Cara Membuat Email Baru Gmail, Yahoo, BBM, Facebook, Email di Hp[LENGKAP]

CARA MEMBUAT EMAIL BARU – Halo teman-teman sekalian apakah kalian tahu apa itu Email?, Email merupakan singkatan dari kata Elektronik Mail, yang bisa diartikan sebagai kotak surat atau alamat surat seperti halnya kantor pos, namun sifatnya virtual atau tidak tampak, jadi bisa dibilang email merupakan alat untuk mengirim pesan kepada seseorang yang kita tuju dalam dunia maya.

Tidak hanya mengirim pesan, masih banyak fasilitas lainnya seperti mengirim gambar, berkas, dokumen, file, dan banyak lagi. Bagi pengguna internet pada umumnya, Email bukan lagi hal yang jarang didengar, namun bila anda seorang pemula yang baru belajar memang agak membingungkan karena belum terbiasa.

Email banyak fungsinya, namun fungsi utamanya sebagai identitas, agar para pengguna internet bisa mengenal siapa anda dan menjadi alat untuk bisa mengakses situs-situs tertentu, jadi jelas email sangat diperlukan bagi anda yang ingin berselancar di dunia maya, contohnya jika anda ingin mengakses sosial media seperti Facebook anda harus memiliki email.

Nah.. bagi anda yang masih pemula atau yang ingin belajar lebih banyak lagi tentang email dan cara penggunaannya, di sini saya akan menjelaskannya mulai dari seluk-beluk email, cara membuat email, cara menggunakannya, dan masih banyak lagi.

Bagaimana Cara Membuat Email?

Bagi anda yang benar-benar pemula anda perlu mengetahui bahwa, jika ingin menggunakan email, terlebih dahulu harus memiliki akun email, banyak situs-situs gratis yang bisa anda kunjungi untuk membuat akun email, saya sarankan anda membuat akun dari email yang populer digunakan oleh banyak orang, seperti email google yaitu gmail, email yahoo yaitu ymail, dan outlook.com, ketiga email ini paling populer digunakan oleh para pengguna internet pada umunya.

Jika anda menggunakan gmail, maka email anda akan memiliki akhiran @gmail.com atau @gmail.co.id, jika menggunakan ymail, tulisan email anda akan berakhiran @yahoo.com atau @yahoo.co.id.

Ketika anda selesai mendaftar ada 2 opsi yang harus  diingat, pertama yaitu alamat email anda sendiri dan yang kedua password dari alamat email tersebut, jangan sekali-kali anda lupa tentang 2 opsi ini, karena hanya dengan 2 opsi ini anda bisa masuk dan mengakses email anda, dan jangan coba-coba memberikan password email anda kepada siapapun.

Yang boleh anda sebar hanyalah alamat email anda, karena hal tersebut berguna bagi orang yang ingin mengontak anda, memberikan pesan, atau mengirimkan foto dan file-file tertentu, sementara password hanya anda yang boleh mengetahuinya.

Mengapa hal ini saya tekankan?, Mungkin bagi anda yang baru membuat email hal tersebut tidak masalah jika seseorang mengambil atau mencurinya, namun bagaimana jika anda sudah lama mempunyai email tersebut, dan sudah banyak tersimpan data atau informasi penting di dalamnya, mungkin tentang kepentingan anda, pekerjaan anda, transaksi atau informasi rekening bank anda, bahkan rahasia-rahasia penting lainnya, jika seseorang mengetahui 2 opsi milik anda ini maka ia bisa mengakses email anda secara keseluruhan.

Penjelasan diatas hanya gambaran secara keseluruhan seperti apa email, bagaimana cara menggunakannya, apa yang harus di perhatikan dan anda ketahui, jika anda masih bingung jangan khawatir, saya masih akan menjelaskan penjabarannya lebih lengkap dibawah ini, santai dan rileks pahami dengan kepala dingin hehe..

Cara Buat Email Baru

Hal yang pertama kali harus anda ketahui untuk membuat email adalah, alamat email apa yang anda ingin buat, karena banyak situs-situs menawarkan membuat email secara gratis, saya sarankan kepada anda untuk membuat email dengan alamat gmail (@gmail.com) atau alamat email yahoo (@yahoo.com) mengapa demikian? Karena 2 alamat email ini yang paling populer digunakan oleh kebanyakan orang, berikut akan saya berikan cara-cara membuat email baru.

