Contoh Poster Pendidikan

Contoh Poster Pendidikan dan Kesehatan yang Kreatif dan Unik, Mncerdaskan Generasi Bangsa

CONTOH POSTER PENDIDIKAN DAN KESEHATAN – Contoh slogan dan poster sering kali kita jumpai dan temukan ditempat-tempat keramaian. Poster dan slogan ini sangat bermanfaat dan berguna untuk mengajak orang lain melakukan berbagai kegiatan positif sesuai dengan pesan yang disampaikan oleh si pembuat poster dan slogan kepada orang lain.

Poster dan slogan merupakan kesatuan yang tidak dapat terpisahkan satu sama lain. Poster dan slogan ini digunakan sebagai media atau alat pembangun kesadaran dan pengingat bagu masyarakat akan permasalahan yang sedang mereka hadapi namun mereka cuek untuk mengurusnya. Contohnya mengenai pendidikan, lingkungan, kesehatan, global warming, dan sebagainya.

Sering kali kita menemukan beragam-ragam poster dan slogan di tempat-tempat keramaian seperti di mall, taman, sekolahan, kantor dan tempat-tempat umum lainnya. Disini kita bisa menyimpulkan bahwa slogan dan poster ini banyak ditemukan ditempat adanya keramaian masyarakat tempat dimana banyak orang berlalu-lalang atau melakukan berbagai macam aktivitas lainnya.

Sebab pada dasarnya tujuan poster dan slogan dibuat yaitu untuk dibaca dan dipahami maksud dan maknanya oleh orang lain atau masyarakat sekitar. Jika poster dan slogan tersebut diletakkan ditempat-tempat yang sepi siapa yang akan membacanya? Pastinya tidak ada jika ada itupun hanya beberapa.

Pada artikel kalini kita akan kupas lebih dalam mengenai poster dan slogan. pada artikel sebelumnya kita sudah menjelaskan mengenai contoh poster lingkungan. Nah pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai contoh poster kesehatan dan contoh poster pendidikan.

Pengertian Poster

Contoh poster pendidikan
Contoh poster pendidikan

Poster adalah sebuah karya seni yang berupa desain grafis yang didalamnya terdapat gabungan antara gambar, warna, dan huruf yang menjadi satu itulah poster. Poster memiliki sifat mengajak atau menghimbau khalayak mengenai suatu permasalahan yang sering dibahas ditengah masyarakat umum.

Dalam mencari lokasi untuk penempatan poster letak yang paling pas dan strategis yaitu adalah di tembok-temob. Permukaan tembok yang datar menjadi tempat yang paling pas untuk diletakkan poster yang berisikan slogan dan gabungan warna.

Jika permukaan tempat meletakkan poster tidak rata, besar kemungkinan poster tersebut akan rusak, atau terlepas dan terbawa angin karena ketika menempelkannya seluruh bagian permukaannya tidak melekat dengan poster sehingga mudah lepas.

Pemilihan lokasi tidak hanya dilihat dari tempat meletakkannya saja namun juga dilihat dari keramaian orang yang ada di tempat. Mungkin kamu sudah cukup bagus meletakkan poster pada dinding dengan permukaan yang datar namun ternyata kamu meletakkannya di sebuah pedalaman desa, ya.. jelas tidak ada yang mau lihat.

Untuk itu kamu perlu mencari lokasi yang strategis untuk meletakkan poster dilihat dari sisi tempat meletakkan posternya dan dari sisi ramainya orang-orang berlalu lalang di tempat tersebut, karena yang kita jadikan target disini adalah banyaknya orang yang melewati tempat tersebut agar dilihat dan dibaca.

Penggunaan poster dan slogan memiliki banyak fungsi diantaranya sebagai sarana dan media untuk promosi iklan lewat poster, poster bertema pendidikan, poster bertema lingkungan, poster bertema narkoba, kesehatan banyak lagi kegunaan poster yang bisa kamu pakai untuk kebutuhan. Poster merupakan karya salinan ulang atau rekayasa yang sering juga disebut dengan plakat, karena sifatnya yang pekat.

