha makanan
proposal usaha makanan cdn.slidesharecdn.com

Usaha makanan merupakan hal yang paling banyak dieksekusi saat ini bagi para pebisnis-pebisni muda maupun kelas kakap, sebab bahasan tentang makanan merupakan pembahasan yang tidak akan pernah habisnya, oleh sebab itu mengeksekusi usaha makanan merupakan langkah yang tepat jika ingin merintis usaha bisnis kedepannya.

Contoh Proposal Usaha Ternak Sapi

cara membuat proposal kewirausahaan
cara membuat proposal kewirausahaan image.slidesharecdn.com
cara membuat proposal kewirausahaan
cara membuat proposal kewirausahaan
cara membuat proposal kewirausahaan
cara membuat proposal kewirausahaan

CONTOH PROPOSAL KERJASAMA

contoh proposal kerjasama

Untuk kalian yang terjun di dunia bisnis, pasti sudah mengetahui bahwa jaringan merupakan sesuatu yang sangat penting untuk mengembangkan bisnis salah satunya dengan menjalin kerjasama. Dengan mempunyai jaringan yang besar, kalian juga akan mempunyai peluang yang lebih besar untuk menambah wawasan dan juga pengembangan bisnis kalian.

Salah satu manfaat mempunyai banyak jaringan dengan orang banyak adalah kalian akan mempunyai peluang yang lebih besar untuk melakukan kerjasama yang bisa menguntungkan usaha kalian.

Dalam membentuk sebuah kerjasama bisnis, tentu ada beberapa prosedur untuk melakukannya, terlebih lagi apabila ingin menjalin kerjasama dengan sebuah perusahaan. Salah satu caranya yaitu dengan memakau proposal kerjasama.

Pengertian Proposal Kerjasama

Secara keseluruhan proposal kerjasama adalah sebuah proposal yang didalamnya terdapat sebuah pertimbangan yang nantinya akan meembuahkan sebuah kesepakatan antara dua belah pihak.

Sesuai dengan namanya, tentu di dalam proposal yang ini terdapat point-point yang akan disepakati antara kedua belah pihak dalam melaksanakan sesuatu, dengan mempertimbangkan keuntungan bersama yang didapatkan dari kerjasama. Keuntungan bisa berbentuk uang, fasilitas, keringanan dan lainnya.

Biasanya proposal ini berguna untuk pembuka sebuah kesepakatan, yang mana dipakai untuk memberikan gambaran secara luas mengenai profil dari pengaju. Setelag ada kemauan, setelah itu dilanjutkan dengan sesi audiensi atau pertemuan diantara kedua belah pihak untuk membahas kerjasama selanjutnya.

Pada sesi audiensi inilah kemudian didiskusikan secara detail dalam mengenai format kerjasama yang nantinya akan dihasilkan kesepakatan yang sama menguntungkan kedua pihak.

Struktur Proposal Kerjasama

Bagaimana bentuk proposal kerjasama secara umum? berikut penjelasannya :

1. Surat Pengantar

Karena memiliki sifat yang cenderung formal, surat pengantar umumnya digabung dalam proposal. Hal ini dilakukan untuk mempertegas kalau proposal tersebut memang resmi dibuat oleh pengaju. Seain itu didalam surat juga dijelaskan tentang perihal dari proposal tersebut.

2. Profil Perusahaan/Proyek

Sesuai dengan sifat dari proposal, yaitu mengajukan sesuatu, tentu kalian harus menjelaskan secara detail tentang profil perusahaan kalian, mulai dari yang umum sampai kelebihan dari perusahaan atau proyek kalian.

Informasi ini sangat diperlukan untuk memberikan dasar penetahuan kepada pembaca tentang produk kerjasama. Usahakan untuk membuatnya singkat, jelas, padat dan juga menarik tentunya agar pembaca tertarik untuk membahas secara lebih lanjut proposal kalian.

