50+ Arti Istilah di Instagram Lengkap dengan Arti dan Pengertiannya

ARTI ISTILAH DI INSTAGRAM – Siapa sih yang nggak kenal sama sosial media yang satu ini? Yap instagram merupakan sosial media yang booming tahun-tahun kemaren ini hingga kini instagram semakin jaya, terdapat banyak sekali arti dan istilah-istilah baru yang perlu dipahami bagi kalian yang ingin menggunakan instagram.

Banyaknya singkatan-singkatan dalam setiap pemakaiannya membuat banyak orang bertanya arti dari ini apa sih? arti dari itu apa sih? Jadi kepo deh.. haha :D, Instagram digunakan sebagai media sosial untuk sarana berfoto, menghubungkan satu orang dengan lainnya, berbagi foto-foto dan pengalaman pribadi, dan masih banyak fitur-fitur lainnya yang menjadi karakteristik sosial media ini.

Dalam instagram perlu diketahui lebih banyak istilah-istilah baru yang berbeda dari istilah-istilah sosial media lainnya, sehingga perlu untuk belajar dan mengetahui apa makna dan arti dari pengertian istilah itu sendiri. Karena banyaknya interaksi antara satu orang dengan yang lainnya muncullah istilah-istilah tersendiri yang ada di sosial media satu ini.

Oleh sebab itu jika kamu ingin dibilang narsis dan eksis di dunia instagram, kamu perlu mengetahui istilah-istilah yang menjadi pemahaman umum yang harus diketahui bagi para pengguna instagram ini, istilah-istilah dan pengertiannya berikut istilah-istilah yang perlu kamu tahu dari instagram.

Arti dan Pengertian Instagram Stories

arti instagram story

Instagram stories yakni adalah sebuah fitur terbaru dari instagram yaitu dimana para penggunanya bisa memberikan kiriman foto ataupun video yang akan menghilang tiap 24 jam setelah diunggah ke instagram.

Mirip seperti snapchar, video atau foto yang dishare hanya bersifat sementara saja dan tidak dapat dilihat kembali setelah 24jam berlalu.

Cara Membuat Instagram stories

contoh instagram story

cara membuat dan mengunggahnya sangatlah simpel, kamu cukup tap icon + yang ada di bagian sudut kiri atas layar smartphone yang kamu punya, kemudian geser layar ke kiri. Setelah itu kamera akan terbuka, disana kamu bisa mulai mengambil foto atau melakukan rekaman video. Kemudian kamu juga dapat menambahkan tulisan, gambar-gambar, coret-coretan yang nantinya dibagikan ke instagram story, contohnya seperti gambar di atas.

Setelah selesai membagikan konten, kamu bisa melihat hasil basic analytic seperti sudah berapa kali jumlah orang yang melihat intagram story kamu. Dan juga instagram story mu akan menyesuaikan dengan pengaturan privasi mu, jika kamu mengubahnya ke mode private maka yang hanya dapat melihat instagram storymu hanya followers mu saja.

Baca Juga: Macam-Macam Sistem Operasi Pada Komputer

Istilah-Istilah dalam Instagram

Setelah mengetahui beberapa istilah dan fitur dari instagram seperti diatas tadi, sekarang kita akan membahas mengenai istilah-istilah yang paling umum digunakan para pengguna instagram dalam berkomunikasi antara satu dengan lainnya dan juga fitur tambahan lainnya.

1. Instagram Activity Feed

arti activity feed di instagram

Lebih jelasnya istilah ini memiliki arti sebuah pemberitahuan, pada activity feed terdapat sebuah pemberitahuan terkait apa aktivitas yang dilakukan oleh IG terhadap akun kita, contohnya mention username kita, memberikan komentar atau like pada postingan kita, dan sebagainya.

2. Instagram Bio

arti bio di instagram

Bio merupakan singkatan dari biography, yang berarti kolom keterangan mengenai diri pribadi kita, bio berfungsi untuk mendeskripsikan seperti apa sih.. diri kita ini.. kepada orang lainnya contohnya, hobi yang kamu sukai, makanan favorit kamu, status kalo bisa hehe.. Kolom bio ini terletak dibawah nama kita, pada kolom bio juga bisa mencantumkan gambar emoji yang biasa digunakan untuk mempercantik tampilan profile kita.

3. Caption

arti caption di instagram

Caption adalah sebuah informasi keterangan terkait post yang kita kirimkan, pada caption ini kita juga bisa mencantumkan hashtag (menandai orang lain), contohnya anda hendak memosting sebuah foto maka nantinya akan ada kolom caption untuk memberikan keterangan mengenai foto tersebut, keterangan yang diberikan sesuai yang anda inginkan.

4. Comment

arti comment di instagram

Sepertinya hal ini sudah sangat umum, arti dari comment yakni adalah komentar pastinya kita semua sudah tahu dengan yang satu ini, sebab komentar umum tersedia di sosial media lain juga. Komentar ini berfungsi untuk tempat berinteraksi antara satu pengguna dengan pengguna instagram lainnya.

5. Feed, Gallery, Album

arti album di instagram

Ketiga istilah diatas ini bisa dibilang koleksi dari gambar atau video yang terdapat di bagian profile. Bagi pengguna IG sendiri terdapat keunikan-keunikan tersendiri yang dibuat pada feed mereka dengan mengunggah foto-foto yang bertema sama dalam kurun waktu yang sudah ditentukan.

6. Filter

arti filter di instagram

Filter bisa dijelaskan sebagai salah satu fitur instagram yang berfungsi untuk memberikan efek-efek pada gambar atau foto yang hendak kita posting, fitur ini gratis dan menjadi fitur tersendiri dari instagram. Fitur ini berfungsi untuk mengatur efek-efek mulai dari kecerahan gambar, warna, sejuk,  bersih, terah, dan masih banyak lagi.

7. Followers

arti follow di instagram

Follower berarti adalah pengikut dari akun kita. Tiap-tiap pengikut pasti akan mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan terkait tentang postingan terbaru dari akun yang kita ikuti atau yang kita follow. Contohnya akun seorang motivator yang berisikan postingan tentang motivas-motivasi penyemangat, ketika kamu follow akun ini maka akan muncul postingan-postingannya di instagram mu juga, sebagai pertanda bahwa kamu sudah follow dia.

8. Geotag

arti geotag di instagram

Geotag yakitu adalah lokasi yang ada di dalam postingan yang sudah kita kirim. Fungsi dari geotag ini yaitu adalah memberikan informasi lokasi dimana kami mengirimkan postingan tersebut baik secara real time maupun  tidak. Fitur ini juga mempermudah kamu dalam mencari foto-foto yang sudah pernah di unggah.

Baca Juga: 50+ Gambar Wallpaper dan Backround Keren

9. Ghost Followers

arti ghost follower di instagram

Arti dari ghost followers sering juga disebut dengan nama ghostie, ghostie ini berarti pengikut yang tidak pernah sama sekali memberikan like apalagi komentar ke postingan kamu. Biasanya pengikut semacam ini dibilang silent reader atau pengamat.

10. Hashtag

arti hastag di instagram

Ketika kita menulis tulisan di caption akan berubah menjadi hashtag jika diawali dengan tanda # atau pagar. Fungsi dari hashrag yaitu bisa untuk tren, spesifikasi, pengerucutan, pengelompokan pada bidang-bidang tertentu. Contohnya kamu posting tentang keindahan alam maka kamu bisa menggunakan hashtag yang berkaitan dengan alam seperti #keindahanalam #Wisataindah #Keindahanpantai atau sebagainya.

11. Like

arti like di instagram

Mirip dengan sosial media yang lainnya, instagram juga terdapat fitur like yang berfungsi untuk memberikan apresiasi atau ekspresi terhadap post yang disukai tersebut. Cukup dengan mengetuk 2 kali gambar postingan yang kamu sukai maka postingan tersebut akan tertanda sebagai postingan yang kamu suka.

12. News Feed

arti news feed di instagram

News feed bisa dibilang sebuah post terbari dari akun IG yang sudah kita follow, news feed terdapat pada bagian kiri bawah dengan ikon rumah. Pada News feed inilah kita bisa melihat aktivitas-aktivitas terbaru dari akun yang kita follow.

13. Post

arti post di instagram

Post merupakan istilah yang mengarah kepada foto atau gambar yang diposting oleh Igers. Dalam bahasa indonesia post berarti sebuah kiriman baik itu sebuah kiriman pesan, gambar, maupun video.

14. Private

arti private di instagram

Istilah ini menjelaskan bahwa sebuah akun dilindungi dengan privasi, atau tidak terbuka untuk umum, sehingga setiap postingan yang diposting oleh akun private tidak akan bisa dilihat oleh orang banyak kecuali para followersnya sendiri. Jika ingin melihat postingan dari si akun private pertama kamu harus follow terlebih dahulu.

