Alat Musik Modern yang Paling Populer dari Zaman ke Zaman Lengkap

ALAT MUSIK MODERN – Siapa sih yang nggak kenal dengan yang namanya musik? Musik sudah lama dikenal oleh manusia sejak peradaban masa lalu atau bisa dibilang ratusan tahu yang lalu. Musik dulunya sering digunakan oleh para nenek moyang sebagai persembahan atau pemujaan terhadap tuhan yang mereka sembah. Musik ini sangat lekat dalam setiap aspek kehidupan baik pada masa lalu maupun masa sekarang.

Bagi tiap orang musik mempunyai arti sendiri dan makna tersendiri yang dimilikinya. Bannyak pendapat dan berbeda-beda, ada orang yang merasakan musik sebagai suara merdu yang indah, ada yang mendengar musik untuk penyemangat, ada yang mendengar musik untuk mengingat kenangan-kenangan yang lalu, dan masih banyak lagi pengertian musik bagi orang-orang.

Jenis Alat Musik
Jenis Alat Musik wikimedia.org

Musik bermacam-macam gunanya tidak hanya untuk didengar dan dirasakan, musik sendiri memiliki jenis-jenisnya juga. Ada orang yang mendengarkan musik untuk memberikan tambahan semangat, ada yang mendengarkan musik untuk kembali mengingat kenangan-kenangan lamanya. Ada yang mendengar musik untuk mendapatkan kebahagiaan dan ketenangan, dan masih banyak lagi fungsi musik yang tidak bisa dijelaskan satu-persatu.

Awal mula sejarah musik modern berasal dari musik tradisional untuk pertama kalinya. Yaitu alat musik yang sederhana yang belum memiliki banyak fitur-fitur khusus untuk dapat menghasilkan berbagai macam getaran dan bunyi yang indah.

Lambat laun seirnging berkembangnya zaman dan manusia mulai mengenal teknologi alat musik pun mengalami kemajuan yang pesat. Mulai dari cara pandang manusia terhadap musik, yang sebelumnya musik ini hanya dianggap sebagai ritual untuk pemujaan roh nenek moyang atau tuhan-tuhan yang mereka sembah.

Namun seiring berjalannya waktu manusia mulai memahami musik tidak hanya berfungsi untuk melakukan ritual namun juga dapat dijadikan budaya, sebagai kesenangan, tari, dan masih banyak lagi. Pada artikel kali ini kita akan membahas lebih rinci mengenai musik dan macam-macam jenis pembagiannya.

Alat Musik Dawai Modern

Alat Musik Dawai Modern
Alat Musik Dawai Modern ahloo.com

Alat musik dawai yaitu adalah jenis musik yang menciptakan suatu getaran suara dengan cara memberikan getaran melalui dawai atau senar yang ada papda alat. Alat musik dawai ini disebut juga dengan jenis alat musik kordofon. Terdapat tiga cara utama supaya dapat menciptakan irama dan nada dari alat musik dawai modern ini, cara yang pertama bisa dengan dipetik, dipukul, dan digesek. Beberapa contoh untuk alat musik modern dawai antara lain sebagai berikut:

1# Alat Musik Gitar

Alat musik gitar
Alat musik gitar bukalapak.com

Gitar yaitu adalah salah satu alat musik yang paling populer digunakan masyarakat sekaligus yang paling digemari banyak orang. Disamping cara penggunaanya yang terbilang mudah dan terlihat nyaman. Cara pemakaian alat musik gitar yaitu dengan menggunakan jari untuk memetik bagian-bagian senar yang ada pada badan gitar. Alat musik gitar juga memiliki jenis dan macamnya lagi, antara lain sebagai berikut.

Alat Musik Gitar Akustik

Alat musik gitar akustik
Alat musik gitar akustik 500px.com

Alat musik ini bernama gitar akustik yang merupakan salah satu macam dari gitar. Biasanya untuk gitar akustik ini terdapat lubang pada bagian tabung gitarnya. Gitar akustik ini dappat menciptakan getaran suara yang meragam-ragam tergantung petikan yang diberikan terhadap senar gitar akustik ini. Suara akan dialirkan mulai dari getaran yang dihasilkan lalu menuju sadel yaitu tempat pengikat senar yang berada di ujung dan setelah itu masuk menuju ruang suaran atau tabung gitar.

Alat Musik gitar Elektrik

Alat musik gotar elektrik
Alat musik gotar elektrik 500px.com

Gitar elektrik ini merupakan cabang lain dari gitar. Hal yang paling membedakan antara gitar listrik dan gitar akustik yaitu pada bagian tengah tabung gitarnya. Pada gitar listrik bagian tengah tabung gitarnya tidak terdapat lubang, sementara pada bagian tengah gitar akustik terdapat lubang. Selain itu suara yang dihasilkan dari gitar listrik terhubung dengan kabel yang nantinya masuk ke sound system dan dari sanalah suara keluar.

Umumnya suara gitar listrik begitu bertenaga, keras, dan lebih bervariasi dari pada gitar akustik. Senar yang dimiliki gitar listrik lebih tebal dan lebih padat dari pada gitar akustik. Gitar listrik menciptakan suaranya melalui getaran senar yang menyentuh kumparan yang terdapat di tabung gitar yang biasa disebut dengan nama pickup.

gitar listrik ini merupakan jenis gitar yang paling populer, paling terkenal, dan yang paling sering dipakai oleh artis-artis internasional untuk acara panggungnya. Gitar ini yang paling di sukai banyak orang, selain suara yang dihasilkannya begitu bertenaga, kuat, dan memekakkan sehingga menjadi senjata andalan bagi para rocker.

2# Alat Musik Biola

Alat musik biola
Alat musik biola 500px.com

Biola merupakan suatu alat musik jenis dawai modern yang cara mainnya dengan menggesek senar-senar yang melekat pada alat tersebut. Alat Musik biola mempunyai empat buah senar dengan kuncinya G-D-A-E yang penyetelannya berbeda-beda satu dengan lainnya serta interval sempurna kelima. Nada terendah pada alat musik ini yaitu adalah kunci G.

Biola ini memiliki empat buah aliran musik, diantara aliran atau jenis tersebut yaitu Jazz, klasik, pop, dan juga rakyat. Pemain biola biasanya diberi nama violinis.

Alat Musik Modern Tiup

Alat musik tiup
Alat musik tiup osissmandagala.blogspot.co.id

Alat musik tiup adalah sebuah alat musik yang menciptakan getaran suara atau nada yang asalnya dari getaran bibir si pemain alat musik tiup. Ketika pemain musik tiup mulai meniupkan alatnya hal yang paling penting yaitu tekanan hembusan serta pengaturan gerakan bibir yang pas untuk dapat menghasilkan getaran suara yang indah. Alat musik tiup ini sering digunakan dalam orkestra atau seperti marching band.

3#  Alat Musik Saksofon

Alat Musik Saksofon
Alat Musik Saksofon bassic-sax.info

Alat musik saksofon ini berasal dari negara Belgia yang merupakan hasil maha karya dari Adolphe Sax tepatnya pada tahun 1840. Inilah mengapa nama dari alat musik ini Saxofon yaitu nama yang diambil dari si pencipta alat musik tiup ini.

Saksofon ini merupakan salah satu genre dari alat musik modern tiup dengan suara logam, yang jangkauan ekspresi serta nadanya yang besar. Saksofon biasanya digunakan saat acara-acara mewah atau pernikahan yang pemainnya bukanlah sembarang pemain namun pemain musik tip legenda jazz. Karena alat musik ini salah satu alat musik yang penggunaannya cukup rumit untuk dapat menghasilkan kombinasi suara yang indah membutuhkan kepandaian dan skill khusus.

4# Alat Musik Terompet

Alat Musik Terompet
Alat Musik Terompet noesaja.com

Terompet merupakan salah satu genre dari alat musik tiup modern yang bahannya terbuat dari logam. terompet ini hanya mempunyai tiga tombol utama untuk mengkombinasikan suaranya. Cara untuk dapat mengontrol nadanya dengan baik yaitu dengan mengatur udara yang lewat melaui hembusan yang diberikan. Alat musik ini membutuhkan kemampuan feeling yang baik untuk dapat menciptakan suara yang indah dan merdu.

Salah satu modal yang harus dimiliki para pemain terompet yaitu nafas yang panjang serta kuat untuk tahan lama. Jika kamu ingin menjadi salah satu pemain dari alat musik terompet ini. Hal pertama yang harus kamu miliki adalah nafas yang panjang dan tahan lama. Kamu harus selalu mengatur pola hidup mu dengan baik menjaga makanan yang kamu makan dan tidak merokok untuk memperbagus suaramu.