3. Kerjasama yang di Tawarkan

Sesudah mempunyai posisi tawar yang cukup dengan menyampaikan keunggulan kalian, tahap berikutnya adalah menawarkan bentuk kerjasama yang diinginkan. Poin ini dapat berbeda-beda pada setiap proposal, tergantung dengan klien yang akan disasar.

Mungkin kalian akan sering menemukan contoh proposal kerjasama yang mencantumkan paket penawaran kerjasama, format seperti itu bisa saja kalian gunakan. Akan tetapi berdasarkan pengalaman saya yang sudah cukup lama terjun di dunia proposal, format seperti itu urang bekrja dan hanya membuang-buang kertas saja.

Apabila menggunakan format opsi pemilihan seperti itu, biasanya perusahaan sulit memenuhi semua opsi tawaran yang diajukan, hanya sebagian atau bahkan tidak ada yang bisa memberikan sesuai dengan apa yang diminta. Oleh sebab itu diperlukan format yang tidak kaku dan sesuai dengan kebutuhan dalam kerjasama tersebut.

Dari pada menawarkan paket seperti diatas, akan lebih baik jika disesuaikan dengan perusahaan apa yang akan ditawarkan dan porsi kerjasama seperti apa yang diinginkan.

4. Feedback / Keuntungan untuk Penerima Proposal

Poin ini merupakan poin yang sangat penting yang harus disampaikan pada sebuah propsal. Kalian harus memasukkan apa yang klien dapatkan dengan bekerjasama dengan Kalian. Semakin banyak keuntungan dan manfaat yang ditawarkan, makan akan semakin mempermudah untuk mendapatkan kesepakatan kerjasama.

Contoh Proposal Kerjasama 1 : Antar Perusahaan

Setelah mengetahui dasar-dasar dari proposal kerjasama, berikutnya kita akan memngulas contoh dari proposal kerjasama supaya pengetahuan kalian dapat bertabah.

Proposal dibawah ini akan membahas tentang pengajuan kerjasama dari suatu perusahaan periklanan dengan hotel.

cotoh proposal kerjasama

 

1. Contoh Cover Proposal Kerjasama

Terlihat berkelas bukan? Buatlah kesan pertama supaya mereka tertarik dan segan dengan apa yang telah ditawarkan. Untuk membuat contoh cover proposal, saya sendiri menggunakan aplikasi Photoshop.

2. Contoh Surat Pengantar Proposal Kerjasama

Pada point ini kalian bisa sedikit memperkenalkan perusahaan/diri. Sesudah maksud dan tujuan kalian menyampaikan proposal. Surat ini juga bermannfaat untuk mengonfirmasi kalau proposal tersebut merupakan proposal yang secara resmi dibuat olah perusahaan.

Selain itu untuk menambah kesan resmi dan professional, proposal tersebut bisa ditambahkan dengan wartermark berupa desain logo atau pun lowerthird sebagai pengenal dan ciri khas dari perusahaan.

3. Profil Perusahaan dalam Proposal

Pada bagian profil perusahaan, usahakan untuk mengirimkan pesan dengan jelas dan juga padat. Proposal bisa juga ditambahkan dengan aksen gambar untuk memberikan kesan mewah dan professional. Hal tersebut dilakukan supaya bisa memberikan rasa percaya dari pembaca.

Selainitu juga, pemakaian ilustrasi juga bisa bermanfaat dalam menjelaskan poin yang akan disampaikan.

4. Bentuk Penawaran

Setelah menjelaskan profil, kalian bisa langsung menjelaskan apa yang akan kalian tawarkan. Bisa berupa kelebihan perusahaan atau yang lainnya. Kalian juga bisa mengolah data menjadi suatu hal yang menarik sebagai bahan untuk memperlancar kerjasama.

5. Feedback Kerjasama

Pada bagian ini kalian bisa langsung menggambarkan bagaimana rencana bentuk kerjasama yangakan kalian inginkan. Biasanya pada tahap awal, penawaran ini dipakai sebagai bahan awal dari diskusi. Masukkan secara jelas apa yang akan kalian inginkan dan apa yang akan beri iklan.

Contoh Proposal Bisnis

Proposal Bisnis

CONTOH PROPOSAL BISNIS – Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai pembuatan contoh proposal bisnis. Contoh proposal pastinya sangat banyak sekali dicari-cari oleh masyarakat sebagai rujukan bagi para calon-calon pengusaha muda. Semakin majunya perkembangan dunia pendidikan selama ini, begitu pula di negara kita, dapat diambil kesimpulan.

Kesimpulan yang dapat diambil dari majunya pendidikan di seluruh dunia adalah sebuah ilmu kewirausahaan merupakan mata pelajaran yang berharga dalam memberikan wacana dan memotivasi para pelajar serta mahasiswa untuk membuat terobosan dalam menjalani hidup berkewirausahawan.

Sewajarnya, setelah siswa selesai dari sekolah menegah ke atas (SMA) mereka melanjutkan ke bangku kuliah. Namun, yang terjadi sekarang bukanlah semua seperti itu, kuliah sekarang tak menjadi prioritas utama lagi. Mereka banyak mencari alternatif lain yaitu menjadi pengusaha. Menjadi pekerja atau melamar dalam suatu perusahaan harus mampu membuat datar riwayat hidup dan surat lamaran.

Hal yang harus diperhatikan untuk menjadi seorang pengusaha bukanlah hal yang mudah dan remeh. Banyak sekali hal yang harus ia miliki serta ia kuasai dari segi material, skill, dan juga mental yang kuat. Itulah hal yang harus dikuasai oleh pemula yang hendak berkecimpung dalam dunia bisnis.

Bagi pemula yang mengharuskan seperti itu bukanlah hal yang gampang dan mudah. Tapi, dari itu semua bukan berarti dalam mewujudkan keinginan sudah berakhir atau tidak berlanjut lagi. Sebab masalah-masalah yang demikian mampu diatasi dengan pengajuan surat proposal usaha/bisnis sebagaimana yang akan kita bahas. Untuk itu, simak terus ulasan berikut.

Definisi Proposal Bisnis

Proposal Usaha

Untuk mendapatkan proposal usaha ternak sapi, anda membutuhkan data yang pas dan akurat serta penyampaian yang lugas dan mudah dimengerti jika sudah merasa siap untuk melakukan persetujuan kerjasama dengan investro terkait. Jangan lupa untuk sebelum itu memperhatikan apakah struktur susunan proposal tersebut sudah benar sebagimana mestinya.

Definisi yang paling sederhana dari proposal bisnis/usaha adalah suatu rencana usaha yang dirancang dan diberikan kepada investor (pihak lain) secara tertulis. Hal itu dilakukan dengan sistem sistematik dan jelas yang mencakup semua gambaran tentang aktivitas atau pekerjaan yang akan dikerjakan. Selain itu, rincian yang dibutuhkan serta perhitungan uang harus jelas.

Itulah definisi dari proposal usaha, dengan itu semua akan membantu Anda dalam membentuk usaha agar berjalan dengan lancar dan sukses. Dengan adanya proposal bisnis/usaha pastinya terdapat tujuan dan manfaat tersendiri.

Tujuan Dibuatnya Proposal Bisnis

Pada dasarnya, dibentuknya atau dibuatnya proposal usaha ini terdapat beberapa tujuan. Tujuan tersebut antara lain adalah;

  • Tujuan pertama adalah supaya peluang usaha yang profitable dapat direalisasikan dengan baik.
  • Adapun tujuan yang kedua, investor (pihak lain) yang akan terjalin dengan kita teryakinkan dengan usaha maupun bisnis yang akan dijalankan dan dikembangkan.

