Kumpulan Contoh Berita Acara Lengkap dengan Cara Membuat dan Format Susunannya

CONTOH BERITA ACARA – Apakah kalian tahu apa itu berita acara? bagaimana cara membuat berita acara yang baik dan benar? Umumnya berita acara ini disusun setelah anda selesai melakukan sebuah aktivitas atau kegiatan. Pengertian berita acara adalah surat atau naskah yang didalamnya terdapat suatu pernyataan pengesahan terkait suatu kegiatan, kejadian, rapat, serah terima barang, kerusakan, dan peristiwa.

Contoh berita acara ini sangat diperlukan bagi kalian yang merasa kesulitan untuk dapat mebuat atau belum memahami apa itu pengertian berita acara. Padahal, biasanya berita acara ini sangatlah berguna sekali bagi anda, jika ingin melakukan kerjasama dengan orang lain, baik itu secara berkelompok maupun individu.

cara membuat berita acara
cara membuat berita acara static1.jetpens.com

Berita acara biasanya berisikan suatu catatan yang detail atau rinci tentang siapa yang terlibat didalamnya, dimana terjadinya peristiwa yang sedang berlangsung tersebut, tempat dan waktunya kapan, dan sebagainya. Berita acara bahkan tak jarang juga disebut sebagai suatu dokumen yang memberikan penjelasan tentang latar belakang atau kronologi dari peristiwa untuk tujuan hukum dan bisnis.

Oleh karena itu bagi anda yang masih pusing memahami tentang berita acara, disinilah tempat yang tepat bagi anda, pada artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai berita acara, yang nantinya akan dibahas mulai dari cara membuat berita acara yang benar, contoh format berita acara yang baik, serta beberapa contoh berita acara yang dapat anda jadikan sebagai bahan referensi.

Pengertian Berita Acara

contoh berita acara rapat
contoh berita acara rapat mir-s3-cdn-cf.behance.net

Berita acara merupakan sebuah sajian catatan yang penjelasannya sangat lengkap, terstruktur dengan baik, latar belakang atau kronologi yang berbentuk sebuah surat atau naskah yang menjelaskan terkait tentang berbagai macam kejadian peristiwa, kegiatan, rapat, serah terima barang, dan kerusakan.

Biasanya berita acara akan dapat disimpulkan setelah melakukan beberapa kegiatan atau aktivitas yang dimana dari kegiatan tersebut dapatlah sebuah kesimpulan terkait dengan kejadian yang terjadi selama kegiatan tersebut yang di tuliskan dalam sebuah teks naskah atau surat secara rinci dan tersusun rapi.

Cara Membuat Berita Acara

contoh berita acara dan formatnya
contoh berita acara dan formatnya centralinsurance1876.files.wordpress.com

Terdapat beberapa poin yang perlu anda ketahui sebelum memutuskan untuk membuat sebuah berita acara. Apa-apa saja yang menjadi poin yang harus anda perhatikan sebelum membuat berita acara ini? Berikut penjelasan poin-poin tersebut.

1. Semua orang atau pihak yang terlibat didalam berita acara tersebut haruslah benar-benar sesuai dengan yang ada pada kenyataannya. Perlu dicatat hingga detail, biasanya hal yang perlu dicantumkan yaitu mulai dari nama, tempat serta tanggal lahir, pekerjaan, alamat rumah, juga poin-poin yang lain jika masih ada untuk semakin meningkatkan kelengkapan data berita acara tersebut contohnya seperti nomor KTP, SIM, dan sebagainya.

2. Haruslah mencantumkan dengan jelas tempat terjadinya kejadian peristiwa pada berita acara tersebut, mulai darii alamat lengkap tempat tersebut serta menambahkan juga kode posnya.

3. Hendaknya berita acara tersebut ditanda tangani oleh pihak atau orang-orang yang terkait dengan acara kegiatan tersebut, hal ini berfungsi sebagai bukti kebenaran adanya kegiatan atau peristiwa yang dijelaskan dalam surat berita acara tersebut.

4. Akan lebih bagus jika pada naskah berita acara tersebut dicantumkan nama-nama saksi mata yang terlibat dalam peristiwa tersebut guna untuk kesahan berita acara ini.

5. Jika membuat berita acara berupa pekerjaan, serah terima barang, dan jabatan harus membuat penjelasan yang lebih detail, akurat, dan terstruktur terkait jenis yang akan diserah terimakan nantinya.

Contoh Berita Acara Serah Terima Barang

Berita acara serah terima barang adalah satu diantara bentuk dokumen penyerahan barang yang sangat penting. Baiknya surat ini segera dibubuhkan dengan disertai tanda tangan saat melakukan prosesi penyerahan suatu barang dari pihak satu kepihak yang lainnya.

