Contoh Autobiografi Singkat, Diri Sendiri, Lengkap

CONTOH AUTOBIOGRAFI – Pada mulanya manusia tidak lebih antara lain hanyalah kumpulan orang yang terus berkembang dan tumbuh sering berkembangnya zaman dan termakan oleh waktu. Hari demi hari dilewatkan tanpa terasa sudah mencapai batas usia.

Oleh sebab itu sebagai makhluk ciptaan yang maha kuasa kita harus senantias patuh dan beribadah serta rutin memuhasabah diri kita salah satu caranya yaitu dengan menuliskan catatan perjalanan selama hidup kita yang biasa disebut auto biografi.

Apakah kalian tahu apa itu autobiografi? Pada artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai pengertian dari autobiografi, contoh autobiografi lengkap, autobiografi singkat, panjang, dan autobigrafi diri sendiri. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Pengertian Autobiografi

Menurut kamus besar bahasa indonesia tercinta kita… arti dan pengertian dari autobiografi yaitu pengalaman hidup atau riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh dirinya sendiri. Autobiografi berisikan tentang berbagai macam pengalaman-pengalaman yang dilakukan oleh si penulis autobiografi ini.

Perjalanan pengalaman tersebut ia tulis dari semenjak ia lahir hingga pada saat dia menulis autobiografi tersebut. Mulai dari biografi pengalaman-pengalaman yang menyenangkan, menyedihkan, mengharukan, penuh amarah, hingga penuh cinta semuanya bisa dituangkan dengan menggunakan autobiografi ini.

Isi yang tertulis pada catatan autobiografi tentang diri sendiri ini ditulis berdasarkan ingatan si penulis. Kenangan-kenangan yang tak bisa terlupakan baik itu senang maupun susah. Autobiografi dapat disimpulkan yaitu catatan perjalanan hidupmu.

Macam-Macam Autobiografi

Setelah mengetahui pengertian dari Autobiografi perlu kamu ketahui bahwasannya autobiografi memiliki jenis dan macam-macamnya. Kamu bisa mengelompokkannya dan menyesuaikan autobiografi yang ingin kamu buat, mulai dari auto biografi diri sendiri, autobiografi panjang, autobiografi singkat, autobiografi lengkap, dan masih banyak lagi pembagian autobiografi ini. Berikut macam-macam autobiografi yang bisa kamu jadikan referensi untuk tugasmu.

Contoh Autobiografi Diri Sendiri

Latar Belakang Autobiografi

Halo! nama lengkap saya yaitu Sultan Mohammad Firdaus, Dirumah saya sering dipanggil dengan nama sapaan mas Daus. Namun teman-teman saya memanggil nama saya dengan panggilan sultan atau firdaus. Saya lahir di kota Pekanbaru, 26 February 1997. Saya merupakan anak ke 2 dari 3 bersaudara. Ayah saya bernama teguh Prakoso Dyono dan ibu saya bernama Amanda.

Ayah saya dulunya dalah seorang pemilik perusahaan pengrajin tekstil yang sudah tersebar dibeberapa kota. Sementara ibu saya menjadi salah satu manager di perusahaan yang ayah saya punya. Ayah saya merintis bisnisnya ini semenjak ia beranjak usia 17 tahun. Dari dulu dia sangat suka dengan pakaian, pola, warna, dan kombinasi batik, atau sebagainya. Karena kecintaannya tersebut ia bertekad untuk dapat mendirikan sebuah perusahaan tekstil ternama yang menjadi langganan di seluruh kota Indonesia.

Kakak pertama saya bernama Yaumil Ghufron Andrian. Saat ini ia sudah bekerja di salah satu perusahaan pengrajin kain batik di yogyakarta. Adik dibawah saya bernama Hendratno Dwiputra, yang sekarang masih bersekolah di jenjang SMA pekanbaru. Kami bertiga adalah putra dari ayahanda dan ibunda kami yang kami sayangi dan cintai. Saya memiliki hobi yang sudah umum mungkin jika dikatakan, saya hobi bermain basket dan berenang. Jika diajak tanding basket saya yang paling semangat deh buat mainnya.

Riwayat Pendidikan Autobiografi Saya

Riwayat pendidikan yang saya miliki saya mulai dari beranjak masuk SMP saya masuk, ke SMP 2 Pekanbaru disana berbasis agama dan mengedepankan akhlak. Namun SMP ini bukanlah pesantren atau semacamnya namun lebih seperti SMP berbasis islami. Pada saat SMP saya begitu banyak bergaul dengan teman-teman seangkatan saya, saya juga mengikuti kegiatan ekstrakulikuler yaitu bermain basket.

Sejak SMP saya baru menyukai basket selain saya memiliki bakat dalam permainan ini. Saya juga sering menjadi pusat perhatian banyak orang karena kelihaian yang saya miliki dalam memainkan bola basket. Dalam Autobiografi ini saya akhirnya memutuskan untuk fokus terhadap ekstrakuler ini dan membentuk tim yang pas yang nantinya bisa dilatih untuk memasuki turnamen basket pada autobiografi kali ini.

Alhasil setelah saya beranjak masuk kelas 2 SMP saya menjadi ketua bidang olah raga karena kemampuan, bakat, serta kontribusi saya dalam mengikuti berbagai macam ekskul di SMP 2 Pekanbaru. Pada Autobiografi ini saya juga menjadi ketua tim di permainan basket. Dan sempat mengikuti lomba turnamen basket se pekanbaru dan meraih juara 2 sebagai pemenangnya.

Setelah memasuki SMA saya mulai menemukan hobi baru saya yaitu berenang. Hal ini dimulai ketika orang tua saya mengajak kami bertiga untuk wisata ke pantai angso duo. Disana terdapat pemandangan alam yang sangat indah dan air lautnya yang jernih. Disanalah saya mulai belajar berenang dan ternyata pada autobiografi itu berenang menyenangkan juga ya.

Setelah beranjak masuk SMA saya lulus dengan hasil yang memuaskan dan mendapatkan SMA favorit di pekanbaru yaitu SMA 1 Pekanbaru. Disana saya mulai mengembangkan hobi baru saya yaitu berenang dan sayapun ikut kedalam ekskul berenang karena merasa mantap akhirnya saya bertekad ingin mengikuti lomba berenang se Pekanbaru. Setelah berlatih sedemikian rupa dan akhirnya tibalah waktu lomba dan sayapun meraih juara 1 lomba berenang se Pekanbaru.

Autobiografi adalah tempat saya berbagi cerita, sayapun merasa gembira setelah berhasil meraih juara 1 sebagai pemenang lomba berenang. Dan ketika beranjak masuk kelas 2 SMA saya ditunjuk sebagai ketua bidang olahraga kembali mungkin ini memang takdir saya yang membuat saya dekat dengan olahraga. Autobiogra merupakan catatan kehidupan tentang perjalanan hidup. Hingga pada saat ini saya sedang menjalani kehidupan saya sebagai orang yang mencintai olahraga. Autobiografi ini masih berlanjut hingga saat ini.

Prestasi Selama Autobiografi ini

  • Ketua Olahraga Tingkat SMP 2 Pekanbaru
  • Ketua Tim Permainan Bola Basket SMP 2 Pekanbaru
  • Juara 2 Turnamen Basket se Pekanbaru
  • Juara 1 Lomba Renang se Pekanbaru
  • Ketua Olahraga SMA 1 Pekanbaru

Contoh Autobiografi Panjang

Pada autobiografi panjang ini kamu bisa mendeskipsikan perjalanan hidup kamu lebih rinci lagi. Kalau perlu kejadian yang terjadi berjarak antara sebulan satu autobiografi dengan autobiografi lainnya. Contoh autobiografi panjang bisa kamu jadikan referensi sebagai berikut.

Latar Belakang Autobiografi Panjang

Nama ku Ridwan Kamil Purnama, aku merupakan anak pertama dari 2 bersaudara. Adik ku bernama Kamil Al Anshari ia sedang duduk dibangku sekolah SD. Kami berdua merupakan putra dari pasangan Adi Kamil jaya putra dan kamelia nurhayani. Ayah ku merupakan seorang manajer Bank di pekanbaru sementara ibuku adalah seorang guru di SMA 3 pekanbaru.

Cerita singkat tentang diriku sewaktu kecil, dulu ayak ku sering bercerita bahwa aku sering menyendiri dan duduk sendirian di tepi ranjang. Awalnya aku sempat merinding mendengar cerita dari ayah ku ini. Ayah ku bilang aku sering sekali melamun dan bicara yang tidak jelas dan akhirnya kedua orang tua ku membawa ku ketempat pengobatan jiwa untuk di ruqyah dan mencari tahu penyebabnya. Ternyata memang ada jin yang bersarang pada tubuh ku ini setelah di ruqyah lambat laun aku menjadi normal dan ceria kembali.

Pada usia ku yang beranjak 3 tahun saat itu lahirlah adik tercinta yaitu Anshari ia lahir di bulan Agustus. Adik ku begitu berbeda sifatnya dengan ku Anshari begitu aktif dan susah untuk diatur. Dia sering sekali ngomong-ngomong dan bertanya banyak tentang sesuatu. Namun hal tersebut yang ku csuka dari dirinya aku tidak menjadi kesepian lagi dan keluarga kami sering ramai dan penuh canda tawa mungkin karena dia. Meskipun kami cuma berdua kami saling jarang bertengkar atau pun berkelahi. Kami lebih sering bermain bersama dan melakukan berbagai macam kegiatan bersama-sama.

Pengalaman 1 Autobiografi Panjang

Pengalaman yang tidak akan saya lupakan bersama Anshari yaitu ketika kami di kejar oleh anjing galak. Ketika saya beranjak memasuki umur 10 tahun dan adik saya berumur 8 tahun kami dibelikan sepeda baru oleh orang tua kami. Kami sangat gembira dan sangat bersemangat ingin memainkannya.

Akhirnya ketika hari minggu tiba kami berencana bermain sepeda di sekitar rumah kami. Saat itu saya mengajak balapan Anshari adik saya lalu diapun menyetujuinya kami mengambil lintasan di sebuah gang dengan jalan lurusnya yang panjang. Kata orang-orang setempat jalan ini sudah buntuk karena di ujung jalannya ditutup dan akhirnya di ujung sana ditumpuk bermacam-macam sampah oleh warga setempat.

Akhirnya kami memulai balapan liar kami. Karena tenanga saya yang melebihi tenaga Anshari yang saat itu masih kecil saya akhirnya mendahuluinya namun saya pikir dia tertinggal jauh karena kecepatan saya yang begitu hebat namun ternyata ia lebih memilih berhenti dan berteriak dari belakang saya.

Di depan! di depan! dia berteriak demikian setelah saya lihat kedepan ternyata tampak disana anjing sedang berlari kencang mengarah ke saya seperti hendak menerkam dan menggigit saya. Karena kaget saya pun mengerem kencang namun karena tak terelakkan anjing tersebut saya tabrak dan saya pun jatuh. Anjing yang tadinya ingin menerkan saya malah kesakitan dan pergi berlalu saya yang terjatuh sedikit memar dibagian lutut. Namun saya pikir ini lebih baik dari pada digigit anjing itu. Akhirnya kami pun pulang. Pengalamn ini merupakan yang paling menegangkan bagi saya dan adik saya. Diperjalanan pulang kamipun tertawa bersama namun saya sedikit kasihan kepada anjing tersebut.

Contoh Autobiografi Singkat

Contoh Autobiografi Lengkap

Tinggalkan komentar