Contoh Cover Makalah yang Baik dan Benar Beserta Cara Membuat | SMP, SMA, Kuliah

CONTOH COVER MAKALAH – Jika kamu masih berada didalam lingkaran atau pada jenjang pendidikan tertentu terkhusus untuk pendidikan SMA dan Kuliah. Pasti tidak asing lagi dengan yang namanya makalah, cover makalah, kata pengantar, atau apapun itu yang berhubungan dengan makalah. Biasanya para guru dan dosen yang mengajar para siswa ataupun mahasiswanya selalu meninggalkan tugas untuk dikerjakan di sekolah maupun dirumah.

Tugas yang diberikan biasanya diminta untuk dikumpul dalam bentuk makalah beserta cover pembukanya. Masalah yang paling sering terjadi dikalangan para pelajar terkhusus untuk SMA dan Kuliah adalah bagaimana cara membuat makalah yang baik dan benar sesuai dengan EYD maupun peraturan yang telah ditetapkan.

contoh cover makalah yang benar
contoh cover makalah yang benar static1.squarespace.com

Tak jarang juga para guru atau dosen juga memberikan penilainnya terhadap cover makalah yang dibuat oleh para muridnya. Jika makalah murid tersebut bagus dari segi struktur dan isi dari makalah tersebut, maka akan diberikan nilai plus. Namun jika cover makalah maupun makalah yang dibuat tidak memiliki struktur yang bagus mulai dari cover makalahnya, kata pengantar, isi makalah, dan bagian penutupnya.

Maka akan diberikan nilai kurang atau bahkan plus dikasih teguran dan ceramah (Mampus..Haha..). Nah oleh karena itu pada artikel ini saya sengaja ingin memberikan informasi terkait bagaimana cara membuat cover makalah yang benar, selain itu pada artikel ini juga akan diberikan contoh cover proposal. Semuanya akan dibahas dan diterangkan secara terperinci.

Bagi kamu yang sedang kebingungan dalam menentukan contoh cover makalah yang benar untuk dijadikan bahan pembuatan tugas makalah, Kamu berada pada artikel yang tepat. Hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan cover atau sampul makalah yaitu letak posisi kata-katanya yang pas disertai hiasan-hiasan seperti garis pembatas di tepi-tepinya.

Namun jangan hanya mengandalkan bagausnya cover makalah, karena hal yang paling penting dalam sebuah makalah adalah isi dari makalah itu sendiri. Oleh karena itu kedua hal ini perlu kamu perhatikan yang pertama cover untuk sebagai keindahan awal kemudian isi dari makalah yang melengkapi kesempurnaan cover tersebut.

Format Cover Makalah yang Benar

contoh cover makalah yang baik
contoh cover makalah yang baik legalecruit.com

Untuk dapat menentukan urutan dari format makalah yang benar perlu kamu terlebih dahulu kerangka makalah, agar nantinya kamu tidak kebingungan dalam menentukan urutan format makalahnya. Penyusunan format cover makalah tidak jauh berbeda dari segi tata letak posisinya baik itu seperti makalah penelitian, skripsi, teknologi, dan sebagainya. Yang penting untuk diperhatikan adalah urutan format makalah yang benar, semuanya dibagi menjadi 6 bagian sebagai berikut.

1. Judul Makalah / Proposal

cara membuat cover makalah
cara membuat cover makalah i.pinimg.com

Dalam memutuskan susunan pembuatan cover makalah yang benar, paling utama sekali yang harus diperhatikan adalah judul makalah tersebut. Karena judul makalah yang menjadi penjelasan secara singkat terkait pembahasan seperti apa yang dituliskan dalam makalah tersebut. Apakah itu terkait makalah penelitian, kewirausahaan, teknologi, dan sebagainya. Oleh karena itu tentukanlah judul yang sesuai dengan pembahasan yang menarik, baik dan benar, serta mudah untuk dipahami.

Dan jangan lupa untuk memperhatikan pemakaian huruf pada judul untu kata penghubung gunakan huruf kecil dan selebihnya gunakan huruf kapital. font standar yang biasa digunakan dalam membuat makalah yaitu seperti Times New Romance, Arial, dan Calibri. Letakkan posisi kalimatnya dibagian tengah cover makalah agar terlihat seimbang dan rapi.

2. Tujuan Makalah / Proposal

makalah yang baik dan benar
makalah yang baik dan benar cdn.thesimpledollar.com

Tujuan makalah bisa ditempatkan pada urutan kalimat setelah kalimat judul, tepatnya dibawah kalimat judul yang biasa disebut sub judul. Jangan lupa dalam penggunaan huruf untuk sub judul lebih dikecilkan dari huruf judul, karena huruf kecil tersebut merupakan ciri dari sub judul yang berfungsi sebagai penjelasan tujuan dari pembuatan makalah tersebut.

Untuk ukurannya bedakan 2 ukuran hurufnya dari huruf judu. Misalnya besar font untuk judul kamu berikan ukuran 14 maka untuk ukuran sub judul kamu berikan ukuran 12. Tidak terlau besar dan tidak terlalu kecil sehingga dapat membedakan mana yang judul dan sub judul.

Contohnya makalah tentang lingkungan hidup maka tujuannya bisa juga kamu buat ” Tugas Membuat Makalah Dengan Tema Lingkungan Hidup” ini bisa kamu jadikan contoh juga.

