Contoh Pendahuluan Makalah Laporan Terlengkap Bagi Kamu yang Ingin Membuat Makalah

CONTOH PENDAHULUAN – Makalah laporan merupakan suatu hal yang tidak asing lagi bagi kamu yang berada di jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan juga mahasiswa. Makalah laporan merupakan tugas yang biasa diberikan oleh guru atau dosen kepada muridnya.

Untuk membuat sebuah laporan tersebut diperlukan sumber informasi yang jelas, lengkap, mudah dipahami, dan yang pastinya susunan struktur formatnya tertata dengan rapi. Jika kamu ingin mendapatkan nilai plus dari guru atau dosen mu maka syarat-syarat diatas tadi perlu kamu penuhi dalam sebuah makalah laporan mu.

contoh pendahuluan makalah yang baik dan benar
contoh pendahuluan makalah yang baik dan benar aesa-cortaillod.com

Makalah tersusun dari beberapa bagian yang tertata dengan rapi. Hal ini disebabkan karena laporan atau makalah mempunyai susunan format yang sistematis.Namun biasanya, sistematika penulisan laporan makalah terdiri dari 3 pembagian pokok inti yaitu awalan, bagian inti, dan bagian akhir.

Disetiap bagian pokok tersebut memiliki beberapa cabang lagi, namun pada artikel kali ini kita hanya akan membahas khusus bagaimana cara membuat kata pendahuluan makalah beserta contoh-contoh pendahuluannya.

Sebelumnya kita juga sempat membahas terkait dengan daftar isi, kata pengantar, dan juga contoh susunan makalah yang benar. Pada artikel kali ini kita akan menggali lebih dalam mengenai cara membuat pendahuluan mulai dari pendahuluan makalah, contoh pendahuluan laporan yang baik dan benar, pendahuluan karya ilmiah, serta contoh pendahuluan skripsi.

Contoh Pendahuluan Makalah yang Baik dan Benar

pendahuluan makalah laporan
pendahuluan makalah laporan cdn.shopify.com

Setelah basa-basi terkait dengan laporan makalah seperti diatas tadi, kali ini kita akan membahas mengenai contoh-contoh pendahuluan seperti apa yang dapat digunakan untuk dijadikan referensi nantinya, berikut ini akan dipaparkan secara urut sehingga mudah dipahami mulai dari latar belakang, Perumusan masalah, dan tujuan penulisan makalah.

Contoh Pendahuluan 1

contoh pendahuluan karya ilmiah
contoh pendahuluan karya ilmiah img3.stockfresh.com

1.1 Latar Belakang

Tumbuh serta semakin berkembangnya remaja pada zaman modern ini sudah tidak lagi dapat dibanggakan. Mengapa demikian? Akhir-akhir ini kenakalan remaja semakin menjadi-jadi yang sudah mencapai taraf yang sudah diambang batas. Berbagai macam bentuk tindakan kriminalitas mulai dari penggunaan narkoba, pornografi, pergaulan bebas, dan masih banyak lagi.

Dampak yang dihasilkan tidak hanya bagi pelakunya saja namun juga korbannya. Akan tetapi mencakup seluruh aspek lingkungan dan sosial yang beberapa diantaranya seperti pemerkosaan, penggunaan narkoba, tawuran, merusak fasilitas-fasilitas umum, dan lain sebagainya.

Remaja yang seharusnya menjadi generasi cahaya terang benderang di masa depan yang meneruskan perjuangan para pahlawannya, malah sebaliknya merusak martabat bangsa dan menyebabkan kekacawan dimana-mana. Sehingga dengan begitu tidak dapat lagi menjamin untuk dapat memajukan bangsa bahkan negara.

Hal seperti ini sangatlah disayangkan, sebab tidak tutup kemungkinan 20 tahun mendatang jika hal ini tidak juga terselesaikan dan teratasi maka kemiskinan akan segera melanda, sosok-sosok pemimpin yang berakhlak, intelektual yang tinggi, dan kreatif tidak akan terlihat sama sekali.

Remaja saat ini dapat dengan mudahnya melakukan berbagai macam perubahan sosial, salah satunya budaya luar yang diadopsi dan dijadikan budaya sehari-hari tanpa adanya filter. Peningkatan kenakalan remaja merupakan satu diantara dampak lainnya dari media informasi pada saat ini. Penggunaan smartphone yang tidak diawasi yang terbuka begitu saja serta program televisi yang menyajikan berbagai macam tayangan yang tidak layak untuk di tonton.

