Contoh Paragraf Argumentasi Beserta Pengertian, Ciri, dan Jenisnya

CONTOH PARAGRAF ARGUMENTASI – Paragraf argumentasi merupakan alinea yang gagasan mulanya dioptimalkan dengan menjelaskan anggapan, bahasan, review, dan inspirasi pribadi penulisnya. tujuan dari adanya alinea argumentasi merupakan untuk meyakinkan dan memberi pengaruh seorang pembaca supaya memiliki anggapan yang sama dengan apa anggapan penulis.

Agar tujuan bisa diperoleh, alinea argumentasi butuh penyertaan dengan adanya fakta-fakta aktual umpamanya data, contoh, hasil research, teori pakar, dan lain-lainnya.

Padahal ini dihasilkan supaya anggapan yang dijabarkan dalam peragraf itumenjadi kuat, sehingga argumen anda tidak hanya sekadar omong kosong dan pembaca akan terasa yakin dan satu anggapan dengan apa yang anda pikirkan.

Pengertian Paragraf Argumentasi

contoh paragraf argumentasi

Paragraf argumentasi merupakan suatu alinea yang mana inspirasi pokoknya diperluas dengan memberikan review anggapan pokok bahasan serta inspirasi pribadi pembuatnya.

Maksud alinea argumentasi merupakan membuat pembaca yakin dan termakan a sebab mereka memiliki anggapan yang sama dengan anggapan penulis.

Agar tujuan bisa terpenuhi Maka terdapat di antara unsur untuk penyertaan argumentasi diantaranya fakta-fakta aktual, hasil penelitian dan sebagainya.

Elemen-unsur tersebut digunakan supaya memperkuat anggapan yang dijelaskan dalam bentuk alinea tersebut dengan seperti itu anggapan seorang penulis Tak hanya sekadar omong kosong saja dan pembaca bisa lebih yakin dan percaya dan seperti itu pada akhirnya para pembaca memiliki anggapan yang sama dengan pemikiran penulis

Baca juga : Contoh Paragraf Deskripsi

Ciri-ciri Paragraf Argumentasi

pengertian paragraf argumentasi

Berdasarkan penjelasan yang ada di atas, sebuah alinea bisa dikatakan alinea argumentasi bila memiliki ciri-ciri seperti di bawah ini:

  1. Berisikan pandangan, anggapan, dan keyakinan seorang penulis terhadap permasalahannya.
  2. Mempunyai data faktual yang digunakan untuk membuat pembaca yakin.
  3. Menerangkan sebuah masalah dengan menggunakan sistem analisa, dan analogi.
  4. Diakhiri dengan kesimpulan merupakan seperti anggapan yang luas, bukan sekadar penegasan kembali dari topik utama.

Jenis-Jenis Paragaraf Argumentasi

jenis paragraf argumentasi

Paragraf argumentasi digolongkan menjadi dua kelompok, merupakan berdasarkan dengan sistem mengoptimalkan topik utama, merupakan alinea argumentasi sebab dan dampak, juga paragaraf argumentasi dampak dan sebab.

1. Paragraf Argumentasi Sebab dan Akibat

Paragraf argumentasi sebab dan dampak dimulai dengan sebuah anggapan yang merupakan sebab-sebab dari masalah tertentu yang pada akhirnya dibimbing ke satu kesimpulan biasa dan merupakan dampak dari sebab-sebab itu.

2. Paragraf Argumentasi Akibat dan Sebab

Diartikan sebagai kebalikan dari pengembangan alinea argumentasi dan memiliki pola sebab dan dampak. Untuk paragaraf argumentasi dampak dan sebab awal pengembangannya dari menjelaskan sebuah konsisi dan merupakan dampak dari suatu masalah

Lalu dari sini alinea dioptimalkan menuju sebuah pokok masalah dan juga menjadi pemicu atau juga penyebab adanya kejadian tadi.

Baca Juga: Contoh Teks Eksposisi Lengkap

Contoh Paragraf Argumentasi

ciri-ciri paragraf argumentasi

Berikut ini merupakan kumpulan contoh alinea argumentasi yang bisa kamu jadikan rujukan untuk tugas sekolah atau kuliah.

1. Contoh Paragraf Argumentasi tentang Pengajaran

Saat ini pengajaran di Indonesia masih ketinggalan cukup jauh dari pada pengajaran yang berada di negara-negara lainnya yang ada di dunia. Bahkan Indonesia sendiri untuk masalah pengajaran ini masih kalah dengan negara tetangga, merupakan Singapore dan Malaysia.

Padahal semacam ini bisa kita lihat dari banyaknya penduduk mereka yang bisa mengenyam pengajaran hingga ke tingkatan perguruan tinggi.

Kesudahannya di Indonesia, jumlah dari penduduk yang merasakan pengajaran saja masih ketinggalan jauh dengan negara lainnya, apalagi di daerah-daerah plosok yang ketinggalan umpamanya Papua, NTB, NTT, dan masih banyak lagi daerah lainnya.