Dengan begitu jika misalkan saja terjadi suatu problem atau permasalahan, maka dengan berita acara tersebut bisa dipakai sebagai barang bukti telah terjadinya penyerahan barang. Adanya surat atau dokumen ini memang terlihat sederhana dan sepele, namun akan menjadi sangat penting jika saja terjadi kehilangan barang atau jika barang tidak sampai dan sebagainya, oleh kkarena itulah mengapa berita acara serah terima barang ini dikatakan penting. berikut contoh yang bisa anda jadikan referensi.

BERITA ACARA SERAH TERIMA BARANG 


Kami yang telah bertanda tangan seperti dibawah ini, pada tanggal ini……..hari ini…..Bulan……Tahun…..

Nama : ……………………………………………….

Jabatan: ……………………………………………..

Alamat/Tempat: ……………………………….

Berikutnya disebut PIHAK PERTAMA

Nama: ………………………………………………..

Jabatan: ……………………………………………..

Alamat/Tempat: ………………………………..

Berikutnya disebut PIHAK KEDUA

Pihak pertama memberikan atau menyerahkan barangnya kepada PIHAK KEDUA, kemudian PIHAK KEDUA menyatakan telah menerima barang oleh PIHAK PERTAMA dengan daftar terlampir sebagai berikut:

No.                                            Nama Barang                                      Jumlah Barang

1                                              Laptop Asus ROG                                            3

 

Demikianlah berita acara serah terima barang yang telah dilakukan oleh kedua orang pihak yang sudah saling serah terima, dan juga barang-barang yang telah dikirimkan dalam keadaan cukup, dan masih baik serta sesuai dengan yang dipesan sejak penandatanganan pada berita acara ini, dengan begitu barang tersebut sudah menjadi tanggung jawab PIHAK KEDUA dalam merawat dan memelihara barang dengan baik dan benar serta dipakai untuk keperluan (tempat dibutuhkannya barang tersebut)

Tertanda yang menyerahkan: Yang Menerima:

PIHAK PERTAMA                                                         PIHAK KEDUA

[………………………]                                                           [……………………….]


Contoh Berita Acara Serah Terima Pekerjaan


BERITA ACARA SERAH TERIMA PEKERJAAN

Tepat pada hari,……………… tanggal…. bulan……………………………………tahun, dengan ini telah dilaksanakannya serah terima hasil pekerjaan oleh berikut ini:

1. Nama: …………………………………………….

Tanggal lahir/Tempat: ……………………..

Alamat: ………………………………………………

Nomor KTP (Kartu Tanda Penduduk):……………………………

Berikutnya disebut sebagai “PIHAK PERTAMA”

2. Nama: …………………………………………….

Tanggal lahir/ Tempat: …………………….

Alamat: ………………………………………………

Nomor KTP: ………………………………………

Berikutnya disebut sebagai “PIHAK KEDUA”

PIHAK PERTAMA serta PIHAK KEDUA bersama-sama berikutnya disebut sebagai para pihak. Para pihak dengan ini terutama akan menerangkan sebagaimana hal beriktu ini:

1. Bahwasannya sebelumnya PIHAK PERTAMA serta PIHAK KEDUA sudah melaksanakan sebuah kerja sama dalam pelaksanaan pekerjaan……………………Berdasarkan perjanjian………………Nomor………………………….tanggal………………………………….[“Perjanjian“]

2. Dari perjanjian tersebut menjelaskan bahwa PIHAK PERTAMA sebagai si pemberi kerja dan PIHAK KEDUA sebagai pelaksana kerja.

3. Dari perjanjian tersebut telah dijelaskan bahwa PIHAK KEDUA berkewajiban dalam pelaksanaan kerja untuk melaksanakan pekerjaan serta menyerahkan hasil dari pekerjaan tersebut kepada PIHAK PERTAMA sebagai bentuk pemberi kerja, yaitu berupa pekerjaan ……………………………….

a. ……………………………….

b. ……………………………….

c. ………………………………..

[“Pekerjaan“]

Berikutnya untuk melakukan serah terima hasil pekerjaan dari kedua pihak berdasarkan perjanjian yang tertulis, maka dari itu para pihak sepakat:

1. Bahwasannya PIHAK KEDUA dengan ini memberikan hasil pekerjaan kepada PIHAK PERTAMA sesuai dengan seperti PIHAK PERTAMA, dengan serah terima ini PIHAK PERTAMA menerima hasil dari pekerjaan dari PIHAK KEDUA.

2. Bahwasannya dengan telah dilaksanakannya serah terima hasil pekerjaan sesuai dengan Berita Acara ini, oleh karena ini kewajiban dari PIHAK KEDUA sebagai si pelaksana Pekerjaan untuk menyerahkan hasil pekerjaan pada PIHAK PERTAMA serta hak PIHAK PERTAMA yang sebagai pemberi kerja agar menerima hasil pekerjaan tersebut dari PIHAK KEDUA.


Contoh Berita Acara Serah Terima Jabatan

berita acara yang benar
berita acara yang benar image.slidesharecdn.com

 

PT Shafira Ranita

Ruko Parampatan Permata Blok A4 No. 44 JL. Lawes Benar. 40 Pampangan

660977

Telp. 081354400365 Fax. 022443766 Mobile. 09672487925

Website:www.pandaibesinya.com Email: [email protected]

SURAT SERAH TERIMA

No. 13/SAA/PSAB/XI/16

Yang telah bertanda tangan sebagaimana yang tertera dibawah ini:

Nama: Muhammad Syahid Al-falah

Jabatan: Manager Keuangan PT. Shafira Ranita

NIP: 4422355

Alamat: Jl. Branawi No.38 Marapalam

No. KTP/SIM : 3371088150700816

Dengan ini telah semesai melaksanakan serah terima tugas sebagai Manager Keuangan PT. Shafira Ranita Kepada:

Nama: Asyifa Runasyah

Jabatan: Asisten Manager Keuangan PT. Shafira Ranita

NIP: 47384228

Alamat: JL. Lestari H 2 No. 22 Padang

No. KTP/SIM : 2317398544956990

Dengan ini Serah terima tugas dilakukan berhubung karena adanya cuti sebab keperluan keluarga yang insyaallah akan dilaksanakan tepatnya pada tanggal 21 November hingga dengan 2 Desember 2017

Demikianlah berita acara ini kami bentuk, agar digunakan sebagai bahan seperlunya.

Dibuat di: Padang

Tanggal: 10 November 2017


Contoh Berita Acara Rapat

berita acara hasil terima pekerjaan
berita acara hasil terima pekerjaan i2.wp.com

Salah satu contoh berita acara rapat yang paling penting untuk diperhatikan adalah yaitu penggunaan kata yang baik dan benar sesuai dengan ketentuan yang telah diberlakukan. Berita acara rapat merupakan surat yang terkait dengan perjanjian pemberian pekerjaan kepada orang lain untuk menggantikan mengukuti rapat yang sudah disepakati oleh yang terikat perjanjian tersebut.

Contoh Berita Acara Pemeriksaan

berita acara penyelesaian pekerjaan
berita acara penyelesaian pekerjaan i0.wp.com

Dalam melakukan pemeriksaan, terkadang membutuhkan juga contoh berita acara pemeriksaan, sebab karena ada halangan atau masalah tertentu sehingga dibutuhkan untuk melakukan serah terima kepada orang lain dan melakukan kesepakatan dan perjanjian untuk dapat terpenuhinya berita acara pemeriksaan ini.

Contoh Berita Acara Kejadian

berita acara rapat
berita acara rapat image.slidesharecdn.com

Berita acara adalah sebagai bentuk cara seseorang untuk meminta serah terima kepada orang lain yang telah mengikat perjanjian diantara kedua belah pihak. Dengan salah satu pihak sebagai pemberinya dan pihak lainnya sebagai penerika seperti yang sudah disepakati berdasarkan surat berita acara kejadian yang tertulis.

Contoh Berita Acara Penyelesaian Pekerjaan

berita acara serah terima jabatan
berita acara serah terima jabatan image.slidesharecdn.com

Untuk dapat membuat contoh berita acara penyelesaian pekerjaan juga membutuhkan pengganti ataupun suatu bentuk serah terima berita acara sebagai bentuk adanya keterikatan antara orang pertama dengan orang kedua ataupun lebih. Oleh karena itu contoh berita ini diperlukan dibuat dengan sebaik mungkin, agar tidak terjadi kesalahan yang tidak diinginkan perjanjian yang dilakukan haruslah sesuai, tepat, pasti dan disetujui serta disepakati dengan baik dan benar.

Demikianlah pembahasan lengkap terkait dengan apa itu berita acara serta contoh berita acara yang baik dan benar, yang bisa anda gunakan sebagai bahan referensi nantinya mulai dari:

  • Contoh Berita Acara Serah Terima
  • Contoh Acara
  • Contoh Berita Acara Kegiatan
  • Contoh Berita Acara Rapat
  • Contoh Berita Acara Kejadian
  • Contoh Berita Acara Kehilangan
  • Contoh Berita Acara Penyelesaian Pekerjaan

Tinggalkan komentar