Permasalah yang terjadi ini tidak hanya menjadi beban tanggung jawan para orang tua saja, namun juga terlibat lembaga pendidikan didalamnya. Karena merekal juga memiliki tanggung jawab untuk membimbing dan memperbaiki kerusakan yang terjadi pada perilaku remaja saat ini. Sehingga permasalahan ini tidak terjadi terus-menerus tanpa adanya usaha untuk menghentikannya.

1.2 Rumusan Masalah

Disini penulis telah menyusun beberapa poin penting yang akan dibahas pada makalah ini. Salah satunya yaitu sebagai berikut:

1. Apa yang dimaksud dengan kenakalan remaja?

2. Apa yang menjadi penyebab terjadinya kenakalan remaja?

3. Bagaimana solusi untuk dapat mengatasi kenakalan remaja ini?

1.3 Tujuan Penulisan Makalah

Berdasarkan dari rumusan masalah diatas, dapat disimpulkan tujuan dari penulisan makalah yaitu sebagai berikut ini:

1. Mengetahui dan memahami definisi atau arti dari kenakalan remaja.

2. Mengetahui apa yang menjadi penyebab terjadinya kenakalan remaja.

3. Menemukan solusi bagaimana cara memperbaiki dan mengatasi karakter serta mental remaja.

Contoh Pendahuluan 2

contoh pendahuluan proposal
contoh pendahuluan proposal pepinpress.com

1.1 Latar Belakang Makalah Lingkungan

Seiring semakin banyaknya penggunaan sampah baik itu sampah organik maupun anorganik, yang jumlahnya semakin tahun kian membanyak. Mungkin utntuk sampah organik tidak terlalu berbahaya bagi lingkungan karena sampah organik masih bisa di uraikan, namun permasalahannya yaitu semakin banyak juga sampah anorganik.

Sampah seperti plastik, botol, kaleng, dan sebagainya yang begitu susah untuk dapat diuraikan. Apalagi jika sampah-sampah tersebut dibuang disembarang tempat. jika sampah yang berserakan itu semakin banya dan menumpuk maka akan berdampak buruk bagi lingkungan terutama tanah.

Tanah akan tercemari, kesuburan tanah tersebut akan hilang bahkan bisa berbahaya, dan air yang biasa mengalir ke dalam tanah akan tercemar tidak lagi bersih. jika hal ini terus dibiarkan berbagai macam bencana akan silih berganti bermunculan. Mulai dari penyakit-penyakit, banjir disebabkan sampah yang dibuang sembarangan, dan hilangnya sumber air bersih.

Oleh karena ini kita sebagai orang yang paham akan pentngnya menjaga lingkungan agar tetap bersih dari sampah, segera melakukan pencegahan, penanggulangan, dan berbagai kegiatan lainnya seperti bakti sosial atau sebagainya agar pencemaran lingkungan ini bisa dihentikan.

1.2 Rumusan Masalah Makalah Lingkungan

1. Apa pengertian pencemaran lingkungan?

2. Apa penyebab terjadinya pencemaran lingkungan?

3. Bagaimana solusi untuk mengatasi pencemaran lingkungan?

1.3 Tujuan Penulisan Makalah Lingkungan 

1. Memahami pentingnya untuk menjaga dan melestarikan lingkungan.

2. Mengetahui sebab dan akibat dari pencemaran lingkungan.

3. Mencari solusi untuk dapat menyelesaikan masalah pencemaran lingkungan.

Contoh Pendahuluan 3

contoh pendahuluan skipsi
contoh pendahuluan skipsi parseandparcel.com

1.1 Latar belakang makalah pemanasan global

Semakin berkembangnya zaman dan teknologi menyebabkan berbagai macam tambahan kerusakan disebabkan perencanaan yang tidak matang, salah satu masalah yang terjadi belakangan ini yaitu adalah pemanasan global yang tidak henti-hentinya terjadi. Pemanasan global yang disebabkan meningkatnya suhu permukaan bumi sehingga menyebabkan perubahan cuaca dan bencana alam tambahan lainnya.

Namun penyebab dari penyebab yang sebenarnya adalah dari tangan-tangan manusia sendiri contohnya saja menebang hutan sembarangan, asap kendaraan motor dan mobil, asap dari sisa pabrik, pembakaran hutan, dan sebagainya yang mengandung gas CO2 yang berdampak terhadap atmosfer bumi, semakin banyaknya gas CO2 di permukaan bumi maka semakin tinggi efek rumah kaca yang terjadi yang pada akhirnya menyebabkan naiknya suhu bumi.

Ketika suhu bumi naik dari batas normalnya akan banyak bencana yang terjadi mulai dari mencairnya es di kutub dalam jumlah besar, kebakaran hutan karena suhu yang terlalu panas, naiknya permukaan air laut disebabkan cairnya es di kutub dalam jumlah besar yang mengakibatkan menenggelamkan pulau-pulau kecil dan dataran rendah, dan berbagai dampak buruk lainnya.

Kita sebagai generasi penerus dimasa depan tentu tak ingin membuat bumi ini terus diambang kehancuran bukan? Oleh karena itu cegahlah sebelum terjadinya hal yang tidak diinginkan ini.

1.2 Rumusan masalah makalah pemanasan global

1. Pengertian dari pemanasan global?

2. Penyebab terjadinya pemanasan global atau global warming?

3. Akibat dari pemanasan global bagi kehidupan di bumi?

4. Solusi untuk menyelesaikan masalah  pemanasan global?

1.3 Tujuan penulisan makalah pemanasan global

1. Memberikan penjelasan mengenai bahaya nya dampak pemanasan global.

2. Mengetahui apa-apa saja penyebab terjadinya pemanasan global.

3. Mampu menemukan solusi untuk dapat menyelesaikan persoalan pemanasan global.

Contoh Pendahuluan Laporan Penelitian

Contoh Pendahuluan Penelitian 1

pendahuluan laporan makalah
pendahuluan laporan makalah s.mainstreet.com

1.1 Latar belakang laporan penelitian

Zaman yang semakin maju dan industri yang semakin berkembang menyebabkan bertambahnya persaingan ang menyebabkan banyak pihak yang terkait didalam perusahaan harus mau tidak mau ikut berkompetisi secara ketat agar dapat mempertahankan usaha perusahaanya.

Masalah yang paling sering ditemukan yang sangat berpengaruh bagi perusahaan dalam usahanya yaitu menentukan harga produk yang menjadi faktor terpenting yang perlu dipertimbangkan secara matang. Hal ini mengakibatkan bebrapa perusahaan menawarkan harga serendah mungkin agar dapat mempertahankan eksitensi produk perusahaannya dari para kompetitor lainnya.

Dari penjelasan tersebut maka perlu dilakukan penelitian lebih mendalam guna untuk dapat menentukan biaya dalam suatu proses produksi, yaitu dengan menganalisa dan estimasi biaya. Kegiatan estimasi biaya ini adalah salah satu proses yang amat penting untuk penyelenggaraan produksi nantinya. Bagi si pemilik perusahaan, estimasi biaya yang dipakai untuk pegangan dalam menentukan kebijakan-kebijakan persahaan yang hendak diterapkan.

Aplikasi estimasi biaya dan ilmu analisi yaitu dengan menghitung biaya produksi. Sehingga dengan begitu harga jual sebuah produk dapat diketahui. Harapan dari pengaplikasian ini agar sebuah perusahaan dapat menentukan harga jual yang pas atau sesuai dengan biaya produksi, dengan begitu perusahaan tersebut bisa mencapai titik balik modalnya.

1.2 Rumusan masalah laporan penelitian

1. Bagaimana cara agar dapat mengetahui biaya apa saja yang terdapat pada suatu proses produksi?

2. Bagaimana cara agar dapat mengetahui harga dari suatu produk berdasarkan total biaya produksi pertahunnya?

1.3 Tujuan penulisan laporan penelitian

1. Diharapkan natinya dapat mengidentifikasikan kualifikasi biaya-biaya ketika saat produksi.

2. Dapat menjabarkan total biaya produksi tiap bulannya.

3. Mengetahui total dari biaya produksi tiap tahunnya yang diperoleh dari akumulasi biaya perbulannya.

4. Menentukan harga suatu produk berdasarkan biaya produksi selama setahun.

Contoh Pendahuluan Penelitian 2

Contoh Pendahuluan Proposal Penelitian

Contoh Pendahuluan Proposal 1

Contoh Pendahuluan Proposal 2

Contoh Pendahuluan Karya Ilmiah

Contoh Pendahuluan Skripsi

Demikianlah penjelasan terkait dengan contoh pendahuluan yang baik dan benar, yang dimulai dari contoh pendahuluan makalah yang benar, contoh pendahuluan laporan makalah, contoh pendahuluan proposal, contoh pendahuluan karya ilmiah, serta contoh pendahuluan sripsi, semoga bermanfaat dan bisa di jadikan bahan referensi untuk tugas ataupun menambah wawasan tentang contoh pendahuluan.

Tinggalkan komentar