Cara Membuat Email di Gmail

Langkah pertama buat Gmail

yang harus anda lakukan adalah masuk ke web browser anda, seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, dan lain-lain, gambar diatas merupakan tampilan dari web browser Google Chrome.

Langkah Kedua buat email gmail

setelah anda memasuki web browser anda, ketik (http://accounts.google.com) pada mesin pencari web browser anda, yang terletak di bagian paling atas, tepatnya bagian yang saya berikan lingkaran merah pada gambar diatas.

Langkah ketiga membuat gmail

selesai anda mengetik alamat tersebut di mesin pencari, maka akan terbuka halaman pendaftaran email google, seperti gambar diatas, pada halaman ini akan terlihat kolom-kolom yang harus anda isi agar anda dapat terdaftar sebagai pengguna akun email google, kolom-kolom tersebut sebagai berikut:

Nama: Pada kolom nama terbagi menjadi kolom nama depan dan nama belakang, isilah nama sesuai dengan nama asli anda agar identitas bisa dikenal lebih jelas oleh para pengguna internet yang ingin mengontak anda atau sebagainya.

Pilih Nama Email: Pada kolom inilah anda bisa mencantumkan alamat email anda yang nantinya menjadi akun agar bisa mengakses email dan melakukan berbagai aktivitas lainnya. Karena anda membuat akun gmail maka nantinya alamat email anda akan memiliki akhiran @gmail.com, itu penanda bahwa anda membuat dengan email gmail.

Terkadang email yang anda buat bisa saja sudah terpakai, usahakan membuat email yang mudah anda ingat, agar anda tidak kesusahan ketika menggunakannya.

Sandi/Pasword: Setelah kolom email selanjutnya adalah kolom sandi, disini anda isi dengan pasword atau suatu kode yang hanya anda yang mengetahuinya, buatlah pasword yang unik dan susah susah dibaca seperti menggabungkan angka, huruf, dan kode-kode lainnya, hal ini berguna untuk memperkuat pertahanan email anda.

Konfirmasi Sandi: Kolom ini berguna untuk memastikan apakah anda masih mengingat sandi yang anda buat, caranya dengan mengetik kode yang sama dengan kode yang anda buat pada kolom sandi sebelumnya.

Tanggal Lahir: Isi kolom ini dengan tanggal lahir anda, ini berfungsi untuk meningkatkan keamanan email anda dari serangan-serang jahat, jika masih dibawah umur biasanya pendaftaran tidak bisa dilakukan.

Gender/Jenis Kelamin: Sesuaikan dengan jenis kelamin anda.

Nomor Ponsel: Jika anda memiliki nomor ponsel maka isilah kolom ini, namun jika tidak mempunyainya hal itu tidak masalah karena anda masih bisa terdaftar, baiknya kolom nomor ponsel ini anda isi karena berfungsi untuk menjaga keamanan email anda menjadi lebih baik.

Alamat Email Yang Ada: Jika anda sudah pernah membuat email sebelumnya maka cantumkanlah pada kolom ini, jika tidak punya tidak masalah, anda masih bisa mendaftar tanpa harus mengisi kolom ini, kolom ini berfungsi untuk mempermudah teman-teman anda menemukan anda, mengontak anda, sekaligus untuk keamanan email baru yang anda buat.

Lokasi: Kolom terakhir yaitu lokasi keberadaan Negara anda, ini mempermudah orang lain untuk menemui anda, dan juga mempermudah google untuk mengetahui atau melacak keberadaan anda (saya tidak tahu apakah ini baik atau buruk).

Setelah semua kolom-kolom tersebut anda isi, silakan klik tombol paling bawah yang bertuliskan langkah selanjutnya atau klik next untuk melanjutkan proses pendaftaran email anda.

Langkah keempat buat gmail

setelah anda mengklik tombol selanjutnya, akan muncul pesan privasi dan persyaratan yang perlu anda baca dan pelajari, setelah anda selesai membaca, klik tombol saya setuju dengan persyaratan.