Manfaat dari Proposal Bisnis/Usaha

Manfaat yang akan didapatkan dari pembuatan proposal usaha sangat menguntungkan bagi suatu perusahaan. Manfaat yang akan didapat antara lain sebagai berikut:

  • Memudahkan pemilik usaha dalam menjelaskan kepada pihak investor mengenai apa saja ide atau gagasan usaha yang akan dikerjakan dan dieksekusi.
  • Proposal usaha tersebut bisa menjadi media kontrol atau sebagai rujukan bagi kedua belah pihak untuk memantau usaha yang sedang dikembangkan jika sudah terjadi kesepakatan antara keduanya.
  • Dalam realisasinya, proposal usaha sangat membantu mengatasi kerugian yang disebabkan oleh adanya penyimpangan biaya tak terduga.
  • Pengeluaran dan masukan akan semakin jelas dari mana sumber-sumbernya.

Hal Penting Dalam Pembuatan Proposal Bisnis/Usaha

Dalam pembuatan proposal usaha maupun bisnis, terdapat be beberapa hal yang harus ada. Hal itu supaya Proposal dapat diminati dan mendapat kesepakatan dari pihak yang akan terjalin hubungan dengan perusahaan kita. Hal-hal tersebut akan kita bahas tuntas di sini. Supaya lebih jelasnya, berikut hal-hal yang harus diperhatikan.

Proposal Bisnis yang Diminati Investor

Dalam membuat proposal usaha/bisnis, tidak semua orang mampu membuat proposal dengan baik dan benar. Sebab, proposal usaha yang dibuat harus ditulis dengan kata-kata dan bahas ayang bagus dan menarik, sehingga mampu menarik dan meyakinkan investor dalam menerima kerja sama.

Untuk itu, dibutuhkan keterampilan khusus serta pengetahuan yang cukup dalam membuat proposal usaha/bisnis yang baik, benar dan menarik. Simak terus ulasan berikut, dan akan ada contoh surat proposal usaha/bisnis.

Proposal yang diminati oleh para investor ialah proposal yang memiliki sistematika, alur pembahasan yang runtut dan jelas. Bahasa yang digunakannya pun bukan bahasa yang resmi dan kaku. Namun, bahasa yang atraktif dan mudah di pahami bagi investor.

Sehingga maksud, tujuan dan inti dari proposal usaha yang diajukan tersebut bisa dipahami dengan baik. Selain itu, di saat pengajuan proposal usaha tersebut kepada investor, sang pemilik usaha membacakan dan menjelaskan dengan baik dan jelas. Dengan anggap saja bahwa sang investor tersebut tak mengerti apapun mengenai pembahasan yang sedang dijelaskan.

Contoh Proposal Skripsi

Proposal skripsi ini adalah sebuah proposal yang diajukan untuk rancangan skripsi. Selain itu proposal skripsi juga sebagai acuan dalam membuat skripsi. Dengan adanya proposal skripsi ini maka dosen pembimbing akan lebih mudah dalam memberikan penilaian terhadap skripsi yang akan dikerjakan.

Berikut ini adalah contoh proposal skripsi yang bisa kamu conton dalam membuat skirpsi.

***

Bab I

PENDAHULUAN

contoh propsal skripsi

Latar Belakang

Ketenagakerjaan menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2010 berkaitan dengan tenaga kerja pada waktu sebelum, selama, dan sesudah masa kerja. Tenaga kerja merupakan salah satu modal yang sangat penting dalam sebuah perusahaan.

Dimana tenaga kerja adalah seseorang yang memiliki keahlian atau keterampilan tertentu yang bisa menghasilkan barang atau jasa baik untuk kebutuhan sendiri maupun kebutuhan masyarakat luas.

Berdasarkan keterampilan yang dimiliki oleh tenaga kerja tersebut, Perusahaan pemberi kerja wajib memberikan jaminan kesejahteraan bagi karyawan dan keluarganya. Salah satu jaminan kesejahteraan ini adalah jaminan hari tua (pensiun).