15. Selebgram

arti selebgram di instagram

Selegram bisa dibilang selebritis instagram atau artis instagram, selebgrams biasanya ditandai dengan followersnya yang banyakjuga comment dan likenya. Artis yang tenar di instagram tidak hanya artis-artis yang sering tayang di televisi, namun juga ada selegram yang memang murni artis dari instagram saja.

Sebagian dari selegram terkadang mendapatkan keuntungan juga disebabkan dari jumlah followersnya yang banyak, dan banyaknya iklan-iklan dari orang lain supaya di promosikan olehnya.

16. Username

arti username di instagram

Username bararti sebuah nama pengguna yaitu adalah nama yang digunakan sebagai alamat akun IG kamu. Username bisa dibilang sebagai tanda pengenal dari si pemilik akun tersebut. Di instagram username ditandai dengan @ contohnya @suparman atau bila dijadikan alamat url menjadi http://www.instagram.com/suparman.

Baca Juga: Cara Membuat Doodle Art Name Simpel

17. LFL

LFL merupakan singkatan dari like for like, artinya yaitu adalah salah satu aktivitas antara dua orang IGers untuk saling berbagi like kepada postingan mereka masing-masing.

18. DMF

DMF merupakan kepanjangan dari Do Mine First, yang berarti berikan aku like terlebih dahulu baru setelah itu aku like postingan mu.

19. K/D

Merupakan singkatan dari Keep or Delete. Dalam instagram hal ini mengarah kepada pertanyaan yang ditulis seorang IGers pada keterangan fotonya. Maksudnya dari kata ini yaitu memberikan sebuah pertanyaan kepada para followersnya apakah postingan ini baiknya dihapus atau tidak.

20. SFS

Merupakan singkatan dari Shoutout for Shoutout, yaitu adalah istilah yang sering digunakan oleh para IGers yang biasanya memiliki produk untuk dijualkan. Nah, istilah ini mengarah kepada aktivitas saling mempromosikan produk antara satu IGers dengan IGers lainnya secara bergantian.

21. F4F atau FFF

Merupakan kepanjangan dari Follow For Follow, artinya yaitu ajakan antara satu IGers dengan IGers lainnya untuk saling follow satu sama lain. Contohnya IGers B jadi pengikut IGers A, dan IGers A menjadi Pengikut IGers B.

22. TNF

TNF adalah kepanjangan dari Tap and Follow, istilah IG ini mengarah kepada suatu aktivitas mengajak atau meminta IGers yang lain untuk memberikan like pada postingan yang ia buat serta mengikuti IGers yang telah di tag pada postingan tersebut.

23. R4R

Adalah singkatan dari Recent For Recent. Arti dari Recent yaitu terbaru atau terkini. R4R adalah istilah yang digunakan untuk melakukan aktivitas pada instagram untuk saling memberikan like hanya pada beberapa postingan terbaru saja, atau sesuai kesepakatan.

24. Comment For Comment

Bila R4R hanya berupa ajakan untuk saling memberi like pada postingan terbaru, maka istilah yang satu ini mengarah kepada aktivitas saling memberikan comment pada masing-masing postingan terbaru mereka.

25. Spam for Spam

Biasanya spam dikaitkan juga dengan suatu hal yang buruk, yaitu nyampah atau sampah pada sosial media yang lainnya, namun sebaliknya jika di instagram spam malah disukai, seperti spam like postingan-postingan atau spam komentar psotingan-postingan.

26. QOTD

Kepanjangan dari istilah yang satu ini yaitu Question Of The Day. Istilah ini mengarah kepada aktivitas seorang IGers yang memberikan suatu pertanyaan terkait suatu hal kepada para pengikutnya pada hari itu serta mengharapkan jawaban.

27. AOTD

Kalau yang satu ini merupakan singkatan dari Answer of The Day, umumnya istilah yang satu ini bersamaan dengan QOTD yaitu jawaban dari pertanyaan yang dipertanyakan sebelumnya oleh para pengikutnjya.

28. OOTD

Merupakan singkatan dari Outfit of The Day, yaitu istilah yang sering ditemukan pada caption sebuah postingan yang menampilkan full foto (foto yang menampilkan satu badan penuh). Biasanya istilah ini diguunakan oleh para IGers yang ingin memperlihatkan pakaian yang sedang ia gunakan pada hari itu kepada para pengikutnnya, umumnya dilakukan oleh para selebgram.