Selesai anda menyetujui persyaratan, maka anda telah berhasil membuat email, dengan tanda halaman akan membuka tab baru, di sana akan tertulis “Selamat Datang!”, anda bisa lanjut membuka gmail anda yang berarti, anda sudah bisa mengakses penuh email anda secara keseluruhan, halaman email anda kurang lebih terlihat seperti gambar dibawah ini.

Bagi anda yang belum mengerti bagaimana cara menggunakan email jangan khawatir, saya masih akan mememberikan penjelasanan bagaimana cara menggunakan email pada sub bab di bawah, yaitu panduan menggunakan email gmail dan email ymail.

Cara Membuat Email di Yahoo

Setelah membuat email gmail kali ini saya akan berikan cara membuat email ymail dengan cepat dan mudah, perlu anda ketahui agar lebih mudah memahami bagaimana membuat email, gunakan setelan bahasa Indonesia, anda bisa melihat tutorial berikut ini.

Setelah selesai mengatur bahasa lanjut langkah-langkah membuat email yahoo sebagai berikut:

Tahap pertama, Kunjungi halaman pendaftaran Yahoo mail, kemudian Setelah memasuki halaman pendaftaran, isi kolom-kolom yang tersedia dengan sesuai data identitas anda:

  • Nama: Isi Kolom dengan nama lengkap, nama depan dan nama belakang anda.
  • Alamat Email: isi kolom ini dengan nama alamat yang anda inginkan, nama ini kelak akan menjadi alamat email yahoo anda.
  • Kata Sandi: Buatlah kata sandi anda serumit mungkin, dengan kata sandi ini anda bisa masuk ke email yahoo anda, dan hanya anda yang boleh mengetahuinya.
  • Nomor Ponsel: Isi dengan nomor ponsel anda karena ini berfungsi untuk verikikasi email anda agar diterima oleh pihak yahoo, ketika anda sudah selesai mendaftar pihak yahoo akan memberikan kode kepada nomor ponsel anda untuk memastikan bahwa anda pembuat email ini.
  • Tanggal Lahir: Sesuaikan dengan tanggal lahir anda, karena ini akan berguna untuk memperjelas identitas anda.
  • Jenis Kelamin: Sesuaikan dengan jenis kelamin anda.

Setelah itu klik lanjutkan, dan akan muncul halaman dengan kode verifikasi yang belum terisi, kode tersebut diberikan ke nomor ponsel anda, dari kode yang anda dapatkan di ponsel tersebut, anda tuliskan ke kolom kode verifikasi yang tersedia. Dan Selamat! Anda telah berhasil mendaftarkan email anda di yahoo!, jika anda masih ragu anda bisa cek video tutorial dibawah ini.

Cara Membuat Email BBM

BBM merupakan singkatan dari Blackberry Messenger, sosmedi ini mulai terkenal ketika pengguna smartphone Blackberry mulai populer, karena aplikasi ini gratis, simpel dan tidak ribet penggunaannya sehingga disukai banyak orang, meskipun kepopuleran smartphone blackberry sekarang sudah mulai redup, hal ini tidak membuat BBM ikut redup juga, kepopuleran BBM tetap bertahan bahkan meningkat, jika anda tertarik menggunakannya anda bisa melakukan langkah-langkah berikut untuk memulainya.

Langkah Pertama buat email BBM – Download Aplikasi

Hal yang pertama kali anda lakukan adalah mendownload aplikasi BBM dan menginstallnya pada smarthphone anda, anda bisa mendownloadnya di google play store, anda tinggal mencarinya, mendownload, dan menginstall, contoh tampilan ikon BBM seperti gambar dibawah.

Langkah Kedua – Buat ID Blackberry Anda

Langkah selanjutnya setelah anda selesai mendownload dan menginstall BBM di play store, waktunya membuat ID Blackberry anda:

Pertama, masuk ke aplikasi BBM, ketika anda masuk tampilan awalnya masih berupa halaman pendaftaran, disana tertera kolom Nama BBM, email anda, dan password, anda bisa mengisi data-data tersebut, contoh gambar seperti dibawah ini.

Nama: Isi dengan nama anda, nama ynag anda cantumkan akan digunakan sebagai nama akun BBM anda.