Ciri-Ciri Poster

Contoh poster pendidikan
Contoh poster pendidikan

Berikut beberapa ciri-ciri poster yang perlu kamu ketahui untuk melakukan proses pembuatan poster maupun slogan:

  • poster harus mengandung suatu pesan tersirat yang disampaikan melalui gabungan huruf sehingga menjadi kalimat yang ada pada sebuah poster.
  • Untuk mengaplikasikannya bisa dengan cara meletakkannya pada bagian dinding lalu paskan dan setelah itu tempelkan, cari bagian dinding yang memiliki permukaan yang datar.
  • Buatlah poster dengan warna yang terlihat mencolok atau tajam dan jelas yang berfungsi sebagai daya tarik tersendiri bagi poster tersebut. Bagian kontras dan kejelasan gambar dan warnanya ditingkatkan.
  • Poster menggunakan gabungan huruf yang singkat, padat, jelas, serta mudah untuk dipahami orang lain. Karena tujuan utama pembuatan suatu poster adalah untuk dilihat dan dibaca oleh orang lain.
  • Poster tidak akan lengkap tidak akan sempurna dikatakan poster jika tidak terdapat ilustrasi gambar pada poster tersebut. Selain untuk melengkapi ciri-ciri poster gambar juga menjadi salah satu media untuk dapat menarik perhatian para pembacanya. Semakin unik suatu gambar yang ada pada poster tersebut semakin tertarik orang lain untuk membacanya.

Syarat-Syarat Pembuatan Poster

Contoh poster pendidikan
Contoh poster pendidikan

Setelah mengetahui ciri-ciri dari poster perlu kalian ketahui juga untuk membuat suatu poster yang baik dan benar terdapat beberapa poin persyaratan yang harus kalian miliki pada poster yang kalian punya, syarat pembuatan poster tersebut sudah dirangkum dibawah ini:

  • Ilustrasi gambar pada poster harus sesuai dengan tema atau kalimat yang kalian cantumkan pada poster tersebut. Coba kalian bayangkan jika poster yang kalian buat bertema pemanasan global namun ilustrasi gambar poster yang kalian berikan adalah bertema kesehatan tentu hal tersebut akan menjadi ambigu dan membuat orang yang melihat dan membacanya kebingungan, untuk itu poin ini perlu kalian perhatikan.
  • Gunakanlah gambar yang mencolok dan memiliki kontras yang tinggi sehingga pembacanya tertarik dan nyaman untuk membaca dan melihat posternya. Jangan gunakan gambar yang buram dengan kombinasi warna yang pudar, orang yang melihatnya mungkin akan kehilangan ketertarikannya untuk membaca poster itu.
  • Gunakanlah kata atau penggunaan kalimat yang efektif dan tidak rancu. Sebisa mungkin gunakan kombinasi kalimat yang berkaitan satu sama lain yang akan menambah nilai ketertarikan posternya, contohnya Hutan ditebang banjir menghadang.
  • Gunakan ukuran huruf yang pas dan enak untuk dibaca, tidak kebesaran tidak kekecilan karena itu menjadi poin tambahan untuk meningkatkan ketertarikan masyarakat terhadap poster yang kalian buat.

Cara Membuat Poster yang Baik dan Benar

Contoh poster pendidikan
Contoh poster pendidikan

Terdapat beberapa ketentuan yang perlu kalian perhatikan untuk dapat membuat poster yang baik dan benar. Mulai dari pemakaian gambar, konsep poster pembuatannya, tulisan slogan, ukuran huruf yang digunakan dalam pembuatan poster, dan lainnya.

1. Menentukan Topik dan Tujuan

Tahap pertama dalam pembuatan poster yang perlu kalian perhatikan yaitu tentukan tema seperti apa yang akan kalian bahas yang akan kalian terapkan pada poster yang kalian buat. Contohnya seperti tema pendidikan, tema kemerdekaan, tema global warming, dan masih banyak lagi. Hal inilah yang harus kalian tentukan terlebih dahulu untuk lanjut ketahap proses pembuatan poster selanjutnya.

Setelah menemukan ide untuk pembahasan poster kalian, selanjutnya tentukan tujuan pembuatan poster tersebut. Pastinya kamu memiliki alasan tersendiri mengapa kamu ingin membuat poster tersebut. Karena ini merupakan dasar yang nantinya bisa membuka tahap pembuatan poster selanjutnya seperti menyesuaikan gambar, warna, dan kalimat yang nantinya diaplikasikan pada poster ini.