5# Alat Musik Harmonika

Alat musik harmonika
Alat musik harmonika 500px.com

Harmonika merupakan salah satu jenis alat musik tiup modern yang sudah digunakan beribu-ribu tahun yang lalu jika bisa dikisarkan sekitar 500 tahun yang silam alat musik harmonika ini sudah dipakai. Alat ini pertama kali ditemukan dan digunakan yaitu di Cina yang dahulu nama alat musik ini diberi nama Sheng.

Harmonika adalah salah satu jenis alat musik yang paling mudah untuk dapat dimainkan untuk semua orang. Harmonika memiliki ukuran yang kecil dan umumnya terbuat dari logam pada salah satu sisinya terdapat lubang-lubang tempat yang nantinya mengeluarkan suara. Cara memainkan alat musik ini cukup dengan hanya meniupkannya saja pada bagian-bagian lubang yang tersedia akan terdengar alunan suara yang merdu.

Alat Musik Modern Tuts

Alat musik modern tuts
Alat musik modern tuts adat-ku.blogspot.co.id

Alat musik modern tuts ini merupakan alat musik yang mempunyai papan nada yang berukuran kecil yang berfungsi untuk menghasilkan suara. Tiap papan tuts yang tersedia memiliki tingkatan nada yang berbeda-beda namun pastinya berurutan dari yang tinggi hingga kerendah urutan tersebut mulai dari Do, Re, Mi, Fa, Sol, La, Si, Do.

Cara memainkan alat musik ini yaitu dengan menekan papan-papan tuts menggunakan jari jemari. Tidak cukup hanya menekannya sembarang saja, dibutuhkan kombinasi yang bagus untuk dapat menghasilkan suara yang selaras dan enak didengar. Alat musik tus ini merupakan salah satu alat musik yang digemari di seluruh dunia, selain karena alusan musik yang diciptakan begitu indah, alat musik ini juga nyaman dipakai berlama-lama. Beberapa alat musik tuts yang terkenal di seluruh dunia antara lain sebagai berikut.

6# Alat Musik Keyboard

Alat musik keyboard
Alat musik keyboard upload.wikimedia.org

Keyboard merupakan salah satu dari genre alat musik tuts yang populer digunakan banyak orang di seluruh dunia, Keyboard ini memiliki fungsi untuk alat orcestra atau penyelarasan serta aransemen ketika permainan gabungan musik.

Seperti marching bands dan sebagainya yang menggunakan banyak alat-alat musik, maka alat musik keyboard ini termasuk yang digunakan didalamnya. Keyboard mirip seperti piano. Cara memainkannyapun juga sama bedanya keyboard lebih bervariasi karena dapat memainkan berbagai macam jenis suara alat musik contohnya saja seruling, gitar, trompet, biola, dan masih banyak lagi.

Hanya dengan menggunakan satu alat musik keyboard ini kita sudah dapat menghasilkan gabungan suara dari beberapa alat musik. Jika kita seorang ppemain musik yang handal mungkin hanya dengan menggunakan keyboard sudah dapat menghasilkan kombinasi musik yang bagus dan indah terdengar.

Hal yang paling membedakan antara piano dan keyboard yaitu piano tidak membutuhkan listrik untuk dapat memainkannya sementara keyboard membutuhkan aliran listrik untuk dapat menghidupkannya dan mengeluarkan alunan serta kombinasi suara yang indah dan bagus untuk didengar.

7# Alat Musik Piano

Alat musik piano
Alat musik piano 500px.com

Piano adalah alat musik modern yang cara mainnya dengan menekan papan tuts yang ada di piano dengan menggunakan jari-jari tangan. Piano memiliki total 88 tust yang jumlah tersebut lebih banyak dari jumlah papan tuts pada keyboard. Bentuk dan cara penggunaan piano dengan keyboard hampir sama. Namun perbedaan yang dapat dilihat antara keyboard dan piano yaitu dari segi ukurannya, jumlah papan tuts, dan musik yang dapat dimainkan untuk keyboard semua alat musik bisa digunakan, sementara piano tidak.

8# Alat Musik Organ

Alat musik organ
Alat musik organ pixabay.com

Organ termasuk kedalam keluarga alamt musik modern tuts yang lebih mirip ke keyboard. Dimana hasil suara dan nadanya berasal dari tiupan udara ke beberapa pipa yang tersedia. Udara tersebut diatur sedemikian rupa untuk dapat menghasilkan suara seperti yang kita kehendaki.

Organ memiliki suara yang cukup unik dari alat musik lainnya. Suara yang dihasilkan tidak mengecil jika ditekan terus menerus. Bedanya organ dengan piano yaitu pada temponya. Organ memiliki tempo yang lemah namun memiliki lokalisasi frekuensi yang mumpuni. Oleh sebab itu, alat musik organ merupakan pengiring yang bagus digunakan dalam sebuah kelompok paduan suara non musisii.

9# Alat Musik Synthesizer

Alat Musik Synthesizer
Alat Musik Synthesizer yunazbitel.blogspot.co.id

Alat musik ini merupakan alat musik yang memiliki kemiripan atau satu kerabat dengan keyboard. Perbedaan antara keduanya yaitu synthesizer tidak mempunyai style layaknya keyboard. Jumlah tuts pada synthesizer lebih bermacam-macam dan beragam. Ada yang berjumlah 76, 61, dan 88 tus banyaknya. Karena tidak mempunyai speaker dibagian dalam maka harus terhubung dengan amlifier keyboard nya. Synthesizer pertama merupakan Moog synthesizer yang bentuk ukurannya lebih kecil dari ukuran keyboard.

10# Alat Musik Pianika

Alat musik pianika
Alat musik pianika yunazbitel.blogspot.co.id

Pianika merupakan alat musik yang paling sering digunakan untuk dimainkan para siswa sekolahan. Alat musik pianika memiliki banyak fungsi yang dapat digunakan untuk berbagai macam acara atau pentas seni sebagainya. Pianika termasuk dalam salah satu alat musik yang penggunaannya cukup mudah. Pianika dimainkan dengan cara meniupkan saluran atau selang yang berfungsi untuk mengisi angin agar ketika menekan papan tusts nya bisa menghasilkan bunyi dan suara yang merdu.

Alat Musik Modern Pukul

Alat musik modern pukul
Alat musik modern pukul cajon.web.id

Pada kali ini kita akan membahas mengenai alat musik modern pukul. Setelah mengetahui beberapa jenis alat musik modern seperti alat musik petik, alat musik gesek, alat musik tiup, dan alat musik tuts. Kini juga ada alat musik modern pukul yang merupakan alat musik yang penting dalam sebuah kombinasi musik. Suatu konser tidak akan lengkap jika tidak disertai alat musik jenis ini. Fungsi yang dimilikinya sangatlah penting untuk harmoninya suatu musik. Berikut  alat musik pukul.

11# Alat Musik Drum

Alat musik drum
Alat musik drum mastersingersbythesea.org

Drum yaitu merupakan suatu kelompok alat musik modern perkusi yang memiliki peran yang sangat penting dalam berbagai macam bentuk permainan musik. Sebab drum adalah suatu tempat yang paling menentukan untuk bagusnya tempo permainan suatu musik. Oleh karena itu tidak salah jika drum menjadi jantung dari para pemain musik profesional sekalipun.

Di dalam drum ini terdapat shell atau disebut selongsong yang menjadi pembentuk dari alat musik drum ini. Karakter yang dimiliki shell ini akan berpengaruh besar terhadap suara yang akan dihasilkan. Umumnya shell terbuat dari besi dengan karakteristik suara yang tajam dan menggema. Sementara untuk shell yang bahannya terbuat dari kayu suara yang dihasilkan lebih hangat.

Selain itu drum juga mempunyai bermacam-macam ragam. Seperti ashiko, aburukawa, bodhran, cajon, bougarabou, chenda, davul, conga, djembe, mridangam, dunun, table, timbales, taiko, dan juga timpani.

Demikianlah penjelasan dan deskripsi dari alat musik modern, alat musik petik, alat musik tiup, alat musik, gesek, alat musik tuts, alat musik pukul, gitar akustik, gitar listrik, drum, keyboard, dan piano. Nah.. dengan sudah dijelaskannya berbagai macam jenis alat musik di atas diharapkan kalian bisa menjelaskan dengan baik mengenai alat musik tradisional beserta jenis-jenisnya.

Tinggalkan komentar