Email: Jika anda sudah punya email silahkan daftarkan email anda, email bisa terserah, jika anda belum punya email anda bisa melihat cara-cara membuat email pada bagian atas artikel ini, lengkap dengan gambar-gambarnya.

Password: Masukkan password email, anda perlu mengingat email dan pasword yang anda cantumkan pada akun bbm anda, ini berfungsi agar anda bisa masuk kembali/ login di BBM.

Setelah selesai mengisi semua data yang ada, klik tombol Create Account pada bagian paling bawah, dan selamat anda telah berhasil membuat akun BBM.

Langkah Ketiga – Tambahkan Gambar Untuk Foto Profil Email BBM Anda

Setelah anda selesai membuat akun, anda akan dibawa ke halaman utama BBM, langkah selanjutnya anda harus melampirkan foto profil, agar nantinya orang yang anda kontak bisa mengenal anda lebih jelas, foto yang dilampirkan sebenarnya bisa terserah, namun baiknya anda melampirkan foto asli, bukan foto lain, agar mudah dikenal orang.

Anda bisa mengambil foto dari galerry foto, atau mengambil foto secara langsung dari kamera smartphone anda dengan mengklik tombol Take a Photo, contoh gambar dibawah ini.

Langkah Keempat – Menginvite Teman dan orang lain di BBM

Jika anda sudak menyelesaikan pendaftaran, mendapatkan akun, dan sudah membuat foto profil, anda ingin memulai BBM anda dengan bercakap-cakap dengan teman anda, langkah yang anda lakukan terlebih dahulu adalah menginvite teman-teman anda agar masuk ke daftar kontak yang bisa anda ajak bicara.

pertama silahkan klik tombol dengan ikon gambar orang pada bagian atas, setelah itu klik tombol Add Kontak, atau tombol lingkaran pada bagian pojok kanan bawah,seperti contoh gambar diatas, setelah anda mengklinya akan muncul tampilan untuk menambahkan kontak, seperti contoh gambar dibawah.

Cara Membuat Email di Hp

Anda pengguna Smartphone? Anda ingin memiliki email agar bisa mengakses berbagai macam situs silakan pelajari dan ikuti langkah-langkah dari video dibawah ini!.

https://www.youtube.com/watch?v=9KMOhmvZfzg

Cara  Membuat Email Facebook

Bagi anda yang belum mengenal facebook sama sekali tetapi tertarik dan ingin mencoba memiliki akun facebook, anda bisa mengikuti berbagai langkah yang akan saya berikan dibawah ini, mulai dari pendaftaran awal, hingga anda memiliki grup dan teman yang bisa anda ajak bicara, berikut akan saya berikan langkah-langkahnya.

Langkah Pertama – Buka Halaman Utama Facebook (facebook.com)

Pertama kunjungi situs facebook, anda bisa mencarinya di mesin pencari dengan tulisan facebook, atau ke halamannya langsung dengan mengetik facebook.com, setelah mengetiknya anda akan dibawa ke halaman utama facebook, disana terdapat kolom untuk login dan kolom untuk pendaftaran, kolom untuk login saya beri tanda nomor 1 dan kolom registrasi/pendaftaran saya beri tanda nomor 2 pada gambar dibawah ini.

Jika sebelumnya anda sudah pernah mendaftar ke facebook anda bisa pilih kolom login dengan memasukkan alamat email dan pasword anda pada kolom yang tersedia, namun bila anda belum punya anda bisa mengisi kolom pendaftaran/registrasi sebagai berikut:

Kolom Nama: Isi dengan nama depan dan nama belakang anda.

Kolom Email: Masukkan alamat email anda atau jika punyo nomor telepon anda juga bisa melampirkannya asalkan nomor telpon itu terikat dengan email anda, jika belum punya email anda bisa melihat pada halaman bagian atas ini, disana saya menerangkan cara lengkap membuat email.

Kolom Email 2: Anda tinggal mengulangi isian yang anda isi pada kolom email sebelumnya.

Kata Sandi: Buat pasword akun facebook anda, dan ingat jangan sampai lupa.

Tanggal Lahir: Sesuaikan dengan tanggal lahir anda.

Setelah selesai mengisi semua kolom yang tersedia anda bisa mengklik tombol Mendaftar seperti pada gambar diatas, dan selamat! anda telah berhasil membuat akun facebook anda, jika anda masih bingung mau mulai dari mana, ikuti terus langkah-langkah yang akan saya berikan berikut, contoh tampilan setelah selesai mendaftar seperti berikut ini.

Langkah Kedua – Konfirmasi Akun Facebook Anda di Kotak Email

Setelah anda selesai mendaftar, pihak facebook akan meminta anda untuk mengkonfirmasi akun facebook anda, pesan konfirmasi tersebut sudah dikirim ke kotak email anda, konfirmasi akun berfungsi agar anda bisa mengakses penuh facebook anda dengan keamanan yang sudah dijamin pihak facebook, silakan buka akun email anda dan klik Kotak masuk anda, disana akan tampil email yang baru diberikan oleh facebook, seperti contoh gambar dibawah ini.

Setelah anda mengkliknya akan muncul halaman baru, anda hanya tinggal mengklik tombol Konfirmasi Akun Anda, contoh gambar dibawah ini.

Setelah selesai mengkonfirmasi barulah anda bisa mengakses penuh facebook anda, ikuti langkah selanjutnya bila anda masih bingung untuk memulainya, untuk mempermudah langkah selanjutnya disini akan saya berikan video bagaimana cara membuat akun facebook dari awal sampai akhir, silakan ikuti dan pelajari.

Video Cara Membuat Akun Facebook

Panduan Menggunakan Email

Nah.. setelah anda saya berikan bagaimana cara mendaftarkan email, kali ini saya akan mengajarkan kepada anda bagaimana cara menggunakan email yang sudah anda daftarkan tersebut, bagi pemula pasti hal ini membingungkan sekali bukan? Jangan khawatir saya akan menjelaskan secara ringkas dan mudah dipahami, agar anda bisa menggunakannya dengan nyaman dan tidak ambil pusing lagi, langsung saja berikut cara-cara menggunakan email.

Cara Menggunakan Email Gmail

Google mail biasa lebih dikenal gmail merupakan email yang diciptakan oleh perusahaan Google, email ini bersifat gratis sehingga bisa dipakai oleh siapapun dan tanpa batas waktu, setiap akun yang menggunakan gmail sebagai emailnya, pada akhiran alamatnya akan tertulis @gmail.com, ini sebagai penanda bahwa alamat ini dibuat dengan akun gmail, contohnya [email protected], anda ingin menggunakan gmail? Berikut saya berikan langkah-langkah mudah menggunakan email gmail.

1. Mengirim Email dengan google mail(Gmail)

Ketika anda mengirim email, perlu anda ketahui untuk kepentingan apa anda membuat email tersebut dan kepada siapa email tersebut  di tujukan, penerima email tidak hanya dari email gmail saja namun bisa dari semua email, email yang anda kirimkan haruslah jelas alamat penerimanya, jika tidak akan terjadi gagal kiriman karena alamat email yang anda tuliskan tidak sesuai dengan pemiliknya. Berikut akan saya berikan langkah-langkah mengirimkan email:

Pertama buka Gmail anda, atau anda bisa masuk langsung menuju halaman login Gmail.

Selanjutnya silakan anda masukan Email dan password anda, agar bisa masuk ke halaman email.

Setelah selesai memasukkan email dan password, halaman email anda akan terbuka, untuk memulai menulis pesan anda klik tombol “Tulis” berwarna merah yang terdapat di pojok kiri atas seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

Setelah itu akan muncul  lembaran kecil di sebelah kanan layar anda, disana anda bisa mulai menulis, terdapat fasilitas untuk menulis seperti dibawah ini:

  • Penerima: kepada siapa anda akan mengirimkan pesan ini, cantumkan alamat emailnya dengan benar agar tidak terjadi kesalahan.
  • Subjek: Tuliskan judul, pembahasan, atau tujuan anda mengirimkan email ini kepada si penerima email.
  • Isi Email: bagian ini merupakan isi dari pesan, tulislah pesan yang anda inginkan kepada si penerima.
  • jika anda ingin mencantumkan file, dokumen, foto-foto, dan sebagainya anda bisa mengklik ikon yang bergambar penitih, anda bisa melihatnya pada gambar dibawah ini.

2. Membaca dan Menerima Email dari Orang Lain.

Jika anda masih bingung ketika ingin mencari dan membaca email yang baru saja dikirim oleh orang lain, anda bisaa melakukan langkah-langkah dibawah ini untuk mendapatkannya:

Pertama, login terlebih dahulu ke akun email gmail anda.

Kemudian setelah selesai login, anda akan masuk ke halaman gmail anda, pada bagian kiri atas terdapat folder “kotak masuk“, anda hanya perlu mengkliknya, setelah itu akan keluar tampilan email-email yang baru anda terima dari orang lain seperti contoh gambar dibawah ini.

Setelah anda mengkliknya, akan terlihat daftar email-email masuk seperti contoh gambar diatas, email yang anda terima ada 3 pembagiannya yaitu:

  • Kategori Utama/Umum: Dengan mengklik tombol utama, semua email yang bersifat umum akan tampil.
  • Kategori Sosial: Tombol sosial akan menampilkan email-email yang dikirim dari media sosial seperti twitter, facebook, whatsappp, dll.
  • Kategori Promosi: Tombol promosi akan menampilkan semua email yang sifatnya promosi.
  • Jika anda ingin melihat email-email yang dikirim oleh teman, sahabat, keluarga anda bisa mencarinya pada kategori utama.

Jika anda sudah menemukan email yang anda cari, silahkan klik email tersebut, maka akan muncul tampilan dari email tersebut, seperti contoh gambar dibawah ini.

 Bagaimana Cara Membalas Email yang Dikirim Oleh Orang Lain?

Jika anda mendapatkan email dari orang lain dan anda ingin membalas pesan dari orang tersebut, anda cukup mengklik ikon panah yang berada di pojok kanan atas pada halaman email tersebut, seperti contoh gambar dibawah ini.

Tampilannya sama saat anda akan mengirim pesan, bedanya anda tidak perlu lagi mencantumkan email yang ingin anda tuju, anda cukup mengisi kolom isi pesan, berikut contoh gambarnya.

4. Bagaimana Cara Berbagi email yang anda baca atau meneruskannya ke Orang Lain.

Terkadang ketika anda menemukan email berupa promo belanja atau informasi menarik lainnya, pastinya anda ingin orang lain seperti teman atau keluarga anda mengetahuinya, tapi anda tidak tahu bagaimana cara membagikannya, anda bisa mengklik tombol turunan dari tombol panah yang berada di pojok kanan atas, seperti contoh gambar dibawah ini.

Dengan penjelasan ini anda sudah bisa mulai menggunakan email anda sebagai mana mestinya, insyaallah.

Cara Menggunakan Email Yahoo (Ymail)

Ymail atau email yahoo merupakan layanan email gratis yang diciptakan oleh perusahaan Yahoo, jika anda mendaftarkan akun anda ke Ymail maka alamat anda akan memiliki akhiran @ymail.com contohnya [email protected], berikut akan saya jelaskan secara singkat bagaimana menggunakan email Ymail.

1. Bagaimana Cara Mengirim Email Dengan Ymail?

Email Ymail sama halnya dengan gmail, ymail juga mampu memberikan emailnya kepada alamat-alamat email yang berbeda, sesama pengguna ymail maupun email lainnya, yang perlu anda ingat dan anda pastikan adalah alamat email yang akan anda tuju, jika alamat email yang anda tuju terdapat kesalahan pada penulisannya, maka email tersebut akan gagal dikirim, berikut langkah-langkah untuk mengirim email pada ymail:

Pertama, masuk kehalaman utama Yahoo.

Kemudian lakukan login menggunakan alamat email ymail anda beserta paswordnya.

Setelah berhasil masuk, untuk memulai menulis anda bisa mengklik tombol tulis yang terletak pada bagian pojok kiri atas, seperti contoh gambar dibawah ini.

Selesai mengklik, maka akan muncul lembaran untuk menulis email dengan fasilitas sebagai berikut (contoh gambar dibawah):

Ke: Tulis kepada siapa anda akan memberikan email ini.

Judul: Tuliskan judul atau tujuan anda membuat email ini.

Attachment: Jika anda ingin memasukkan file, dokumen, foto-foto, lembaran tugas sebagainya, anda bisa mengklik attachment seperti yang diberi tanda panah merah pada gambar dibawah.