Tertinggalnya pengajaran pada daerah- daerah tersebut disebabkan tidak meratanya pengajaran di Indonesia ini. Pemerintah hanya membangun fasilitas pengajaran di wilayah perkotaan.

Bukan hanya itu, terbatasnya jumlah guru yang ada di wilayah itu juga ikut mendonasi kian tertinggalnya akses pengajaran untuk wilayah tersebut. pengajaran di Indonesia menjadi tidak merata dan ketinggalan sehingga tidak bisa bersaing dengan negara-negara lain.

2. Contoh Paragaraf Argumentasi Perihal Sekolah

Sekolah SMK Sultan Agung Tirtayasa meraih penghargaan sebagai sekolah terbaik yang berada di Indonesia. Banyak menghasilkan siswa-siswi berprestasi oleh sekolah SMK Sulthan Agung Tirtayasa ini.

Hal semacam ini terbukti dengan adanya para jawara-jawara Olimpiade yang berhasil dari sekolah ini. Tak cuma itu, prestasi membanggakan lainnya selain dibidang ekonomi akuntansi, ada bidang lain yang juga berprestasi semisal olahraga dan otomotif.

Satu tahun yang lalu, sekolah ini mengirimkan 20 atlet sebagai perwakilan Indonesia dalam gelanggang Sea Games semisal lompat jauh, sekolah ini telah mencontoh kompetisi pertandingan lompat jauh internasional di London, Inggris.

Baca Juga Contoh Cerpen Cinta dan Pertemanan
Prestasi yang juga membanggakan itu tidak terjadi semacam itu saja, melainkan segala itu sebab adanya kerja keras para dewan guru dan pihak komite sekolahan yang senan tiasa bekomitmen agar bisa menghasilkan si kecil ajar dengan nilai kelulusan berbaik.

3. Contoh Paragraf Argumentasi Perihal Lingkungan

Musim kemarau dikala ini yaitu kemarau paling parah dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Selama 6 bulan hujan tidak turun yang menyebabkan tanah dan sumber air jadi kering. Menurut BMKG, diperkirakan tahun kini ini hujan baru akan turun pada bulan depen.

Seandainya hal ini terjadi, karenanya bisa dipastikan penomena kemarau tahun ini bukanlah kemarau, sebab terjadi 7 bulan lamanya. Meskipun berdasarkan data ari BMKG pada tahun lalu, kemarau terjadi cuma selama 5 bulan. Dengan demikian itu banyak petani yang merugi sebab gagalnya panen yang disebabkan tidak ada air yang mengalir di persawahan mereka.

Baca Juga: Contoh Perjanjian Internasional

4. Contoh Paragraf Argumentasi Perihal Lalu Lintas

Jumlah yang disebabkan dari kecelakaan di jalan raya pada tahun ini terus meningkat. Malahan lebih parah daripada lima tahun terakhir. Menurut data yang dikumpulkan oleh kepolisian Republik Indonesia, pada tahun lalu jumlah dari kasus kecelakaan menempuh jumlah 4.500 kasus, diperbandingkan dengan kecelakaan tahun ini yang telah mencepai 5.300 kasus pada H + 2 hari raya, sehingga telah dipastikan jumlah kecelakaan semakin bertambah.

Dari jumlah kasus 5.300 tersebut, persentasi yang paling tinggi yaitu para pengendara bermotor. Melonjaknya angka kecelakaan yang terjadi dikarenakan adanya tambahan jumlah penduduk yang menerapkan kendaraan bermotor daripada kendaraan biasa yang telah disiapkan oleh pemerintah.

5. CONTOH PARAGRAF ARGUMENTASI TENTANG SOSIAL BUDAYA

Ketika kini remaja mempunyai perilaku yang telah berlawanan arah dengan pengaplikasian nilai-nilai moral di masyarakat.

Tentunya hal tersebut terdapat sejumlah elemen di antaranya yaitu berkurangnya penyaringanbudaya barat yang telah masuk ke negara kita.
Para remaja mengukur adat istiadat-adat istiadat yang masuk tersebut yaitu teladan yang bagus dan perlu diwujudkan menjadi adat istiadat baru oleh mereka.

Tetapi hal yang perlu disesalkan yaitu mereka mencontoh perilaku yang mana termasuk perilaku buruk dari adat istiadat barat tersebut semisal narkoba seks bebas dan lain sebagainya.

Elemen kedua yaitu minimnya penyampaian ilmu serta pengetahuan agama untuk para remaja. Mestinya penyampaian ilmu agama itu amatlah penting dan berguna sebab bisa memberikan pengaturan diri agar terhindar dari perbuatan yang buruk tersebut.

Dan yang terakhir yaitu minimnya pengamatan serta pengawasan oleh para orang tua. Orang tua mempunyai tanggung jawab yang besar berkaitan perilaku serta pergaulan si kecil-buah hatinya.

Orang tua yang tidak memperhatikan Si bisa membuat mereka merasa tidak disayangi lagi. Dengan semacam itu mereka meluapkan perasaannya tersebut di luar lingkungan keluarga yang condong membimbing mereka kepada hal-hal negatif dan tentunya cuma bersifat sementara semisal club malam sex bebas narkoba dan minum minuman keras.