Seorang tenaga kerja akan mendapatkan jaminan berupa imbalan pascakerja di masa pensiun dimana pada masa Ia berhenti atau tidak mampu lagi bekerja karena faktor-faktor tertentu.

PT. X membentuk suatu lembaga pengelola dana pensiun yang diberi nama Dana Pensiun Karyawan PT. X. Dana Pensiun ini dibentuk dengan tujuan untuk menghimpun dan mengelola kekayaan serta mengusahakan kesejahteraan di hari tua bagi para Peserta dan keluarganya. PT. X bertugas mengelola dana pensiun karyawan dan menginvestasikan kekayaan Dana Pensiun sesuai dengan arahan investasi yang telah ditetapkan.

Latar Belakang Skripsi

Progam pensiun yang dikelola oleh Dapen PT. Xsejak April 1998 mengacu kepada metode Projected Benefit Cost Method (PBCM) yaitu program pensiun menggunakan iuran pasti. Pada metode ini, Perusahaan menentukan terlebih dahulu besar iuran yang harus dibayarkan oleh peserta, setelahnya baru ditentukan besar manfaat yang akan diterima peserta pada saat pensiun.

Prinsip dari metode PBCM ini adalah besar manfaat pensiun yang akan diterima oleh peserta adalah akumulasi dari iuran peserta ditambah dengan hasil pengembangannya.

Berdasarkan Peraturan Dana Pensiun Dapen PT. X sesuai Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor: KEP-287/KM.6/2002, iuran yang wajib dibayarkan oleh peserta Dapen PT. X setiap bulannya adalah sebesar 5% dari Penghasilan Dasar Pensiun (PhDP) yang dipotong langsung dari penghasilan peserta. Kemudian ditambah iuran dari pemberi kerja (PT. X ) sebesar 9% dari PhDP. PhDP merupakan gaji pokok peserta ditambah tunjangan keluarga.

Dapen PT. X menerapkan sistem investasi untuk pengembangan iuran dana pensiun yang masuk. Besarnya return yang didapatkan dari hasil investasi tersebut akan dibagikan kedalam tabungan masing-masing peserta yang berfungsi sebagai bunga. Jadi bunga yang digunakan adalah persentase hasil pengembangan dan/investasi.

Hasil investasi ini selalu bergerak fluktuatif mengikuti kondisi yang ada. Maka dari itu, bunga yang digunakan ini dapat dimodelkan melalui suatu pendekatan stokastik. Salah satu model yang dapat digunakan adalah Model Tingkat Suku Bunga Cox Ingersoll dan Ross (CIR).

Model tingkat suku bunga CIR merupakan model equilibrium yang diperkenalkan pada tahun 1985. Model CIR menjamin tingkat suku bunga bernilai positif dan memiliki sifat mean reversion atau mempunyai kecenderungan kembali menuju rata-rata (Mariana, 1998).

Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, perumusan masalah pada penelitian ini adalah berapa besar manfaat pensiun normal yang akan diterima peserta pada metode iuran pasti jika mempertimbangan pergerakan kurs valuta asing dan tingkat suku bunga (hasil investasi) stokastik model CIR.

Maksud dan Tujuan

Maksud dari penelitian ini adalah memberikan ide baru dalam perhitungan manfaat pensiun normal dengan menggunakan metode iuran pasti di Dana Pensiun Karyawan PT. X.

Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan solusi kepada Dana Pensiun Karyawan PT. X atas nilai manfaat pensiun normal di masa depan. Manfaat tersebut menyesuaikan dengan nilai beli (sesuai nilai tukar rupiah terhadap Dollar) pada masa depan dengan mempertimbangkan unsur kurs valuta asing dan tingkat suku bunga (hasil investasi) stokastik model CIR.

Diharapkan perumusan ini menjadi pertimbangan dalam menentukan kebijakan perusahaan dalam hal pemberian manfaat pensiun normal.

BAB II

TINJAUAN PUSTAKA

contoh propsal skripsi

Pendahuluan

Penelitian ini bermaksud untuk menghitung besar manfaat pensiun normal yang akan diterima oleh peserta pada masa pensiun.

Perhitungan manfaat dengan mempertimbangkan pergerakan kurs valuta asing dan tingkat suku bunga (hasil investasi) stokastik menggunakan model tingkat suku bunga CIR.

Metode pensiun yang digunakan adalah metode Projected Benefit Cost Method (iuran pasti). Pada bab ini akan dipaparkan beberapa teori yang mendukung untuk penelitian ini.

Asumsi Penurunan Populasi (Decrement Assumptions)

Decrement berarti penurunan jumlah populasi (pekerja) akibat beberapa penyebab, seperti kematian, cacat, dan keluar. Dalam penelitian ini, decrement assumptions yang menjadi penyebab hanya kematian saja, karena yang akan dibahas adalah program pensiun normal.

Peserta yang ingin mendapatkan manfaat pensiun normal harus bisa bertahan hidup sampai usia pensiun normal. Maka peluang sesorang yang berusia x tahun masih bertahan hidup sampai usia n tahun yang akan datang.

Asumsi Nilai Uang yang Dikaitkan dengan Waktu (Interest Assumption)

Asumsi tingkat suku bunga (Interest Assumption) sangat berpengaruh dalam perhitungan besaran pensiun, yaitu dalam menentukan present value baik normal cost maupun benefit.

Asumsi tingkat suku bunga ini terdapat 3 (tiga) komponen, yaitu:

  • Komponen tingkat suku bunga murni
  • Komponen yang dikaitkan dengan risiko investasi
  • Komponen yang dikaitkan dengan inflasi

Umumnya tingkat suku bunga diasumsikan konstan, padahal pada kenyataannya tingkat suku bunga ini bergerak berubah sewaktu-waktu. Sehingga perlu adanya pemodelan stokastik untuk menjelaskan tingkat bunga tersebut.

Projected Benefit Cost Method (PBCM)

Prinsip dasar pendanaan pensiun adalah terciptanya keseimbangan antara iuran yang dibayarkan oleh peserta program pendanaan pensiun dan manfaat yang diterima pada saat pensiun. Sehingga besarnya manfaat (benefit) yang diterima harus menutupi iuran normalnya.

Projected Benefit Cost Method (PBCM) atau dikenal dengan program pensiun iuran pasti adalah jenis program pensiun dengan menentukan terlebih dahulu iuran yang harus dibayarkan oleh peserta, baru kemudian dihitung manfaat atau akumulasi dari iuran yang telah dibayarkan tersebut. Berikut skema program pendanaan pensiun iuran pasti

Normal Cost (NC)

Normal cost atau iuran normal adalah iuran/pembayaran yang dibayarkan oleh peserta pensiun selama masa kerja pada saat mengikuti program pensiun. Pembayaran iuran normal pada Dapen PT X  yaitu menggunakan modifikasi Constant Percentage of Salary (CS)

Artinya pembayaran iuran pensiun menggunakan presentase konstan yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Presentase iuran di Dapen PT X  yaitu sebesar 10% (lima per seratus) dari Penghasilan Dasar Pensiun (PhDP) dan 20% (sembilan per seratus) dari pemberi kerja. Jika digabungkan adalah sebesar 30% (empat belas per seratus) dari PhDP.

Demikianlah penjelasan mendalam mengenai bagaimana cara membuat proposal usaha bisnis yang baik dan benar, mulai dari contoh proposal usaha, pengertian dan definisi proposal usaha, sistematika susunan format penulisan pproposal usaha. SEmoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat bagi anda yang hendak membuat proposal usaha.

2 pemikiran pada “Contoh Proposal Usaha yang Baik dan Benar Beserta Cara Membuatnya Untuk Bahan Referensi

Tinggalkan komentar