2. Menggunakan Kalimat yang Bersifat Persuasif, Singkat, dan Jelas

Biasanya poster hanya dilihat atau dibaca sekilas saja oleh orang-orang yang lewat entah itu karena ia memiliki urusan yang lebih penting lagi atau tidak tertarik untuk membacanya. Untuk itu kalian perlu suatu bumbu khusus untuk dapat menarik perhatian orang yang lewat. Disinilah kalian harus memakai kombinasi huruf yang menghasilkan kamlimat yang baik, benar, enak dibaca.

Kalimat yang kalian gunakan pada poster kalian juga akan mempengaruhi para pembacanya, gunakanlah kalimat persuasif atau kalimat yang bersifat mengajak karena dengan menggunakan kalimat ini pesan yang kalian sampaikan kepadanya akan tersimpat dan membekas dikepalanya. dalam ilmu psikologi jika seseorang menceritakan mengenai pengalamnya kepada temannya.

Temannya tersebut mungkin tidak terlalu tertarik dengan pengalaman tersebut jika tidak satupun dari cerita tersebut mengenai tentang dirinya seperti hobi dan sebagainya. namun jika seseorang bercerita mengenai pengalaman bersama temannya yang mengenai hobi, kesukaan, sifat, atau apapun itu yang mengenai tentang temannya pastinya temannya tersebut akan mendengarkan dan menyimaknya dengan perasaan senang dan antusias yang tinggi karena pada cerita tersebut terdapat dirinya.

Nah apa hubungannya dengan kalimat persuasif pada poster? karena kalimat persuasif yang bersifat mengajak otomatis kita menggunakan kalimat yang menggerakkan hati si pembaca maka hal tersebut akan mengenai dirinya. Contohnya: Lingkungan memberikan mu hidup mengapa kamu tidak memberikannya hidup? kata mu disini pastinya mengenai si pembacan sehingga akan membekas pada dirinya.

3. Menggunakan Gambar

Gambar adalah salah satu media utama untuk menarik perhatian khalayak ramai untuk membaca poster-poster. Kebanyakan orang mau membaca dan melihat suatu poster jika terdapat ilustrasi gambar, apalagi jika gambar tersebut terlihat unik yang pastinya akan diperhatikan orang-orang.

Gunakan gambar dengan kontras yang jelas sehingga enak untuk dilihat. tidak hanya pada poster hal ini dilakukan para pebisnis juga menjadikan gambar sebagai media untuk mempromosikan produk mereka melewati poster, slogan, pamflet, baliho, dan sebagainya.

4. Gunakan Media yang Tepat

tempat atau media untuk menempelkan poster merupakan pengaruh paling besar agar poster dilihat dan dibaca banyak orang. Meletakkan poster haruslah pada tempat-tempat keramaian yang strategis bukan ditempat-tempat yang sepi atau tidak ada orang. Lebih bagus lagi jika siang dan malam tempat tersebut terus ramai orang berlalu lalang. Karena secara tidak langsung ia akan melihat poster-poster atau apapun yang ada disekitarnya. Untuk itulah perlu dilakukan pencarian lokasi yang tepat terlebih dahulu sebelum menyebar dan meletakkan poster-poster yang kalian buat.

Nah, demikianlah beberapa tips untuk cara membuat poster. Untuk pemilihan gambar gunakanlah warna yang cerah dan mencolok. Agar dapat menarik perhatian para pengunjung lebih banyak. Berikut ini beberapa  contoh poster dan slogan yang bisa kamu jadikan referensi untuk pembuatan tugas atau sebagainya yang kamu butuhkan untuk contoh pembuatan poster dan slogan.

Contoh Poster Pendidikan

poster pendidikan
poster pendidikan

Contoh Poster Pendidikan Berkarakter

poster pendidikan berkarakter
poster pendidikan berkarakter

Contoh Desain Poster Pendidikan

desain poster pendidikan
desain poster pendidikan

Contoh Gambar Poster Pendidikan

gambar poster pendidikan
gambar poster pendidikan

Contoh Slogan Pendidikan

slogan pendidikan
nafiriz.blogspot.co.id
  • Pendidikan adalah gerbang menuju kesuksesan.
  • Pendidikan merupakan kunci meraih kesuksesan.
  • Belajarlah! agar kamu mengeti.
  • Gerbang awal menuju kesuksesan adalah pendidikan.
  • Cegah kemiskinanmu dengan pendidikan.
  • Peliharalah matamu dengan pendidikan.
  • Perihalalah dirimu dengan pendidikan.
  • Miskin terhadap harta boleh saja namun miskin terhadap ilmu jangan sampai.
  • Harapan dan impianmu tergantung bagaimana kamu menyikapi pendidikanmu.
  • Dengan pendidikan kamu dapat menggenggam dunia.
  • Mimpi tanpa adanya pendidikan bagai burung tak bersayap.
  • Berantaslah kebodohan dengan pendidikan.
  • Berantas kemiskinan dengan berpendidikan.

Contoh Poster Kesehatan

contoh poster kesehatan
contoh poster kesehatan

Contoh Poster Kesehatan tentang Narkoba

kesehatan tentang narkoba
kesehatan tentang narkoba

Contoh Poster Kesehatan Bertema Makanan

kesehatan dalam memilih makanan
kesehatan dalam memilih makanan

Contoh Slogan Kesehatan

slogan kesehatan
slogan kesehatan kursuskomputerjogja.com
  • Kesehatan merupakan hal utama yang harus kamu jaga.
  • Menjaga kesehatan kunci panjang umur.
  • Jagalah kesehatan mu untuk awet muda dalam umur yang panjang.
  • Kesehatan merupakan kunci untuk kehidupan abadi  yang lebih lama.
  • Jagalah Pola makan anda agar tetap sehat di masa tua nanti.
  • Kesehatan merupakan hal yang paling berharga dan sangatlah mahal.
  • Mencegah penyakit lebih baik dari pada mengobati penyakit.
  • Manfaatkanlah waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu.
  • Hargai masa muda sehatmu sebelum datang masa tua sakit mu.
  • Rutinlah melakukan olahraga untuk menjaga kesehatanmu.
  • Sehat itu sulit sakit itu mudah.
  • Pola makan sehat merupakan perencanaanmu untuk hidup lebih lama.
  • Tak mau sakit, tak mau berbaring lemas, tak mau minum obat? Jaga kesehatan anda!
  • Kesehatan diabaikan penyakit dipertahankan.
  • Jagalah masa muda mu dengan senantiasa mengatur pola hidup sehat.
  • Makanlah makanan yang sehat untuk masa tua mu.
  • Tidak ingin menyusahkan di masa tua? jagalah kesehatan mu!
  • Sayuran buah-buahan jangan kau tinggalkan untuk masa tua yang menyenangkan.
  • Sehat menyenangkan Sakit menyakitkan.
  • Narkoba kau lakukan maut kau dapatkan.
  • Hindari narkoba untuk masa depan yang lebih cerah.
  • Bekal untuk anak anda kesehatan anda berikan kepadanya.
  • Hidup tidak akan terasa nikmat jika tak sedikitpun kesehatan yang kau rasakan.
  • Kesehatan merupakan nikmat yang diberikan tuhan untuk itu jagalah ia semasa hidup mu.
  • Investasi yang paling berharga bukanlah emas bukanlah kemewahan namin kesehatan adalah segalanya.
  • Kesehatan merupakan salah satu kunci kesuksesan mu.
  • Kesehatan adalah kesenanganmu yang sering kau abaikan.
  • Kekayaan seseorang tidak dilihat dari jumlah hartany, namun dari sehat dan bugar badan yang dimilikinya.
  • Kenikmatan yang sebenarnya bukanlah dari harta kekayaan namun dari kesehatan tubuh dan jasmani yang kamu punya.
  • Hidup lebih lama? Kesehatan adalah kuncinya.
  • Kekayaan tidak akan berarti jika hidupmu tak merasakan kesehatan sekecil pun.
  • Kenikmatan akan dirasakan jika tubuhmu kuat, sehat, dan bugar.
  • Sehat tidak memiliki harga namun ia sangat bermakna, istimewa, dan yang paling berharga.

Tinggalkan komentar