Pengaruhnya|} para remaja bertindak yang tidak pantas dengan adat istiadat luhur bangsa kita dengan etika serta nilai yang berlaku.

6. CONTOH PARAGRAF ARGUMENTASI TENTANG EKONOMI

Ketika kini ini pendidikan di Indonesia mempunyai biaya yang bisa seandainya dievaluasi terlalu mahal padahal pemerintah telah membagikan subsidi akan melainkan masih saja para murid seharusnya membayar biaya demi kepentingan sekolah semisal baju buku seragam dan lain sebagainya.

Biaya pendidikan yang mahal tersebut tidak cuma ada di sekolah dasar saja melainkan sekaligus hingga di jenjang mahasiswa.

Sebab hal tersebut menyebabkan mayoritas si kecil yang telah lulus SMA condong mempertimbangkan untuk seketika bekerja daripada meneruskan pendidikan ke perguruan tinggi dengan semacam itu karenanya bisa dianggap dikatakan bahwa pendidikan Indonesia kurang merata dan terpusat pada pihak-pihak yang sanggup saja.

Sementara bagi mereka yang belum sanggup pendidikan tinggi cuma sekedar impian belaka.

7. Contoh Paragraf Argumentasi Perihal Kesehatan

Mempunyai adat istiadat merokok bisa membuat anda ke lembah kematian. Sudah banyak data korban yang meninggal dunia disebabkan merokok. Menurut data yang dikumpulkan Kementerian Kesehatan tiap-tiap 10 menit sekali ditemukan orang meninggal disebabkan rokok di Indonesia.

Tentunya efek kematian sebab rokok tidak bisa dialami seketika perokok melainkan memerlukan jangka waktu lama hingga sebagian tahun.

Menurut perkataan Dr, Aria Nugraha, asap yang dihisap perokok bisa memakan menggerogoti organ pernafasan mereka semisal paru-paru, tenggorokan, dan sebagainya yang bisa memunculkan sejumlah penyakit diantaranya Bronchitis, gangguan kehamilan pada ibu yang lagi mengandung dan serangan jantung.

Kian lama penghirupan asap rokok tersebut semakin menyegerakan pengerjaan itu. Kemudian mengapa rokok sungguh-sungguh berbahaya? Pada satu batang rokok saja mengandung zat-zat kimia yang paling bahaya semisal pemutih lantai, racun dan malahan bahan bakar roket.

Dengan demikian karenanya berhentilah merokok sebelum terlambat sebab rokok sendiri bisa memunculkan penyakit dan paling celakanya yaitu kematian.

8. Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Pengajaran

Dikala kini ini pengajaran di Indonesia mempunyai biaya yang bisa kalau diukur terlalu mahal sedangkan pemerintah sudah membagikan subsidi akan tetapi masih saja para murid seharusnya membayar biaya demi kepentingan sekolah misalnya pakaian buku seragam dan lain sebagainya.

Biaya pengajaran yang mahal tersebut tak cuma ada di sekolah dasar saja tetapi sekalian sampai di jenjang mahasiswa.

Karena hal tersebut menyebabkan mayoritas anak yang sudah lulus SMA condong memutuskan untuk segera bekerja daripada meneruskan pengajaran ke perguruan tinggi dengan seperti itu maka bisa dianggap dikatakan bahwa pengajaran Indonesia kurang merata dan terpusat pada pihak-pihak yang kapabel saja.

Sementara bagi mereka yang belum kapabel pengajaran tinggi cuma sekadar asa belaka.

9. Figur Paragraf Argumentasi Perihal Bahaya Rokok

Mempunyai adat istiadat merokok bisa membuat anda ke jurang kematian. Sudah banyak data korban yang meninggal dunia disebabkan merokok.Berdasarkan data yang dikumpulkan Kementerian Kesehatan tiap-tiap 10 menit sekali ditemukan orang meninggal disebabkan rokok di Indonesia.

Tentunya efek kematian sebab rokok tak bisa dialami segera perokok tetapi memerlukan jangka waktu lama sampai sebagian tahun.

Berdasarkan perkataan Dr, Aria Nugraha, asap yang dihisap perokok bisa memakan menggerogoti organ pernafasan mereka misalnya paru-paru, tenggorokan, dan sebagainya yang bisa memunculkan sejumlah penyakit diantaranya Bronchitis, gangguan kehamilan pada ibu yang lagi mengandung dan serangan jantung.

Kian lama penghirupan asap rokok tersebut semakin menyegerakan progres itu. Kemudian mengapa rokok benar-benar berbahaya? Pada satu batang rokok saja mengandung zat-zat kimia yang paling bahaya misalnya pemutih lantai, racun dan malah bahan bakar roket.

Dengan demikian maka berhentilah merokok sebelum terlambat sebab rokok sendiri bisa memunculkan penyakit dan paling parahnya merupakan kematian.

Demikianlah contoh paragraf argumentasi yang bisa kamu gunakan, semoga berguna dan bermanfaat.

Tinggalkan komentar