Cappucino Dengan Rasa dan Aroma Terbaik yang Pernah Ada Cocok untuk Teman Minum Kamu!

CAPPUCINO – Halo para penggemar kopi nusantara sekalian, apakah kalian tahu apa itu cappucino? Ya pastinya cappucino ini tidak asing lagi di telinga kalian, apalagi jika kalian seorang penggemar kopi. Cappucino merupakan kopi yang di mix dengan espresso dan juga susu panas yang dibusakan. Minuman cappucino merupakan minuman klasik yang sering di minum oleh orang-orang italia sebagai salah satu menu sarapan mereka.

es cappucino
es cappucino resepmasakankue.com

komposisi yang terkandung dalam kopi cappucino ini terdiri dari sepertiga susu panas, sepertiga espresso, sepertiga, busa susu yang sudah pekat. Dan seltelah itu disajikan dalam sebuah cangkir baik itu cangkir besar maupun cangkir kecil. Saat ini sudag begitu banyak kopi cappucini dengan berbagai macam variasinya yang tak terhitung.

Pada Artikel kali ini kita akan membahas lebih rinci asal mula adanya cappucino, yang akan dibahas secara rinci mulai dari sejarah cappucino, pengertian cappucino, macam-macam cappucino, cappucino latte, mocaccino, cara membuat cappucino, teh cappucino, es cappucino, cappucino cincau, dan masih banyak lagi pembahasan yang akan kita ulas sedemikian rupa.

Sejarah Cappucino

cappucino cincau
cappucino cincau cdn.shopify.com

Cappucino adalah minuman ala khas italia yang dibuat dari bahan susu dan espresso, namun disisi lain ada yang bilang bahwa cappucino jiga berasal dari biji-bijian kopi dari tentara turki yang sudah tertinggal setelah terjadinya peperangan yang dipimpin oleh Kara Mustapha Pasha tepatya di Wina, Austria saat itu melawan tentara gabungan Polandia dan germania.

Umumnya cappucino dibagi menjadi sepertia espresso, sepertiga susu yang sudah dipanaskan, dan sepertiga susu yang sudah dikocok sehingga menghasilkan busa. Ada juga yang menyebutkan pembuatan cappucino bisa menggunakan bahan sepertiga espressto dua pertiga mikrofoam. latte macchiato berbeda dengan cappucino, kebanyakan latte macchiato terdiri dari sedikit busa dan susu yang banyak.

Di Italia minuman cappucino menjadi menu sarapan pagi tiap harinya untuk menemani hidangan pertama mereka. Di negara-negara lain minuman ini diminum sepanjang hari atau juga setelah selesai makan malam.

Selain bahan spresso yang baik dan nikmat, unsur paling penting dalam membuat cappicino adalah temperatur susu dan teksturnya. Jika serang barista yang telag terlatih dalam memanaskan susu untuk pembuatan cappucino, ia harus dapat menciptakan “microfoam” yaitu dengan cara memasukkan busa-busa udara yang begitu halus kedalam susu. Dengan begitu susu akan terasa manis dan halus dilidah.

Biasanya cappucino baik dibuat dengan dituangkan dalam sebuah cangkir kopi keramik yang memiliki daya simpanan yang panas, hal ini lebih baik dari pada di tuangkan pada gelas atau kertas.

Pada tempat-tempat tertenti, barista yang memiliki skill dalam membuat cappucino mampu membuat seni latte saat hendak menuangkan susu yang sudah dipanaskan dengan cepat dan tepat ke dalam espresso, sehingga akan tercipta desain-desain tertentu seperti pola-pola uni seperti gambar wajah orang, apel, hati, daun, dan sebagainya.

Hingga memasuki tahun 1990, cappucino hanya dikonsumsi oleh orang-orang Eropa saja dan juga beberapa kota besar yang terdapat di Amerika Utara, Namun setelah cappucino semakin populer dan terkenal akan rasa dan aromanya yang luar biasa, akhirnya semakin mudah ditemukan oleh orang-orang di daerah Amerika Utara di waralaba, tepatnya seperti warung-warung kopi mewah, dengan suasana Eropa yang elegan.

Pengertian Cappucino

cappucino latte moccacino
cappucino latte moccacino kaskus.co.id

Cappucino merupakan kopinya orang Italia, bagi orang italia kopi cappucino ini merupakan menu sehari-hari mereka ketika sedang melakukan makan pagi atau sarapan pagi.

Saat ini cappucino sudah menyebar luas diseluruh dunia, kopi ini terkenal akan rasa dan aromanya yang sangat lezat sehingga menarik banyak orang-orang untuk mencoba menikmati kelezatannya tersebut, termasuk juga di negara Indonesia, di Indonesia kopi cappucino merupakan salah satu kopi yang digemari sekaligus sebagai bentuk kemewahan dan seni.

Mengapa juga dimasukkan kedalam seni? saat ini begitu banyak orang-orang yang mempunyai skill keterampilan dalam menghias kopi-kopi cappucino, bahkan orang-orang rela membayar mahal. Orang-orang tersebut adalah barista yang terlatih yang mampu membentuk pola-pola bermacam-macam bentuknya pada kopi cappucino yang sudah diseduh. Mulai dari polah hewan, tumbuhan, bahkan juga wajah manusia.

Cappucino yang sering kita temukan saat ini sudah semakin banyak macamnya mulai dari es cappucino, cappucino cincau, cappucino panas, dan masih banyak lagi. Rasanya dan aromanya yang begitu luar biasa merupakan hasil campuran dari espresso, susu hangat, dan juga susu yang sudah dikocok sehingga menghasilkan bugsa yang sering kita temukan dibagian atas cappucino ini.

Jenis-Jenis Cappucino

cara membuat cappucino
cara membuat cappucino img.static-bookatable.com

Setelah mengetahui seluk beluk cappucino secara garis besar, berikutnya kita akan membahas apa-apa saja macam dari cappucino yang bisa kita temukan. Barang kali berencana mencoba satu-satu terutama bagi para pecinta kopi cappucino. Semakin tersebar luasnya cappucino menyebabkan banyak orang ingin membuat cappucino dengan variasi dan rasa yang berbeda dan pastinya rasa dan aroma yang lebih nikmat. Apalagi hingga sekarang ini, namun bagi saya es cappucino cincau tetaplah yang terbaik haha.. tak peduli apapun itu jenisnya.

1. Traditional Cappucino

biasanya cappucino dibuat dari bahan sepertiga esppreso ditambah sepertiga dari busa susu. Namun cara penyajian dengan bahan ini kurang disukai oleh beberapa orang, karena terkadang jika cara pembuatannya yang tidak pas dan tak sempurna mempengaruhi rasa dan aroma cappucino itu sendiri, sehingga kadang terasa pahit dan hambar.

Penyajian cappucino yang akan menghasilkan rasa yang mantap jika si baristanya memberikan latte artnya pada kopi cappucino yang kamu pesan maka dia memakai teknik yang merupakan skill terlatih para barista yaitu free puring, bukan seperti orang biasanya yang hanya menyendok busa susu setelah itu diletakkan diatas campuran susu dan espresso. Rasa yang akan dihasilkan pastinya lebih enak sebab foamed milk yang menyebar keseluruh bagian cangkir kopi cappucino.

2. Cappucino Ciharo

3. Cappucino Scuro

Manfaat Cappucino

Cara Membuat Cappucino

Macam Variasi dan Aneka Rasa Cappucino

1. Cappucino Latte

2. Cappucino Moccacino

3. Es Cappucino

4. Cappucino Cincau

5. Cappucino Panas

Demikianlah penjelasan dan ulasan mengenai cappucino seperti diatas tadi, mulai dari sejarah cappucino, pengertian cappucino, manfaat cappucino, jenis-jeisn cappucino, cappucino cincau, es cappucino, cara membuat cappucino, dan cappucino latte, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang ingin mengetahui lebih dalah lagi mengenai cappucino.

Kategori GAMBAR

Satu pemikiran pada “Cappucino Dengan Rasa dan Aroma Terbaik yang Pernah Ada Cocok untuk Teman Minum Kamu!”

Tinggalkan komentar