2. Cara Membaca Email yang Diberikan Orang

Ketika anda mendapatkan email dari orang lain anda bisa melihatnya dengan mengklik folder Email Masuk yang terletak dibagian kiri, seperti contoh gambar dibawah.

Setelah mengkliknya anda hanya tinggal mencari email yang anda ingin baca dalam daftar email, setelah ketemu anda bisa mengkiknya untuk masuk ke lembaran email tersebut, untuk mengingatnya anda bisa melihat tanggal dikirimnya email sehingga memudahkan anda untuk membedakan mana yang email yang sudah lama dan mana yang masih baru terkirim.

3. Cara Membalas Email yang Anda Terima Dari Orang lain

Ketika anda mendapatkan email dari seseorang dan anda ingin membalas email tersebut, langkah yang perlu anda lakukan adalah:

Pertama masuk ke email yang ingin anda beri balasan, setelah masuk scroll halaman ke bawah disana akan terlihat tombol untuk membalas pesan, seperti contoh gambar dibawah ini.

Setelah anda mengkliknya, akan muncul lembaran baru, disana anda bisa mulai menulis pesan untuk membalas, tampilannya sama  ketika anda akan menulis pesan kepada orang lain, namun anda tidak perlu menulis alamat yang anda tuju.

4. Bagaimana Cara Berbagi atau Meneruskan Email?

Cara yang anda gunakan untuk meneruskan email pada Ymail hampir sama dengan email Gmail, yang perlu anda lakukan yaitu:

Pertama masuk ke email yang ingin anda bagikan atau teruskan, setelah masuk scroll halaman ke bawah di sana akan terlihat tombol teruskan, seperti kotak merah yang saya tandai pada gambar dibawah ini.

Setelah anda mengkliknya anda bisa tuliskan alamat email orang yang ingin anda bagi.

Istilah-Istilah Dalam Email

1. Alamat/Address: Setiap alamat email memiliki tanda mutlak “@” tanda ini harus ada didalam alamat email, anda tidak akan bisa mendaftarkan email baru anda, jika tidak mencantumkan tanda ini.

2. Kotak Masuk/Inbox: Semua kiriman yang tertuju atau yang dikirim kepada anda akan masuk ke dalam Inbox, hal ini mempermudah anda jika ingin melihat pesan terbaru dari seseorang.

3. Draft: Jika anda ingin mengirim pesan kepada seseorang, namun anda belum selesai mengerjakannya, anda bisa menyimpan pesan tersebut di Draft sehingga di lain waktu anda bisa melanjutkan menulis pesan tersebut.

4. Kotak Keluar/Outbox: ketika anda akan mengirim sebuah email kepada seseorang, email tersebut ada yang langsung terkirim ada yang harus menunggu proses terlebih dahulu, nah.. email yang dalam proses pengiriman tersebut akan disimpan terlebih dahulu di Outbox, lalu akan terhapus secara otomatis dari Outbox jika email sudah terkirim.

5. Email Spam: Folder Spam berfungsi memblokir pesan-pesan yang tidak anda inginkan atau pesan yang menurut anda mengganggu, misalnya tiap kali anda membuka email, ada saja email yang terus berulang-ulang mengirim anda sebuah pesan yang sama, padahal anda tidak mengenal siapa pemilik email tersebut, pengiriman yang berulang tersebut di sebut pesan spam.

Pesan ini di buat dengan sebuah robot sehingga bisa mengirim secara terus-menerus kepada orang yang dia inginkan, hal ini pasti menggangu bukan? Cara menghentikannya anda bisa mencentang email tersebut dan memasukkannya kedalam daftar spam, dengan begitu pengiriman yang berulang tersebut tidak akan terjadi lagi, karena fungsi dari spam itu sendiri untuk memblokir pesan yang tidak anda inginkan untuk selama-lamanya.

6. Tong Sampah: Jika Inbox anda sudah penuh oleh email-email, sebaiknya anda menghapusnya, terutama yang tidak penting, karena jika Inbox semakin kosong maka kinerja Email akan semakin cepat, anda bisa membuang email-email yang tidak anda perlukan ke tong sampah, namun belum di hapus secara permanen, jadi jika anda tak sengaja menghapus email penting, anda masih bisa mengembalikannya dengan mencari di folder tong Sampah.

7. Copy Carbon (CC): Copy carbon berfungsi untuk mengirimkan email yang sama ke alamat yang lain dalam jumlah yang banyak, dengan adanya fasilitas ini anda bisa membuat grup atau komunitas dengan mengundang orang menggunakan CC, orang yang anda kirim pesan juga bisa melihat kepada siapa saja anda mengirim pesan tersebut.

8. Blind Copy Carbon/BCC: BCC sama halnya dengan CC, bedanya jika ketika kita mengirim pesan kebanyak orang dengan CC, orang yang mendapat pesan bisa melihat kepada siapa saja kita mengirim pesan tersebut, sementara BCC kita mengirim pesan kebanyak orang, namun orang yang mendapat pesan tidak dapat mengetahui kepada siapa saja kita mengirim pesan tersbut.

9. Lampiran/Attachment: Lampiran berfungsi untuk mencantumkan suatu file atau dokumen ke dalam email yang ingin kita kirimkan, namun ukuran filenya terbatas sehingga tidak dapat mencatumkan sesuatu dengan kapasitas yang besar.

10. Bounce: Pesan yang gagal terkirim atau pesan yang dikembalikan kembali kepada si pengirim, hal ini terjadi jika alamat email penerima tidak ditulis dengan benar atau sedang terjadi masalah pada sistem si penerima.

11. Bot: Perangkat lunak yang berfungsi mewakili orang.

12. Mailbot: Perangkat lunak yang berfungsi membalas pesan secara otomatis.

13. Listbot: Perangkat lunak tertentu yang berfungsi mengendalikan mailing list.

14. Listserver: Memiliki fungsi yang sama dengan listbot.

15. Subscribe: Mendaftarkan email kedalam sebuah situs atau forum website, agar  bisa terdaftar sebagai anggota atau peserta dari situs tersebut.

16. Unsubscribe: Kebalikan dari Subscribe, jika Subscribe berfungsi untuk mendaftarkan diri anda kedalam situs atau anggota grup forum tertentu, Unsubcribe berfungsi untuk mengeluarkan anda dari daftar anggota grup tersebut.

17. Post: Berfungsi untuk mengirim pesan ke mailing list.

18. Flame: Pesan yang mengandung kata-kata kasar.

19. Bomb Mail: Bomb mail merupakan kejahatan terparah, jika spamming memberikan email secara terus-menerus kepada seseorang, hal tersebut masih bisa kita tangani secara manual dengan mencentang email tersebut, dan memasukkannya ke folder spam, maka spam tersebut tidak akan muncul kembali untuk selamanya.

Sementara bomb mail lebih seperti virus, karena langsung memberikan email dalam jumlah yang sangat banyak kepada orang yang di tujunya dalam waktu yang sama, hal ini bisa menyebabkan terjadinya crush atau rusak pada komputer anda, perlu program khusus untuk bisa menggunakan bomb mail dan biasanya para penggunanya merupakan para peretas jahat atau cracker.

20. Compose: Berfungsi untuk mengirim email baru.

Demikianlah Penjelasan tentang:

cara membuat akun email yahoo cara membuat email gmail cara membuat email yahoo cara membuat akun email cara membuat email di hp cara membuat alamat email bagaimana cara membuat email cara membuat email di gmail cara membuat email di yahoo cara membuat email di google cara membuat email google cara membuat email baru di hp cara membuat email lewat hp cara membuat email baru di gmail cara membuat alamat email baru.

Cara membuat akun email baru cara membuat email gmail baru cara cara membuat email cara membuat email di laptop cara membuat email dari hp cara membuat email baru di yahoo bagaimana cara membuat email baru cara membuat email dari gmail cara membuat email dengan gmail cara membuat akun email gmail cara membuat email pribadi cara membuat alamat email lewat hp cara membuat akun email di hp contoh cara membuat email CARA MEMBUAT EMAIL BARU

3 pemikiran pada “Cara Membuat Email Baru Gmail, Yahoo, BBM, Facebook, Email di Hp[LENGKAP]”

Tinggalkan komentar