29. CWD

Adalah kependekan dari Comment When Done, yakni sebuah aktivitas para IGers untuk menuliskan kata DOne pada kolom komentar, jika postingan telah selesai di posting. Biasanya hal ini dilakukan jika sudah saling menyepakaati antara satu IGers dengan IGers lainnya.

30. NFO

NFO yaitu singkatan dari New Followers Only, artinya yaitu pastingan terbaru saat ini hanya dikhususkan bagi para followers baru saja. SEdangkan bagi para followers lama tidak boleh ikut serta melakukan hal apapun pada postingan tersebut.

31. Arti Fist Like Di Instagram

Arti first like yakni adalah ucapan untuk orang yang pertama kali memberikan like kepada sebuah postingan.

32. Arti First Spam Like di Instagram

First Spam like berarti sebutan bagi siapa yang paling banyak memberikan like dengan ngelike semua postingan yang ada.

33. Arti Caption di Instagram

Capption merupakan ucapan untuk sebuah keterangan atau bisa juga dibilang sebuah deskripsi untuk postingan yang dibuat.

34. Arti U Turn di Instagram

Arti “u turn” di instagram yaitu adalah giliranmu.

35. Arti Done di Instagram

Arti done di instagram yaitu beres, selesai, atau sudah.

36. Arti Req di Instagram

Arti req yaitu request atau sebuah permintaan.

37. Arti Followed di Instagram

Arti followed yaitu adalah telah mengikuti.

38. Arti Unch di Instagram

Arti Unch di Intagram adalah rasa bete seperti uuuuh atau aduuuh kemudian dibuat seperti kata ini agar terlihat imut, biasa kidz zaman now.

39. Arti Span di Instagram

Arti spam yaitu merupakan tulisan-tulisan yang dibuat tanpa tujuan, atau sembarangan.

40. Arti Candid di Instagram

Arti candid di instagram yaitu istilah bagi orang yang sadar bahwasannya ia sedang di foto oleh orang lain dengan pose memalingkan wajah, atau seperti bergaya acuh.

41. Arti Delsoon di Instagram

Arti Delsoon di instagram yaitu adalah kepanjangan dari delete soon, bisa dikatakan jika ada sebuah postingan dengan caption delsoon, hal ini berarti postingan itu akan di hapus ketika besok hari.

42. Arti Endorse di Instagram

Arti dari Endors yaitu suatu tindakan dimana seseorang memberikan support atau dukungan berupa iklan, biasanya ini digunakan untuk promosikan barang produk atau sebagainya.

43. Arti DM di Instagram

Arti dm yaitu kepanjangan dari direct message yang digunakan untuk mengirim pesan.

44. Arti Follback di Instagram

Arti dari follback yaitu adalah seseorang meminta follow kembali akunnya setelah ia follow akun temannya ataupun orang lain.

45. Arti Late Post di Instagram

Arti late post yaitu memosting kembali hasil postingan yang sudah lama atau yang pernah diposting sebelumnya.

46. Arti F4F di Instagram

Arti F4F merupakan kepanjangan dari follow for follow yang maknanya saling bertukar follow jika A follow ke B si B juga follow kembali ke si A.

47. Arti Throwback di Instagram

Arti Throwback di Instagram yaitu jika kita ngepos ulang video ataupun foto yang telah lama diposting sebelumnya.

48. Arti AWK di Instagram

Arti AWK di instagram merupakan kepanjangan dari Awkarin

49. Arti Activity Feed di Instagram

Arti activity feed di instagram yaitu istilah berupa pemberitahuan terkait apa yang sedang dilakukan followers kita terhadap akun kita seperti ada yang like, comment, atau sebagainya.

50. Arti Repost di Instagram

Arti repost di instagram yaitu adalah mengulang kembali postingan yang pernah di posting.

Nah Demikianlah beberapa istilah-istilah ungkapan dan arti dari istilah di instagram, saat ini instagram sudah sangat dimintasi diseluruh dunia, oleh karena itu penting bagi kamu untuk mengetahui istilah dan ari yang ada pada instagram ini agar dianggap update, semoga bermanfaat istilah di instagram.

Satu pemikiran pada “50+ Arti Istilah di Instagram Lengkap dengan Arti dan Pengertiannya

Tinggalkan komentar