3. Logo atau Gambar Cover Makalah / Proposal

cover makalah yang benar
cover makalah yang benar blog.sribu.com

Peletakkan gambar atau biasanya menggunakan lgo ditempatkan tepat ditengah-tengah cover sampul makalah, dengan menggunakan ukuran yang panjang lebarnya sama, suapaya terlihat seimbang dan rapi.

Usahakan logo yang diletakkan tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil serta logo yang dicantumkan tidak blur atau rabun karena hal tersebut akan mengurangi ketertarikannya.

Yang terlihat paling mencolok dari sebuah cover makalah yaitu terletak pada logo yang ditempelkan. Oleh karena itu gunakanlah warna, tekstur, dan kontras yang jelas agar terlihat menarik. Gunakanlah logo sesuai dengan logo sekolah kalian jika kalian seorang siswa / siswi SMA gunakan logo Sekolah kalian jika kalian seorang mahasiswa gunakanlah logo universitas kalian untuk logo cover makalahnya.

4. Data Nama Penulis dan Penyusun Makalah

contoh cover yang benar
contoh cover yang benar storage.quebecormedia.com

Informasi yang ada didalam makalah haruslah sesuai dengan proses penyususan dan pembuatan makalah tersebut. Jika proses pembuatannya dilakungan dengan kerja kelompok, maka perlu dicantumkan nama-nama para penulis dan penyusun makalah tersebut.

Nama-nama tersebut diletakkan tepat dibawah logo makalah yang diletakkan jika makalah dibuat perseorangan tuliskan nama dibawah logo jika makalah dikerjakan perkelompok letakkan nama-nama pembuatnya dibawah logo makalah.

Nama yang tertera menjelaskan siapa saja yang menjadi penyusun dan pembentuk makalah tersebut, selain itu nama juga berfungsi sebagai bukti bahwasannya makalah tersebut bukanlah hasil copy paste.

5. Cantumkan Nama Fakultas dan Jurusan Pada Covernya

contoh cover makalah yang baik dan benar
contoh cover makalah yang baik dan benar printondemand.co.id

Point yang satu ini terkhusus digunakan bagi kalian yang berada di jenjang mahasiswa, namun point ini juga bisa digunakan bagi kalian yang berada di jenjang SMA. Dengan mencantumkan nama jurusan kalian apakah itu IPA atau IPS. Letakkan point yang satu unu dibagian bawah cover makalah atau setelah keterangan nama pembuat makalah.

Gunakanlah  huruf yang benar yaitu kapital disetiap awal kalimatnya. Seperti halnya judul makalah tersebut. Selain mencantumkan jurusan yang sedang dijalani bisa juga diganti dengan nama sekolah atau universitas yang kalian punya.

6. Tanggal Pembuatan Makalah

cover makalah yang baik dan benar
cover makalah yang baik dan benar preparingforpeanut.com

Untuk urutan format cover makalah yang terakhir yaitu adalah mencantumkan tanggal pembuatan makalah. Karena hal ini juga dapat menjelaskan sejak kapan makalah ini dibuat, apakah pada tahun lalu atau sekarang. Hal ini juga berguna jika nantinya kalian sudah memiliki kumpulan makalah pelajaran kalian, agar tidak susah kalian bisa mengelompokkannya berdasarkan tanggal pembuatannya. Sehingga ketika ingin mengumpulkannya tidak bingung lagi.

Contoh Cover Makalah

Contoh Cover Makalah SMP

contoh cover makalah SMP
contoh cover makalah SMP ackmat86.blogspot

Contoh Cover Makalah SMA

contoh cover makalah SMA
contoh cover makalah SMA slideshare.com

Contoh Cover Makalah Mahasiswa

contoh cover makalah mahasiswa
contoh cover makalah mahasiswa bericontoh.com

Contoh Cover Makalah Kelompok

contoh cover makalah kelompok
contoh cover makalah kelompok slideshare.com

Contoh Cover Makalah Individu

contoh cover makalah individu
contoh cover makalah individu slideshare.com

Contoh Cover Makalah Bahasa Inggris

contoh cover makalah bahasa inggris
contoh cover makalah bahasa inggris slideshare.com

Nah, apabila contohnya cover makalah diatas diperuntukan untuk golongan. Karena makalah yang dibikin dilakukan secara bersama-sama. Jadi, meniru saja formatnya diatas.

Teladan Cover Proposal

contoh cover proposal
contoh cover proposal
contoh cover makalah kegiatan mahasiswa
contoh cover makalah kegiatan mahasiswa
contoh cover proposal kegiatan
contoh cover proposal kegiatan

Bedanya cover makalah dengan cover proposal adalah desain cover proposal lebih condong bebas. Jadi kami bisa berinovasi di dalam pembuatan desainnya. Hal ini sebab cover proposal betul-betul absolut sekali. Proposal mempunyai manfaat sebagai alat untuk permohonan pemberian dana. Oleh sebab itu desainnya wajib semenarik mungkin.

Bagi anda yang pernah ikut organisasi pasti sudah tau mengenai tentang ini. Kalau cover proposal awam saja atau apalagi tak baik, maka donatur atau sponsor tak bakal beratensi untuk membaca isinya. Hal ini sudah pasti bakal merugikan untuk kita. Seketika bagaimana contohnya cover proposal yang baik dan benar ? Berikut ini lebih dari satu acuan contohnya cover proposal.

Demikianlah Penjelasan mengenai bagaimana cara membuat contoh cover makalah yang baik dan benar, cover makalah SMP, SMA, Kuliah, cara membuat cover makalah yang benar, contoh cover proposal, dan contoh cover makalah kelompok, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi kalian yang ingin membuat tugas.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: