Cara Menentukan Kalimat Utama Yang Baik Dan Benar

Cara Menentukan Kalimat Utama – Bacaan terdiri dari beberapa paragraf yang terdiri dari kalimat utama dan kalimat penjelasan. Kalimat utama adalah kalimat yang berisi gagasan utama dalam paragraf. Kalimat penjelasan menjelaskan kalimat utama.

Kalimat utama adalah di awal, akhir dan akhir. Posisi kalimat utama menentukan jenis paragraf dalam membaca.

Posisi kalimat utama di awal paragraf disebut paragraf deduktif, dan kemudian jika kalimat utama di akhir paragraf disebut paragraf induktif, jika kalimat utama bersamaan (awal dan akhir), itu disebut paragraf.

Gagasan utama adalah masalah utama yang diungkapkan dalam membaca. Gagasan utama dapat ditemukan di awal (deduksi), akhir (induksi) dan keduanya (deduksi-induktuf).

Cara Menentukan kalimat utama

Langkah-langkah untuk mengidentifikasi kalimat utama

  • Baca kalimat pertama dan terakhir dalam paragraf.
  • Tentukan ide utama kalimat itu.
  • Kalimat yang mengandung ide utama disebut kalimat utama.

Mencari simpulan paragraph

Kesimpulan dari paragraf ini adalah substansi dari paragraf ini. Untuk menemukan kesimpulan dari konten paragraf, baca dari awal hingga akhir. Kesimpulan paragraf dapat ditemukan dengan cara berikut:

  • Baca paragraf ini dari awal hingga akhir.
  • Temukan ide utama untuk paragraf itu.
  • Kesimpulan paragraf ini didasarkan pada ide-ide utama.

Menentukan peryataan sesuai dengan isi paragraf

Dalam kamus besar Bahasa Indonesia, pernyataan adalah pemberitahuan atau pengumuman. Pernyataan dalam paragraf dapat berisi informasi yang ditulis oleh penulis.

Cara untuk menentukan suatu pernyataan adalah dengan memahami semua informasi dalam paragraf itu. Pernyataan parafrase dapat ditentukan dengan mengekspresikan kembali kalimat-kalimat dalam paragraf.

Kalimat itu harus konsisten dengan ide utama yang sedang dibahas. Pastikan kalimat interogatif dalam paragraf bacaan menyampaikan inti pertanyaan kepada pembaca. Baca di paragraf pertama, kedua, ketiga atau lainnya.

Membaca adalah inti dari diskusi selama membaca. Apa yang Anda baca termasuk orang (apa) yang Anda diskusikan, dan kemudian mengaitkan orang (siapa), waktu (kapan), tempat (di mana), alasan (mengapa), dan deskripsi (bagaimana) dari peristiwa dalam percakapan.

Gunakan kata-kata tanya bagaimana dan mengapa untuk menjawab pertanyaan. Jawaban atas kalimat tersebut harus sesuai dengan isi paragraf.

Menjawab pertanyaan atas kata tanya mengapa dan bagaimana

Punya sesuatu untuk ditanyakan. Kalimat ini membutuhkan penjelasan. Jawaban atas pertanyaan adalah bagaimana menjelaskan atau mendeskripsikannya.

Saya punya sesuatu untuk ditanyakan mengapa. Kalimat ini menanyakan penyebab atau penyebab masalah atau insiden saat membaca. Alasan yang muncul dalam membaca kalimat dapat ditandai dengan kata “sebab” atau “karena”.

Memprediksi kejadian berdasar isi bacaan

Baca untuk memberikan informasi. Selain membaca juga memuat acara atau acara. Sebagai pembaca, Anda dapat memperkirakan peristiwa berdasarkan apa yang Anda baca.

Anda dapat memperkirakan kewajaran membaca dengan memahami keseluruhan bacaan. Acara atau acara yang Anda tentukan harus sesuai dengan apa yang Anda baca. Jika ada masalah, maka akan ada masalah lain. Namun, masalah ini memiliki implikasi positif bagi kehidupan.

Menentukan Kalimat Utama dalam Paragraf

Gagasan pokok juga disebut gagasan utama atau gagasan utama. Gagasan utama adalah salah satu yang menjadi fokus pengembangan paragraf, sehingga hanya ada satu gagasan utama dalam paragraf. Gagasan utamanya ada di kalimat utama.

Paragraf terdiri dari kalimat utama dan kalimat penjelas. Kalimat utama adalah kalimat yang mengandung ide utama paragraf. Kalimat utama sering disebut kalimat topik.

Kalimat utama ini ditafsirkan oleh kalimat lain dalam paragraf dan disebut sebagai kalimat penjelas. Kalimat penjelas adalah kalimat yang jelas, deskriptif, atau dalam bentuk informasi terperinci tentang kalimat utama.

Kalimat utama bisa di awal paragraf, akhir paragraf, awal dan akhir paragraf, atau awal hingga akhir paragraf.

Paragraf yang kalimat utamanya ada di awal paragraf disebut paragraf deduksi. Paragraf yang kalimat utamanya ada di akhir paragraf disebut paragraf induktif.

Paragraf yang kalimat utamanya ada di awal dan akhir paragraf disebut paragraf campuran. Paragraf di mana kalimat utama adalah dari awal hingga akhir paragraf sebenarnya tidak memiliki istilah khusus, tetapi jika paragraf tersebut dalam bentuk narasi atau deskripsi, biasanya kalimat utama akan berada di awal hingga akhir paragraf.

Paragraf naratif adalah paragraf yang berisi cerita. Paragraf deskriptif adalah paragraf yang menggambarkan sesuatu, sehingga pembaca tampaknya dapat melihat apa yang sedang dijelaskan.

Contoh Soal Menentukan Kalimat Utama dalam Paragraf

1) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah berulang kali menjelaskan bahwa sekolah dengan sertifikasi A atau RSBI sebelumnya memberikan prioritas pada kurikulum 2013. (2) Keterjangkauan distribusi buku juga merupakan persyaratan bagi sekolah untuk menerapkan kurikulum 2013. (3) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga menjelaskan bahwa fokus kurikulum 2013 adalah pada empat aspek. (4) Keempat hal ini adalah pengembangan sikap, pengetahuan, keterampilan dan karakter berdasarkan metode ilmiah.
Kalimat utama paragraf adalah …

A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

CONTOH SOAL Kalimat Utama 2

(1) Seiring berjalannya waktu, banyak hal mengalami kemajuan. (2) Hal yang paling menakjubkan adalah bahwa kemajuan teknologi dalam semua aspek kehidupan menjadi semakin kompleks. (3) Selain itu, secara ekonomi, masyarakat juga dapat semakin menggunakan teknologi informasi dan teknologi kesehatan. (4) Salah satunya adalah pengolahan herbal yang saat ini menggunakan teknologi.

Kalimat utama paragraf diberi nomor …

A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

CONTOH SOAL 3 Kalimat Utama

(1) Selama Mei 2010, Aremania mengumpulkan sumbangan. (2) Dana tersebut digunakan untuk membeli beras, gula, teh, kopi, mie instan, dan kebutuhan lainnya. (3) Setelah itu, mereka membagikan materi ke panti asuhan. (4) Buktikan bahwa Aremania adalah pendukung dengan perhatian sosial.

Kalimat utama paragraf adalah angka …

A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

Penjelasan jawaban 4: karena kalimat ini sudah diklarifikasi dengan kalimat lain. Kalimat 1, 2 dan 3 adalah pemikiran penjelasan karena isinya mengklarifikasi pemikiran kalimat 4. (Ini adalah contoh paragraf induktif, yaitu paragraf dengan kalimat utama di akhir paragraf)

CONTOH SOAL 4 Kalimat Utama

1) Deforestasi adalah penyebab utama perusakan habitat kupu-kupu.

2) Setiap kupu-kupu sangat tergantung pada pohon tertentu.

3) Jika lebih banyak pohon ditebang, jumlah spesies kupu-kupu di Indonesia akan berkurang.

4) Indonesia tidak lagi menyebut “negara kupu-kupu”.

Kalimat utama paragraf adalah angka …

A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

CONTOH SOAL 5 MENCARI Kalimat Utama

(1) Orang yang akan pensiun tidak perlu gugup. (2) Penduduk berarti tidak bekerja, tetapi dibayar (3) Tidak lagi melayani berarti mereka tidak memiliki pikiran yang bekerja dan banyak waktu luang untuk bersantai Waktu dapat dioptimalkan untuk bersantai melalui berbagai kegiatan aktif dan produktif, dan tentu saja orang tidak terpengaruh oleh stres.

Kalimat utama paragraf adalah angka…

A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

Cara Menentukan Kalimat Utama

%d blogger menyukai ini: