Cara Menghitung Persen di Excel Contoh & Rumus 2019

Dalam hal pemrosesan data, Anda harus terbiasa dengan persentase atau persentase. Persentase juga bisa disebut persentase. Istilah ini digunakan untuk berarti perbandingan atau rasio yang mewakili persentase. Persentase biasanya diwakili oleh simbol “%”

Microsoft Excel adalah salah satu perangkat lunak pemrosesan data digital yang paling terkenal. Perangkat lunak yang disediakan oleh Microsoft memungkinkan Anda untuk memproses data digital. Dengan beberapa rumus, Anda cukup menyelesaikan perhitungan angka.

Cara Menghitung Persen Di Excel

Jika Anda menghabiskan rata-rata 25.000 rupiah per minggu dan ingin menghemat 25% dari pengeluaran mingguan Anda, berapa banyak yang bisa Anda belanjakan?

Atau, jika Anda ingin meningkatkan alokasi makanan 25% hingga 25% per minggu, apa alokasi mingguan baru Anda? Ini adalah cara menghitung persentase kenaikan dan penurunan di Excel:

Jika B2 adalah jumlah yang Anda belanjakan dan C2 adalah persentase yang akan dikurangkan dari jumlah itu, Anda dapat memasukkan = B2 * (1-C2) di D2 untuk menemukan hasilnya.

Cara Menghitung Persen Di Excel

Dalam rumus ini, 1 mewakili 100%. Demikian pula, jika Anda ingin menambah jumlah dengan persentase tertentu, masukkan = B2 * (1 + C2) di D2.

Cara Menghitung Persen Di Excel

Contoh Cara Menghitung Persentase di Exel

Salah satu fungsi pemrosesan angka dalam Microsoft Excel adalah untuk menghitung persentase data. Ada beberapa cara untuk menghitung persentase di Excel. Cara menghitung persentase di Excel mudah diterapkan dan pasti akan menguntungkan aktivitas pemrosesan data Anda.

Rumus Menghitung jumlah berdasarkan persentase

Jika Anda membeli komputer seharga 800.000 rupiah dan membayar pajak penjualan sebesar 8,9%, berapa banyak pajak bisnis yang harus Anda bayar? Dalam contoh ini, Anda mencari 8,9% dari 800.000.

Metode menghitung persentase di Excel untuk menghitung jumlah berdasarkan presentasi dikombinasikan dengan rumus berikut.

Rumus Menghitung jumlah berdasarkan persentase

Jika B2 adalah harga dan C2 adalah pajak penjualan, Anda dapat mengetikkan rumus = B2 * C2 dalam D2 sebagai berikut:

Rumus ini mengalikan 800.000 dengan 0,089 (persentase dasar dalam desimal) untuk menemukan pajak bisnis yang harus dibayar.

Menghitung persentase berdasarkan dua jumlah

Jika siswa mendapat skor 50 dari total skor 42 poin, berapakah persentase jawaban yang benar?

Dalam contoh ini, jika angka dalam B2 adalah titik jawaban yang benar dan angka dalam C2 adalah titik total yang mungkin, Anda bisa mengetikkan rumus = B2 / C2 di D2 untuk menemukan nilai.

Menghitung persentase berdasarkan dua jumlah

Rumus ini membagi 42 dengan 50 untuk menemukan persentase jawaban yang benar. (Dalam contoh yang ditunjukkan di sini, format nilai dalam format persen dan tidak menampilkan angka desimal.)

Menghitung jumlah berdasarkan jumlah lain dan persentase

Misalnya, harga diskon untuk kemeja adalah Rp. 15.000, potongan 25% dari harga aslinya. Berapa harga aslinya? Dalam contoh ini, Anda ingin tahu 75% dari jumlah sama dengan 15.000

Jika B2 adalah harga diskon dan C2 adalah 0,75, yang merupakan 100% dikurangi diskon 25% (format desimal), Anda dapat memasukkan rumus = B2 / C2 pada D2 untuk menemukan harga aslinya.

Menghitung jumlah berdasarkan jumlah lain dan persentase

Rumus satu ini membagi harga diskon dengan persentase yang dibayarkan untuk menemukan harga aslinya.

Cara Menampilkan Persen di Excel

cara menghitung persentase kehadiran

Cara untuk menghitung persentase di Excel adalah dengan menerapkan foto persentase pada lembar kerja Excel. Untuk dengan cepat menerapkan format persentase ke sel yang dipilih, cukup klik ikon% di grup Angka pada tab Beranda, atau tekan Ctrl + Shift +%.

Memformat sel yang sudah berisi angka

Jika Anda menerapkan format persentase ke nomor yang sudah ada di lembar kerja, Excel mengalikan angka dengan 100 untuk mengkonversi ke persentase.

Misalnya, jika sel berisi angka 10, Excel mengalikan angka itu dengan 100, yang berarti bahwa setelah menerapkan format persentase, angka yang Anda masukkan akan menjadi 1000,00%.

Untuk menampilkan persentase secara akurat, sebelum memformat angka sebagai persentase, pastikan angka tersebut dihitung sebagai persentase dan kemudian ditampilkan dalam format desimal.

Hitung persentase menggunakan angka / total persamaan = persentase. Misalnya, jika sel berisi rumus = 10/100, hasilnya adalah 0,1. Jika Anda kemudian memformat 0,1 sebagai persentase, angka tersebut akan ditampilkan dengan benar sebagai 10%.

Memformat sel kosong

Jika Anda menerapkan format persentase ke sel kosong dan kemudian mengetikkan angka di sel itu, hasilnya akan sedikit berbeda.

Secara default, angka yang lebih besar dari atau sama dengan 1 dikonversi ke persentase, dan angka yang kurang dari 1 dikalikan dengan 100 untuk mengubahnya menjadi persentase.

Misalnya, mengetik 10 atau 0,1 akan menghasilkan 10,00%. Jika Anda tidak ingin menampilkan dua nol setelah titik desimal, Anda dapat memformatnya dalam pengaturan titik desimal.

Tinggalkan komentar